24.5 C
Jakarta
Friday, 01 July 2022
No menu items!
spot_img

Monkeypox 2022: Apa yang perlu Anda ketahui

Dari mana asalnya? Sudah sejauh mana penyebarannya? Apakah ini pandemi berikutnya? Inilah yang perlu Anda ketahui.




AkhirZaman.org: Monkeypox 2022: Apa yang perlu Anda ketahui. Virus cacar monyet telah muncul di seluruh Eropa Barat dan sekitarnya dalam beberapa minggu terakhir, dan seiring dengan meningkatnya kasus, demikian juga pertanyaan seputar penyakit ini.

Dari mana asalnya? Sudah sejauh mana penyebarannya? Bisakah kita mengobatinya? Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Apa itu cacar monyet?

Monkeypox adalah penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox, penyakit zoonosis yang dapat menginfeksi hewan tertentu, menulari manusia.

Penyakit itu sendiri bukanlah hal baru. Ini pertama kali diidentifikasi pada monyet pada 1950-an dan kasus manusia pertama dikonfirmasi pada 1970. Namun, kasus telah muncul sekarang.

Bagaimana Anda mendapatkan cacar monyet?

Penyakit ini dapat ditularkan melalui beberapa cara tetapi biasanya menyebar ketika virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui inhalasi, lubang di mata, hidung, atau mulut, atau hanya melalui kulit yang rusak.

Karena alasan inilah banyak orang yang dekat dengan jenis hewan tertentu harus berhati-hati.

Dalam hal manusia, virus diyakini biasanya menyebar melalui menghirup tetesan pernapasan besar. Dengan demikian, penularan dari manusia ke manusia sebenarnya agak terbatas.

Dalam hal hewan, orang mungkin berpikir bahwa monyet adalah bahaya terbesar penyebaran cacar monyet. Namun, terlepas dari namanya monkeypox, monyet sebenarnya bukan penyebab utama penyakit ini.

Virus ini juga dapat ditemukan pada sejumlah hewan, khususnya hewan pengerat Afrika. Dan banyak ahli percaya bahwa hewan pengerat Afrika inilah yang merupakan Penyebab utama.

Misalnya, wabah cacar monyet pertama di AS terjadi pada tahun 2003, yang menyebabkan lebih dari 70 orang terinfeksi. Wabah itu terkait dengan pengiriman hewan pengerat dari Ghana ke AS, beberapa di antaranya terinfeksi monkeypox. Hewan-hewan itu menginfeksi anjing padang rumput, yang dijual sebagai hewan peliharaan sebelum tanda-tanda infeksi mulai terlihat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Mengapa semua orang hanya terkena cacar monyet sekarang?

Mereka tidak. Sebaliknya, orang telah mendapatkannya untuk sementara waktu, hanya saja tidak di Eropa, AS atau Israel.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), cacar monyet biasanya ditemukan di Afrika Tengah dan Afrika Barat, biasanya di dekat hutan hujan.

Menariknya, sebenarnya ada dua clade genetik virus yang berbeda, clade Kongo dan clade Afrika Barat. Yang pertama dianggap lebih berbahaya tetapi sampai hari ini, satu-satunya negara di mana kedua clade diketahui ada adalah di Kamerun.

Tetapi meskipun virus ini biasanya terbatas di Afrika, virus itu telah terlihat di luar negeri berkali-kali. Bahkan di Israel, ketika pelancong dari Nigeria pada September 2018 membawa penyakit itu, menurut WHO .

Kasus telah meningkat untuk beberapa waktu sekarang, dan alasan utama untuk ini adalah vaksinasi.

Apakah ada vaksin cacar monyet?

Secara teknis, ya. Tidak ada vaksin yang didedikasikan khusus untuk monkeypox. Sebaliknya, tindakan pencegahan terbaik untuk monkeypox adalah vaksin cacar.

Apa itu cacar?

Cacar adalah salah satu penyakit paling terkenal dalam sejarah. Itu kembali ke zaman prasejarah dan telah menghancurkan umat manusia selama ribuan tahun, membentuk jalannya sejarah dan menyebabkan tak terhitung sampai dinyatakan sepenuhnya diberantas pada tahun 1980.

Penyakit ini juga membantu memacu perkembangan vaksinasi dan membantu mengubah arah pengobatan menjadi lebih baik.

Karena kesamaan antara kedua penyakit, vaksin cacar biasanya digunakan untuk memvaksinasi cacar monyet. Faktanya, satu vaksin, Jynneos (juga dikenal sebagai Imvamune atau Imvanex) telah dilisensikan di AS untuk mencegah cacar monyet dan cacar dan dianggap 85% efektif, menurut CDC .

Namun, di sinilah masalahnya.

Sejak cacar secara resmi dinyatakan diberantas, vaksinasi terhadap cacar telah dihentikan. Akibatnya, kasus cacar monyet meningkat, dan masyarakat umum tidak memiliki akses yang siap untuk vaksin cacar, itu bisa menjadi lebih buruk.

Mengapa ada wabah monkeypox 2022?

Tampaknya pertama kali muncul di Inggris setelah seorang warga Inggris kembali dari perjalanan ke Nigeria. Setelah itu, mulai menyebar lebih jauh. Sekarang telah terlihat di negara-negara di seluruh dunia, tetapi kebanyakan dari mereka berada di Eropa Barat.

Tapi bagaimana itu menyebar?

