1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pencipta Berkata Ingatlah: Kebenaran Menjelaskan Kepalsuan (1)

 

spider Copy[AkhirZaman.org] Cerita-cerita dongeng dengan mudah diterima sebagai kebenaran bila hal itu telah lama berada di antara kita. Misalkan saja laba-laba. Sekitar tahun 350 SM, Aristoteles, filsuf Yunani, mengelompokkan laba-laba sebagai serangga berkaki enam. Sejak itu, selama 20 abad, orang mempercayai bahwa laba-laba berkaki enam. Tak seorang pun yang peduli untuk menghitungnya. Lebih daripada itu, siapa yang mau menantang Aristoteles yang hebat itu?

Datanglah Lamarck, seorang ahli ilmu hayat dan pecinta alam. Ia menghitung dengan teliti kaki laba-laba. Cobalah terka, berapa jumlah kaki laba-laba? Tepatnya adalah delapan! Cerita dongeng yang selama ini sudah diajarkan sebagai kebenaran untuk berabad-abad lamanya diruntuhkan karena Lamarck mau menghitungnya.

Copernicus juga memiliki pemikiran bebas, seorang Polandia, pernah juga menantang satu “kebenaran” yang dipercayai oleh orang-orang yang menamakan dirinya “ilmuwan” pada zamannya. “Mataharilah, dan bukan bumi, yang menjadi pusat tata surya,” katanya. Orang-orang di gereja menyatakan, “Hal itu tidak bisa demikian! Engkau tidak dapat mengubah keadaan langit milik Allah.” Akan tetapi Copernicus bukanlah mengubah langit milik Allah. Ia hanya menyatakan kebenaran dan menjelaskan satu kepalsuan.

Masih banyak lagi contoh kepalsuan, baik dari segi ilmu pengetahuan dan lain sebagaianya. Banyak orang yang sudah mempercayainya selama ini. Walaupun tidak semua berakibat kritis karena menerima kepalsuan-kepalsuan di bidang ilmu pengetahuan, namun kepalsuan di bidang agama akan mengakibatkan hidup atau matinya seseorang. Dengan kata lain, sehubungan dengan perkara-perkara yang kekal maka kesanggupan untuk membedakan fakta atau fiksi, kepalsuan dan kebenaran adalah sangat penting.

Akan tetapi bagaimanakah kita mengetahui yang manakah kepercayaan agama yang palsu dan mana yang benar? Bagaimanakah kita dapat membedakan antara fakta-fakta keagamaan yang nyata dengan yang fiksi? Apakah yang menjadi sumber otoritas kita?

Tanpa diragukan, Allah saja sumber otoritas kita yang terakhir. Dan Alkitab sebagai catatan fiman-Nya. Di dalamnya berisi kebenaran kekal yang tidak dapat berubah. Dengan mempelajari firman Allah, kepalsuan di bidang agama yang sudah dipercayai berabad-abad seklipun akan mudah untuk dikenali.

Kitab Wahyu menyatakan dengan tepat adanya kepalsuan itu. Pekabaran besar yang menyediakan anak-anak Allah bagi kedatangan Tuhan terdapat dalam Wahyu 14:6-12. Kita membaca kata-kata ini dalam ayat 7: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air."

Pada pembacaan pertama, ayat ini kelihatannya tidak menyatakan sejenis kepalsuan di bidang agama. Akan tetapi marilah kita jelaskan lebih lanjut. Pekabaran tentang dekatnya penghakiman Allah tersebut sangatlah penting sehingga Allah menggambarkannya sebagai pekabaran yang dibawakan oleh tiga malaikat yang terbang dengan cepat dari takhta-Nya di tengah-tengah langit ke seluruh dunia.

Pekabaran itu patut dibawakan dengan cepat seperti api yang menjalar menjilat belukar yang kering, kepada semua bangsa, suku, bahasa, dan kaum (ayat 6). Pekabaran ini harus menjangkau semua batas wilayah bumi ini. Hal itu akan menjembatani segala kelompok budaya dan bahasa. Ketika penghakiman sorga yang terakhir semakin dekat, Wahyu 14:7 dengan tegas mendesak semua umat manusia agar kembali menyembah Sang Pencipta.

Akan tetapi agar dapat kembali kepada penyembahan Sang Pencipta itu, kita harus memahaminya terlebih dahulu. Dasar peribadatan adalah menyadari bahwa kita adalah makhluk ciptaan, bukan Pencipta.

wtrfll CopySebab utama mengapa Allah layak menjadi sasaran peribadatan kita yang tertinggi adalah karena Ia yang menciptakan kita. Wahyu 4:11 menyatakan: "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."

