29.6 C
Jakarta
Friday, 21 January 2022
spot_img

Tujuh orang meninggal usai keracunan daging penyu di Tanzania

[AkhirZaman.org] Tujuh orang meninggal usai keracunan daging penyu di Tanzania. Belum diketahui penyebab pasti mengapa daging penyu beracun, namun badan amal Turtle Foundation menduga hal itu berkaitan dengan ganggang beracun yang dimakan oleh penyu.

Tujuh orang, termasuk seorang anak berusia tiga tahun, di Pulau Pemba, Tanzania, meninggal dunia akibat keracunan setelah mengkonsumsi daging penyu.

Tiga orang lainnya masih dirawat di rumah sakit dan berada dalam kondisi yang stabil.

Kepala Kepolisian setempat, Juma Said Hamis mengatakan kepada BBC, setidaknya lima keluarga di Pemba, yang merupakan bagian dari wilayah pulau semi-otonom Zanzibar, mengkonsumsi daging penyu pada Kamis lalu.

DENPASAR, 4/9 – PENYELUNDUPAN DAGING PENYU. Seorang anggota Polair Polda Bali menggelar barang bukti berupa daging penyu hijau (Chelonia Mydas) yang diselundupkan dari Madura ke Bali, di Markas Polair Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (4/9). Selain menyita 114 Kg daging penyu, polisi jg menahan dua tersangka kurir daging tersebut serta masih mengembangkan kasusnya untuk mengungkap jaringan penyelundup binatang langka itu. FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana/Koz/nz/09.

Efek memakan daging penyu itu baru dirasakan keesokan harinya. Seorang anak berusia tiga tahun menjadi korban pertama yang meninggal dunia, kemudian dua orang meninggal pada malam harinya, dan empat orang lainnya meninggal pada Minggu.


Baca Juga:


Sebanyak 38 orang dirawat di rumah sakit, tetapi sebagian besar sudah diizinkan pulang.

Melalui akun Twitter-nya, Presiden Zanzibar Hussein Mwinyi menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang terdampak peristiwa ini.

Tujuh orang meninggal usai keracunan daging penyu di Tanzania
badan amal Turtle Foundation menduga hal itu berkaitan dengan ganggang beracun yang dimakan oleh penyu.

Daging penyu umum dikonsumsi oleh penduduk di daerah pesisir dan pulau-pulau di Tanzania, tetapi otoritas setempat telah melarang mengkonsumsinya.

Pada beberapa kasus, daging penyu bisa menyebabkan keracunan makanan yang dikenal sebagai chelonitoxism.

Keracunan daging penyu bisa berdampak fatal pada anak-anak, orang tua, bahkan ada orang dewasa yang lebih sehat.

Belum diketahui penyebab pasti mengapa daging penyu beracun, namun badan amal Turtle Foundation menduga hal itu berkaitan dengan ganggang beracun yang dimakan oleh penyu.

Pada Maret lalu, 19 orang termasuk sembilan anak-anak di Madagaskar meninggal dunia setelah memakan daging penyu, menurut laporan Kantor Berita AFP saat itu.

Kasus serupa juga pernah dilaporkan di Indonesia, Mikronesia, dan pulau-pulau di Samudra Hindia, India.

Di Indonesia, sebanyak 104 warga di Kecamatan Siberut Barat Daya, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat keracunan setelah menyantap daging penyu pada Februari 2018. Tiga orang di antaranya meninggal dunia.

Dinas Kesehatan Sumatra Barat mencatat terdapat sembilan peristiwa keracunan penyu pada 2005 hingga 2018 di Kepulauan Mentawai yang menyebabkan lebih dari 30 orang meninggal dunia.

https://bbc.in/3IqVJ2W

 

Makanan menjadi faktor penting bagi setiap mahkluk hidup untuk dapat menjaga dirinya tetap hidup. Makanan juga memiliki peran yang penting bukan hanya untuk pertumbuhan secara fisik khususnya bagi manusia, tetapi juga menjadi faktor pengaruh terhadap kecerdasan serta pertumbuhan kerohanian. Apa maksudnya?

Sebuah tulisan menyatakan: Mereka yang makan dan bekerja  dengan tidak bertarak dan tidak disertai pertimbangan, akan berkata-kata dan bertindak tanpa pertimbangan… Dosa akibat makan yang tidak bertarak, makan terlalu banyak, terlalu sering dan makan makanan yang mewah dan tidak menyehatkan-merusak pekerjaan yang sehat alat-alat pencernaan, mempengaruhi otak, dan merusak pertimbangan, menghalangi cara berpikir dan bertindak yang masuk akal, tenang dan sehat. Selera makanan haruslah tunduk kepada kuasa akhlak dan pikiran. Tubuh harus menjadi hamba kepada pikiran dan bukan pikiran tunduk kepada tubuh.”

Jika Anda mengkonsumsi makanan terlalu banyak dan makanan yang cenderung mengakibatkan kekerdilan dalam menggunakan pertimbangan otak kita, maka makanan tersebut akan sangat baik bila dihindari.

Sejak awal Tuhan memberi tahu kita makanan apa saja yang cocok untuk menjadi makanan kita manusia. “Berfirmanlah Allah:” Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.” [Kejadian 1:29].

Ketika dosa masuk maka kegelojohan manusia mengakibatkan perlawanan terhadap rencana Tuhan, ini pun juga berhubungan dengan kerakusan manusia memakan makanan yang Tuhan tidak rekomendasikan. Kitab Imamat 11 memberitahukan tentang binatang haram dan yang tidak haram bagi manusia.

Nasehat Tuhan melalui firman-Nya menyatakan: “Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” [I Korintus 1:31].

 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
372PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?