25.8 C
Jakarta
Friday, 02 December 2022
No menu items!

Daging Sebagai Makanan?

AkhirZaman.org: Makanan yang ditentukan bagi manusia pada mulanya tidak mencakup makanan hewani.

Makanan yang baik bagi manusia

Sesudah Air Bah, ketika semua tanaman hijau di dunia musnah, barulah manusia mendapat izin untuk makan daging sebagai makanan.

Dalam memilih makanan yang baik bagi manusia di Taman Firdaus, Tuhan menunjukkan makanan apa yang tepat bagi kekuatan fisik, mental untuk mengambil keputusan yang bijaksana.

Demikian pula dalam pilihan makanan yang baik bagi bangsa Israel, maka Allah mengajarkan pelajaran yang sama.

Allah membawa keluar bangsa Israel dari Mesir dan melakukan latihan agar mereka menjadi umat kepunyaan-Nya sendiri.

Melalui bangsa ini, Allah ingin memberkati dan mengajar penduduk dunia ini.

Ia menyediakan makanan terbaik bagi mereka untuk maksud ini, bukan makanan daging, tetapi manna, yaitu roti dari surga”. 

Makan Daging Sebagai Sarapan

Hanya karena ketidakpuasan dan persungutan mereka untuk kuali berisi daging di Mesir itu maka makan daging sebagai sarapan diberikan kepada mereka, itupun cuma untuk jangka waktu yang singkat.

Setelah menetap di Kanaan, bangsa Israel diizinkan menggunakan makanan hewani, tetapi di bawah peraturan ketat yang dimaksudkan untuk mengurangi akibatnya yang buruk. 

Hal itu terus menjadi penyebab makan daging sebagai sarapan serta rasa tidak puas dan persungutan, secara terbuka atau pun Diam-diam, dan itu tidak dijadikan permanen.

Makan Lemak dan Darah

Mengkonsumsi daging mengakibatkan penyakit dan kematian kepada ribuan orang, apalagi bila makan lemak dan darah hewan itu sangat berbahaya.

Namun ketentuan terhadap makanan tanpa daging itu dan kembali kepada makanan Mula-mula tidak pernah diterima dengan Sungguh-sungguh. 

Dalam mengkonsumsi makanan daging yang di izinkan, makan lemak dan darahnya sangatlah dilarang.

Bangkai Hewan haram

Hanya hewan yang dalam keadaan baik saja boleh digunakan sebagai makanan.

Tidak ada binatang yang sudah dicabik-cabik, yang mati sendiri, atau yang darahnya tidak seluruhnya mengalir keluar, boleh digunakan sebagai makanan.

Karena menyimpang dari rencana ilahi mengenai makanan yang ditentukan bagi mereka, bangsa Israel sangat menderita.

Mereka menginginkan makanan daging, dan mereka menuai akibatnya. Mereka tidak mencapai standar tabiat Allah atau memenuhi maksud-Nya. 

Diberikan-Nya kepada mereka apa yang mereka minta, dan didatangkan-Nya wabah penyakit di antara mereka.” Mazmur 106:15.

Mereka menilai hal duniawi di atas perkara rohani, dan mereka tidak memperoleh sifat unggul yang kudus yang direncanakan-Nya bagi mereka.

Alasan Hindari makan Makanan Daging

Mereka yang makan daging sebenarnya hanya memakan biji-bijian dan sayuran bekas

Karena hewan itulah yang memperoleh zat gizi yang peroleh dari pertumbuhan dari bahan makanan tersebut.

Unsur kehidupan yang ada di dalam biji-bijian dan sayuran itu masuk ke dalam tubuh yang memakannya, yang manusia dapatkan dengan memakan daging hewan itu.

Betapa jauh lebih baik bila Anda memperolehnya secara langsung, dengan memakan makanan yang Allah sudah sediakan bagi manusia sejak permulaan!

Daging Tidak Pernah Menjadi Makanan Yang Terbaik

Karena adanya penyakit di dalam tubuh Hewan-hewan itu yang kian meningkat. Mereka yang makan daging hanya sedikit mengetahui apa sebenarnya yang mereka makan.

daging tidak pernah menjadi makanan yang terbaik; dan menyantap makanan daging sekarang ini semakin ditolak.

Sering jika mereka melihat binatang itu semasih hidup dan mengetahui kualitas daging yang mereka makan, pasti mereka akan meninggalkannya karena muak.

Manusia terus-menerus memakan daging yang ditulari kuman TBC dan virus kanker. Dengan cara demikian penyakit TBC (tuberculosis), kanker dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya ditularkan dalam tubuh manusia.

