30.3 C
Jakarta
Wednesday, 18 May 2022
No menu items!
spot_img

Green Power: Makanan untuk Kesehatan Masa Depan

[AkhirZaman.org] Green Power: Makanan untuk Kesehatan Masa Depan. Sayuran hijau secara harfiah merupakan tambang emas nutrisi. Jadi, mengapa rata-rata orang Amerika biasa makan sayuran berdaun hijau hanya sekali atau dua kali dalam seminggu? Mengapa kubis, brokoli, kubis Brussel, lobak, arugula, dan sawi jarang terlihat di meja makan orang Amerika? Hijau adalah masa depan, dan sayuran hijau harus menjadi bagian dari masa depan itu. Sayuran hijau merupakan sumber nutrisi yang murah dari begitu banyak nutrisi penting, tetapi selain itu, produksinya tidak merusak lingkungan seperti halnya produksi hewani.
Mengurangi Risiko Penyakit Kronis
Sayuran berdaun hijau sangat ideal untuk pengelolaan berat badan karena biasanya rendah kalori, kecuali jika terlalu banyak diisi dengan saus yang berlebihan. Sayuran hijau juga berguna dalam mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung karena rendah lemak, kaya akan serat makanan dan asam folat, vitamin C, kalium, dan magnesium; mereka juga mengandung sejumlah zat kimia pelindung, seperti lutein, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, dan beta-karoten.
Perlindungan Kardiovaskular [Gangguan pada Jantung dan pembuluh darah]
meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan menghambat agregasi trombosit.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penambahan 1 porsi sayuran berdaun hijau menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 11 %. Ada bukti kuat bahwa nitrat dalam sayuran hijau dan akar bit meningkatkan produksi oksida nitrat. Jumlah moderat molekul ini meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan menghambat agregasi trombosit.  Kedua faktor ini meningkatkan aliran darah.
Pejuang Peradangan
Glukosinolat ditemukan hampir secara eksklusif dalam sayuran seperti kubis, brokoli, kangkung, dan kubis Brussel. Saat sayuran dicerna dan dimetabolisme, mereka melepaskan senyawa anti-radang yang disebut isothiocyanates. Karena peradangan memainkan peran penting dalam sebagian besar penyakit kronis, makan satu porsi sayuran setiap hari dapat membantu mengurangi peradangan akibat penyakit kronis. Sayuran hijau juga meningkatkan kemampuan hati untuk menetralkan racun. Quercetin, bioflavonoid utama yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, memberikan aktivitas antioksidan dan anti-radang yang kuat. Ini dapat memblokir zat yang terlibat dengan alergi, dan menampilkan sifat antikanker yang unik.
Perlindungan Diabetes
Dalam Penelitian kesehatan advent, seringnya mengonsumsi salad hijau oleh orang Afrika-Amerika dikaitkan dengan berkurangnya risiko kematian sebesar 40 %. Karena kandungan magnesiumnya yang tinggi dan indeks glikemiknya yang rendah, sayuran berdaun hijau juga bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Peningkatan satu porsi sayuran berdaun hijau per hari dikaitkan dengan risiko diabetes 9% lebih rendah. 
Perlindungan Tulang dan Lainnya
Lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid utama yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau tua.
Tingkat vitamin K yang tinggi dalam sayuran hijau membuatnya penting untuk produksi osteocalcin (protein yang penting untuk kesehatan tulang) . Risiko patah tulang pinggul pada wanita paruh baya menurun 45 % untuk 1 porsi atau lebih sayuran berdaun hijau per hari, dibandingkan dengan porsi yang lebih sedikit. Selain itu, sayuran berdaun hijau kaya akan betakaroten (senyawa organik), yang dapat diubah menjadi vitamin A. Jutaan anak di seluruh dunia memiliki peningkatan risiko kebutaan karena kekurangan asupan vitamin A yang diperoleh dari sayuran berdaun hijau dan sayuran lainnya.
