45cbda13e89fde38c1ab3f09c3372fe3 Copy

 

[AkhirZaman.org] Berapa banyak dari Anda yang suka berlibur? Semakin banyak berlibur bukankah semakin menyenangkan? Liburan selalu datang begitu singkat. Adalah selalu menyenangkan untuk mengambil waktu istirahat dari pekerjaan kita dan pergi ke pantai atau pegunungan. Tapi tahukah Anda bahwa Alkitab memprediksi saat setan sendiri akan pergi berlibur? Bukan cuma waktu akhir pekan saja, tetapi selama seribu tahun. Dan dia akan “dipaksa” untuk mengambil liburan ini. Anda mungkin ingin berlibur, tapi tidak dengan Iblis. Tetapi Tuhan akan “memaksa” dia untuk pergi berlibur. 

Mari kita membaca tentang hal itu dari Wahyu 20:1, 2, “Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya.” Jadi Alkitab mengatakan bahwa Iblis akan terikat selama 1000 tahun. Itulah milenium.

Millennium berasal dari dua kata Latin, mille yang artinya 1000, dan annium yang artinya tahun. Anda memang tidak akan menemukan kata “milenium” dalam Alkitab, tetapi Anda menemukan konsep-1000 tahun. Milenium dan 1000 tahun berarti hal yang sama.

Mari kita mulai pelajaran kita tentang1000 tahun dengan pertanyaan ini: Kapankah liburan 1000 tahun Iblis ini akan dimulai? Mari kita mulai dari Yohanes 5:28, 29, “Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya, dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.”

Disini Kristus menyatakan ada 2 kebangkitan yang berbeda, yaitu:

1. Bangkit untuk Hidup Kekal.
2. Bangkit untuk Dihukum.

Pertanyaan kita berikutnya adalah jelas: Kapan kedua kebangkitan ini terjadi, dan mana yang lebih dahulu? Atau apakah mereka datang bersama-sama?

Mari kita pergi ke Wahyu 20:6 untuk menemukan jawabannya: “Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.”

791334 12050459 CopyDimana orang-orang benar akan memerintah bersama dengan Kristus? Kita akan kembali nanti untuk menjawabnya. Tetapi perhatikan bahwa dikatakan “Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu.”

Ketika dikatakan ada kebangkitan pertama, apa hal tersirat lainnya? Akan ada kebangkitan yang kedua. Dan kita melihat bahwa kebangkitan pertama adalah untuk diberkati, yang kudus. Yesus menyebutkan sebagai kebangkitan kehidupan. Jika Anda meninggal, itulah kebangkitan dimana Anda rindu menjadi bagian di dalamnya. Jadi kita mengerti, bahwa kebangkitan pertama adalah kebangkitan kehidupan bagi orang benar. Tidak ada orang jahat yang akan memiliki bagian dalam kebangkitan pertama.

Mari kita perhatikan bahwa lagi dari Wahyu 20:4, “…Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.”

Mereka memerintah bersama Kristus selama 1000 tahun. Di mana mereka memerintah? Kita akan kembali lagi nanti untuk menjawabnya. Tapi ayat ini menegaskan bahwa “mereka hidup kembali.” Dengan kata lain mereka dibangkitkan. Dengan demikian, periode 1.000 tahun seharusnya dimulai pada hari kebangkitan orang benar, atau kebangkitan pertama. Dan siapa yang muncul dalam kebangkitan pertama? Orang Benar.

SEMUA orang benar yang ada dalam kubur akan dibangkitkan pada kebangkitan PERTAMA.

Nah, sekarang bagaimana dengan kebangkitan untuk penghukuman bagi orang-orang jahat? Mari kita baca Wah 20:5, “Tetapi orang-orang mati yang lain (orang jahat) tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.”

kubur-2 CopyJadi orang mati yang lain (orang jahat) tidak akan hidup lagi sampai masa 1000 tahun berakhir. Kebangkitan setelah masa 1000 tahun berakhir akan menjadi kebangkitan penghukuman.

Apakah Anda sudah mendapatkan gambarannya sekarang? Alkitab menggambarkan ada dua kebangkitan yang dipisahkan oleh periode 1000-tahun.

1. Kebangkitan Pertama disebut Kebangkitan Untuk Hidup Kekal, adalah pada awal periode tahun 1000. Itulah yang dijelaskan oleh Alkitab dalam Wahyu 20:6 yang mengatakan, “Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.”

2. Kebangkitan Kedua yang disebut Kebangkitan Penghukuman, adalah pada akhir 1000 tahun. Kita membaca tentang kebangkitan dalam Wahyu 20:5, “Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu.”

Kita sudah tahu bahwa Masa Millenium mulai berlaku ketika terjadi kebangkitan yang pertama. Tapi mari kita perhatikan pertanyaan ini sekarang: Kapan kebangkitan pertama berlangsung, yang menjadi titik awal periode 1.000 tahun?

1 Tesalonika 4:16 memberi kita jawaban: “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit…”

Jadi orang mati dalam Kristus lebih dahulu bangkit. Sekali lagi kita melihat bahwa orang benar mengambil bagian dalam kebangkitan pertama. Kapan kebangkitan yang terjadi? Ketika Yesus datang kembali.

Kita dapat melihat sekarang bahwa kebangkitan pertama, yaitu kebangkitan untuk hidup kekal terjadi pada saat kedatangan Kristus. Barulah setelah itu, 1000 tahun dimulai.

Ketika Kristus datang kembali, akan ada empat kelompok orang. Apakah empat kelompok itu? Kita akan lanjutkan dalam pelajaran nubuatan selanjutnya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here