akhir zaman

[AkhirZaman.org] Sepuluh Hukum telah disepelekan oleh manusia; tetapi Tuhan tidak akan datang untuk menghukum para pelanggar hukum sebelum dikirimkannya sebuah pekabaran amaran. Malaikat ketiga dalam kitab wahyu menyiarkan pekabaran itu. Sekiranya manusia menuruti Sepuluh Hukum, menanamkan prinsip pengajaran itu dalam kehidupan mereka, kutuk penyakit yang sekarang melanda dunia tidak akan datang.

Menyediakan Satu Umat

Laki laki dan perempuan tidak dapat melanggar hukum alam dengan memanjakan selera rendah dan nafsu jahat tanpa melanggar hukum Tuhan. Oleh sebab itu Dia telah memancarkan sinar reformasi kesehatan kepada kita, agar kita dapat melihat dosa kita dalam melanggar hukum yang telah ditetapkan Nya bagi kita. Semua kesenangan atau penderitaan kita dapat ditelusuri apakah berasal dari penurutan atau pelanggaran hukum alam. Bapa kita di surga yang penuh kemurahan melihat kondisi manusia yang memprihatinkan, yang hidup dalam pelanggaran hukum yang telah ditetapkan Nya secara sadar atau tidak. Di dalam kasih dan pengasihan akan umat manusia, Dia memancarkan terang itu atas reformasi kesehatan. Dia menuliskan hukum Nya, hukuman akan mengikuti pelanggarannya supaya semua belajar dan berhati hati hidup sesuai dengan hukum alam. Dia menyatakan hukum Nya begitu jelas seperti sebuah kota di atas bukit. Semua makhluk dapat memahaminya kalau mereka mau. Manusia golongan idiot tidak akan bertanggungjawab. Untuk menjelaskan hukum alam dan mengajak orang supaya menurutinya, itulah pekerjaan yang melengkapi pekabaran malaikat ketiga untuk mempersiapkan satu umat bagi kedatangan Tuhan.

Pertolongan Untuk Membedakan Kebenaran

Sikap masa bodoh bukanlah satu maaf untuk pelanggaran hukum. Terang itu bersinar dan tidak seorangpun harus bersikap masa bodoh, karena Tuhan sendiri adalah Guru manusia. Semua orang terikat kewajiban kepada Tuhan untuk memperhatikan filsafat hidup sehat dan memperoleh pengalaman asli yang diberikan Nya kepada mereka tentang reformasi kesehatan. Dia merencanakan bahwa masalah reformasi kesehatan akan dibangkitkan, dan pikiran orang banyak akan dirangsang untuk menyelidikinya. Adalah mustahil bagi laki laki dan perempuan dengan segala kebiasaan yang penuh dosa, yang merusak kesehatan dan yang melelahkan, otak, untuk membedakan kebenaran yang suci, olehnya mereka disucikan, dimurnikan, ditinggikan, dan disediakan bagi masyarakat malaikat surga di dalam. kerajaan kemuliaan….

Disucikan atau Dihakimkan

Rasul Paulus menasehati sidang: “Karena itu saudara saudara, demi kemurahan Tuhan aku menasehatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Tuhan: itu adalah ibadahmu. yang sejati.” Kalau begitu manusia dapat mencemarkan tubuhnya dengan pemanjaan yang penuh dosa. Jikalau tercemar mereka tidak layak menjadi manusia rohani, dan tidak layak di surga. Jikalau manusia mau menerima terang Tuhan yang diberikan Nya tentang reformasi kesehatan, dia dapat disucikan melalui kebenaran, dan dilayakkan untuk kekekalan. Tetapi kalau dia menolak sinar itu dan hidup dalam pelanggaran hukum alam, dia harus menerima hukumannya.

Pekerjaan Elia dan Yohanes Pembaptis Suatu Teladan

 Selama bertahun tahun Tuhan telah menarik perhatian umat Nya kepada reformasi kesehatan. Inilah salah satu cabang pekerjaan yang disiapkan bagi kedatangan Anak Manusia. Yohanes Pembaptis muncul dalam roh dan kuasa Elia untuk merintis jalan bagi Tuhan dan mengalihkan manusia kepada kebijaksanaan orang benar. Dia mewakili orang orang yang hidup pada zaman akhir yang kepada mereka dipercayakan Tuhan kebenaran kudus untuk disajikan kepada umat manusia, untuk menyediakan jalan bagi kedatangan Kristus. Yohanes adalah seorang reformator. Malaikat Gabriel yang diutus langsung dari surga memberikan keterangan tentang reformasi kesehatan kepada ayah dan ibu Yohanes. Dikatakannya bahwa dia tidak boleh minum anggur atau minuman keras karena dia akan dipenuhi roh kudus sejak lahirnya.