Sumber Kalsium dan Zat Besi
Sayuran hijau juga merupakan sumber utama zat besi dan kalsium. Lobak Swiss dan bayam tidak dianggap sebagai sumber kalsium yang baik, karena kandungan asam oksalatnya yang tinggi kalsium. Ketersediaan kalsium dari sayuran lain seperti kangkung, bagaimanapun, dapat mencapai 50-60 % — yang jauh lebih baik daripada 30-35 % yang disediakan oleh susu.
Pigmen Berjuang untuk Anda
Secara khusus, mereka melindungi terhadap degenerasi makula yang berhubungan dengan usia, penyebab utama kebutaan pada lansia.
Lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid utama yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau tua. Pigmen tumbuhan ini terkonsentrasi pada lensa mata dan bagian makula pada retina sehingga sangat berperan penting sebagai pelindung mata. 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin juga dapat membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara dan paru-paru, dan dapat ikut mencegah penyakit jantung dan stroke.
Kegiatan Melawan Kanker
Sayuran hijau mengandung berbagai macam karotenoid, flavonoid, dan antioksidan kuat lainnya yang bersifat melindungi kanker. Dalam sebuah penelitian di Swedia, dilaporkan bahwa makan tiga porsi atau lebih dalam seminggu sayuran berdaun hijau secara signifikan mengurangi risiko kanker perut, kanker paling sering keempat di dunia.  Kubis, kembang kol, kubis Brussel, dan brokoli semuanya kaya akan indoles dan isothiocyanate, senyawa biologis yang melindungi kita dari kanker usus besar dan kanker lainnya. Kecambah brokoli  mengandung sulforaphane 10 kali atau lebih, zat pelindung kanker, daripada brokoli matang. Konsumsi sayuran berdaun hijau yang lebih tinggi telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko kanker payudara dan juga kanker kulit.
Kecambah brokoli mengandung sulforaphane 10 kali atau lebih, zat pelindung kanker, daripada brokoli matang. Konsumsi sayuran berdaun hijau yang lebih tinggi telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko kanker payudara dan juga kanker kulit.
Pigmen karotenoid dalam sayuran mengandung sifat pencegahan kanker yang sebagian dijelaskan oleh dampaknya terhadap regulasi gen. Penelitian telah mengidentifikasi sebuah gen, connexin 43, yang ekspresinya diregulasi oleh karotenoid. Pengendalian ini sangat penting, karena dikaitkan dengan penurunan jumlah sel tumor.
Berpikir Hijau
Sayuran berdaun hijau memberikan spektrum warna yang menarik, dari tanaman kol berwarna kebiru-biruan hingga bayam berwarna hijau terang. Sayuran hijau juga menggunakan seluruh rangkaian rasa, dari manis hingga pahit, dan dari pedas hingga bersahaja. 
Tanaman muda umumnya memiliki daun-daun kecil yang lembut dan rasa yang ringan. Banyak tanaman dewasa memiliki daun yang lebih keras dan rasa yang lebih kuat. Collard, lobak Swiss, bok choy, dan bayam memberikan rasa ringan sementara arugula, mizuna, dan sawi memberikan rasa pedas. Bok choy terkenal karena penggunaannya dalam masakan tumis, karena tetap renyah, bahkan saat dimasak hingga tahap empuk dan lembut.
Salad hijau menyediakan berbagai macam zat gizi dan zat kimia yang penting untuk menjaga kita tetap sehat. Bagian sayuran yang terkena sinar matahari saat tumbuh cenderung mengandung zat kimia yang lebih tinggi. Seseorang harus selalu memilih daun segar dengan warna hijau segar. Menguning adalah tanda penuaan dan menunjukkan bahwa sayuran mungkin memiliki rasa yang tidak enak. 
