27 C
Jakarta
Tuesday, 16 August 2022
No menu items!

Gara-gara Perang Rusia-Ukraina, Ekonomi Global Diprediksi 2,5 Persen.

[AkhirZaman.org] Gara-gara Perang Rusia-Ukraina, Ekonomi Global Diprediksi 2,5%. Wood Mackenzie, lembaga analitik global, memprediksi ekonomi global melambat 2,5 persen pada tahun ini gara-gara perang Rusia-Ukraina. Angkanya jauh dari proyeksi IMF sebesar 4,4 persen.
Menurut Wood Mackenzie, skenario terburuk ekonomi global akibat perang Rusia-Ukraina, dimulai dari gangguan distribusi energi dan komoditas, termasuk kenaikan harga energi yang mengancam resesi ekonomi di Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS).
"Pertumbuhan ekonomi global dapat melambat menjadi 2,5 persen pada tahun ini. Ilustrasi/antara
Direktur Riset Wood Mackenzie Peter Martin mengatakan ekonomi global mendapat pukulan lebih besar. "Pertumbuhan ekonomi global dapat melambat menjadi 2,5 persen pada tahun ini, dan 0,7 persen pada 2023," ujarnya dikutip Selasa (12/4).
Dalam skenario itu, sambung dia, Rusia diperkirakan gagal bayar utang negara senilai US$480 miliar dan berdampak pada sistem perbankan di Eropa.
Beruntungnya, tidak seperti krisis Eropa pada 2011-2012, bank-bank di Eropa saat ini memiliki kapital atau modal yang lebih baik dalam menghadapi risiko kerugian.
Kepercayaan bisnis global memburuk, investasi terpengaruh, dan pada akhirnya tingkat pengangguran naik. Belum lagi, masalah inflasi global, dan pengetatan kebijakan moneter oleh bank sentral negara-negara di dunia.
Sementara itu, lonjakan harga energi dan pangan memukul permintaan konsumen. Ujung-ujungnya, daya beli masyarakat menciut.
Alhasil, kepercayaan bisnis global memburuk, investasi terpengaruh, dan pada akhirnya tingkat pengangguran naik. Belum lagi, masalah inflasi global, dan pengetatan kebijakan moneter oleh bank sentral negara-negara di dunia.
Bagi Rusia sendiri, Martin mengungkapkan sanksi yang diberikan oleh negara-negara Barat akan semakin menekan ekonomi Negeri Beruang Merah itu. Sanksi itu diperkirakan tidak akan berakhir sampai resolusi konflik antara Rusia dan Ukraina tercapai.
"Kami pikir penurunan 15 persen dalam PDB Rusia (produk domestik bruto) tahun ini mungkin akan terjadi. Dalam jangka menengah, ekonomi Rusia akan dipaksa restrukturisasi," imbuh dia.
Apalagi, setengah dari aset cadangan Rusia tidak dapat diakses sebagai bagian dari sanksi kepemilikan di luar negeri.
Martin menduga kemungkinan resesi ekonomi Rusia dan Ukraina pada tahun ini akan menyumbang kurang dari 2 persen terhadap PDB global.
Sementara itu, dampak langsung pada negara lainnya akan sangat bergantung pada hubungan perdagangan dan keuangan, termasuk ketergantungan negara-negara lain terhadap komoditas Rusia.
https://bit.ly/3JAgJ6H
Pandemi belum seutuhnya selesai, dan masih ditambah perang yang mengakibatkan mempengaruhi perekonomian dunia sebagaimana yang sudah di jelaskan dalam berita di atas. Di beberapa negara ada peningkatan harga sehingga sangat mempengaruhi perekonomian warga khususnya secara masyarakat dunia umumnya.
  • Apakah ini akan berlangsung lama? Bagaimana nanti Anda dapat memenuhi kebutuhan keluarga Anda?
  • Bagaimana pendidikan anak-anak Anda nantinya?
  • Bagaimana Anda beserta keluarga, dapat bertahan serta melewati hidup dengan situasi seperti ini?
Pertanyaan dan makin banyak pertanyaan yang muncul dalam pikiran kita, yang berhubungan dengan kekhawatiran dan ketakutan karena masa depan yang serba tidak pasti.
Dunia terus saja memberikan kabar buruk, tetapi kita patut bersyukur karena Allah selalu memberikan kabar baik, apakah itu? “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” [Filipi 4:6]. Sebuah kelegaan diberikan Allah kepada Anda dan kita semua, akan sebuah kelepasan untuk setiap masalah yang sedang terjadi di dunia ini.
Allah hanya menginginkan Anda untuk membawa segala kekuatiran Anda dan menyerahkannya kepada-Nya. Dia memberikan jaminan bahwa akan menyelesaikan setiap pergumulan yang Anda alami, asal Anda percaya dan berserah sepenuh kepada-Nya.
Pertanyaannya: Apakah engkau mempercayai undangan-Nya? Atau Anda justru meragukan-Nya dan mencari solusi yang lainnya?
Semua keberhasilan dan kegagalan akan mengikuti setiap orang sesuai dengan keputusan yang dipilihnya. Maka gunakanlah waktu dan kesempatan yang ada, hanya datang padanya melalui doa dan percaya padaNya bahwa Dia sanggup menyelesaikan segala persoalan hidup Anda.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
375PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?