Daging Babi Itu Haram

Menghindari makan daging binatang yang haram, maka daging babi atau makan daging babi yang disebut haram diperintahkan oleh pencipta itu sendiri.

Mengenai babi, Allah berfirman, "Haram itu bagimuDaging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan janganlah kamu terkena bangkainya." Ulangan 14:8.

Penggunaan daging babi dilarang, seperti juga binatang lainnya, burung maupun ikan, yang dagingnya dinyatakan haram. Dengan Alasan:

Jaringan tubuh babi penuh dengan parasit.

Perintah ini diberikan karena daging babi memang tidak cocok jadi makanan. Babi adalah pemakan kotoran, serta pembersih di alam.

inilah Satu-satunya tugas yang dimaksudkan untuk babi. Dalam keadaan bagaimanapun, daging babi tidak boleh dimakan oleh manusia. 

Tidak mungkin daging makhluk hidup ini menyehatkan apabila unsur makanannya yang utama itu najis apalagi memakan barang yang menjijikkan.

Seringkali hewan dibawa ke pasar untuk diperdagangkan sebagai makanan, padahal Hewan-hewan itu berpenyakit sehingga pemiliknya takut memeliharanya lebih lama.

Daging Babi Mengandung Penyakit

Dan sebagian dari proses penggemukannya untuk dipasarkan itu mengakibatkan penyakit.

Terkurung dari sinar matahari dan udara bersih, menghirup udara di kandang yang kotor.

Juga dibuat gemuk dengan makanan yang sudah membusuk, maka seluruh tubuhnya jadi tercemar oleh Bahan-bahan yang najis, sehingga daging babi mengandung penyakit yang membahayakan kesehatan.

Hewan-hewan itu sering diangkut dalam perjalanan jarak jauh dan sangat menderita untuk sampai ke pasar.

Diambil dari padang rumput hijau, mengadakan perjalanan berkilo-kilo meter yang melelahkan di jalanan yang panas dan berdebu.

Berdesakan dalam truk yang kotor, panas dan kelelahan, sering sampai berjam-jam lamanya tidak diberi makan atau minum, binatang yang malang itu akhirnya dijagal agar manusia boleh berpesta dengan mayatnya.

Daging Ikan Yang Tercemar

Di banyak tempat ikan sudah tercemar oleh kotoran yang dimakannya sehingga mendatangkan penyakit.

Khususnya kalau ikan itu terkena pembuangan limbah Kota-kota besar.

Ikan yang mendapat makanan dari kotoran tersebut bisa berenang jauh ke laut lalu tertangkap di tempat yang airnya jernih dan bersih.

Jadi kalau ikan itu digunakan sebagai bahan makanan akan membawa penyakit dan kematian bagi mereka yang tidak menyangka adanya bahaya itu.

"Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu supaya sebagai pendatang dan perantau menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa." 1 Petrus 2:11

Pengaruh Daging Meracuni Darah

Pengaruh makanan daging tidak berakibat nyata dengan segera; tetapi ini bukanlah bukti bahwa itu tidak berbahaya.

Sedikit saja orang yang dapat diyakinkan bahwa daging yang mereka makan itulah yang meracuni darah mereka dan menyebabkan penderitaan.

Banyak orang yang mati akibat penyakit yang semata-mata timbul dari mengkonsumsi daging hewani.

Sementara penyebab yang sebenarnya itu tidak dicurigai baik oleh mereka sendiri atau pun orang lain.

Makanan Mempengaruhi Daya Pikir

Kejahatan moral dari makanan daging bukannya kurang menonjol dibandingkan dengan penyakit secara fisik. 

Makanan daging berbahaya bagi kesehatan, dan apa saja yang mempengaruhi tubuh itu mempunyai akibat yang berkaitan mempengaruhi daya pikir serta jiwa Anda. 

Pikirkanlah kekejaman terhadap Hewan-hewan yang dagingnya dimakan itu, dan akibat-akibatnya terhadap mereka yang menyiksanya dan mereka yang melihatnya.

Betapa hal itu menghancurkan kelembutan dengan mana kita seharusnya menghargai Makhluk-makhluk ciptaan Tuhan ini!

Kecerdasan Hewan

Banyak binatang dungu tapi kecerdasan yang ditunjukkannya nyaris mendekati kecerdasan manusia, hal mana merupakan satu rahasia.

Binatang-binatang itu melihat dan mendengar dan mengasihi serta takut dan menderita. Allah yang memberikan kecerdasan hewan untuk kehidupan.

Mereka menggunakan organ tubuh mereka itu jauh lebih setia daripada manusia menggunakan tubuh mereka.

Binatang menyatakan rasa simpati dan kelembutan terhadap pasangannya pada saat menderita.

