29.6 C
Jakarta
Friday, 21 January 2022
spot_img

KIAMAT TIDAK AKAN KELIRU

Kiamat tidak akan keliru; Ramalan kiamat bukanlah suatu hal yang asing bagi manusia. Dalam kurun waktu 50 puluh tahun terakhir ini saja, kita dapat menghitung ada ribuan pemimpin agama diseluruh dunia menyatakan diri sebagai penyelamat dunia yang akan memimpin dunia untuk siap menghadapi suatu zaman yang baru atau serupa dengan itu ataupun yang muncul dengan tema mendirikan suatu tatanan dunia yang indah, namun kenyataannya itu semua tidak pernah terwujudkan.

[AkhirZaman.Org] Sudah terlalu sering dan sudah berabad-abad lamanya hari kiamat yang sudah dekat di seru-serukan dan kiamat belum juga terjadi, sehingga banyak orang telah melepas pengharapan ini, sementara banyak yang lain yang masih tinggal, berdiri pada jembatan keraguan apakah hal itu benar-benar akan terjadi.

Namun anehnya ada begitu banyak orang yang justru mau menjadi percaya pada ramalan-ramalan yang sama sekali tidak pernah teruji kebenarannya sementara lalai melihat ramalan yang sesungguhnya, yang benar-benar sudah teruji, yaitu ramalan yang berasal dari Allah tentang bagaimana akhir dari dunia ini.

 Otoritas Ramalan

Selama berabad-abad Alkitab telah membuktikan dirinya sebagai buku yang dapat dipercaya. Sekalipun sering terlewati, diabaikan, dikeritik, disalahkan, dan dilarang oleh sebagian orang, Alkitab terus membuktikan dirinya dapat diandalkan sepanjang masa. Ramalan-ramalan Alkitab telah terjadi selama lebih dari 2.500 tahun.

Sayangnya banyak orang dengan alasan yang kurang bijak menolak pernyataan-pernyataan Alkitab. Prasangka mengahalangi mereka untuk mempertimbangkannya secara cermat.

Lebih dari 40 penulis telah menulis Alkitab berdasarkan wahyu Tuhan dalam kurun waktu 1800 tahun, menuliskan begitu banyaknya ramalan-ramalan menyangkut muncul dan jatuhnya kerajaan-kerajaan, berakhirnya penguasa-penguasa, kehancuran kota-kota, kelahiran, kematian, dan kebangkitan Mesias, nasib bangsa Israel, peristiwa-peristiwa akhir zaman sampai pada kiamatnya, yang sebagian besar sudah terbukti digenapi.

Jika nubuat-nubuat pada masa lalu telah digenapi sebagai sebuah pembuktian Ilahi, maka adalah suatu sikap yang tidak bijaksana untuk tidak memperhatikan dengan teliti nubuat-nubuat Alkitab sehubungan dengan apa yang akan menimpa dunia ini kemudian.

Kita benar-benar sedang menempatkan diri kita pada bahaya besar jika pegangan hidup kita bukanlah sesuatu yang berotoritas yang sudah teruji dari waktu ke waktu. Iman kepada petunjuk-petunjuk Allah tentang masa depan adalah alasan mengapa umat Tuhan adalah orang-orang yang tidak mengabaikan setiap amaran nubuat sehingga menjadi orang yang siap menghadapi segala peristiwa apa saja yang akan menimpa dunia ini sampai kepada kiamatnya.

Kerinduan Yang Mendalam

Alkitab yang berisi wahyu Tuhan telah mencatat bagaimana perjalanan sejarah manusia didunia yang berdosa ini. Allah dalam kemurahan-Nya yang besar telah membawah pengharapan bagi seluruh umat manusia melalui Yesus.

Sejak kedatangan Yesus yang pertama kedunia ini, harapan akan suatu kehidupan yang lebih baik telah membuat setiap orang yang telah menerimanya tidak sabar menantikan saat yang dijanjikan itu tiba.

Alkitab Perjanjian Baru sendiri mencatat pada ± tahun 30 TM, bahwa kedatangan kembali Yesus yang akan mengakhiri dosa dan segala penderitaan yang diakibatkan olehnya, nampaknya akan terjadi dengan segera.

Matius 16: 28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya.”

Matius 24: 34 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi.

Didorong oleh suatu kerinduan yang besar akan saat itu, nubuat ini telah dimengerti oleh banyak orang waktu itu secara literal sehingga telah tertananam suatu pengharapan yang sangat mendalam bahwa kiamat akan terjadi pada generasi waktu itu.

Kerinduan ini tentu saja sangat beralasan dan dapat dimaklumi karena memang tidak ada seorang pun yang mau tetap berlama-lam dalam pederitaan. Namun, bertahun-tahun kemudian hal yang dinanti-nanti itu belum juga menjadi kenyataan.

