ten cmmndmnt Copy

Umat Allah Memelihara Hukum-hukum-Nya
[AkhirZaman.org] Allah mempunyai sebuah gereja di bumi ini yang mengangkat tinggi hukum yang sudah diinjak-injak, dan memperkenalkan kepada dunia ini Anak Domba Allah yang menghapuskan dosa dunia ini. . . . Di dunia ini hanya ada satu gereja yang sekarang ini sedang berdiri di tembok yang rusak dan sedang memperbaiki pagar dan membangun tempat-tempat yang sudah rubuh. . . . Hendaklah semua orang berhati-hati jangan berteriak me-nentang satu-satunya umat yang sedang memenuhi gambaran yang diberikan tentang umat yang sisa itu, yang menuruti semua hukum Allah dan memiliki iman akan Yesus. . . . Allah memiliki umat yang khusus, sebuah gereja di atas bumi ini yang tak ada duanya melainkan unggul dengan semua sarananya untuk mengajarkan kebenaran, untuk membela Hukum Allah. . . . Saudaraku, kalau engkau mengajarkan bahwa Gereja MAHK adalah Babel, engkau salah.—TM 50, 58, 59 (1895).

Mereka Memiliki Kesaksian Akan Yesus
Sementara hari kiamat sudah dekat dan pekerjaan menyampaikan amaran terakhir kepada dunia sedang berlanjut, maka menjadi lebih penting bagi mereka yang menerima kebenaran masa kini agar memiliki satu pemahaman yang jelas tentang sifat dan pengaruh kesaksian itu, yang Allah dalam pemeliharaan-Nya telah menghubungkan dengan pekerjaan pekabaran malaikat yang ketiga sejak saat kebangkitannya. 5T 654 (1889).

Manusia boleh membangun rencana demi rencana dan musuh itu akan berusaha untuk menggoda jiwa-jiwa menjauhi kebenaran, tetapi semua orang yang percaya bahwa Tuhan sudah berbicara melalui Sister White dan telah memberinya suatu pekabaran akan luput dari banyak penipuan yang akan muncul pada zaman akhir ini. 3SM 85, 84 (1906).

Akan ada orang-orang yang mengaku telah menerima khayal. Apabila Allah memberikan kepadamu bukti yang jelas bahwa khayal itu berasal dari Dia, maka engkau bisa menerimanya, tetapi janganlah menerimanya atas dasar bukti yang lain, Karena manusia akan dituntun semakin tersesat di negeri-negeri asing maupun di Amerika. 2SM 72 (1905).

Doktrin-Doktrin Alkitabiah Mereka yang “Menonjol”
Berlalunya waktu di tahun 1844 merupakan masa yang mengandung peristiwa-peristiwa besar, yang membuat mata kita yang sedang terkesima melihat penyucian kaabah yang berlangsung di surga, dan mempunyai hubungan yang pasti dengan umat Allah di bumi, (juga) pekabaran malaikat yang pertama, kedua dan ketiga, mengibarkan panji yang bertuliskan, hukum Allah dan iman akan Yesus. Salah satu yang menonjol dalam di bawah pekabaran ini adalah Kaabah Allah, yang dilihat oleh umat-Nya yang mencintai kebenaran di surga. dan tabut yang berisi Hukum Allah. Terang Sabat dan hukum keempat memancarkan cahayanya yang benderang dan menyorot jalan dari para pelanggar hukum Allah. Ketidak kekalan barang jahat merupakan sebuah petunjuk lama. Saya tidak bisa mengingat lagi apa-apa yang dapat muncul di bawah petunjuk-petunjuk lama.-CW 30, 31 (1889).

Misi Khusus Umat MAHK
Tuhan telah menjadikan kita sebagai penyimpan-penyimpan Hukum-Nya; la telah mempercayakan kepada kita kebenaran yang suci dan abadi, yang akan disampalkan kepada orang lain dalam amaran yang sebenarnya, teguran dan dorongan. -5T 381 (1885).