Banyak binatang yang menunjukkan kasih sayang kepada manusia yang mengurus mereka, jauh melebihi kasih sayang yang ditunjukkan oleh sebagian umat manusia.

Hewan Mengerti Perasaan

Hewan-hewan itu menjalin ikatan dengan manusia yang tidak akan terputus tanpa menimbulkan penderitaan besar di pihak hewan itu yang mengerti perasaan majikannya.

Manusia manakah dengan hati manusiawinya, yang pernah memelihara hewan jinak, dapat memandang ke dalam mata hewan itu dengan penuh kepercayaan dan kasih sayang,

lalu tega menyerahkan hewan itu untuk digorok tukang jagal? Bagaimanakah dia dapat menikmati dagingnya bagaikan sepotong kue yang lezat?

Bentuk Dari Latihan Kekuatan Otot

Adalah suatu kesalahan kalau menganggap bahwa bentuk dari latihan kekuatan otot bergantung pada penggunaan makanan daging. 

Kebutuhan tubuh bisa lebih baik, dan lebih besar kesehatan yang dinikmati, tanpa menggunakan makanan daging itu. 

Biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran mengandung semua zat gizi yang diperlukan untuk pembentukan darah yang baik. 

Unsur-unsur ini tidak begitu baik dan lengkap dipenuhi oleh makanan daging.

Sekiranya penggunaan daging itu penting bagi kesehatan dan kekuatan, maka makanan hewani tentu sudah dimasukkan dalam jenis makanan yang ditentukan bagi manusia sejak mulanya.

Kondisi Tubuh Yang Lemah

Apabila penggunaan makanan daging dihentikan, kondisi tubuh terasa lemah dan kurang tenaga.

Banyak orang menganggap ini sebagai bukti bahwa makanan daging itu perlu; tetapi itu karena jenis makanan tersebut bersifat merangsang,

Sebab makanan itu memanaskan darah dan merangsang saraf, sehingga sangat di inginkan.

Sebagian orang akan mendapati bahwa sulit meninggalkan makanan daging sama seperti pemabuk sulit meninggalkan minuman kerasnya; tetapi mereka akan lebih baik kalau berubah.

Bahan Makanan Pengganti Daging

Bilamana makanan daging disingkirkan, tempatnya harus tersedia bahan makanan Pengganti daging.

Yaitu diganti dengan berbagai jenis biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan yang bergizi serta memancing selera.

Ini sangat penting terutama bagi mereka yang lemah atau yang terus-menerus bekerja keras.

Di beberapa negara dimana kemiskinan merajalela, daging adalah makanan yang paling murah.

Dalam keadaan seperti ini perubahan akan jauh lebih sukar dilakukan; tetapi masih dapat dilakukan.

Namun Anda harus mempertimbangkan situasi masyarakat dan kekuatan dari kebiasaan selama hidup, dan harus berhati-hati untuk tidak memaksakan secara berlebihan meskipun pandangan-pandangan itu benar.

Tidak ada yang boleh dipaksa untuk mengadakan perubahan secara mendadak. 

Makanan daging itu harus diganti dengan makanan menyehatkan yang murah. 

Dalam hal ini sangat bergantung pada jurumasak. Dengan ketelitian dan keterampilan makanan bisa dihidangkan begitu rupa agar bergizi

Dan menarik selera, dan dalam ukuran yang luas akan menggantikan tempat dari makanan daging.

Makanan Yang Menyehatkan

Dalam segala hal, didiklah hati nurani, kuasai kemauan, sediakanlah makanan yang baik dan menyehatkan, maka perubahan akan lebih gampang dilaksanakan, dan tuntutan terhadap makanan daging segera akan berhenti.

Bukankah sudah tiba waktunya semua orang harus bertujuan untuk meninggalkan makanan daging? 

Bagaimana bisa mereka yang berusaha untuk menjadi murni, halus dan suci, agar boleh mendapat persekutuan dengan malaikat-malaikat surga, tanpa mengkonsumsi makanan sesuatu yang berbahaya, yang dapat mempengaruhi tubuh dan jiwa? 

Bagaimana mereka dapat mencabut nyawa makhluk Allah supaya menikmati dagingnya sebagai makanan mewah?

Lebih baik mereka kembali kepada makanan menyehatkan dan lezat yang diberikan kepada manusia pada mula pertama, dan mereka sendiri mempraktikkannya serta mengajar Anak-anak mereka

Untuk juga mempraktikkannya, menaruh belas kasihan terhadap Makhluk-makhluk dungu yang Allah telah ciptakan dan tempatkan di bawah kekuasaan manusia.

 

 

 

 

 

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
373PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?