Kira-kira tahun 60 TM; ± 30 tahun sesudah itu, Rasul paulus dalam suratnya kepada jemaat-jemaat, juga meneguhkan pengharapan akan kedatangan Yesus yang akhirnya kembali dimengerti oleh orang-orang waktu itu akan terjadi pada generasi itu (abad 1 TM).

Kerinduan yang begitu mendalam akan kedatangan Tuhan ini akhirnya mengakar di hati setiap umat Tuhan, dan menjadi sesuatu yang senantiasa dinanti seumur hidup. Tidak peduli hidup di waktu kapan, diera mana, setiap adanya kehidupan, manusia terus berharap Tuhan akan datang pada generasinya.

Sepanjang milenium pertama sesudah masehi kita dapat menjumpai harapan-harapan akan kiamat yang begitu mendalam sehingga hal itu di ungkapkan dengan menentukan waktu kedatangan Tuhan itu.

  • Kira-kira tahun 90TM Klement 1 memprediksikan akhir dari dunia sudah bisa terjadi pada waktu itu kapanpun.
  • Abad ke dua TM para Nabi dan Rasul dari kalangan Montanis memprediksikan bahwa Yesus sudah akan kembali pada generasi mereka dan mendirikan Yerusalem Baru di kora Pepuza Asia kecil.
  • Pada tahun 365 TM seorang bernama Hilary dari Potiers, menyeruhkan bahwa akhir dari dunia akan terjadi di tahun itu. Kemudian pada tahun 375-400 TM murid Hilary Martin dari Tours juga meyakinkan banyak orang bahwa dunia akan berakhir sebelum tahun 400.
  • Tahun 500 TM merupakan tahun pertama yang mengalami kepanikan. Anti paus Hippolytus dan seorang terpelajar Kristen mula-mula Sextus Julius Africanus meramalkan Armagedon akan terjadi di tahun ini.
  • Tahun 968 TM sebuah gerhana terjadi dan di interpretasikan sebagai pendahuluan dari kiamat yang akan di bawah oleh penguasa German Otto III.
  • 992: Jumat Agung bertepatan dengan Feast of the Annunciation; ini telah lama diyakini sebagai peristiwa yang akan mendatangkan Antikristus, dan itulah peristiwa akhir-masa yang diramalkan dalam kitab Wahyu. Catatan dari Jerman melaporkan bahwa sebuah matahari yang baru muncul di utara dan bahwa sebanyak 3 matahari dan 3 bulan saling beradu. Namun Tidak ada verifikasi independen dari peristiwa luar biasa itu.
  • 1000-JAN-1: Banyak orang kristen di Eropa telah meramalkan kiamat akan jatuh pada tanggal ini. Tatkala waktunya semakin mendekat, tentara-tentara Kristen mengobar perang melawan negara-negara penyembah berhala di Eropa Timur. Motifasinya adalah untuk menobatkan mereka semua menjadi kristen, walau menggunakan paksaan sekalipun, sebelum kedatangan Kristus kembali pada pada tahun 1000 TM. Sementara itu, banyak dari orang-orang Kristen waktu itu telah memberikan segala miliknya untuk gereja sebagai suatu tindakan pengantisipasian akan kiamat. Untunglah taraf pendidikan waktu itu begitu rendah sehingga banyak dari masyarakat tidak mewaspadai tahun itu. Mereka tidak cukup tahu banyak untuk menjadi takut. Jika tidak demikian kepanikan mungkin akan jauh lebih parah dari yang terjadi. Tapi buruk nya adalah ketika Yesus belum datang waktu itu gereja tidak mengembalikan pemberian-pemberian umat-umat yang sudah menyerahkan seluruhnya.
  • 1000-MEI: Sebuah legenda muncul bahwa seorang kaisar akan bangkit dari tidurnya untuk melawan Antikristus.

Rahasia Akhir Zaman

Milenium yang pertama TM akhirnya berlalu dan Yesus belum datang. Apa yang salah? Yang perluh kita pahami disini adalah kerinduan akan kedatangan Tuhan bukanlah sesuatu yang salah tapi justru haruslah dimiliki oleh setiap umat-Nya disetiap generasi. Tetapi kapan waktu yang sesungguhnya dari kedatangan-Nya yang kedua kali itu, harus kita mengerti dengan benar sesuai dengan petunjuk-Nya dalam Alkitab.

Alkitab mencatat,

Daniel 12:9 Tetapi ia menjawab: “Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman.”

Alkitab menyatakan ada suatu rahasia firman yang hanya akan dibukakan di akhir zaman. Dalam pasal yang sama dari kitab Daniel, dikatakan:

Daniel 12:4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah.