Yohanes memisahkan diri dari sahabat sahabatnya dan dari segala kesenangan hidup. Kesederhanaan pakaiannya yaitu jubah yang ditenun dari bulu onta, menjadi satu tempelakan bagi kesombongan dan kemewahan imam imam Yahudi, dan orang orang pada umumnya. Makanannya adalah sayur sayuran, kacang kacangan dan madu. Itu merupakan satu tempelakan kepada pemanjaan selera dan kerakusan yang merajalela di mana mana. Nabi Maleakhi menulis: “Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari Tuhan yang besar dan dahsyat itu. Maka ia akan membuat hati bapa bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak anak kepada bapa bapanya.” Di sini sang nabi menerangkan sifat pekerjaan itu. Bagi mereka yang merintis jalan untuk kedatangan Kristus yang kedua kali yang diwakili oleh Elia yang setia, sebagaimana Yohanes datang dalam. roh Elia, menyediakan jalan untuk kedatangan Nya yang pertama. Masalah reformasi ini harus dibangkitkan dan pikiran manusia harus digugah. Pertarakan dalam segala hal haruslah dihubungkan dengan pekabaran itu, yaitu mengalihkan hati umat Tuhan dari penyembahan berhala, dari kerakusan, dan dari kesombongan berpakaian dan sebagai Nya.

Satu Perbedaan Nyata

Penyangkalan diri, kerendahan hati, dan pertarakan yang dituntut oleh orang saleh, yaitu mereka yang dituntun dan diberkati Tuhan, haruslah dihadapkan kepada umat manusia yang membedakan dengan kebiasaan yang merusak kesehatan, kebiasaan kesombongan yang berkembang dalam generasi yang merosot ini. Tuhan telah menunjukkan bahwa reformasi kesehatan sangat erat hubungannya dengan pekabaran malaikat ketiga sebagaimana lengan berhubungan dengan tubuh. Tidak ada di manapun juga penyebab utama kemerosotan fisik dan moral yang besar apabila mengabaikan pelajaran penting ini. Mereka yang memanjakan selera dan nafsu serta menutup mata terhadap terang karena takut akan melihat pemanjaan penuh dosa yang mereka tidak mau tinggalkan, adalah bersalah di hadapan Tuhan.

Siapa saja yang menolak terang itu walaupun hanya sekali, berarti sudah mengeraskan hati untuk menolak terang lain. Siapa saja yang melanggar aturan aturan moral dalam hal makan dan berpakaian, menyediakan jalan untuk melanggar tuntutan Tuhan mengenai keinginan pada perkara yang kekal….

Umat yang dipimpin Tuhan adalah umat yang terpilih. Mereka harus berbeda dari orang dunia. Kalau mereka mengikuti pimpinan Tuhan, mereka akan melakukan maksud Nya dan akan menyerahkan kemauan kepada kemauan Nya, Kristus akan tinggal di dalam hati, dan Kaabah Tuhan akan disucikan. Kata. rasul, tubuhmu adalah kaabah Roh Kudus.

Tuhan tidak menuntut anak anak Nya untuk menyangkal diri sehingga merusak kekuatan tubuh. Dia menuntut mereka untuk menuruti hukum alam, untuk mempertahankan kesehatan fisik. Jalan alam adalah jalan yang ditunjuk Nya; jalan itu cukup lebar untuk orang Kristen manapun. Dengan hati yang murah, Tuhan menyediakan bagi kita bermacam macam persediaan bagi kesenangan dan pemeliharaan kita. Tetapi agar kita dapat menikmati selera alamiah yang akan memelihara kesehatan dan memperpanjang umur, maka Dia sangat membatasi selera. Dia katakan; Waspadalah, batasilah dan sangkallah semua selera yang tidak alamiah. Jikalau kita membentuk selera yang salah, kita melanggar aturan kehidupan. Kita bertanggungiawab atas penyalahgunaan tubuh sehingga membawa penyakit bagi diri sendiri.

Izinkan Kesehatan Bekerja Sendiri

Sikap masa bodoh terhadap buku buku kesehatan sebagaimana dilakukan banyak orang adalah melawan Tuhan. Untuk memisahkan pekerjaan kesehatan dari seluruh pekerjaan bukanlah perintah Tuhan. Kebenaran masa kini terletak di dalam reformasi kesehatan sebagaimana cabang pekerjaan lain di dalam penginjilan. Tidak ada satu cabang pekerjaan yang bisa sempurna kalau dipisahkan dari yang lain.

