hari-kebangkitan Copy

 

[AkhirZaman.org] Dalam pelajaran nubuatan sebelumnya kita telah melihat bahwa masa 1000 tahun (millennium) dimulai pada saat kebangkitan pertama, yaitu kebangkitan orang benar untuk hidup kekal. Dan ketika masa 1000 tahun berakhir ini akan terjadi kebangkitan yang kedua, yaitu kebangkitan penghukuman bagi orang-orang jahat.

Dan kebangkitan orang benar ini terjadi saat kedatangan Kristus kedua kali (sekali lagi, barulah setelah itu masa 1000 tahun dimulai-saat setan dirantai atau “berlibur” [Wahyu 20:2, 3]).

Ketika Kristus datang kembali, akan ada empat kelompok orang.

1. Orang benar yang sudah mati.
2. Orang benar yang masih hidup.
3. Orang jahat yang sudah mati.
4. Orang jahat yang masih hidup.

Setiap orang yang masih hidup atau yang sudah mati pasti berada di salah satu dari empat kelompok tersebut. Dan kita akan mencari tahu apa yang terjadi pada masing-masing empat kelompok ini ketika Kristus kembali.

1. Orang Benar Yang Mati.
Apa yang terjadi pada mereka? Mereka dibangkitkan. 1 Tesalonika 4:16 memberi kita jawaban: “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit…”

Mereka bangkit dengan keabadian, tubuh yang sempurna. Mereka mungkin telah pergi ke kubur tampak seperti orang-orang tua, tetapi ketika mereka keluar dari kuburan, mereka akan memiliki keabadian.

2. Orang Benar Yang Hidup.
Apa yang terjadi kepada mereka ketika Kristus kembali? Kita akan membaca jawabannya dalam 1 Tesalonika. 4:17, “Sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal (orang benar yang hidup), akan diangkat bersama-sama dengan mereka (orang benar yang mati yang sudah dibangkitkan) dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.” Alkitab mengatakan bahwa kita akan diangkat bersama-sama.

Beberapa orang berpikir bahwa orang-orang benar yang sudah mati akan menunggu di pintu gerbang sorga untuk menyambut kita. Namun Alkitab mengatakan bahwa kita akan diangkat bersama-sama dengan mereka setelah mereka dibangkitkan.

Dan kita yang hidup ketika Kristus datang kembali, Alkitab mengatakan bahwa kita juga akan berubah. Bagi kita yang hidup ketika Kristus datang kembali akan mendapatkan tubuh yang sempurna! Badan abadi, tidak tunduk pada penyakit, sakit, nyeri, penuaan, atau kematian. Anda menanti-nantikan saat itu, bukan? Suatu hari kita akan meninggalkan semua rasa sakit dan nyeri di belakang kita.

-300x206- CopyAnda dapat membacanya bahwa dalam 1 Korintus 15:51-53, “Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.”

Setelah bangkit dan diangkat untuk bertemu dengan Tuhan di udara, kemana orang benar akan pergi? Mari kita membaca jawaban dari Yesus. Yohanes 14:1-3, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.”

Yesus pergi untuk mempersiapkan tempat bagi kita di surga. Dan ketika Dia datang kembali, Dia akan membawa kita ke surga, ke tempat yang telah Dia persiapkan bagi kita.

Jadi sekarang kita bisa menjawab pertanyaan ini: Dimana orang benar memerintah selama 1.000 tahun? Apa jawabannya? Kita baru saja membacanya. Mereka akan memerintah di surga, rumah Allah. Ada banyak orang Kristen yang berpikir bahwa orang benar akan memerintah di bumi. Namun Alkitab tidak mengajarkan itu. Kita akan pergi untuk bertemu dengan Tuhan di udara, lalu pergi ke tempat yang telah Dia persiapkan bagi kita di Surga. Itu adalah di mana orang-orang kudus akan menghabiskan masa 1000 tahun.

Jadi itulah untuk orang benar. Kita telah mendapati apa yang akan terjadi kepada mereka ketika Kristus datang kembali. “Orang Benar Yang Mati” -mereka bangkit ketika Kristus datang kembali, “Orang Benar Yang Hidup”-mereka dibawa ke surga bersama orang benar yang mati yang sudah dibangkitkan ketika Yesus datang kembali.

Mari kita pergi sekarang untuk kelompok ketiga.

3. Orang Jahat Yang Mati.
Apa yang terjadi pada mereka ketika Yesus datang kembali? Mari kita baca lagi Wahyu 20:5 untuk jawabannya: “Tetapi orang-orang mati yang lain (yang jahat) tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu.” Jadi apa yang terjadi kepada orang mati yang jahat? Tidak ada. Mereka meneruskan “tidur” mereka selama seribu tahun lagi!

4. Tapi bagaimana dengan “Orang Fasik (Jahat) Yang Masih Hidup” ketika Yesus datang? Ini adalah gambar paling menyedihkan. Kita menemukan ini dalam 2 Tesalonika 1:7-9. Mari kita membaca ayat yang sama. 2 Tes. 1:7, “Dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala, dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita. Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya.” Jadi orang jahat akan binasa dihadapan Allah. (Namun Anda jangan berpikir dahulu bahwa seluruh orang jahat akan mendapat hukumannya sesaat setelah kedatangan Kristus kedua kali. Kita akan mendapat jawabannya dalam artikel nubuatan selanjutnya).

ghjafsrt45643sa CopyPerhatikan 2 Tesalonika 2:8, “Pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.”

Jadi orang jahat akan dibunuh dengan nafas hidup-Nya ketika Kristus datang kembali. Dosa tidak bisa eksis di hadapan Allah yang kudus. Alkitab berkata bahwa Tuhan adalah seperti api yang menghanguskan (Ibrani 12:29). Kehadiran-Nya membinasakan dosa. Karena orang jahat telah dikuasai dosa, mereka akan binasa dengan dosa-dosa mereka ketika Kristus datang kembali.

Jadi ketika Kristus datang kembali, Orang Jahat Yang Masih Hidup akan terbunuh oleh cahaya kemuliaan Kristus.

Tapi ingat ini bukanlah api neraka. Mereka hanya terbunuh begitu saja oleh cahaya kemuliaan Kristus.

Jadi inilah yang terjadi dalam peristiwa kedatangan yang kedua kali:

• Kristus datang kembali.
• Orang benar yang mati dibangkitkan.
• Orang benar yang hidup diubahkan.
• Orang-orang benar diangkat bersama-sama dan dibawa ke surga.
• Orang jahat yang mati tetap mati.
• Orang jahat yang hidup akan binasa.

Pertanyaan berikutnya: Seperti apa kondisi bumi selama masa 1.000 tahun setelah kedatangan Kristus kedua kali untuk membawa orang-orang benar menuju ke sorga?

[kita akan lanjutkan dalam artikel KETIKA SETAN PERGI LIBURAN SELAMA 1000 TAHUN (3)].

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here