26 C
Jakarta
Thursday, 28 October 2021
spot_img

KAPAN BAYI MULAI TERSENYUM DAN TERTAWA? SEORANG AHLI MENJELASKAN.

Kapan bayi benar-benar mulai tersenyum dan kapan dia akan tertawa terbahak-bahak? Seorang spesialis perkembangan bayi menjelaskan. Harapkan kejutan selama beberapa bulan pertama setelah kelahiran.


[AkhirZaman.Org] Semua orang tua menunggu saat ketika bayinya tersenyum, senyum yang nyata dan bermakna, memperlihatkan mulut mungil tanpa gigi yang mengekspresikan kesenangan dan keceriaan.

Pada saat yang sama atau sedikit kemudian, tawa pertama datang, dan itu bisa bergulir dan mengejutkan dan yang terpenting menghangatkan hati.

Jadi kapan semua ini terjadi dan apa yang diharapkan?

Shlomit Schuster, spesialis perkembangan bayi, konselor keluarga, pemandu perkembangan, dan instruktur pijat bayi, menjelaskan:

Senyum Pertama

Bahkan sebelum senyum yang sesungguhnya, senyum yang datang dengan niat yang sungguh-sungguh, Anda akan melihat senyuman tertentu di bibir bayi Anda. Faktanya, sejak lahir hingga 6-8 minggu, bayi akan tersenyum secara refleks. Senyum menawan ini sebagian disebabkan oleh denyut saraf internal di batang otak dan karena itu sering muncul saat tidur. Segera, menjelang usia 8 minggu, senyum alami yang sukarela akan muncul.

Senyum alami berasal dari sumber eksternal dan terutama sebagai respons terhadap rangsangan suara, misalnya suara ibu, ayah atau musik, atau sebagai respons terhadap kontak mata. Ini adalah momen yang menyenangkan dan ada penelitian yang mengatakan bahwa efek senyuman seperti itu pada orang tua sangat mirip dengan efek obat-obatan. Sangat mudah untuk menjadi kecanduan senyum ini!

Tawa Pertama

Tawa pertama bayi yang pasti dan biasanya mengikuti senyum alami pertama bayi yang tak terlupakan. Tawa akan muncul pada usia sekitar 4-5 bulan, terkadang kemudian. Salah satu cara paling efektif untuk memancing tawa adalah dengan memberikan kejutan pada bayi, seperti bersembunyi darinya, kemudian muncul dan berkata: “koo-koo” atau mengoceh sambil membuat wajah lucu.

Apakah Anda mendengar tawa manis? Pertahankan kontak mata dan temani obrolan dengan sentuhan. Dengan cara ini ada peluang lebih besar untuk mempertahankan tawa dari waktu ke waktu. Perhatikan bahwa menggelitik, bahkan jika disertai dengan tawa, dapat menjadi stimulan yang berlebihan dan kemudian transisi dari tertawa ke menangis akan terjadi dengan cepat. Anda harus menahan diri sampai anak setuju untuk digelitik.

Aplikasi JAMA didirikan dengan tujuan untuk menangani ibu dan ayah bayi sejak lahir hingga usia tiga tahun, dan mencakup konten, aktivitas, kiat dari para ahli, dan video yang akan menemani mereka selama masa yang penuh tantangan ini. Semua konten dalam aplikasi “tumbuh” bersama dengan bayi dan disesuaikan secara tepat dengan tahap perkembangannya, sehingga ibu (orang tua) hanya menerima apa yang relevan bagi mereka dan akan menarik minat mereka pada saat tertentu.

Aplikasi ini adalah tempat bagi orang tua di Israel untuk bertemu dan mengenal orang lain di daerah mereka, yang akan membantu mereka mengembangkan persahabatan baru dan bermakna untuk perjalanan menarik ini, menjadi orang tua.

https://bit.ly/39kyKX1

“Jangan biarkan kebingungan dan kekhawatiran dalam kehidupan sehari-hari mengganggu pikiran Anda dan mengaburkan alis Anda. Jika Anda melakukannya, Anda akan selalu memiliki sesuatu yang menjengkelkan dan mengganggu.

Hidup adalah apa yang Anda buat, dan akan menemukan apa yang Anda cari. Jika Anda mencari kesedihan dan masalah, jika Anda berada dalam kerangka pikiran untuk memperbesar kesulitan-kesulitan kecil, Anda akan menemukan banyak dari mereka untuk menggairahkan pikiran dan percakapan Anda. Tetapi jika Anda melihat sisi baiknya, maka Anda akan menemukan cukup untuk membuat Anda ceria dan bahagia. Jika Anda memberikan senyuman, itu akan dikembalikan kepada Anda; jika Anda mengucapkan kata-kata yang menyenangkan dan ceria, itu akan diucapkan kepada Anda lagi.” [AH,430.1]

“Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu; Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.” [Yoh.16:24; Mazmur 94:19]

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
370PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?