Ada rahasia Firman Allah yang tidak dimengerti oleh orang-orang dahulu yang baru akan dibukakan diakhir zaman oleh pengetahuan yang bertambah-tambah dan oleh penyelidikan yang sungguh-sungguh, yaitu rahasia mengenai peristiwa-peristiwa yang akan menimpa bumi ini yang akan menjadi tanda dan amaran menjelang kiamat.

Orang-orang yang mempelajari Alkitab dengan tekun dan sungguh-sungguh, dan yang hidup diakhir zamanlah yang akan memahami firman itu. Jadi, zaman dimana pengetahuan makin bertambah tambah dan orang-orang mulai menyelidiki firman serta rahasia dibukakan itu adalah akhir zaman.

Matius 24:32,33 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat.

Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.

Bukanlah suatu hal yang tidak lazim kalau umat-umat Tuhan akan mendapat amaran serta pemahaman yang sejelas-jelasnya tentang peristiwa-peristiwa besar yang akan menimpa dunia . Alkitab telah memberi tahu kita mengenai hal ini. Di masa lampau, Allah telah memperingatkan umat-Nya untuk setiap hal yang akan datang menimpa manusia:

Amos 3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.

Demikianlah halnya dengan peristiwa besar kiamat, tidak akan terjadi tanpa adanya amaran terlebih dahulu.

Bijak Seperti Nuh

Alkitab menuliskan bahwa hal kedatangan Tuhan adalah seperti halnya pada zaman Nuh.

Ibrani 11:7 Karena iman, maka Nuh–dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan–dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya.

Kedatangan Kristus akan seperti kedatangan air bah di zaman Nuh. Pertanyaan yang harus diajukan oleh siapa saja yang dengan sejujurnya sedang mencari kebenaran adalah: apakah ada seseorang yang tahu tentang mendekatnya air bah sebelum banjir itu tiba?

Atau, apakah tak seorang pun yang mengetahui hari atau waktu datangnya air bah tersebut? Jawaban Alkitab adalah: setiap orang diberi tahu. Nuh tahu. Istri Nuh tahu. Tiga putra Nuh dan istri-istri mereka tahu. Dunia di sekitar mereka juga tahu tentang hal ini karena Nuh adalah seorang pemberita (pengkhotbah[2 Pet 2:5]).

Akan tetapi, tanpa diragukan lagi, mereka menganggap Nuh sebagai orang gila. Akibatnya, mereka semua binasa dalam banjir. Apa yang Alkitab jelakan mengenai peristiwa itu adalah, bahwa berbagai macam orang mendengar peringatan yang dikirimkan oleh Allah, tetapi hanya orang yang percaya yang mengambil tindakan.

Begitu banyak jumlah korban yang binasa akibat banjir zaman Nuh, yang seharusnya bisa dicegah. Hampir semua orang waktu itu mengaggap remeh amaran Tuhan:

2 Petrus 2:5 Dan jikalau Allah tidak menyayangkan dunia purba, tetapi hanya menyelamatkan Nuh, pemberita kebenaran itu, dengan tujuh orang lain, ketika Ia mendatangkan air bah atas dunia orang-orang yang fasik;

Alkitab menekankan bahwa air bah yang membinasakan itu, menimpa semua orang yang fasik (tak beriman) yaitu orang orang yang mengabaikan pemberitaan kebenaran dari Nuh.

Ini merupakan suatu kenyataan yang sangat penting. Allah memberi tahu tahap demi tahap mengenai apa yang akan terjadi dan apa yang harus dilakukan, sampai kepada waktu dimana Nuh harus masuk kedalam bahtera karena banjir sudah akan menimpa dunia.

Orang-orang percaya tidak mengabaikan segala informasi yang sangat dibutuhkan itu untuk masuk kedalam bahtera tepat pada waktunya bersama-sama dengan Nuh. Nuh tidak berada didalam bahtera sendirian dan gelisa selama bertahun-tahun untuk menanti digenapinya nubuatan banjir itu melainkan dia masuk kedalam bahtera tujuh hari sebelum air bah terjadi tepat seperti apa yang Allah beritahukan.

Kenyataan bahwa Allah memberikan peringatan sebelumnya kepada Nuh dan keluarganya, dengan sendirinya, seharusnya membuat kita untuk merenungkan dan menyadari bahwa Tuhan juga akan menunjukkan waktu datangnya akhir dunia sebelum Hari Penghakiman itu tiba.

Allah menyediakan informasi yang selengkap mungkin bagi seluruh umat manusia sehubungan dengan apa saja yang akan terjadi dan apa yang harus dilakukan oleh setiap manusia untuk menghadapi akhir dari dunia ini.

