34.3 C
Jakarta
Sunday, 26 September 2021
spot_img

Satu Orang Tewas Akibat Gempa Meksiko 7,0 Magnitudo.

[AkhirZaman.Org] Satu orang dilaporkan tewas akibat gempa bumi berkekuatan 7,0 magnitudo yang mengguncang Meksiko, pada Selasa (7/9). Gubernur Guerrero, Hector Astudilo, mengatakan seorang pria tewas tertimpa tiang listrik di kota Coyuca de Benítez, dekat Acapulco. Pusat gempa berada 11 kilometer tenggara Acapulcom, negara bagian Guerrero.

Dari pantauan AFP, tiang listrik dan puing-puing bangunan lainnya menimpa sejumlah kendaraan di Acapulco. Bagian depan sebuah gereja juga runtuh imbas gempa tersebut. Wali Kota Acapulco, Adela Roman mengatakan bahwa gempa tersebut memicu gangguan listrik di kota tersebut. “Orang-orang khawatir karena ada gempa susulan,” katanya.

Dia juga mengatakan gempa bumi mengakibatkan kebocoran gas terdeteksi di wilayah permukiman. Gempa susulan terdeteksi puluhan kali terjadi di wilayah itu, termasuk 8 guncangan dengan magnitudo 4 atau lebih.

Mobil rusak di luar hotel setelah gempa di Acapulco, Meksiko, Rabu.

Para wisatawan sudah dievakuasi dari hotel-hotel saat gempa susulan terjadi. Pihak berwenang di Acapulco menjadikan pusat olahraga sebagai penampungan sementara jika warga masih takut pulang ke rumah masing-masing. Sebuah gereja di Kota Chilpancingo juga bersedia dijadikan tempat pengungsian bagi para korban gempa yang rumahnya mengalami kerusakan.

Meski begitu, Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, menyatakan tak ada laporan kerusakan yang signifikan akibat gempa. “Pusat gempa tercatat di Acapulco, Guerrero. Untungnya, tak ada kerusakan di negara bagian itu, tidak ada kerusakan besar,” ujarnya.

Gempa bumi yang berlangsung pada Selasa petang itu terasa kuat di beberapa bagian Meksiko, membuat penduduk dan turis tumpah ruah ke jalan-jalan.

“Saya sangat takut. Saya tidak tahu apakah saya akan tidur malam ini. Saya khawatir dengan putri saya. Saya membangunkannya untuk membawa keluar dan saya bahkan tidak memakai sepatu saya,” kata seorang warga bernama Laura Villa. Gempa itu membuat para wisatawan kabur dari resor dan hotel mereka untuk menyelamatkan diri.

“Saya sedang mandi dan tiba-tiba saya merasakan guncangan yang sangat kuat, dan kemudian saya takut. dan berteriak,” kata seorang turis ibu kota. Ia akhirnya melarikan diri keluar hotel hanya dengan handuk mandi. Turis itu datang dengan ke Meksiko bersama ibunya. Saat gempa mengguncang, mereka sedang berada di lantai 11 hotel.

Berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Pasifik, Meksiko merupakan salah satu wilayah paling aktif secara seismik di dunia. Kota ini berada di atas lima lempeng tektonik termasuk tiga lempeng utama. Pada 19 September 1985, Meksiko dilanda gempa berkekuatan 8,1 magnitudo. Gempa ini menewaskan lebih dari 10 ribu orang dan menghancurkan ratusan bangunan.

https://bit.ly/3yTzY5X


Apakah Anda merasakan guncangan gempa makin sering terjadi hampir di setiap belahan dunia ini? Bisa jadi belum semua tempat untuk saat ini. Bisa jadi pada hari mendatang akan ada guncangan yang semakin sering bahkan di tempat-tempat yang sekiranya kita anggap aman.

Kerak bumi akan retak karena semburan unsur-unsur yang tersembunyi dalam perut bumi. Unsur-unsur ini, sekali terlepas akan menyapu harta benda mereka yang selama bertahun-tahun telah menimbun kekayaan.

Sudah tiba waktunya bilamana pada suatu saat kita bisa berada di tanah yang keras, tetapi di saat berikutnya tanah itu sudah terangkat dari bawah kaki kita.

Gempa bumi akan terjadi pada waktu yang tidak disangka-sangka. Lalu apa yang Alkitab katakana sehubungan dengan hal ini? “Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.” Matius 24:7.

Guncangan akan semakin sering terjadi dan bahkan lebih dari apa yang kita pikirkan, tetapi kita tidak perlu takut, kenapa? “Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku.” Yesaya 41:10.

Sumber pertolongan dan kekuatan kita hanyalah dalam Yesus Kristus, maka biarlah dengan setiap peristiwa yang terjadi di dunia ini, dapat membantu Anda menyadari bahwa kita adalah manusia lemah bilamana bersandar pada diri sendiri.

“Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.” Wahyu 14:12.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
369PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?