24.5 C
Jakarta
Friday, 01 July 2022
No menu items!
spot_img

Mempelajari Nubuatan

AkhirZaman.org: Mempelajari Nubuatan dalam Kitab Daniel dan Kitab Wahyu telah mempesona para pelajar Alkitab selama ribuan tahun. Kisah-kisahnya yang dramatis, penglihatan-penglihatan dan Nubuatan-nubuatan telah mengejutkan sekaligus membingungkan mereka yang berusaha untuk memahaminya. Banyak yang bingung atau bahkan terintimidasi oleh kitab Daniel dan Wahyu, menganggapnya terlalu rumit untuk dipahami. Sangat disayangkan karena kebenaran dalam cerita Daniel dan Wahyu memiliki kuasa untuk mengubah hidup Anda hari ini. Tidak hanya itu, bahkan Nubuat-nubuat dalam Daniel dan Wahyu menubuatkan baik Hal-hal yang telah tergenapi atau terjadi maupun Peristiwa-peristiwa yang akan datang yang segera tergenapi. Kitab-kitab ini dapat memberi tahu Anda apa yang diharapkan di masa depan.




Baca Juga: Pelajari Kitab Daniel dan Wahyu Bersama




  1. Ada Apa Dengan Kitab Daniel dan Wahyu?
a. Ada pengetahuan mengenai akhir zaman.
“...Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai akhir masa!” Daniel 8:17-TB
“Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi...”  Wahyu 1:1-TB
...hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku mengabarkannya kepadamu. Yesaya 42:9-TB
b. Merupakan Kitab yang dimeteraikan.
“Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah…; Pergilah Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman.”Daniel 12:4,9-TB
“Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan 7 meterai.”Wahyu 5:1-TB
Apa yang diwahyukan kepada nabi Daniel [600 Sebelum Masehi] terlihat oleh Yohanes, murid terkasih YESUS, di tahun 90 Tarikh Masehi. Menandakan suatu nubuatan yang berkelanjutan!




  1. Mengapa Allah Berbicara Secara Rahasia?
  • Kemuliaan ALLAH ialah merahasiakan sesuatu, tetapi kemuliaan raja-raja ialah menyelidiki sesuatu.”Amsal 25:2.
“...dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.” Kisah Para Rasul 17:11-TB
Adalah semacam kode rahasia di ketentaraan ketika di medan peperangan. Dimana Kode-kode itu hanya diketahui oleh kalangan sendiri.
“Semuanya itu disampaikan Yesus kepada orang banyak dalam perumpamaan, dan tanpa perumpamaan suatu pun tidak disampaikan-Nya kepada mereka.”Matius 13:34-TB
“Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.”Matius 13:13-TB
“Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup.” Matius 13:15-TB.




  1. Kepada Siapakah Rahasia Itu Akan Diungkapkan?
  • “Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.”Matius 13:11-TB
  • “Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.” Matius 7:8-TB.
  • “...supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi...” – Wahyu 1:1-TB
  • “...banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah.” Daniel 12:4-TB
  • “Tidak seorang pun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya.”Daniel 12:10b-TB
  • “Yang penting di sini ialah HIKMAT.” – Wahyu 13:18a-TB. Tidak bisa dengan akal pikiran/logika.




  1. Siapakah Yang Akan Menyingkap Rahasia itu?
  • “Tetapi pikiran mereka telah menjadi TUMPUL, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, JIKA mereka membaca Perjanjian Lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya KRISTUS saja yang dapat menyingkapkannya.”II Korintus 3:14-TB
  • “Lalu IA membuka pikiran mereka, SEHINGGA mereka mengerti Kitab Suci.”Lukas 24:45-TB
  • “Tetapi di Sorga ada ALLAH yang menyingkapkan rahasia-rahasia.”Daniel 2:28-TB.
  • “AKUlah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukan allah asing yang ada di antaramu.”Yesaya 43:12-TB
  • “...Sesungguhnya, SINGA dari suku YEHUDA, yaitu TUNAS DAUD, telah menang, sehingga IA dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya.”Wahyu 5:5-TB.




  1. Bolehkah Menafsirkan Nubuatan Berdasarkan Pengertian Sendiri?
  • “Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri.” II Petrus 1:20-TB.
  • “Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia yang ada di dalam dia ? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.” I Korintus 2:11-TB
  • “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.” Yohanes 16:13-TB.
  • “Carilah pengajaran dan kesaksian! Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar.”Yesaya 8:20-TB.
Tidak terbit fajar artinya adalah api neraka bagi penyesat! Alkitab bisa menjelaskan dirinya sendiri! Jangan sekali-sekali kita mendahuluinya.