Contoh Sodom dan Gomora

Satu contoh yang lain lagi dari Alkitab yaitu pembinasaan Sodom dan Gomora. Sebelum menghancurkan kota Sodom dan Gomora, Tuhan mengunjungi Abraham dan mengungkapkan rencana penghakiman-Nya atas kota-kota itu. Alkitab menyatakan:

Kejadian 18:17-23 Berpikirlah TUHAN, Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?…Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: “Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya...Abraham datang mendekat dan berkata: “Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik?

Allah tidak menyembunyikan rencana-Nya untuk menghancurkan Sodom dari Abraham hambaNya. Begitu mendapatkan informasi ini, Abraham mulai bersyafaat (berdoa) untuk orang-orang saleh di dalam kota itu.

Allah tidak mendatangkan kebinasaan pada suatu tempat dengan cara apapun dimana orang-orang yang percaya akan turut binasa, sebab Allah selalu menjalankan keputusanNya dengan mengamarkan terlebih dahulu dan orang-orang yang percaya memperhatikannya sehingga terluput, sementara orang yang fasik mengabaikannya.

Apa yang Allah lakukan pada peristiwa Sodom dan Gomora adalah memperingatkan Lot tentang penghakiman yang akan datang:

Kejadian 19:12-13 Lalu kedua orang itu berkata kepada Lot: Siapakah kaummu yang ada di sini lagi? Menantu atau anakmu laki-laki, anakmu perempuan¦bawalah mereka keluar dari tempat ini: Sebab kami akan memusnahkan tempat ini¦sebab itulah TUHAN mengutus kami untuk memusnahkannya.

Lot dan beberapa anggota keluarganya lolos dari pembinasaan Sodom dan Gomora hanya karena Tuhan sendiri yang memberikan peringatan terlebih dahulu kepadanya. Informasi yang Lot peroleh,dia upayakan untuk bagikan kepada calon menantu-menantunya tetapi mereka tidak menanggapinya dengan serius (Kejadian19:14).

Yesus mengatakan bahwa kedatangan-Nya akan seperti yang terjadi di zaman Lot:

Lukas 17:28-30 Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun; Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua. Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.

Allah telah memberikan peringatan sebelumnya kepada umat-Nya tentang penghakiman yang mengerikan atas Sodom sama halnya juga kepada kita sekarang ini. Peringatan telah diberikan sedini mungkin. Fakta sejarah bahwa Allah memberi peringatan sebelumnya kepada Abraham dan Lot sekali lagi menunjukkan bahwa Tuhan juga akan mengungkapkan waktu datangnya akhir dunia sebelum hari itu tiba.

Ada pengertian yang benar-benar keliru dari begitu banyak orang yang mengaku beragama Kristen dalam mengerti nas bahwa Yesus akan datang seperti pencuri, sehingga banyak orang-orang dituntun kepada suatu sikap masa bodoh, menganggap remeh, serta lalai.

1 Tesalonika 5:2-3 Karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman–maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin–mereka pasti tidak akan luput.

Ciri-ciri dari pencuri itu sendiri sesuai dengan Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan. Maka kedatangan Tuhan akan menjadi sesuatu yang menakutkan jika hal ini salah dimengerti. Namun yang benar adalah:

1 Tesalonika 5:4 Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri.

Kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, sangatlah jelas mengandung makna bahwa informasi yang sangat lengkap sehubungan dengan Hari Tuhan itu telah diberikan dan orang-orang yang hidup dalam terang menerima dan tentu saja mengambil sikap yang tepat sementara ada sejumlah orang yang mengabaikannya.

Alkitab menyebutkan sikap orang percaya sebagai berjaga-jaga:

Jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu. Wahyu 3:3

Mengabaikan setiap petunjuk Tuhan akan menyebabkan hari Tuhan itu menimpa seseorang bagaikan pencuri nyang datang tiba-tiba. Tapi lain halnya dengan orang-orang yang memperhatikan setiap pentunjuk tahap demi tahap, hari Tuhan itu akan menjadi saat yang sangat membahagiakan karena merupakan saat yang sudah dinanti-nantikan.

Allah menyediakan amaran dan tanda-tanda untuk semua orang. Yang Tuhan mintakan adalah kita jangan tertidur, mata kita harus terus terbuka menyelidiki ayat-ayat dalam Alkitab dan memperhatikan setiap apa yang sedang berlangsung di dunia ini. Firman-Nya:

Markus 13:37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!”

Pelajaran dari Niniwe

Allah mengutus nabi Yunus ke Niniwe untuk membawa pesan luar biasa yang berisi satu kalimat tunggal:

Yunus 3:4 Yunus¦berseru, Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan.

Hanya beberapa kata! Itulah seluruh pesan yang diperintahkan oleh Allah kepada Yunus untuk disampaikan kepada penduduk Niniwe. Pesan yang pada dasarnya berisi dua elemen: waktu (40 hari) dan penghakiman (ditunggangbalikkan).