Pada zaman di mana hipotesis yang bersifat evolusi telah menguasai dunia ilmu pengetahuan dengan begitu hebatnya, Alkitab pun telah mengirimkan satu pekabaran untuk memanggil semua orang untuk menyembah Kristus sebagai Pencipta.

Efesus 3:9, 11 memberikan pengertian yang penting itu sebagai berikut: “….dan akan menerangkan kepada orang sekalian bagaimana halnya menjalankan rahasia yang telah beberapa zaman lamanya tersembunyi di dalam Allah, yang menjadikan semesta sekalian,… menurut seperti maksud-Nya yang kekal, yang ditetapkan-Nya di dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” (Terjemahan Lama, lihat juga Kolose 1:13-17).

Bagaimanakah segala sesuatu diciptakan? “Oleh Yesus Kristus!” Pekabaran yang berkumandang terus di zaman akhir ini, yang mengajak semua orang di mana pun ia berada, untuk “menyembah Dia yang menjadikan langit dan bumi”, adalah satu pekabaran yang memanggil semua orang untuk menyembah Yesus Kristus sebagai Pencipta.

Bagaimanakah caranya seseorang dapat menyembah Yesus sebagai Pencipta? Apakah Ia meninggalkan suatu tanda peringatan akan karya ciptaan-Nya? Apakah tanda peringatan penciptaan-Nya itu?

Apabila kita membuka kitab Keluaran, di sana kita dapati pada pusat Perintah Allah itu, yaitu Sepuluh Firman, satu tanda peringatan sehubungan dengan kuasa ciptaan-Nya. Itu adalah tanda peringatan yang bilaman diingat, akan tetap terpelihara dengan segar dalam ingatan kita bahwa Dialah Pencipta dan kita adalah makhluk ciptaan-Nya.

Tanda peringatan ini dijelaskan dalam Keluaran 20:8-11 sebagai berikut: “Ingatlah kamu akan hari sabat, supaya kamu sucikan dia. Bahwa enam hari lamanya hendaklah kamu bekerja dan mengerjakan pekerjaanmu; tetapi hari yang ketujuh itulah sabat Tuhan, Allahmu, pada hari itu jangan kamu bekerja, baik kamu, atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau binatangmu, atau orang dagang yang ada di dalam pintu gerbangmu. Karena dalam enam hari lamanya telah dijadikan Tuhan akan langit dan bumi dan laut, dengan segala isinya, maka berhentilah Tuhan pada hari yang ketujuh, sebab itulah diberkati Tuhan akan hari sabat itu dan disucikannya dia.”

Allah berfirman, “Ingatlah untuk menyucikan hari Sabat, karena itu adalah satu peringatan akan karya ciptaan-Ku.”

Perhatikanlah persamaan cara penuturan kata-kata itu dalam Wahyu 14:7 dan juga Keluaran 20:11. Pekabaran penting untuk generasi terakhir adalah: “Sembahlah Dia yang menjadikan langit dan bumi serta laut dan segala mata air." Keluaran 20:11 berkata: “Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya,…”

Kekudusan Hukum Hari Sabat terkandung dengan jelas pada pusat Hukum Allah itu sebagai satu tanda peringatan yang kekal akan wewenang-Nya yang tertinggi dan kuasa penciptaan-Nya. Tepatlah hal itu sebagai tanda Penciptaan.

sbt pray CopyMari kita kembali kepada buku pertama Alkitab, yaitu kitab Kejadian, melihat kembali suasana penciptaan. Seluruh pasal satu dalam kitab Kejadian memberikan penjelasan tentang proses penciptaan dan keindahan serta cemerlangnya Eden.

Setelah itu Kejadian 2 memulainya sebagai berikut: “Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.”

Setelah menciptakan dunia ini dalam enam hari lamanya, Allah menetapkan hari ketujuh sebagai satu tanda peringatan terhadap karya ciptaan-Nya.

Tiga perkara yang berhubungan erat dengan penetapan tanda peringatan ini:
Pertama, Allah berhenti (ayat 2). Bukan karena Ia merasa lelah, tetapi karena ingin memberikan teladan kepada umat manusia. Sudah menjadi rencana-Nya agar pada setiap hari ketujuh umat manusia sepatutnya berhenti dari pekerjaannya sebagaimana Tuhan juga melakukannya. Tujuannya adalah untuk mengingatkan kepada kita bahwa Dialah pencipta dunia ini.
Kedua, Allah memberkati hari ketujuh itu (ayat 3). Allah mengambil 24 jam dalam sehari itu dan membubuhi satu berkat istimewa di dalamnya. Melalui pertemuan istimewa dengan Allah pada hari itu Ia menyediakan suatu berkat istimewa pula, yaitu kekuatan yang diperbarui, hati yang penuh damai dan satu kehidupan yang lebih akrab dengan Allah.

