23.1 C
Jakarta
Friday, 06 August 2021
spot_img

KEAJAIBAN DALAM KEKOSONGAN SERTA KEHAMPAAN.

[AkhirZaman.org] Seperti apakah kekosongan itu? Bisakah Anda menyentuhnya? Bagaimana Anda mengukurnya? “Mengapa perasaan hampa menempati begitu banyak ruang?”1

Ketika kehampaan merasuk ke dalam hidup ini, tentu Anda akan mencari cara untuk mengisi kekosongan itu, sedikit menyadari bahwa Yesus memiliki solusi yang sama sekali berbeda, seperti yang ditemukan Maria Magdalena pada pagi Kebangkitan itu.

Kehilangan (Kekosongan)
Yesus sudah mati. Maria Magdalena merasa sunyi dan hampa saat dia membawa rempah-rempah ke kuburan Yesus.

Terkadang Anda merasa seperti Yesus telah meninggalkan Anda. Tragedi mengguncang hidup Anda. Atau perlahan kehilangan tujuan dan makna dalam hidup Anda. Anda putus asa pada apa yang terasa seperti keheningan dalam Yesus, ketika itu mungkin merupakan langkah menuju sesuatu yang lebih besar.

Tetapi bila Anda memiliki semua yang Anda inginkan, bisa saja Anda tidak akan menyadari betapa Anda sangat membutuhkan Yesus. Itu menuntun Anda untuk memulai pencarian akan Kristus.

Jalan Buntu (Kekosongan)
Maria mencapai kuburan. Itu tempat paling logis untuk menemukan Yesus. Di situlah mereka membaringkan Dia. Masuk akal. Tapi kuburannya kosong, dan tubuhnya hilang.

Mungkin Anda telah mencapai titik terendah dalam hubungan Anda bersama Yesus. Dia tidak berada di tempat yang Anda harapkan. Anda duduk dalam tempat peribadatan dan membuka Alkitab, tetapi pikiran Anda terasa kosong dan hampa.

Meskipun ini adalah tempat yang bagus untuk menemukan Yesus, apa yang terjadi jika Anda tidak menemukan Dia di sana? Ya, Tuhan yang menciptakan seluruh alam semesta tidak terbatas pada satu bangunan atau satu kitab, tidak peduli seberapa terilham dan sucinya.

Namun Tuhan tidak absen. Dia menemukan cara untuk mencapai hati Anda. Ketika ada jalan buntu di depan Anda, maka Anda dipaksa untuk melihat ke  atas.

Kekecewaan (Kekosongan)
Maka Maria Magdalena berpaling dari kubur dan keluar dari taman, lalu sebuah suara berbicara kepadanya. Maria tidak mengenali Yesus; sebaliknya, melalui air matanya, Maria memohon kepada-Nya untuk membantunya menemukan Yesus!

Seperti yang Elia katakan, Anda tidak selalu menemukan Tuhan dalam gempa bumi atau guntur. Terkadang Anda menemukan Tuhan dalam hal yang tidak terduga. Dalam keheningan. Dalam kehampaan. Di Taman. Di tetangga, lagu, teman, puncak gunung, pelukan hangat.

Mata Anda kabur oleh kekecewaan, bahkan ketika Anda sedang melihat langsung  pada apa yang Anda cari untuk. Anda hampir melewatkan Kristus karena itu bukan yang Anda inginkan.

Lalu Anda kesal. Bayangkan jika Maria mendapatkan apa yang diharapkannya, Yesus mati dan terbaring di kuburan.

Tapi kemudian Yesus memanggil nama Maria, demikianlah saat Tuhan memanggil nama Anda, maka Keputusasaan pun berubah menjadi harapan. Sebagai gantinya kematian dan pembusukan, kini kehidupan ditemukan. Maria mengenali Yesus lalu berlari menuju Yesus, meninggalkan kekosongannya.