Tentu saja, seperti halnya pada zaman Nuh dan Lot, sekali lagi ini adalah suatu pesan amaran. Tuhan mengirim Yunus untuk memperingatkan penduduk Niniwe akan kebinasaan yang akan menimpa mereka sebagai akibat dari kejahatan. Apa kenyataan yang kita jumpai dalam hal ini?

Yunus 3:5 Lalu orang Niniwe percaya kepada Allah

Penduduk Niniwe adalah bangsa Asiria. Yunus bukanlah orang Asiria, bahkan adalah musuh mereka. Tiba-tiba saja orang asing ini muncul sambil memproklamirkan, Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan.

Coba bayangkan hal lain apa saja yang bisa saja di lakukan oleh penduduk Ninewe: Mencemooh, mengabaikan saja karena mereka mungkin berpikir Yunus orang gila yang tersesat, atau menertawai, atau bahkan menghajar dia sampai mati. Masih banyak lagi hal lainnya yang bisa dilakukan penduduk Ninewe gantinya mempercayai.

Dalam dunia modern sekarang ini, kita akan berpikir, Hanya orang bodoh yang mudah ditipulah yang akan percaya dengan pesan seperti itu! Ya, saat ini kita dengan mudahnya dapat menemukan banyak alasan untuk tidak akan mempercayai sesuatu yang begitu konyol, tapi penduduk Niniwe percaya hal itu.

Hal apa yang kemungkinan bisa meyakinkan penduduk Niniwe bahwa berita yang mengerikan itu benar adanya dan benar-benar berasal dari Allah? Tentu saja, bukan dari jumlah bukti yang ada.

Yunus tidak datang dengan membawa ensiklopedia, data statistik kejahatan Ninewe, catatan laporan-laporan keluhan dari masyarat, atau surat pengantar dari Allah! Dia hanya mengucapkan beberapa kata”bukti yang sangat lemah”namun mereka percaya.

Tuhan berfirman:

Matius 12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus¦

Jangan Keliru

Bersamaan dengan sikap merespon setiap petunjuk Tuhan, kita perluh mengerti bahwa apa yang Allah harapkan umat-Nya lakukan dalam menanti kedatangan Tuhan yang kedua kali, bukanlah menetapkan kapan waktu kedatangan Tuhan itu.

Entah dimulai sejak kapan, fokus kebanyakan orang telah ditarik kepada menetapkan waktu kiamat. Beberapa tahun terakhir ini saja khususnya sejak tahun 2000 kita bisa menjumpai begitu banyak ramalan waktu kiamat. Beberapa diantaranya adalah:

Tanggal Pencetus Peristiwa Status
1 January, 2000 Banyak Kalangan Diistilahkan “milenium bug”, suatu perkiraan bahwa akan terjadi kerusakan secara besar-besaran pada komputer. Diramalkan bahwa komputer tidak akan dapat membaca tanggal 1/1/2000 karena banyak programmer COBOL yang memutuskan untuk menghemat memori dengan hanya menggunakan dua digit untuk mengkodekan tahun pada penanggalan. Ketika masuk 1 Januari 2000, kode “00” akan dibacanya program sebagai 1 Januari 1900, sehingga terjadi kekacauan pada setiap algoritma. Gagal
1 January, 2000 Gary North Pendiri Christian Reconstruction Garry North membawa kecemasan yang lebih sehubungan dengan masalah Y2K. Gary yakin bahwa kekacauan ekonomi secara global akan terjadi sebagai hasil dari runtuhnya seluruh sistem keuangan komputer dunia.

Waktu berlalu dan ternyata hal itu tidak terjadi namun Gary tampaknya tetap memegang beberapa harapan bahwa kematian dan kehancuran perlahan akan merayap atas kita dalam waktu yang singkat kedepan.

Gagal
5 April, 2000 Michael Rood Michael Rood membuat perhitungan yang terus diperbaharui yaitu menduga bumi mencapai usia 6001 pada tanggal 5 April 2000.

Menjelang hari ini, akan terjadi pertumpahan darah, wabah penyakit, dan segala macam sampar.

Gagal
5 May, 2000 Richard Noone Bencana Es akan datang. Akan terjadi perubahan di alam. Sebuah bencana global akan menimpa bumi tepatnya pada tanggal 5 Mei 2000, ketika planet-planet berada pada posisi yang sejajar terhadap matahari. Gagal
17 May, 2000 Rebecca Harrison Rebecca, juga dikenal sebagai, peramal yang suka melamun, menyajikan kekayaan peristiwa yang akan berlangsung dimasa depan. 17 Mei 2000, Yesus dijadwalkan untuk terlihat kehadirannya di bumi ini. Kemudian, pada Juni 2003, akan terjadi pertempuran terakhir.

Yesus berkata “tidak ada seorangpun yang tahu hari atau jam”, tapi tampaknya bulan dan tahun tidak dirahasiakan.