Umat MAHK sudah dipilih Allah sebagai satu umat yang khusus, yang terpisah dari dunia. Dengan pisau besar kebenaran la telah memisahkan mereka dari buruan dunia ini dan membawa mereka dalam hubungan dengan Diri-Nya. la telah mengangkat mereka menjadi wakil-wakil-Nya dan la telah memanggil mereka untuk menjadi duta-duta bagi-Nya dalam pekerjaan terakhir keselamatan. Kekayaan kebenaran terbesar yang pernah dipercayakan kepada makhluk-makhluk yang fana, amaran-amaran yang paling serius dan dahsyat yang pernah disampaikan oleh Allah kepada manusia, telah dipercayakan kepada mereka untuk disampaikan kepada dunia ini. -7T 138 (1902).

Dalam arti khusus umat MAHK telah ditempatkan di dunia ini sebagai pengawal dan pembawa obor. Kepada mereka telah dipercayakan amaran terakhir untuk disampaikan kepada satu dunia yang sedang binasa. Terang ajaib dari Firman Allah ada pada mereka. Mereka telah diserahi tugas yang paling khidmat, yakni mengumandangkan pekabaran malaikat yang pertama, kedua dan ketiga. Tidak ada pekerjaan lain yang begitu penting. Mereka tidak membiarkan hal lain apapun untuk mengalihkan perhatian mereka.—9T 19 (1909).

Alasan-Alasan Mengapa Gereja MAHK Diorganisasikan
Sementara jumlah keanggotaan kita bertambah, terbukti bahwa tanpa sesuatu bentuk organisasi akan timbul kekacauan besar, dan pekerjaan ini tidak dapat dilaksanakan dengan berhasil. Untuk menyediakan dana penunjang penglnjilan, untuk menjalankan pekerjaan di ladang-ladang baru, untuk melindungi gereja maupun pelayanannya dari anggota-anggota yang tidak layak, untuk menjaga kekayaan gereja, untuk menerbitkan kebenaran melalul bahan cetakan, dan untuk banyak tujuan yang lain, maka organisasi diperlukan. . Terang telah diberikan oleh Roh-Nya bahwa harus ada ketertiban dan disiplin yang sungguh-sungguh dalam gereja — maka organisasi itu perlu. Sistem clan keteraturan nyata dalam segala pekerjaan Allah dl seluruh alam semesta. Ketertiban adalah undang-undang surga, dan ketertiban itu pun haruslah menjadi undang-undang dari umat Allah di bumi ini.-TM 26 (I902).

Organisasi Akan Selalu Perlu
Kecuali gereja-gereja diorganisasikan sedemikian rupa sehingga mereka dapat menjalankan dan menerapkan peraturan, mereka tidak mempunyai pengharapan apa-apa untuk masa depan.—1T 270 (1862).

Ah, betapa gembiranya Setan jika dia berhasil dalam upayanya menyusup di antara umat ini dan mengacaukan pekerjaan pada waktu di mana organisasi yang seksama adalah perlu dan akan menjadi kekuatan yang paling besar untuk menghalau gerakan-gerakan palsu dan menolak pengakuan-pengakuan yang tidak didukung oleh Firman Allah! Kita ingin mempertahankan garis-garis itu tetap seimbang, dan tidak boleh ada pembubaran sistem organisasi dan ketertiban yang telah dibangun dengan usaha yang bijaksana dan seksama. Tidak boleh diizinkan unsur-unsur yang tidak sesuai yang hendak menguasai pekerjaan pada saat ini.

Sebagian orang sudah mengemukakan pemikiran bahwa sementara kita mendekati waktu penutupan itu masing-masing anak Allah akan bertindak sendiri-sendiri dengan suatu organisasi keagamaan. Tetapi saya telah mendapat petunjuk dari Tuhan bahwa dalam pekerjaan ini tidak ada hal seperti itu di mana setiap orang bertindak sendiri-sendiri. 9T 257, 258 (1909).  

Sementara kita mendekati krisis yang terakhir itu, gantinya merasa bahwa ketertiban dan kesesuaian tindakan makin kurang diperlukan, kita seharusnya menjadi lebih sistematis daripada sebelumnya. 3SM 26 (1892).

Wewenang Khusus Dari Gereja Allah
Allah telah memberikan kepada Gereja-Nya wewenang khusus dan kuasa di mana tak seorang pun dapat dibenarkan kalau menghina atau melecehkannya. karena dengan berbuat demikian berarti dia menghina suara Allah.-3T  417 (1875).

