beberapa

[AkhirZaman.org] Ada beberapa alasan yang lebih baik bahwa Antiochus Epiphanes, raja Seleukia dari abad pertama SM, tidak cocok dengan deskripsi dari “tanduk kecil” dalam Daniel 8. Ayat 11 mengatakan, “Tempat kaabah-Nya telah diruntuhkan ” oleh dia.

Antiokhus tidak pernah menghancurkan bait suci di Yerusalem. Dia mencemarkannya, tetapi itu benar-benar dihancurkan oleh orang Romawi pada tahun 70 M. Lebih lanjut, nubuatan tersebut menyatakan bahwa dia “akan menghancurkan kota dan tempat kudus” (Daniel 9:26). Antiokhus tidak pernah menghancurkan Yerusalem.

Kristus menerapkan kekejian yang menghancurkan dari Daniel 9:26 dan 27 ke masa depan yang segera, bukan kemarahan Antiokhus di masa lalu pada tahun 167 sM. Yesus melihat bahwa bala tentara Romawi akan menghancurkan Yerusalem dan bait suci pada generasi-Nya sendiri (Lukas 21: 20-24).

Dalam Matius 24:15, Yesus secara khusus menyebutkan nabi Daniel dan mengatakan bahwa ramalannya dalam Daniel 9 akan terpenuhi ketika orang-orang Kristen akan melihat (di masa depan) kekejian dari kehancuran “berdiri di tempat kudus” di Yerusalem. Ini terlalu jelas untuk disalahpahami.

Akhirnya, Yesus dengan jelas mengaitkan kehancuran Yerusalem dengan penolakan terakhir Israel untuk menerima Dia sebagai Raja dan Juruselamat (Matius 21: 33–43). Hubungan antara menolak Mesias dan penghancuran kota dan bait suci adalah pesan penting dari Daniel 9:26, 27. Ini adalah nubuatan yang mengumumkan konsekuensi penolakan Israel yang terus menerus terhadap Mesias,  bahkan setelah 490 tahun kesabaran yang penuh kasih.

Mencoba untuk menerapkan nubuatan ini dalam Daniel 8 dan 9 kepada Antiochus Epiphanes, yang meninggal pada tahun 164 SM, jauh sebelum kelahiran Yesus, benar-benar memusnakan arti dari kedua pasal ini, yang berisi salah satu nubuatan waktu yang paling penting di seluruh Alkitab.

AYAT INTI
“Bahkan terhadap Panglima bala tentara itupun ia membesarkan dirinya, dan dari pada-Nya diambilnya korban persembahan sehari-hari, dan tempat-Nya yang kudus dirobohkannya.” (Daniel 8:11)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here