29.9 C
Jakarta
Friday, 21 January 2022
spot_img

Coretan Einstein saat merumuskan teori relativitas laku dijual Rp176 miliar

Sebuah manuskrip yang ditulis oleh Albert Einstein, berisi perhitungan ketika dia merumuskan teori relativitas, terjual dengan harga €11 juta (Rp176,4 miliar) melalui sebuah lelang.

 

[AkhirZaman.org] Coretan Einstein saat merumuskan teori relativitas laku dijual Rp176 miliar. Pelelangan itu berlangsung di Rumah Lelang Christie’s di Paris dan memecahkan rekor penjualan bagi dokumen ilmiah bertulisan tangan.

Manuskrip ini merupakan salah satu dari hanya dua dokumen yang menunjukkan cara kerja Einstein pada terobosan ilmiahnya.

Einstein membuat coretan perhitungan itu antara tahun 1913 dan 1914, bersama rekannya asal Swiss, Michele Besso, yang kemudian menyimpan dokumen tersebut.

Rumah lelang Christie’s memuji pemikiran Besso yang maju karena menyimpan manuskrip tersebut.

“Einstein adalah tipe orang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu bisa tersimpan dan sampai kepada kita adalah hal yang luar biasa,” kata ahli di rumah lelang Christie’s, Vincent Belloy.

Coretan Einstein saat merumuskan teori relativitas laku dijual Rp176 miliar
Dua catatan tulisan tangan yang ditulis oleh Albert Einstein telah dijual di lelang dengan harga gabungan $1,8 juta. MENAHEM KAHANA/AFP/AFP/Getty Images

 Manuskrip tersebut berisi perhitungan ketika Einstein merumuskan teori relativitas yang dia tuliskan menggunakan pulpen hitam. Menurut Belloy, coretan tangan Einstein itu menunjukkan sejumlah kesalahan dalam perjalanannya merumuskan teori itu.

Teori relavitias sendiri diterbitkan pada tahun 1915, yang kemudian mengubah pemahaman manusia mengenai ruang, waktu, dan gravitasi.

Coretan Einstein saat merumuskan teori relativitas laku dijual Rp176 miliar
Salah satu dari dua catatan yang di tulis oleh Albert Einstein pada stationer hotel dari imperial hotel di Tokyo, Jepang. Kredit: MENAHEM KAHANA/AFP/AFP/Getty images

Teori itu juga menjelaskan kelahiran alam semesta, orbit planet, serta lubang hitam.

Christie’s mengatakan pelelangan manuskrip itu “telah menarik kolektor dari seluruh dunia yang menyadari betapa pentingnya dokumen itu.”

Namun, identitas pembeli manuskrip setebal 54 halaman itu belum terungkap.

Pada Mei lalu, sebuah surat yang ditulis oleh Einstein berisi teori persamaan yang paling terkenal E=mc², terjual lebih dari $1,2 juta (Rp17,1 miliar).

 

Sumber: https://www.bbc.com/indonesia/dunia-59397779

Suatu harga yang luar biasa diberikan sebagai penghargaan atas sesuatu yang memang memiliki nilai yang tinggi. Ada satu buku yang juga bernilai tinggi, bahkan lebih tinggi dari buku yang lainnya. Tahukah Anda, apa buku tersebut? Ya itu adalah Alkitab.

Alkitab adalah buku yang banyak dibenci orang disaat yang sama buku tersebut juga dicintai banyak orang. Bahkan penjual Alkitab dalam setiap tahunnya memiliki angka yang sangat luar biasa.

Kenapa Alkitab memiliki nila yang begitu tinggi? “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.” Yohanes 1:1-4.

Alkitab adalah buku yang mahal, oleh karena penulisnya adalah Allah sendiri melalui orang-orang pilihanNya. Dan di sana Anda akan menemukan betapa berharganya Anda di mata Tuhan Allah kita sehingga Yesus yang adalah Anak Allah, rela mati bagi Anda dan saya. Selain itu dengan jelas dinyatakan Alkitab sebagai tuntunan hidup sebagaimana tertulis:  “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” 2 Timotius 3:16.

Tuhan rindu untuk dapat berkomunikasi dengan Anda melalui firmanNya. Dia rindu membantu Anda untuk dapat menyelesaikan pergumulan atau masalah yang saat ini mendera Anda. Tuhan rindu membagikan damai sejahtera bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mengalami ketakutan atau kekhawatiran akan masa depan. Saat ini Tuhan rindu untuk menjawab segala keinginan hatimu yang bias jadi sampai saat ini belum Anda terima. Tuhan rindu menyatakan kasihNya kepada Anda, sekalipun dunia menolak dan memusuhi Anda.

“Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.” Wahyu 3:20. Terimalah panggilannya, berlututlah di hadapanNya serta nyatakan segala sesuatunya kepadaNya, dan lihatlah betapa ajaibnya Dia akan berkarya dalam hidup Anda.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
372PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?