Rasa hidangan sayuran seringkali dapat ditingkatkan dengan penggunaan ramuan segar yang tepat seperti kemangi, peterseli, atau dill. Bawang putih, bawang merah, jus lemon, minyak zaitun, biji wijen, atau topping sehat lainnya dapat melengkapi sajian sayuran hijau dengan baik.
Kemasan hijau komersial memberi tahu konsumen bahwa makanan dianggap sehat. Di bagian produk, kemasan hijau tua alami juga mewakili kesehatan yang baik. Jadi ketika Anda berbelanja bahan makanan, berpikirlah hijau!
Bahaya di dalam Tas
Baru-baru ini, ada wabah keracunan makanan yang berkaitan dengan penggunaan beberapa sayuran. Misalnya, wabah keracunan E.coli O157:H7 yang meluas dikaitkan dengan bayam kemasan yang terkontaminasi. Wabah tersebut mengakibatkan lebih dari 200 penyakit yang dikonfirmasi dan 3 kematian. 
Penyelidik FDA ( Badan pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) menyarankan bahwa babi hutan atau rusa merumput di dekatnya, atau mungkin air irigasi yang terkontaminasi mungkin menyebabkan wabah. Peraturan yang lebih baik dan pencucian menyeluruh sebelum disajikan akan membantu mengurangi risiko apa pun bagi konsumen. 
Kecambah juga harus dicuci bersih karena pencemaran potensinya bisa juga membahayakan kesehatan. Dengan cermat mengolah produk segar dengan hati-hati, kumpulan manfaat kesehatan dari makan sayuran dapat dinikmati sepenuhnya. Karena keracunan makanan lebih sering terjadi dari konsumsi produk hewani daripada dari sayuran, makanan nabati masih merupakan pilihan yang optimal. Menanam produk Anda sendiri adalah pilihan bagus yang dapat mengurangi risiko kontaminasi.
Persiapan adalah Kunci
Sementara mengukus, menggoreng, dan memanaskan sayuran dalam microwave menghasilkan efek merugikan yang terbatas pada tingkat nutrisi maupun fitokimia. sayuran, merebusnya dalam kelebihan air cenderung menyebabkan hilangnya zat berharga ini secara signifikan. 

Kemasan hijau komersial memberi tahu konsumen bahwa makanan dianggap sehat. Di bagian produk, kemasan hijau tua alami juga mewakili kesehatan yang baik. Jadi ketika Anda berbelanja bahan makanan, berpikirlah hijau!

Namun, kita harus ingat bahwa zat kimia tertentu mungkin lebih tersedia secara hayati saat terkena panas. Oleh karena itu, sayur-sayuran yang memadai sebenarnya dapat mempermudah penyerapan lebih besar terhadap nutrisi ini. 
Misalnya, zat kimia yang melindungi kanker dalam brokoli dan tomat paling baik diperoleh dari sayuran yang dimasak, daripada dalam keadaan mentah. Sayuran yang dibekukan atau dikalengkan biasanya dipetik pada puncak kematangannya dan disiapkan untuk mempertahankan sebanyak mungkin nilai gizinya.
https://bit.ly/3LZVD3z
Sayuran hijau penuh dengan berbagai vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, dan zat besi. Meskipun mengandung sangat sedikit lemak,kandungan lemaknya sangat tinggi dalam asam lemak omega-3 yang sangat penting. Sayuran hijau juga kaya akan karotenoid, flavonoid, indoles, dan isothiocyanate.
Semua zat kimia yang meningkatkan kesehatan ini memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit kronis. Karena zat kimia ini dapat menyebabkan sayuran memiliki rasa yang sedikit pahit, orang mungkin kurang tertarik untuk memakannya. Namun, mengingat berbagai manfaat sayuran hijau, disarankan untuk menikmati setidaknya satu porsi sehari untuk kesehatan yang baik. Jadi berpikirlah hijau dan perkuat untuk masa depan!
Kejadian 1:29
Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
374PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?