udud Copy

 

[AkhirZaman.org] Merokok sudah jelas tidak baik untuk kesehatan. Bahkan bila rokok dihisap oleh wanita yang tengah hamil, anak yang dikandungnya berisiko menjadi seorang pelaku kriminal.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa merokok saat sedang hamil menyebabkan kerusakan pada otak janin yang sedang berkembang, sehingga menempatkan risiko tinggi pada anak untuk menjadi pelaku kriminal jangka panjang.

Hasilnya, anak-anak yang ibunya perokok berat selama kehamilan adalah yang paling mungkin memiliki catatan kriminal ketika beranjak dewasa.

“Secara definitif memang tidak mungkin rokok menyebabkan orang menjadi pelaku kriminal, tapi hasil penelitian membuktikan bahwa memang ada hubungan kasual (sebab akibat) sederhana antara keduanya,” jelas Dr. Angela Paradis dari Harvard School of Public Health, Boston, yang memimpin penelitian.

Dr. Paradis mengatakan ada bukti yang menunjukkan efek biologis nikotin pada jalur neurobehavioural otak yang sedang berkembang. Paparan asap rokok di rahim dapat membahayakan perkembangan daerah otak yang mempengaruhi perilaku, juga transmisi sinyal kimia penting yang digunakan untuk pemusatan perhatian dan kontrol impuls.

Menurut Dr. Paradis, penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa paparan asap rokok di rahim berisiko tinggi menyebabkan anak mengalami gangguan impuls perhatian dan hiperaktif atau ADHD.

RTK, 07-11, hal.6.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here