25.6 C
Jakarta
Wednesday, 18 May 2022
No menu items!
spot_img

Detik-detik Matahari Buatan Korsel Menyala dan Pecahkan Rekor Dunia

[AkhirZaman.org] Matahari buatan Korea Selatan sukses mencetak rekor dunia, usai mempertahankan plasma bersuhu tinggi selama 20 detik. Suhu ion yang dihasilkan matahari buatan Korsel itu dilaporkan mencapai lebih dari 100 juta derajat Celsius. Waktu 20 detik ini memecahkan rekor pengoperasian sebelumnya yaitu 8 detik, yang dicatatkan KSTAR tahun lalu.

Pada 2018 sebenarnya matahari buatan KSTAR bisa mencapai suhu 100 juta derajat Celsius untuk pertama kalinya, tetapi hanya bertahan 1,5 detik. Dengan durasi terbarunya, matahari buatan Korsel pun menyala lebih lama dari matahari buatan China.

Untuk membuat matahari buatan ini, Korea Superconducting Tokamak Advanced Research (KSTAR) memanfaatkan energi nuklir untuk menjadi perangkat fusi superkonduktor. Karya mereka juga merupakan hasil studi bersama Seoul National University (SNU) serta Columbia University Amerika Serikat.

Perangkat fusi superkonduktor atau matahari buatan KSTAR, yang dikembangkan para peneliti Korea Selatan dan Amerika Serikat. Operasi matahari buatan ini pecahkan rekor dunia baru dengan durasi operasi plasma 20 detik dengan suhu lebih dari 100 juta derajat Celcius.

Si-Woo Yoon Direktur Pusat Penelitian KSTAR mengatakan, teknologi yang dibutuhkan untuk operasi jangka panjang 100 juta plasma adalah kunci realisasi energi fusi. “Dan keberhasilan KSTAR dalam mempertahankan plasma bersuhu tinggi selama 20 detik akan menjadi titik balik penting dalam percobaan operasi plasma berkinerja tinggi, komponen penting dari reaktor fusi nuklir komersial di masa depan,” jelas dia.

Nantinya, para peneliti yang mengerjakan KSTAR akan bekerja untuk membantunya menyala terus menerus selama 300 detik dengan suhu ion lebih tinggi dari 100 juta derajat Celsius. Mereka berencana melakukannya pada 2025.

https://bit.ly/37U2ji9

Salah satu penemuan besar yang dinyatakan kepada dunia, buatan anak manusia. Sebagaimana firman nyatakan dalam Daniel 12:4 mengenai pengetahuan bertambah-tambah dan itu telah terlihat dengan sangat jelas kemajuan teknologi.

Apakah hasil penemuan ini dapat bertahan lama atau abadi dalam fungsinya? Tentu saja tidak.

Kerajaan-kerajaan di dunia ini tidak berjalan lama atau abadi, semuanya hanya bersifat sementara sebagaimana dinyatakan dalam kitab Daniel 2. Semuanya pada akhirnya akan hilang tetapi ada satu kerajaan yang tidak akan hilang, itu adalah kerajaan surga.

Surga adalah kerajaan abadi karena Tuhan Allah yang membuatnya. Kiranya kita senantiasa mencari hal-hal yang abadi yang berhubungan dengan kerajaan surga.

“Carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,” (Kolose 3:1, 5.)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
374PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?