Allah telah mengaruniakan kuasa yang tertinggi di kolong langit lni kepada Gereja-Nya. Adalah suara Allah pada umat- Nya yang bersatu dalam kapasitas gereja yang harus dihormati.—3T 451 (1875).

Suatu Saat Kelemahan dan Kebutaan Rohani
Peopleandchurch CopySaya sudah mendapat kepastian di dalam segala yang saya ucapkan di Minneapolis, bahwa suatu pembaruan harus berlangsung di seluruh gereja. Harus diadakan pembaruan oleh sebab kelemahan dan kebutaan rohani telah melanda umat yang telah diberkati dengan terang yang besar dan dengan peluang serta kesempatan yang berhanga. Sebagai pembaru, mereka sudah keluar dari golongan gereja masing-masing sebelumnya, tetapi sekarang mereka melakukan bagian yang serupa seperti apa yang gereja-gereja itu lakukan. Kita berharap agar tidak perlu lagi terjadi suatu tindakan eksodus yang lain.[Z5) Walaupun kita akan berusaha memelihara ‘kesatuan Roh‘ dalam ikatan-ikatan kedamaian, kita tidak akan berhenti menentang kepalsuan, baik dengan pena maupun suara.- EGW 88 356, 357 (1889).

Tentang orang-orang yang membanggakan terang mereka namun gagal berjalan di dalam terang itu, Kristus berkata. Tetapi Aku berkata kepadamu, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan daripada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum (GMAHK, yang memliki terang besar itu), yang ditinggikan sampai ke langit (dalam nilai dan kesempatan), akan dlturunkan sampai ke dunia orang mati. Karena jika pekerjaan besar yang engkau lakukan dilakukan di Sodom, kota itu tetap tinggal sampai hari ini. 1 Agustus 1893 [4]

Gereja ini berada dalam keadaan Jemaat Laodikia. Hadirat Allah tidak ada di tengah-tengah mereka.—1NL 99 (1898).

Penyalahgunaan di Pusat Organisasi Gereja
General Conference sendiri menjadi rusak oleh perasaan-perasaan dan prinsip-prinsip yang salah. . . . Orang-orang telah mengambil kesempatan yang tidak adil darl mereka yang dianggap berada di bawah kekuasaannya. Mereka bertekad untuk membawa orang-orang itu tunduk di bawah persyaratan mereka; mereka mau memerintah atau menghancurkannya. . . . Kekuasaan bertangan besi yang sudah dikembangkan itu. seolah-olah kedudukan telah menjadikan manusia sebagai dewa-dewa, membuat saya takut, dan pasti menimbulkan ketakutan. Hal ltu adalah suatu kutuk di mana saja dan oleh siapa saja hal ltu dipraktikkan.-TM 359-361 (1895).

Terlampau banyak tanggung jawab yang berat dibebankan kepada segelintir orang, dan sebagian orang tidak menjadikan Allah sebagai Penasihat mereka. Apa yang orang-orang ini ketahui tentang keperluan-keperluan pekerjaan ini di negeri- negeri seberang? Bagaimana mereka dapat mengetahui menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang datang kepada mereka untuk meminta keterangan-keterangan? Perlu waktu tiga bulan bagi mereka yang bekerja di negeri-negeri asing untuk menerima suatu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka, sekali pun tidak tertunda dalam menulis surat.-TM .521 (1896).

Mereka yang hidup di negeri-negeri yang jauh tidak akan melakukan apa yang menurut pertimbangan mereka benar kecuali mereka leblh dulu meminta izin ke Battle Creek. Sebelum mereka bergerak maju mereka harus menunggu jawaban Ya atau Tidak dari tempat itu.—Sp (9) 52 (1896).

Tidaklah bijaksana memilih satu orang sebagai Ketua General Conference. Pekerjaan General Conference sudah meluas, dan ada beberapa hal yang sebenarnya tidak perlu dipersulit. Suatu kekurangan ketajaman telah diperlihatkan. Harus ada suatu pembagian ladang, atau beberapa rencana lain harus dibuat untuk mengubah pengaturan yang ada sekarang.(5)TM 342 (1896).

Pemimpin-Pemimpin yang Tidak Bijaksana Jangan Berbicara untuk Tuhan
Suara dari Battle Creek, yang sudah dianggap sebagai suatu kekuasaan dalam menasihati bagaimana pekerjaan harus dilaksanakan, bukan lagi suara Allah. 17 MR 185 (1896).