Ketiga, Allah menguduskan atau membuat hari ketujuh itu kudus. Istilah menguduskan berarti memuliakan atau mengasingkan dengan satu maksud khusus atau suci—dipersembahkan; itu berkaitan dengan sesuatu yang suci dan bukan yang biasa. Allah sajalah satu-satunya yang dapat membuat perkara-perkara itu suci dan mulia. Peribadatan umat manusia yang sejati berarti mengikutsertakan penghormatan terhadap apa saja yang sudah Allah kuduska, karena Ia sebagai Allah sudah membuat hal itu kudus. Dan sesuai dengan pernyataan kitab Kejadian, Allah telah membuat hari ketujuh itu kudus.

Dengan demikian Sabat hari ketujuh telah diciptakan Allah oleh Allah sebagai suatu tanda peringatan akan kuasa penciptaan-Nya. Hari itu adalah kudus.

 

 

 

 

Artikel Terkait:

1. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (4)

WARISAN

Memuji Allah Dengan Musik yang Semarak Dan Merdu[AkhirZaman.org] Akan ada musik di sana, dan juga nyanyian, musik dan nyanyian mana tidak ada telinga yang fana pernah mendengarnya atau pikiran fana pernah memahaminya, yang terdapat dalam penglihatan akan Allah.... ...
48 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (3)

WARISAN

Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman akan berlangsung, dan kitab-kitab dibukakan; bilamana ucapan ‘sabaslah‘ dari Hakim agung itu diumumkan, dan mahkota kemuliaan yang kekal diletakan pada dahi pemenang, banyak yang akan mengangkat mahkota mereka di depan mata perhimpunan alam semesta&n...
87 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (2)

WARISAN

Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang lain penuh dengan segala jenis bunga-bunga, dan pada waktu saya memetiknya saya berseru, kembang-kembang ini tidak akan pernah layu. Selanjutnya saya melihat padang rumput yang tinggi, sangat indah untuk dipandang; ...
90 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (1)

WARISAN

Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan kebenaran-Nya, yang akan menyediakan bagi kita sebuah paspor ke Surga.-Surat 6b, 1890. ...
96 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. KEMBALINYA KRISTUS (2)

KEMBALINYA

Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam persembunyian di gunung-gunung, di dalam gua-gua dan lubang-lubang tanah, Juru selamat menyatakan hadirat-Nya dan kemuliaan-Nya. ...
104 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. KEMBALINYA KRISTUS (1)

KEMBALINYA

Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa bumi dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu' (Wahyu 16:17, 18). Tampaknya langit sepeti terbuka dan tertutup. ...
110 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (3)

TUJUH

Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini, sementara Imam Besar mengadakan pendamaian demi kita, maka kita harus berusaha untuk menjadi sempurna di dalam Kristus. ...
118 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (2)

TUJUH

Hukuman Mati Serupa Dengan yang Dikeluarkan Oleh Ahasyweros[AkhirZaman.org] Perintah yang pada akhirnya dikeluarkan terhadap umat Allah yang sisa akan sangat serupa dengan perintah yang dikeluarkan oleh Ahasyweros terhadap orang Yahudi. ...
135 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. [RH] ANGKATLAH PIALA KEMENANGANMU

[RH]

Aku akan mengangkat piala keselamatan dan akan menyerukan nama Tuhan. Mazmur 116: 13 [AkhirZaman.org] Apakah engkau salah seorang yang berbuat salah? Pergilah kepada Yesus dan mintalah Dia mengampunimu, kemudian percayalah bahwa la melakukannya. "Jika kita mengaku dosa kita, maka la adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa k...
137 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (1)

TUJUH

(Masa Kesusahan Besar, Bagian II)Masa Kesusahan Besar Dimulai Sesudah Penutupan Pintu Kasihan[AkhirZaman.org] Bilamana Kristus berhenti dari pekerjaan-Nya sebagai pengantara demi umat manusia barulah masa kesusahan itu dimulai. kemudian kasus setiap jiwa sudah akan diputuskan, dan tidak ada lagi darah penebusan untuk membersihkan dosa. ...
138 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...

Data Kunjungan

017240224
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
3421
19688
87709
81804
233532
16583202
17240224

IP Anda: 54.227.6.156
Tanggal: 2018-01-20 04:09:12

Online Saat Ini

We have 299 guests and no members online