Selanjutnya akan ada masa puasa empat puluh hari dari 20 Agustus-30 September, sesudah itu tiba kesudahannya.

Gagal
10 June, 2000 Ron Reese Berdasarkan sumber yang dipercaya secara ekstrim(sebuah “wahyu”) dan beberapa logika berbelit-belit, Ron berpikir bahwa “semacam banjir” akan terjadi pada tanggal 10 Juni. Ramalan ini mendapat peneguhan secara numerologi oleh Bonnie Gaunt. Gagal
11 June, 2000 Marilyn Agee Penetapan waktu untuk ketiga kalinya. Sebuah catatan baru Marilyn di halaman depan berbunyi sebagai berikut:
Mesianik Rabbi Michael Rood hari ini mengumumkan pada Club Prophecy bahwa perhitungan Kalender yang dikoreksi membuktikan bahwa Shavuot dimulai tahun ini pada tanggal 9 Juli. Hal ini membuat 28 Oktober adalah tanggal 1 Tishri, 6001.
Jika perhitungan itu adalah benar maka Pengangkatan Pentakosta masih dapat terjadi tahun ini.

” Aku ingin tahu jika Roh Kudus Kristus dalam jiwa akan menerbangkan merpati itu ([pengantin perempuan]) ke tempat perhentiannya, Surga, pada Av 19 ( Minggu, 20 Aug, 2000)

Gagal
7 July, 2000 Robert Hallman Menggabung antara teori UFO, ramalan Nostradamus dan Nubuat Alkitab, Robert Hallman datang pada suatu tanggal dugaan terjadinya pengangkatan. Robert juga memaparkan apa antikristus itu untuk diketahui semua orang. Gagal
July 2000 Melody Mehta Dengan mengumpulkan data dari peramal-peramal terkenal seperti Gordon Michael Scallion, Nostradamus dan Mother Shipton, Melody mengira Phobos, salah satu dari bulan Planet Mars, akan keluar dari lintasannya karena dilalui oleh komet.

Dan yang akan terjadi adalah jutaan ton batu akan jatuh menimpah kita sehingga membawah kepunahan.

Gagal
20 August, 2000 Ephraim Permulaan untuk mengadakan persiapan mengahadapi perang Armageddon. Ephraim kembali menginterpretasi buku Daniel untuk kesekian kalinya, dan sampai pada batas akhir dari dunia.

Walaupun awalnya dia menemukan bahwa waktu pengangkatan itu sudah harus terjadi pada bulan Maret namun ia kembali melakukan penyelidikan dan menemukan 30 September adalah permulaan masa kesukaran yang besar, dan 22 Oktober sebagai hari pengangkatan.

Gagal
2 September, 2000 Jerry Grenough Jerry menemukan Kode Alkitab matriks yang mendapati bahwa 2 September 2000 adalah akhir dari tahun 5760 penanggalan Yahudi. Tanggal ini dianggapnya sebagai sesuatu penting, yang ada kaitannya dengan Kiamat. Gagal
6 September, 2000 Daniel Adam Millar Kesepakatan damai Israel dengan Palestina pada 13 September 1993 menandai bermulanya tujuh tahun masa kesukaran. Pada 6 September 2000, antikristus akan memproklamirkan dirinya sebagai allah dan memulai perang Armageddon. Gagal
16-19 September, 2000 Phil Stone Bencana pesisir pantai. Phil melihat semua cerita Sejarah dari Alkitab sebagai cetakbiru untuk menggambarkan hari kiamat . Sebagai contoh, Perangan Teluk, hanya suatu pengulangan cerita Musa, hanya mengganti tahun masing-masing cerita untuk suatu hari di dalam waktu modern. Dari situlah, Phil melihat cerita Keluaran sebagai meramalkan akan adanya suatu peningkatan permukaan air laut yang besar, yang berdampak hilangnya kehidupan dikarenakan malapetaka ini pada Musim panas 2000. Gagal
29 September, 2000 Love the Jew Akhir Dunia akan mulai pada Rosh Hashana, hampir bisa dipastikan tahun 2000. Gagal
29 September, 2000 Michael Rood Kembali lagi, sesuai dengan hasil koreksi dalam penyelidikannya terhadap penanggalan Ibrani, Michael menetapkan suatu revisi. Dia menyatakan bahwa Milenium yang ketujuh sebenarnya dimulai pada antara 6 April, 2000 atau 5 Mei, 2000.

Itu berarti bahwa dia mengaharapkan invasi dari Gog dan Magog juga terjadi pada akhir September, 2000 atau 28 Oktober, 2000.