Penyakit gay cacar monyet

Jelas tidak, meskipun ini terlepas dari Dr. Susan Hopkins dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengatakan bahwa sejumlah besar kasus baru-baru ini di Inggris dan Eropa adalah laki-laki gay dan biseksual, BBC melaporkan.

Tetapi meskipun tidak diragukan lagi bahwa penyakit ini tidak secara eksklusif menargetkan komunitas LGBTQ+, hal ini menimbulkan pertanyaan: Apakah penyebarannya berbeda?

Baca Juga: Wabah Meningitis di antara kaum “Gay” membingungkan para ahli.

Satu teori adalah bahwa cacar monyet mungkin telah menjadi infeksi menular seksual (IMS) karena telah menyebar di antara pasangan seksual dan ada kemungkinan bahwa hubungan seksual adalah sarana penularan penyakit. Namun, ini semua belum dikonfirmasi, dan sebagian besar ahli tidak setuju.

Tapi tepatnya mengapa itu menyebar lebih banyak sekarang adalah masalah perdebatan yang sedang diselidiki oleh para peneliti.

Apakah cacar monyet mematikan? Apa saja gejala cacar monyet?

Bisa jadi, tapi biasanya ringan.

Meskipun terkait dengan cacar yang sangat mematikan, cacar monyet cenderung bermanifestasi sebagai versi yang lebih ringan.

Seperti halnya cacar, cacar monyet menghasilkan lesi kulit yang serupa serta ruam dan lecet. Yang juga dialami adalah gejala mirip flu.

Gejala mirip flu cenderung muncul lebih dulu, yang ditandai dengan kelelahan, nyeri punggung, nyeri otot, demam, sakit kepala parah, dan pembengkakan kelenjar getah bening — sesuatu yang dicatat oleh WHO adalah ciri khas cacar monyet.

Periode awal ini, periode invasi, berlangsung sebentar, dan erupsi kulit bermanifestasi dalam 1-3 hari setelah demam.

Erupsi kulit ini biasanya terfokus pada wajah, tetapi juga dapat muncul di telapak tangan, telapak kaki, mata, dan alat kelamin.

Berapa tingkat kematian cacar monyet?

Dalam kasus terburuk, jika pengobatan tidak dilakukan dengan cepat, monkeypox dapat memiliki tingkat kematian 10%.

Namun, jenis cacar monyet dalam wabah saat ini adalah clade Afrika Barat, yang jauh lebih ringan. Faktanya, tingkat kematian kemungkinan di bawah 1%, meskipun mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya dan yang mengalami gangguan kekebalan mungkin berisiko lebih tinggi. Juga pada risiko yang lebih tinggi adalah anak-anak, yang lebih mungkin untuk memiliki kasus yang parah dan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Apakah ada pengobatan cacar monyet?

Untuk penyakit tertentu, tidak. Sebaliknya, mengobati cacar monyet bergantung pada pengobatan gejalanya.

Berapa lama cacar monyet bertahan?

Gejala biasanya berlangsung sekitar 2-4 minggu.

https://bit.ly/3aiigmb





Kesehatan itu mahal harganya. Apabila tubuh Anda sehat maka kehidupan Anda pun dengan pertolongan Tuhan, senantiasa merasa tenang, senang, lapang dan beraktifitas dengan maksimal. Akan tetapi sebaliknya bila tubuh Anda tidak sehat dapat dipastikan kegiatan akan terhambat, tidak bersemangat, mudah sekali emosi atau tersinggung sehingga hari-hari akan kita lalui dengan suram.

Tapi sebenarnya tanpa Anda sadari bahwa segala penyakit itu datangnya dari diri kita sendiri? Bukan berasal dari virus, kuman bakteri, nyamuk, mutasi sel, dan sebagainya. Memang di saat Anda sakit ketika diteliti ada yang namanya virus, kuman, bakteri yang merajalela didalam tubuh kita tapi itu bukanlah sebab itu hanya akibat dari kelalaian perilaku individu yang melanggar hukum kesehatan.

Selain karena faktor fisik yang lemah tadi, menurut Alkitab masih ada beberapa penyebab sehingga timbul suatu penyakit. Salah satunya memang adalah penyakit yang timbul karena dosa. Di samping itu ada pula penyakit karena iblis. Ada juga orang yang menderita sesuatu penyakit akibat hukuman Tuhan, atau mendapat teguran dari Tuhan. Tidak jarang pula penyakit itu timbul untuk mendidik penderitanya. Dalam kitab Korintus diceritakan tentang Rasul Paulus yang di dalam dagingnya ada duri. Paulus sudah berdoa supaya duri itu lepas dari dirinya, namun Tuhan membiarkannya, supaya dia jangan menjadi sombong. Ada pula penyakit untuk kemuliaan Tuhan

Penyakit itu seringkali ada untuk kebaikan. Karena itu Anda harus mengerti dan memahami Alkitab. Jangan Anda terjebak pada pemikiran yang sempit mengenai sakit dan penyakit, tetapi biarlah kasih Allah membuat Anda Betul-betul mengerti apa yang sedang Dia kerjakan dalam diri Anda. Kalau sedang sakit, berdoalah dan evaluasi diri.

"Seperti burung pipit mengirap dan burung layang-layang terbang, demikianlah kutuk tanpa alasan tidak akan kena." Amsal 26:2-TB

"Katakanlah berbahagia orang benar! Sebab mereka akan memakan hasil pekerjaannya. Celakalah orang fasik! Malapetaka akan menimpanya, sebab mereka akan diperlakukan menurut perbuatannya sendiri." Yesaya 3:10-11-TB

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
374PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?