  1. Siapakah Yang Menyuruh Kita Memperhatikan Kitab Daniel?
“Jadi apabila kamu melihat Pembinasa Keji Berdiri di Tempat Kudus, menurut Firman yang disampaikan oleh nabi Danielpara pembaca hendaklah memperhatikannya.”- Matius 24:15-TB
Kristus yang menyuruh kita memperhatikan kitab Daniel. Itu diucapkan-Nya ketika murid-murid-Nya menanyakan mengenai Tanda-tanda akhir zaman.




  1. Apa Yang Harus Menjadi Perhatian Anda?
  • “Haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan dirinya di atas segala yang disebut atau disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Suci Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.”II Tesalonika 2:3-4-TB.
  • “BESI yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu.”Daniel 2:40-TB
  • BINATANG yang menakutkan dan mendahsyatkan.”Daniel 7:7-TB
  • TANDUK KECIL yang mempunyai mata dan mulut yang menyombong.” – Daniel 7:8-TB
  • 666.” …Barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia.Wahyu 13:18-TB
Siapakah yang dimaksud dengan: Pembinasa Keji, Manusia Durhaka, Besi, Binatang, Kambing Jantan, Tanduk Kecil, Binatang yang luka parah, dan tanda ‘666’ ini? Tidak lain adalah mengenai sesosok manusia yang telah berperanan di dalam menyesatkan seluruh dunia. Melalui nubuatan Daniel-Wahyu inilah ALLAH bekerja untuk penyelamatan Umat-umat-Nya agar mengenali nubuatan ini.




  1. Mengapa Anda Harus Memperhatikannya?
  • “Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang MahaTinggi.” Daniel 7:25a-TB (Bahwa ‘kuasa’ ini gerakannya adalah melawan hukum Allah)
  • “Menganiaya orang-orang kudus milik Yang Maha Tinggi.”Daniel 7:25b-TB (Bersifat memusuhi Orang-orang kebenaran)
  • “Ia berusaha mengubah waktu dan hukum.”Daniel 7:25c - TB. (Yaitu Waktu milik ALLAH dan Hukum milik ALLAH.)
  • “Ia menyebabkan Seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.”Wahyu 13:12-TB. (Anda jangan terkesima oleh ajaran yang dianut oleh kebanyakan orang. Sebab arus kebanyakan orang bukanlah suatu standart kebenaran. Kebenaran tidak dinyatakan oleh kuantitas, melainkan oleh kualitas!)
  • “Ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu.”Wahyu 13:16-TB. (Tanda adalah sesuatu yang bisa kita lihat secara nyata. Tanda di tangan artinya adalah perbuatan atau segala sesuatu yang kita kerjakan, sedangkan tanda di dahi adalah konsep berpikir atau paham yang kita ikuti)
  • “Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yg besar.” – Wahyu 13:2b. (Naga tidak lain adalah kiasan dari Iblis. Bahwa Iblis-lah yang berada dibalik kuasa orang itu)
  • “Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak. Itulah roh-roh Setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib.”Wahyu 16:13-14.
  • Naga => Iblis
  • Binatang => Sesuatu yang diberi kuasa Iblis
  • Nabi palsu => Kaki tangannya
Dan Anda perlu perhatikan bahwa mereka itu menggunakan Tanda-tanda ajaib sebagai sarana untuk meyakinkan orang.
  • “Sebab mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka akan menyesatkan orang-orang pilihan juga.” – Matius 24:24. (Bahwa yang menjadi target mereka adalah orang-orang Kristen! Ya, jangan kaget jika mendapati kenyataan bahwa tidak setiap  orang Kristen itu Kristen)




  1. Apa Hubungannya Antara Anda dengan Kitab Daniel serta Kitab Wahyu?
Kitab Daniel merentangkan mengenai sejarah panjang umat manusia secara garis besarnya, sedangkan kitab Wahyu mempertajam dan menguraikan detail berita-berita yang akan terjadi pada akhir zaman, khususnya menjelang kedatangan Kristus yang kedua. Sehingga kedua kitab ini merupakan pasangan yang saling melengkapi.
“Dan aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.”Wahyu 11:3-TB.
Kedua kitab inilah yang memegang kunci misteri penyesatan dunia.“Kedua nabi itu telah merupakan siksaan bagi semua orang yang diam di atas bumi.”  Wahyu 11:10b-TB.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
374PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?