dilahirkan dengan catatan

[AkhirZaman.org] Ini semacam pertanyaan yang berat, karena bayi jelas tidak dilahirkan dengan catatan dosa. Jika seorang bayi dalam keluarga Kristen meninggal, orang tua itu akan melihat bayi itu dalam kebangkitan.

Tapi jika bayinya terus hidup, kita tahu apa yang terjadi. Setiap manusia dilahirkan dengan sifat berdosa, dan kita semua memiliki kecenderungan berdosa.

Alkitab berkata, “Semua telah berdosa.” Sekarang ini berarti melakukan dosa. Bayi itu, pada akhirnya, akan memahami perbedaan antara benar dan salah dan kemungkinan besar akan memilih yang salah pada suatu saat, karena itulah yang dituntun oleh sifat berdosa kita kepada kita.

Beberapa juga bertanya-tanya berapa usia pertanggungjawaban itu, tetapi Alkitab tidak secara spesifik membahas topik ini. Namun, dalam pengalaman hukum rimba, mereka yang tidak percaya binasa di alam rimba — dan ini termasuk siapa saja yang berusia 20 tahun atau lebih. Saya tidak percaya Anda bisa bertempur di ketentaraan sampai Anda berusia 20 tahun.

Dan dalam budaya Yahudi, anak laki-laki dianggap laki-laki ketika dia berusia 12 tahun. Dia dapat pergi ke bait suci dan berpartisipasi dalam kebaktian. Jadi saya akan menyimpulkan bahwa antara 10 dan 20, seorang pria atau wanita muda menjadi bertanggung jawab atas dosa.

Orang sering bertanya-tanya mengenai kehidupan Yesus sebagai bayi. Dia dilahirkan dengan catatan yang bersih — dan setiap bayi yang masuk ke dunia ini bersinar bersih sejauh catatan dosa. 

Bagaimanapun, kita terlahir sebagai makhluk egois. Yesus lahir dengan potensi dosa yang sama seperti Anda dan saya. Itulah mengapa Alkitab mengatakan Dia “dicobai dalam segala hal, sama seperti kita.”

Perbedaan satu-satunya adalah ini: Dia tidak berdosa. Itulah mengapa Dia bisa menjadi Imam Besar dan Pengacara kita. Dia tidak dilahirkan sebagai semacam manusia super — kebal terhadap segala jenis kontaminasi.

Dia bergumul dengan godaan, tetapi Dia tidak pernah menyerah, memberi kita contoh bahwa jika Dia dapat mengatasi dengan mempercayai Bapa, kita juga dapat mengatasi dengan mempercayai-Nya.

AYAT INTI

“Karena semua orang telah berdosa, dan kehilangan kemuliaan Allah.” Roma 3:23

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here