Arti Penting Kekosongan
Disini Maria mengingat apa yang telah Yesus janjikan sebelumnya, apa yang para malaikat katakan padanya. Buktinya telah terlihat. Kuburan itu kosong karena Yesus berdiri di hadapan Maria dalam keadaan Hidup.

Terkadang kehampaan dibutuhkan agar keajaiban terjadi. Seperti janda yang diperintahkan Elisa untuk meminjam banyak kendi. Kendi-kendi itu harus dikosongkan.

Anda datang kepada Yesus dengan cawan Anda setengah kosong / setengah penuh, meminta Yesus untuk mengisinya sehingga Anda dapat berkata dengan pemazmur, “Cawan saya habis” (Mazmur 23:5, NKJV).2

Tetapi Yesus dengan sabar menjelaskan bahwa Dia tidak dapat memasukkan Lautan ke dalam cawan, dan bahwa Anda harus menyingkirkan pengertian Anda mengenai cawan itu sama sekali untuk menerima sepenuhnya apa yang Tuhan rindukan untuk berikan kepada Anda yaitu lautan kasih-Nya.

Seperti yang dikatakan oleh penulis Inggris CS Lewis, “Kita adalah makhluk setengah hati, bermain-main dengan minuman dan seks dan ambisi ketika kegembiraan tak terbatas ditawarkan kepada kita, seperti anak bodoh yang ingin terus membuat kue lumpur di daerah kumuh karena dia tidak bisa. bayangkan apa yang dimaksud dengan tawaran liburan di laut. Kita terlalu mudah senang.”3

Ketika kita mengenali kekosongan kita, Yesus tidak hanya mengisi kita, Dia benar-benar mengubah kita.

Keajaiban Kekosongan
Maria percaya dan bergegas memberi tahu para murid. Dengan kubur yang kosong datang bukan hanya kebangkitan Yesus, tetapi janji kebangkitan Maria sendiri, dan bagian terbaiknya  keabadian dengan Dia yang paling dia cintai.

“Sebab jika kita percaya bahwa Yesus mati dan bangkit kembali, demikian pula Allah akan membawa bersama Dia orang-orang yang tidur di dalam Yesus” (I Tes.414, NKJV). Ketika Yesus datang kelak, Anda akan meninggalkan kuburan Anda yang kosong tidak akan pernah diisi lagi.

Apakah harapan Maria juga adalah harapan Anda? Apakah Anda mencari Yesus, karena Anda menginginkan Dia atau karena Anda menginginkan berkat dan pahala? “Mendapatkan surga, dibebaskan dari dosa, dan menjadi berguna bagi Tuhan adalah hal-hal yang seharusnya tidak pernah menjadi pertimbangan dalam penyerahan yang nyata. Penyerahan total yang sejati adalah preferensi kedaulatan pribadi bagi Yesus Kristus Sendiri.4

Saat saya merenungkan kebangkitan Yesus, saya menyanyikan lagu ini bersama Maria Magdalena:

“Aku melihat keajaiban di kuburan kosong. Yang kita pikir sudah mati telah hidup kembali.
Aku melihat keajaiban di setiap rantai. Engkau putus. Kekuatan surga menderu di dalam diriku.”5

  1. James de la Vega, https://whatsmyquote.com/quote/why-does-the-feeling-of-emptiness-occupy-so-much-space.
  2. Teks yang dikreditkan ke NKJV berasal dari Versi Raja James Baru. Hak Cipta ã 1979, 1980, 1982 oleh Thomas Nelson, Inc. Digunakan atas izin. Seluruh hak cipta.
  3. CS Lewis,  The Weight of Glory: and Other Addresses  (New York: HarperCollins Pub., 2001).
  4. Oswald Chambers, “12 Maret: Penyerahan Total,”  Yang Terbaik untuk Yang Tertinggi  (Uhrichsville, Ohio: Oswald Chambers Pub. Assn., 1995).
  5. “Keajaiban,”  Mosaic MSC, https://essentialworship.com/songs/mosaic-msc/miracle/.

https://bit.ly/3hNbJBw

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
370PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru