akhir zaman

[AkhirZaman.org] Dalam hari-hari penutupan sejarah dunia ini, kesesatan-kesesatan  harus dihadapi sebagaimana nabi Tuhan dahulu menghadapinya—dengan tegas!

Penyesatan dalam berbagai bentuk fanatisme akan muncul. Tuhan menggunakan nabi-Nya di zaman modern ini sebagai sarana untuk menegur kaum fanatik ini, dan membuka mata umatNya yang setia. Lihat 2 Selected Messages, 27.

Saya telah mempelajari bagaimana mengusahakan agar pengalaman-pengalaman di masa-masa mula-mula dicetak, sehingga lebih banyak orang memperoleh informasi, karena saya telah lama mengetahui bahwa fanatisme akan menjelma kembali, dalam cara-cara yang berbeda. Kita harus memperkuat kedudukan kita dengan berpegang kepada Firman Tuhan, dan dengan menghindarkan dari segala keanehan dan perbuatan-perbuatan yang asing yang sangat mudah dan cepat diikuti dan dilakukan oleh sebagian orang. Jikalau kita mengizinkan kekacauan masuk ke dalam anggota jemaat kita, kita tidak akan bisa memulai pekerjaan kita sebagaimana seharusnya…Kita tidak boleh mengizinkan segala unsur-unsur menonjolkan diri di antara kita sedemikian sehingga menghancurkan pengaruh kita kepada mereka yang hendak kita jangkau dengan kebenaran. Selected Messages, 44.

Betapa menyedihkan bahwa begitu banyak dari pekabaran-pekabaran yang tegas dari juru kabar, yang menegur kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa modern kita, telah ditolak dan tidak dihargai saat ini oleh sejumlah besar anggota gereja.

Tuhan ingin menggunakan manusia sebagai alat-alat-Nya untuk menegur kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa. Kendati terdapat perlawanan terhadap kebenaran, “Tuhan akan memunculkan orang-orang yang akan membawa kepada  banyak orang pekabaran bagi zaman ini.” Testimonies to Ministers, 107.

“Pekabaran-pekabaran yang paling mengejutkan akan disampaikan oleh orang-orang yang ditunjuk oleh Tuhan.” Testimonies, vol. 9, 137.

Tetapi Tuhan hanya dapat menggunakan orang-orang yang akan berdiri teguh dan tidak tergoyahkan bagi kebenaran:

Tuhan tidak dapat menggunakan orang-orang, yang di masa-masa berbahaya, ketika kekuatan, keberanian, dan pengaruhnya diperlukan, menjadi takut berdiri teguh bagi yang benar. Ia memanggil orang-orang yang akan melaksanakan peperangan dengan setia melawan yang salah, memerangi prinsip-prinsip dan kuasa-kuasa, melawan pemimpin-pemimpin kegelapan di dunia ini, melawan kejahatan rohani di tempat-tempat tinggi. Kepada orang-orang seperti inilah Tuhan akan menyampaikan perkataan: “Baiklah, hambaKu yang baik dan setia.” Tuhan memanggil orang-orang seperti Elia, Natan, Yohanes Pembaptis—orang-orang yang akan membawa pekabaran dengan kesetiaan, apapun akibatnya; orang-orang yang akan berbicara tentang kebenaran dengan berani, meskipun mereka harus mengorbankan segala yang mereka miliki. Prophets and Kings, 142.

Kesesatan-kesesatan dan dosa-dosa tidak boleh dibiarkan tanpa ditegur.  Ketika manusia membahayakan pekerjaan dan maksud Tuhan melalui perbuatan mereka sendiri yang salah, akankah mereka tidak mendengar suara teguran? Jikalau hanya masalah pelaku kesalahan saja, dan akibat perbuatannya tidak lebih luas daripada dirinya, ia sendiri akan menerima perkataan peringatan; namun ketika perbuatannya membahayakan maksud tujuan kebenaran, dan jiwa-jiwa menjadi berada dalam keadaan bahaya karenanya, Tuhan menuntut bahwa peringatan yang sama luasnya dengan kerusakan itu harus dilakukan. Kesaksian tidak dapat dihalangi. Perkataan teguran dan peringatan, “demikianlah Tuhan berfirman,” akan datang dari agen-agen yang ditunjuk oleh Tuhan; karena perkataan-perkataan itu tidak berasal dari sarana manusiawi; melainkan dari Tuhan, yang telah menunjuk mereka untuk melakukan pekerjaan itu. 2 Selected Messages, 153.

Saat ini, dihadapkan dengan kesesatan-kesesatan yang begitu luas, dalam keadaaan kemerosotan kerohanian, ada kebutuhan mendesak akan para Nehemia-Nehemia dan Ezra-Ezra yang setia dan jujur—orang-orang yang tidak akan ragu menyebut dosa sebagai dosa, dan orang-orang yang tidak akan mundur untuk mempertahankan kemuliaan Tuhan. Mereka yang terbebani pekerjaan Tuhan, tidak akan menjadi tenang dan menutupi kejahatan-kejahatan yang ada dengan jubah kasih yang palsu. Orang-orang yang pemberani dan penuh semangat dibutuhkan untuk membukakan dosa-dosa zaman sekarang ini. Kekejian tidak boleh dimaafkan dan diampuni. Orang-orang yang memimpin gereja Tuhan yang mengikuti kebiasaan-kebiasaan dan praktek-praktek dunia, tidak boleh dipuji dan diagungkan…Kekejaman kepada beberapa orang seringkali terbukti menjadi belas kasihan bagi banyak orang. Namun kita harus berhati-hati menyatakan Roh Kristus, dan bukan melalui cara-cara kita yang tergesa-gesa dan keras. Kita harus menegur dosa, karena kita mengasihi Tuhan dan mengasihi jiwa-jiwa yang bagi merekalah Kristus telah mati. Signs of the Times, vol. 1, 407

Segala kutipan di atas, menggambarkan jenis orang-orang yang dipanggil Tuhan untuk membawa “pekabaran-pekabaran yang mengejutkan” yang diperlukan untuk melawan kesesatan yang ditebarkan setan di tengah-tengah kita.

Tuhan memanggil orang-orang yang memiliki kesetiaan yang teguh. Orang-orang yang bermuka dua tidak akan berguna bagi-Nya di masa-masa gawat. Ia menginginkan orang-orang yang menunjukkan pekerjaan yang salah dan berkata, “Ini tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.” 2 Selected Messages, 153.

Kiranya kita adalah orang-orang yang setia kepada panggilan Tuhan, yang akan mempertahankan kesetiaan yang teguh, dan yang, dengan kasih yang sejati kepada jiwa-jiwa, dalam nama Tuhan, akan menegur dan menasihati, melenyapkan api penyimpangan yang sedang membara!

 

Disadur dari buku: ADVENTIST CARNIVALS! (KARNAVAL ADVENT!)

Oleh:  Lloyd & Leola Rosenvold

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here