akhir zaman

[AkhirZaman.org] Terlepas umur manusia di tangan Tuhan, rasanya hampir semua orang ingin hidup sehat sampai usia lanjut. Menurut Alkitab umur manusia sampai dengan 70 tahun, bahkan kalau mengikuti Musa umurnya bisa mencapai 120 tahun. Hal yang cukup mustahil, mengingat harapan hidup penduduk dunia adalah 68 tahun. Namun bagi orang-orang Okinawa (Jepang), Sardina (Italia), serta Loma Linda (California), hal tersebut tidak mustahil, terbukti dari usia penduduknya bisa mencapai 90 tahun, bahkan lebih dari 100 tahun.

Berikut rahasia hidup sehat penduduk Okinawa .

Penduduk Okinawa merupakan orang yang paling panjang umur di Jepang dan mungkin di dunia. Usia orang Okinawa dapat mencapai 100 tahun, bahkan lebih. Penyakit seperti diabetes, kanker, stroke dan penyakit jantung pun paling jarang dijumpai di sini. Apa saja rahasia panjang umur orang Okinawa?

  1. Konsumsi Ubi Ungu. Sumber karbohidrat utama orang Okinawa adalah ubi ungu Satsuma Imo yang kaya serat. Hasilnya, ubi ini tidak menaikkan gula darah dengan cepat sehingga baik untuk diabetes. Ubi ini juga menurunkan risiko penyakit jantung.
  2. Konsumsi Kacang Kedelai. Kedelai kaya antioksidan flavonoid, isoflavon, serat, vitamin serta rendah lemak jenuh. Tak heran kanker payudara dan prostat sangat jarang terjadi di Okinawa.
  3. Hara hachi-bu atau makan hingga 80% kenyang. Budaya ini mengajarkan untuk membatasi kalori yang dikonsumsi, dan mengurangi makanan tinggi gula, tinggi lemak jenuh dan makanan olahan seperti makanan kalengan dan makanan beku. Kurangi garam. Konsumsi garam orang Okinawa paling sedikit dibandingkan orang Jepang pada umumnya. Hasilnya, risiko tekanan darah tinggi dan stroke pun berkurang drastis.
  4. Konsumsi Buah, sayur, rempah. Penduduk Okinawa banyak makan tomat dan semangka yang kaya likopen. Likopen adalah antioksidan yang menangkal radikal bebas, penyebab awal kanker. Masakan Okinawa pun kaya rempah yang tinggi antioksidan sehingga baik untuk jantung.

Jika penduduk Okinawa menjaga kesehatan jasmaninya, jangan tinggalkan untuk menjaga kesehatan rohani Anda dengan hidup di dalam Tuhan dalam doa dan firman. Sia – sia hidup ratusan tahun jika Anda tidak memiliki kehidupan seperti yang tertulis “umur panjang di tangan kanannya di tangan kiri adalah kekayaan dan kemuliaan” Amsal 3:16.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here