Injil kesehatan mempunyai pembela pembela yang terampil, tetapi pekerjaan mereka sudah dipersulit karena begitu banyak pendeta dan pimpinan gereja serta orang orang yang berpengaruh telah gagal memberikan perhatian terhadap reformasi kesehatan. Mereka tidak menyadari hubungannya dengan peka¬baran amaran Tuhan seperti hubungan antara lengan dan tubuh. Karena sedikit perhatian yang ditujukan kepada departemen ini oleh banyak orang, dan oleh beberapa pendeta, Tuhan telah menunjukkan perhatian¬-Nya kepada hal itu dengan memberikan kemakmuran yang berlimpah.

Kalau benar benar diatur, pekerjaan kesehatan adalah merupakan satu baji pembelah, membuka jalan bagi kebenaran lain untuk menjangkau hati. Apabila pekabaran malaikat ketiga diterima sepenuhnya, reformasi kesehatan akan mendapat tempat dalam komite daerah, pekerjaan sidang, di rumah, di meja makan, dan semua pertemuan. Barulah tangan kanan itu akan melayani dan melindungi tubuh.

Tetapi sementara pekerjaan kesehatan mendapat tempat dalam pengumuman pekabaran malaikat yang ketiga, para pembelanya janganlah berusaha untuk menggantikan pekabaran malaikat ketiga.

Perlu Penguasaan Diri

Salah satu akibat yang menyedihkan dari kemurtadan yang mula mula adalah hilangnya kuasa manusia untuk mengendalikan diri. Hanya kalau kuasa ini diperoleh kembali, barulah terdapat kemajuan yang sebenarnya.

Tubuh itu sajalah yang menjadi penghubung dengan mana pikiran dan jiwa dapat dikembangkan untuk pembentukan tabiat. Karena itu musuh jiwa mengarahkan penggodaannya untuk melemahkan dan mengurangi kuasa fisik. Kemajuannya di sini berarti penyerahan seluruh tubuh kepada kejahatan. Kecenderungan alam fisik kita akan pasti membawa kerusakan dan kematian kecuali kita berada di bawah pengendalian kuasa yang lebih tinggi.

Tubuh harus dikuasai. Kuasa yang lebih tinggilah yang harus memerintah. Nafsu harus dikuasai oleh kemauan, dan kemauan itu sendiri dikuasai oleh Tuhan. Kuasa paling besar ialah pertimbangan sehat yang mengendalikan kehidupan kita kalau itu disucikan oleh kasih karunia.

Tuntutan Tuhan haruslah diterima di bawah hati nurani. Laki laki dan perempuan harus dibangunkan untuk menyadari kewajiban mengendalikan diri, perlunya kemurnian , kebebasan dari setiap selera yang merusak dan kebiasaan yang mencemarkan. Mereka harus diyakinkan dengan fakta bahwa semua kuasa pikiran dan kuasa tubuh adalah pemberian Tuhan, dan kuasa ini dipelihara dengan kondisi yang sebaik baiknya demi pekerjaan Nya,

Pendeta dan Anggota Awam Bahu Membahu

Salah satu bagian penting pekerjaan penginjilan ialah dengan setia menyajikan reformasi kesehatan kepada umat manusia, sebagaimana yang dihubungkan dengan pekabaran malaikat ketiga, dan sebagai bagian dari pekerjaan yang sama. Seharusnya mereka tidak gagal menerapkannya bagi diri sendiri. Mereka harus membujuk semua orang yang mengaku percaya pada kebenaran.

Sebagaimana ditunjukkan kepada saya, reformasi kesehatan adalah sebagian dari pekabaran malaikat ketiga, keduanya berhubungan erat sebagaimana lengan dan tangan berhubungan erat dengan tubuh manusia. Saya melihat bahwa kita selaku satu umat harus bergerak maju dalam pekerjaan besar ini. Pendeta dan anggota awam harus bahu membahu. Umat Tuhan tidak bersedia menghadapi seruan nyaring malaikat ketiga. Mereka memegang satu tugas yang dilaksanakan sendiri. Mereka seharusnya tidak membiarkan Tuhan melakukannya bagi mereka sendiri. Itulah tugas pribadi. Seorang tidak dapat melakukannya untuk orang lain.

Hubungan Dengan Lembaga Kesehatan

Sanitarium yang sudah didirikan haruslah berhubungan erat dan tidak dipisahkan dengan penginjilan. Tuhan telah memberi instruksi bahwa injil itu harus dimajukan; injil mencakup reformasi kesehatan dengan semua tahapannya. Pekerjaan kita menerangi dunia; karena pekerjaan yang sedang dilakukan kabur dalam mem¬berikan amaran bagi kutuk yang akan dibiarkan Tuhan untuk menyerang dunia ini. Pengawal pengawal Tuhan yang setia haruslah menyampaikan amaran ini….

