277-banyak-minum-air-081439 Copy


[AkhirZaman.org]
 Dalam keadaan sehat atau sakit, air bersih adalah satu berkat surga yang paling utama. Penggunaannya yang tepat akan meningkatkan kesehatan. Itulah minuman yang disediakan Allah untuk memuaskan rasa haus bagi hewan maupun manusia. Minumlah air dengan bebas, itu akan menolong memenuhi kebutuhan tubuh dan membantu alam untuk menangkal penyakit. Penggunaan air di luar tubuh adalah salah satu cara yang paling mudah dan paling memuaskan untuk mengatur peredaran darah. Mandi air sejuk atau air dingin adalah obat penguat paling mujarab. Mandi air hangat akan membuka pori-pori sehingga menolong pembuangan sampah-sampah dari dalam tubuh. Baik itu mandi air hangat atau mandi air biasa keduanya akan menenangkan saraf menyeimbangkan peredaran darah.

 Tetapi banyak orang yang tidak pernah belajar dari pengalaman tentang pengaruh yang bermanfaat dari penggunaan air, malahan mereka takut akan air. Perawatan dengan air tidak dihargai sebagaimana mestinya, dan untuk memanfaatkan air secara terampil memerlukan sedikit kerepotan yang banyak orang tidak suka melakukannya. Tetapi jangan ada orang yang merasa bebas karena tidak mengetahui atau lalai dalam soal ini. Ada banyak cara penggunaan air untuk menghilangkan rasa sakit dan mengobati penyakit. Semua orang harus pintar dalam pemanfaatannya dalam perawatan sederhana di rumah. Khususnya kaum ibu harus mengetahui bagaimana caranya merawat keluarga waktu sehat dan waktu sakit.

Bekerja adalah suatu hukum dari keberadaan kita. Setiap organ tubuh mempunyai fungsi yang sudah ditentukan, di mana bekerjanya organ-organ itu bergantunglah pertumbuhan dan kekuatan. Pekerjaan seluruh organ secara normal menghasilkan tenaga dan kebugaran, sedangkan kecenderungan untuk tidak menggunakannya membawa kepada kerusakan dan kematian. Ikatlah sebelah lenganmu walau hanya beberapa minggu, kemudian lepaskan ikatannya, maka engkau akan lihat bahwa lengan itu lebih lemah dari lengan lainnya yang digunakan selama jangka waktu yang sama. Ketidakaktifan akan mendatangkan akibat yang sama kepada seluruh sistem otot tubuh.

Ketidakaktifan itu adalah penyebab penyakit yang pasti. Gerak badan mempercepat dan mengatur keseimbangan peredaran darah, tetapi dalam kemalasan darah itu tidak mengalir dengan bebas, dan pertukaran di dalam darah itu, yang sangat perlu bagi kehidupan dan kesehatan, tidak berlangsung. Kulit juga menjadi tidak aktif. Sampah-sampah tidak dikeluarkan sebagaimana harusnya seandainya peredaran darah itu diperlancar dengan gerak badan yang bersemangat, kulit tetap terjaga dalam kondisi sehat, dan paru-paru dipenuhi dengan udara bersih dan segar. Kondisi tubuh seperti ini memberikan beban dua kali lipat kepada organ-organ pembuangan, dan penyakit pun timbullah.

5917 seperempat warga berjalan kaki CopyPara penderita cacat jangan disuruh untuk tidak bergerak. Bila terjadi kelebihan beban yang serius dalam kegiatan apapun, istirahat total untuk jangka waktu tertentu kadang-kadang akan menangkal penyakit yang gawat; tetapi pada kasus penderita cacat tetap, jarang perlu menghentikan semua kegiatan.

Mereka yang letih karena memeras otak harus beristirahat dari berpikir keras; tetapi janganlah mereka didorong untuk yakin bahwa adalah berbahaya menggunakan kemampuan pikiran mereka sama sekali. Banyak orang cenderung menganggap bahwa kondisi mereka lebih buruk dari yang sebenarnya. Keadaan pikiran seperti ini tidak cocok untuk kesembuhan, makanya hal itu jangan didorong.

Para pendeta, guru, siswa dan para pekerja lain yang lebih banyak menggunakan otak sering menderita penyakit akibat beban mental yang tak dapat dilepaskan melalui olahraga. Apa yang diperlukan orang-orang ini ialah kehidupan yang lebih aktif. Kebiasaan-kebiasaan bertarak yang ketat ditambah dengan olahraga secara teratur, akan menghasilkan kebugaran fisik dan mental, dan juga memberi kemampuan daya tahan kepada semua pekerja yang banyak menggunakan otak.

