india

[AkhirZaman.org] Sedikitnya gaji 616 pegawai negeri pemerintah Distrik Kishtwar daerah Jammu dan Kashmir, India, ditangguhkan karena kedapatan tidak memiliki toilet di tempat tinggal mereka.

Padahal, pemerintah India belakangan terus menggencarkan program pembangunan jamban demi memperbaiki sanitasi masyarakat, terutama untuk mencegah warga membuang air besar atau kecil sembarangan.

“Ini sangat memalukan dan membuat citra pemerintah menjadi buruk. Perilaku pegawai pemerintah dan gaya hidup mereka harus menjadi contoh di masyarakat agar seluruh warga bisa mengikuti,” kata Komisioner pembangunan Distrik Kishtwar, Angrez Singh Rana, Sabtu (21/4).

Sejauh ini, 71.95 persen rumah tangga di Jammu dan Kashmir telah memiliki jamban sendiri di bawah program Pembangunan Toilet Rumah Tangga Individu (IHHLs).

Sebanyak 57,23 persen rumah tangga di Kishtwar juga tercatat telah memiliki kamar mandi sendiri.

Dilansir The Indian Times, sejumlah distrik lainnya seperti Leh dan Kargil di Ladakh, Shopian di selatan Kashmir, dan Srinagar telah berstatus Open Defecation Free (ODF).

Sementara itu wilayah Anantnag dan Pulwama di selatan Kashmir juga disebut segera berstatus ODF pada akhir April mendatang.

Sejauh ini beberapa daerah lainnya di India telah mencapai lebih dari 70 persen target ODF seperti distrik Pulwama sebesar 98,64 persen, Anantnag sebanyak 98,43 persen, distrik Kupwara sebesar 91,92 persen, Rajouri sebanyak 84,35 persen, dan 72,95 persen bagi distrik Kulgam.

Selain itu, Angrez mengatakan masih ada beberapa daerah yang perlu didorong agar terus mendekati target 100 persen ODF. Sejumolah daerah itu adalah Kathua yang baru mencapai 45,69 persen, Udhampur 48,41 persen, Reasi, 56,09 persen, Poonch sebanyak 61,45 persen, Ganderbal, Budgam, Jammu, Samba, Ramban, Bandipora, serta Baramulla yang berada di atas 62 persen dari target ODF.

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20180423181213-113-292939/tak-punya-toilet-di-rumah-gaji-616-pns-di-india-disetop

India, yang berpenduduk padat serta perkembangan ekonomi yang cukup baik namun rakyatnya kurang sadar kesehatan sanitasi maka ini sungguh suatu hal yang memilukan.

Terimakasih pada pemerintah India yang menyadari akan salah satu dari kelemahan warganya dan menyadarkan warganya pentingnya sanitasi agar terjaga kesehatan mereka.
*

“Kalau mau ke sana, bawalah selain perlengkapanmu juga sepotong kayu untuk menggali lubang tempat membuang hajat dan untuk menimbuninya.”

Ulangan 23:13.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here