Sudah beberapa tahun berlalu sejak saya menganggap General Conference itu sebagai suara Allah. 17MR 216 (1898).

Bahwa orang-orang ini pasti berpijak di tempat yang kudus, menjadi sebagai suara Allah kepada umat, sebagaimana yang pernah kita percayai tentang General Conference  itu sudah lewat. -GCB, 3 April 1901, hlm. 25.

Tidak Perlu Organisasi Gereja yang Baru 
Kamu dapat menggunakan kalimat-kalimat dalam buku Testimonies yang berbicara tentang penutupan pintu kasihan, tentang penampian umat Allah, dan kamu bisa membicarakan tentang keluarnya suatu umat yang lebih murni dan lebih suci yang akan bangkit dari umat ini. Kini semuanya menyenangkan hati musuh itu. . . . Sekiranya banyak orang menerima pandangan-pandangan yang kamu kemukakan, lalu berbicara dan bertindak atas pandangan-pandangan itu, maka kita akan melihat salah satu kegembiraan paling hebat yang pemah disaksikan di kalangan umat MAHK. lnilah yang diinginkan Setan.-ISM 179 (1890).

Tuhan tidak memberikan kepadamu suatu pekabaran untuk menyebut MAHK itu Babel, lalu memanggil keluar umat Allah daripadanya. Segala alasan yang engkau bisa kemukakan tidak berarti bagi saya dalam soal ini, Karena Tuhan telah memberikan kepada saya terang yang pasti bahwa itu bertentangan dengan pekabaran demikian. Saya tahu bahwa Tuhan mengasihi gereja-Nya. ltu tidak boleh dibubarkan atau pun dipecah-pecahkan menjadi atom-atom yang berdiri sendiri. Tidak ada sedikitpun ketetapan dalam hal ini; tidak ada sedikitpun bukti bahwa hal seperti itu akan terjadi.-2SM 63, 68, 69 (1893).

Saya katakan kepadamu, saudara-saudaraku, Tuhan mempunyai satu badan yang terorganisasi melalui mana la akan bekerja. . . . Apabila seseorang menarik diri dari badan yang sudah terorganisasi yang terdiri dari orang-orang yang memelihara hukum Allah, apabila dia mulai mengukur gereja menurut timbangan manusia dan mulai menghakimi mereka, maka engkau akan tahu bahwa Allah tidak menuntunnya. Dia berada di jalan yang salah.-3SM 17, 18 (1893).

Allah Akan Mengatur Segala Sesuatu
Tidak perlu diragukan atau mengkhawatirkan bahwa pekerjaan ini tidak akan berhasll. Allah adalah kepala dari pekerjaan ini, dan la akan mengatur segalanya. Jika perlu dilakukan penyesuaian di pucuk pekerjaan ini maka Allah akan memperhatikan dan membetulkan semua yang salah. Marilah kita percaya bahwa Allah akan mengantarkan kapal yang memuat umat Allah ltu dengan selamat ke pelabuhan.- 2SM 390 (1892).

Bukankah Allah mempunyai sebuah gereja yang hidup? la memiliki sebuah gereja, tetapi itu adalah gereja yang giat, bukan gereja yang berjaya. Kita menyesali adanya anggota-anggota yang kurang baik, bahwa ada lalang-lalang di tengah gandum-gandum. . . . Sekalipun ada kejahatan-kejahatan yang timbul di dalam gereja, dan akan tetap ada sampai hari kiamat, namun gereja di zaman akhir ini harus menjadi terang dunia yang dicemari dan bejat oleh dosa. Gereja yang lemah dan cacat perlu ditegur, diamarkan dan dinasihati, adalah satu-satunya tujuan di bumi ini terhadap mana Kristus mengaruniakan penghargaan-Nya yang tertinggi.—TM 45, 49 (1893).

Benteng pertahanan Setan tidak pernah akan menang. Kemenangan akan menyertai pekabaran malaikat yang ketiga. Sebagaimana Panglima bala tentara Allah itu meruntuhkan tembok-tembok kota Yerikho, demikianlah umat yang memelihara Hukum Allah ini akan menang, dan semua unsur-unsur yang menentangnya akan dikalahkan. TM 410 (1898)

 

 

-PPAZ

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here