Gagal
30 September, 2000 Jim Bramlett Mengutip beberapa cendikiawan end-times , salah satu diantaranya adalah Marilyn Agee, Jim tiba di suatu jendela 2004- 2007 adalah periode Kedatangan Kedua . Mengutip dari beberapa skolars lainnya dengan kaitan-kaitannya, perhitungan sementara Jim menetapkan tahun 2000 sebagai waktu dari pengangkatan. Gagal
1 Oktober, 2000 Byron Weeks Sistem ID Card nasional diterapkan pada 1 Oktober 2000 . Presiden Clinton akan mengumumkan hukum darurat perang pada bulan September atau Oktober, dan Pemerintahan Dunia membuka peluang peperangan yang dasyat akan terjadi. Gagal
Oktober 2000 Jim Searcy Kembalinya Kristus dan permulaan Masa seribu tahun diramalkan waktu ini. Sebagai bonus, Jim juga menunjuk siapa antikristus itu. Gagal
12 November, 2000 James van der Worp James curiga atas sikap diam NASA tentang komet 76P. Mengikuti akal sehat, James menemui Mother Shipton, Gordon-Michael Scallion, serta petunjuk kuno Nostradamaus, dan menyimpulkan bahwa ada kemungkinan Phobos keluar dari orbit Mars, dan langsung menuju bumi. Hal ini diperkirakannya terjadi pada 12 November 2000. Gagal
17 November, 2000 David Zavitz Dari penyelidikan Alkitab dari sisi yang lain, David setujuh bahwa kesepakatan antara Israel dengan Palestina 13 September 1993 adalah waktu dimulainya tujuh tahun masa kesukaran dan akan berakhir pada 17 November 2000 sebagai saat untuk menerima upah kesetiaan. Gagal
2000 The House of Yahweh Tujuh tahun terakhir sejarah manusia telah dimulai pada 13 september 1993 dan peperangan yang terakhir akan dimulai kira-kira pada 13 September 2000. Gagal
2000 William Zambrano Dampak Shoemaker-Levy di Jupiter menandai dimulainya Tujuh Tahun masa kesukaran. Gagal
2000 Ammar Ali Khan “Nabi Terakhir” Kaum Muslim akan muncul untuk memimpin semua orang yang Setia dalam pertempuran tiga puluh tahun melawan tentara setan. Gagal
20 January, 2001 Lyn Mize “Pengertian” Lyn terhadap petunjuk nubuat bahwa Pengangkatan akan terjadi sebelum milenium ketujuh, dan Antikristus, tak lain dari John F. Kennedy, diyakini akan terjadi waktu ini. Gagal
16 April, 2001 Bill Singleton Dalam sebuah posting di situs Five Doves, Bill menyajikan sebuah bukti yang membuat orang berasumsi bahwa Pengangkatan akan terjadi pada Paskah, 2001. Bill menegaskan kembali pada posting berikutnya untuk menantikan waktu itu. Gagal
24 April, 2001 Lord’s Witnesses Apakah Anda menemukan diri Anda bertanya-tanya apakah simbol-simbol Alkitab itu benar atau tidak? Yah, aku juga melakukannya. Tapi sekarang jangan heran lagi. Orang-orang baik telah menyempatkan waktu untuk membuka kode Alkitab dengan benar bagi kita.

PBB akan mengambil alih dunia kira-kira antara 24 Maret 26 dan April 2001. Tidak seorangpun bisa membeli atau menjual tanpa otoritas dari PBB sesudah May 2001 nanti. Maka kelaparan di seluruh dunia akan terjadi mulai dengan bulan September tahun yang sama.

Gagal
28 May, 2001 David Parker David, juga dikenal (untuk beberapa alasan) sebagai CAPS, telah lekat dengan cerita Baptisan Api dalam Kisah 2, dan entah bagaimana mengubah kisah itu menjadi tanggal kemungkinan terjadinya Pengangkatan pada Pentakosta tahun 2001. Gagal
28 May, 2001 Marilyn Agee Ketika Marilyn berfokus pada waktu pengangkatan, dia juga menjadi tertarik pada waktu dimulainya masa kesukaran.

Tanggal ini adalah menjadi awal dari pelayanan dua saksi yang setia dan kemunculan antikristus. Dia mencatat bahwa pengangkatan akan terjadi menjelang masa kesukaran dan akan terus berlangsung diantara masa kesukaran.

