wortel-carrot Copy

 

Kandungan
[AkhirZaman.org] Wortel yang menyukai tanah gembur dan subur, memiliki nilai kandungan Vitamin A yang tinggi yaitu sebesar 12000 SI. Kandungan zat lainnya yang terdapat dalam wortel diantaranya kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, Beta karoten, besi, vitamin B 1, vitamin C, K, mangan, folat dan magnesium.

Wortel diketahui mengandung tinggi serat, disamping vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. Dalam secangkir wortel mentah cincang mengandung 50 kalori, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 3,5 gram serat dan tidak ada lemak atau kolesterol.

Wortel juga merupakan sumber yang kaya antioksidan, dari beta-karoten hingga anthocyanindin. Kandungan nutrisi inilah yang membuat wortel memiliki efek menurunkan kolesterol LDL (low density lipoprotein) atau dikenal sebagai kolesterol jahat.

Sementara itu, rekayasa genetika yang dilakukan para ahli pada wortel menjadikannya bukan sekedar ikonnya sumber vitamin A, tetapi mungkin juga menjadi sumber kalsium. Para ilmuwan di AS telah membudidayakan wortel yang mengandung kadar kalsium tinggi.

Seseorang yang makan wortel super ini akan memperoleh kalsium 41 persen lebih banyak daripada wortel biasa. Para ilmuwan tersebut berharap konsumsi wortel secara teratur akan mencegah osteoporosis dan penyakit tulang sejenis.    

“Wortel ini tumbuh di lingkungan yang dipantau terus dan diatur dengan perlakukan khusus,” ujar Profesor Kendal Hirschi, salah satu peneliti dari Sekolah Kedokteran Baylor di Texas, AS. Akan tetapi, untuk siap dan aman dikonsumsi publik masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut.

Selama ini, asupan kalsium banyak ditemukan pada susu. Namun, tidak semua orang bisa minum susu karena alergi dan sebagian lainnya menolak karena kandungan lemaknya tinggi. Wortel yang lebih fleksibel kemudian diharapkan bisa menjadi alternatif. Para ilmuwan merekayasa salah satu gen wortel agar kalsium lebih mudah diserap melalui membran-membaran selnya, meskipun kadar kalsiumnya tidak sampai 1000 miligram.

Khasiat

Selain Kandungan Karoten dan vitamin A yang sangat baik untuk mata, wortel juga dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, memerangi kolesterol jahat dalam darah dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Sementara kandungan antioksidan karoten yang tinggi dapat memerangi efek polusi dan perokok pasif. Wortel juga terbukti baik untuk mengatasi kejang jantung, eksim dan cacing kremi. Luka dalam mulut, napas tidak sedap, gusi berdarah dan sariawan bahkan bisa disembuhkan dengan mengunyah daun wortel.

Baru baru ini (Jun 2011) dikabarkan bahwa wortel bisa meningkatkan kandungan antikanker 25% lebih banyak asal tahu cara mengolahnya.

Para ilmuwan Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization di Australia juga menemukan bahwa pria perokok yang mengonsumsi jus wortel setiap hari selama tiga minggu dapat menurunkan oksidasi kolesterol jahat LDL. Penemuan ini telah dipublikasikan dalam Journal of American Dietetic Association, seperti dilansir Livestrong (1/10/2011).

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Valladolid di Spanyol, wortel penuh dengan serat larut yang dapat mengurangi kolesterol LDL.

Kolesterol adalah lemak yang memainkan peran dalam mendukung membran sel dan sintesis hormon seperti testosteron dan estrogen. Low-density lipoprotein (LDL) adalah jenis kolesterol penting bagi kesehatan jaringan, tetapi dalam jumlah yang terlalu besar, dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Kadar kolesterol LDL harus dijaga antara 100-129 mg/dL untuk kesehatan optimal.

Pengobatan :

Berikut adalah beberapa resep pengobatan dengan menggunakan  wortel yang perlu Anda ketahui.

Eksim : Parut 1 buah wortel lalu tambahkan 1 sendok teh kapur sirih, aduk sampai merata. Tempelkan ramuan ini pada bagian yang sakit kemudian balut dengan perban. Atau bisa juga dengan meminum larutan 3 umbi wortel yang telah diparut dan diseduh dengan 2 gelas air masak. Minum larutan ini 2 kali sehari.

Kejang Jantung : parut wortel hingga halus lalu peras dengan 2 gelas air. Tambahkan 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren pada perasan air wortel, kemudian aduk rata. Minum larutan ini 1 kali sehari.

Mengatasi hipertensi: Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

Mengatasi demam pada anak: Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

Mengatasi luka bakar: Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

Menyembuhkan batuk: Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

Mengatasi nyeri haid: 250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

Mengatasi sembelit: Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

Menghaluskan wajah: Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

Untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal perluh diperhatikan untuk jeli memilih wortel.  Pilihlah wortel yang berwarna agak muda dan terang. Ini menandakan bahwa wortel tersebut masih muda dan segar.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here