Mereka yang sudah terlalu banyak menggunakan tenaga fisik seharusnya jangan didorong untuk sama sekali meninggalkan seluruh pekerjaan fisik. Tetapi pekerjaan fisik itu, supaya bermanfaat sebesar-besarnya, harus dilakukan dengan teratur dan sesuai. Gerak badan di luar rumah paling baik; kegiatan itu harus diatur untuk menguatkan organ-organ tubuh yang sudah lemah dengan cara menggunakannya, dan harus dilakukan dengan sepenuh hati; pekerjaan tangan jangan pernah merosot sehingga jadi membosankan.

Apabila para penderita cacat tidak melakukan apa-apa untuk mengisi waktu dan perhatian, maka pikiran mereka akan tertuju kepada diri mereka sendiri sehingga mereka menjadi sakit dan lekas marah. Banyak kali mereka tenggelam dalam perasaan-perasaan mereka yang buruk sampai mereka menganggap diri lebih buruk dari yang sebenarnya dan sama sekali tidak dapat melakukan apa-apa.

Dalam kasus-kasus seperti ini, gerak badan yang diarahkan dengan baik akan terbukti menjadi obat yang efektif. Dalam beberapa kasus pemulihan kesehatan tak dapat ditawar-tawar. Kemauan bekerja bersama-sama dengan pekerjaan menggunakan tangan; dan apa yang diperlukan oleh para penderita cacat ini ialah dibangkitkannya kemauan. Kalau kemauan berhenti, maka imajinasi menjadi tidak normal, dan tidak mungkin lagi untuk melawan penyakit.

Ketidakaktifan adalah kutuk terbesar yang dapat menimpa banyak penderita cacat. Pekerjaan ringan yang bermanfaat, asalkan tidak membebani pikiran atau tubuh, membawa pengaruh yang menyenangkan terhadap keduanya. Keaktifan itu menguatkan otot, melancarkan peredaran darah dan memberikan kepuasan kepada penderita karena mengetahui bahwa dirinya bukan sama sekali tidak berguna lagi di dunia ini. Mungkin saja pada mulanya dia melakukan hanya sedikit, tetapi segera dia akan dapati kekuatannya bertambah dan jumlah hasil kerjanya pun meningkat.

sinar-matahari CopyGerak badan menolong orang yang bermuram durja dengan memberi keadaan yang sehat kepada organ-organ pencernaan. Terlibat dalam belajar dengan keras atau berolah raga berat segera sehabis makan menghalangi proses pencernaan; tetapi berjalan kaki sejenak setelah makan, dengan kepala tegak dan bahu ditarik ke belakang memberi keuntungan yang besar.

Walaupun semua yang dikatakan dan dituliskan tentang pentingnya hal ini, masih banyak orang yang mengabaikan gerak badan. Sebagian orang bertambah gendut karena perut dijejali dengan makanan; orang lain menjadi kurus dan lemah karena kekuatan hidup mereka sudah dihabiskan untuk membuang kelebihan makanan. Organ hati (liver) dibebani dalam usahanya membersihkan darah dari sampah-sampah, kemudian timbullah penyakit.

Mereka yang kebiasaannya banyak duduk seharusnya bergerak badan di tempat terbuka setiap hari, bilamana cuaca mengizinkan, baik pada musim panas atau musim dingin. Berjalan kaki lebih baik daripada menunggang kuda atau mengemudikan kendaraan, karena otot lebih banyak bergerak. Paru-paru dipaksa untuk bergerak dengan sehat, karena tidak mungkin berjalan cepat tanpa menggiatkan paru-paru.

Dalam banyak kasus gerak badan seperti itu lebih baik bagi kesehatan daripada pengobatan. Para dokter sering menasihati pasien-pasien mereka supaya mengadakan perjalanan dengan berlayar, pergi ke tempat di mana terdapat sumber air mineral, atau mengunjungi tempat-tempat yang berbeda iklim, yang dalam banyak kasus kalau saja mereka mau makan secara sederhana, berolah raga dengan sehat dan menggembirakan, maka kesehatan mereka akan pulih dan dengan demikian menghemat waktu dan uang.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here