Gagal
11 November, 2001 Bob Ware Bob berulang kali menyatakan 11-22-01 sebagai tanggal yang signifikan. Tanggal ini adalah tahun peringatan pembunuhan John F. Kennedi sehingga mengaitkan teori konspirasi dalam peristiwa penting akhir-masa. Gagal
2001 Unarius Alien Nordic (the Pleiadeans) mendarat di bumi. Gagal
2001 Jack van Impe 2001 akan menjumpai Kesukaran Besar. Kekacauan politik, bencana alam, perang nuklir dan kebangkitan Islam di seluruh dunia pertanda detik-detik terakhir umat manusia didunia ini. Gagal
14 April, 2002 Mike Keller Tampak apa yang akan terjadi pada tengah malam 14 April 2002 adalah, gerbang kiamat akan terbuka, Yesus akan muncul untuk orang kudus-Nya. Gagal
17 October, 2004 Donna Danna
Clay Cantrell
Clay mendasarkan perkiraannya tentang tanggal Pengangkatan pada dimensi Bahtera Nuh (dikonversi ke inci), mengambil catatan khusus pada lokasi “jendela keluar”, dan diikuti oleh beberapa perhitungan esoteris melibatkan rotasi matahari di langit. Gagal
2004 Watcher Ministries Masa Kesukaran dimulai pada tahun 1997, dan Kristus akan kembali tujuh tahun kemudian pada tahun 2004. Semua ini didasarkan pada analisa Great Pyramid Giza. Gagal
2005 Everett Vasek Everett percaya bahwa Pengangkatan akan terjadi pada hari raya Yahudi Rosh Hashanah, antara tahun 1998, dan 4 Oktober 2005.

Dia mendasarkan tanggal ini pada waktu perayaan Yahudi, sejak perjanjian perdamaian Israel, dan lamanya hal ini berlangsung sesuai dengan yang dimengerti dari Alkitab adalah 14.000 hari.

Gagal
1999-2007 Thomas Chase Thomas memiliki sejumlah prediksi untuk periode ini. Dia meramalkan kedatangan Antikristus sekitar tahun 1999-2000, mendekatnya Cassini pada bulan Agustus 1999 sebagai “peristiwa holografik atau paralel” yang menandakan kemungkinan krisis nuklir di Rusia, dan Armageddon, perang nuklir yang lain, pada tahun 2007. Gagal
1998-2012 Gordon-Michael Scallion Segala macam bencana bumi silih berganti. Pemanasan global, Es di kutub mencair, Gempa bumi, gunung berapi, dll. Ditunggu
21 Desember, 2012 Terence McKenna Terence menggunakan sesuatu yang disebut Teori Novelty untuk sampai pada kesimpulan bahwa ada sesuatu yang dia tidak yakin itu apa, namun sesuatu yang penting, akan terjadi pada 21 Des 2012. Ditunggu
2012 Kalender suku Maya Akhir dari “perhitungan panjang ” kalender yang tampaknya sinyal akhir dari zaman. Ditunggu
2012 Kev Peacock Kev memiliki penjelasan ilmiah untuk akhir kehidupan seperti yang kita tahu pada tahun 2012 – sebuah pembalikan medan magnet matahari kita akan menyebabkan Bumi tunggang balik, disertai dengan bencana panas bumi dan tektonik besar. Ditunggu

Alkitab lebih mengarahkan kita pada peristiwa-peristiwa yang akan terjadi pada hari-hari terakhir dan tidak berfokus pada waktu kedatangan dimana, hal inilah yang seharusnya kita mengerti. Ada persiapan yang sangat diperlukan oleh manusia untuk menghadapi peristiwa-peristiwa dasyat dan mengancam yang akan terjadi pada hari-hari terakhir menjelang kedatangan Tuhan.

Respon

Saat ini berdamai dengan Allah merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang di dunia ini. Rahasia-rahasia Firman Allah mulai disingkapkan kepada kita yang menunjukan bahwa kita sekarang ini hidup dalam hari-hari terakhir sebelum kiamat. Ada kesempatan yang sedang di tawarkan Allah untuk kita.

Apa yang Allah sedang sampaikan kepada setiap orang yang hidup diakhir zaman adalah:

2 Timotius 3:1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.

Lukas 21:23 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini,

Markus 13:19 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia, yang diciptakan Allah, sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.

Matius 24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

Kita membutuhkan persiapan untuk menghadapinya. Kita butuh kekuatan untuk melaluinya, dan itu Hanya bisa diperoleh didalam Tuhan.

Mazmur 46:2 Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.

Mazmur 50:15 Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” Sela

Mazmur 107:13 Maka berseru-serulah mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan diselamatkan-Nyalah mereka dari kecemasan mereka.

Orang yang mau menjadikan Allah sebagai kekuatan dan tempat perlindungan akan terluput dari kesesakan yang membinasakan yang akan menimpa dunia pada hari-hari terakhir menjelang kiamat.

Daniel 12:1 “Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.

_______________________________________________________________________

Referensi

Moore, Marvin. The Crisis of the End Times. Bandung: Indonesia Publihsing House, 2008.

http://ebiblefellowship.com/outreach/tracts/wecanknow/

http://familyradio.com/graphical/literature/nomanknows/nomanknows.html

http://www.2think.org/hundredsheep/skeptic/predictions.shtml

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
372PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?