Reformasi kesehatan harus lebih menonjol dalam penyiaran pekabaran malaikat ketiga. Prinsip reformasi kesehatan terdapat dalam firman Tuhan. Injil kesehatan harus disatukan dengan penginjilan firman. Adalah rencana Tuhan agar pengaruh reformasi kesehatan menjadi sebahagian dari usaha besar yang terakhir dalam penyiaran pekabaran injil.

Para dokter kita adalah pekerja pekerja Tuhan. Mereka adalah orang orang yang kuasanya telah disucikan dan diubah oleh kasih karunia Kristus. Pengaruh mereka dijalin dengan kebenaran yang harus disampaikan ke dunia ini. Dalam kesatuan yang sempurna dan lengkap dengan penginjilan pekerjaan reformasi kesehatan harus menyatakan kuasa Tuhan. Di bawah pengaruh injil, reformasi besar ini akan dilaksanakan oleh pekerjaan pengobatan misionaris. Seandainya pekerjaan misionaris dipisahkan dari penginjilan, pekerjaan itu akan menjadi timpang.

Sanitarium dan gereja dapat mencapai standar yang lebih tinggi dan lebih suci. Reformasi kesehatan akan diajarkan dan dipraktekkan oleh bangsa kita. Tuhan menganjurkan satu keba¬ngunan prinsip reformasi kesehatan. Umat Tuhan mempunyai satu tugas khusus untuk dilakukan. Selaku pesuruh mereka patut beker¬ja demi jiwa manusia. Kristus telah berkata kepada umat Nya: “Kamulah terang dunia” kita adalah umat Tuhan yang dipilih untuk menyiarkan kebenaran surgawi. Pekerjaan yang paling hikmat dan mulia yang pernah diberikan kepada manusia berdosa ialah menyiarkan pekabaran malaikat pertama, kedua dan ketiga kepada dunia ini. Di kota kota besar haruslah didirikan lembaga lembaga kesehatan untuk merawat orang sakit, dan mengajarkan prinsip reformasi kesehatan.

Membuang Prasangka dan Memperluas Pengaruh

Prasangka yang menghalangi kebenaran pekabaran malaikat ketiga dalam menjangkau hati manusia, harus dibuang jikalau lebih banyak perhatian diberikan kepada reformasi kesehatan. Bilamana umat manusia lebih banyak tertarik kepada pelajaran ini jalan akan terbuka untuk memasuki kebenaran-kebenaran lainnya. Jikalau mereka percaya bahwa mereka cakap dalam hal kesehatan, mereka akan lebih bersedia mempercayai bahwa kita menerima Alkitab dengan akal sehat.

Cabang pekerjaan Tuhan ini belum mendapat perhatian yang wajar, karenanya banyak orang yang hilang. Sekiranya gereja menunjukkan perhatian yang lebih besar dalam reformasi dengan mana Tuhan sendiri melayakkan mereka untuk kedatangan Nya, pengaruh mereka akan jauh lebih besar daripada yang sekarang ini. Tuhan telah berbicara kepada umat Nya. Dia mau supaya mereka mendengar dan menuruti suara Nya. Meskipun reformasi kesehatan bukanlah pekabaran malaikat ketiga, itu berhubungan erat dengannya. Mereka yang menyiarkan pekabaran itu harus mengajarkan juga reformasi kesehatan. Itulah satu pelajaran yang harus kita pahami, agar kita bersedia menghadapi kejadian kejathan yang akan datang, itulah sebabnya pekerjaan tersebut harus menonjol. Setan dan pengikutnya berusaha menghalangi pekerjaan reformasi ini. Mereka lakukan apa saja untuk membingungkan orang dan membebani pikiran mereka yang sungguh sungguh bekerja di dalamnya. Namun janganlah seorang tawar hati dalam hal ini. Janganlah mereka berhenti bekerja karena itu. Nabi Yesaya berbicara mengenai Kristus yaitu; “Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai dia menegakkan hukum di bumi.” Kemudian jangarilah pengikut pengikut Nya berbicara tentang kegagalan dan tawar hati. Mereka perlu mengingat harga yang telah dibayar untuk menyelamatkan manusia sehingga. dia tidak binasa tetapi beroleh hidup yang kekal.

Pekerjaan reformasi kesehatan adalah sarana Tuhan untuk mengurangi penderitaan di dunia ini dan untuk memurnikan sidang Nya. Ajarlah manusia bahwa mereka dapat bertindak selaku, penolong Tuhan, oleh bekerja sama dengan Guru Pekerja dalam memulihkan kesehatan jasmani dan rohani. Pekerjaan ini telah disahkan oleh surga. Itu akan membuka pintu masuk kepada kebenaran kebenaran indah lainnya. Masih ada lowongan kerja bagi setiap orang yang mau melaksanakan pekerjaan ini dengan bijaksana.

Oleh: Ellen White

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here