bbeat 123c

Cegah Kecenderungan Merusak.

[AkhirZaman.org] Pendidikan harus bersifat menyeluruh dan seragam. Setiap ibu harus tekun. Ia tidak boleh membiarkan sesuatu mengalihkan pikirannya. Ia tidak boleh membiarkan anak anaknya mengikuti kemauan mereka yang tidak terdidik itu dalam menjaga barang barang yang ada di dalam rumah. Mereka harus diajar bahwa mereka tidak boleh menjadikan rumah itu terus menerus dalam keadaan tidak teratur dengan memegang benda benda dalam rumah untuk kesenangan mereka.

Para ibu, biarlah anak anakmu mulai dari kecil bahwa mereka tidak boleh menganggap segala sesuatu yang ada di dalam rumah itu adalah barang barang mainan bagi mereka. Melalui perkara perkara kecil ini pelajaran tentang keteraturan sedang diajarkan. Tidak jadi soal persungutan apa yang diadakan oleh anak anak itu, tetapi janganlah kecenderungan untuk merusak, yang cukup besar pada masa bayi dan masa kanak-kanak itu, dikuatkan dan diperkembangkan. “Engkau harus,” dan “janganlah engkau,” kata Tuhan. Tanpa menjadi marah, tetapi dengan tegas, orang tua harus berkata pada anak anak mereka, Tidak, dan benar benar demikian.

 Dengan sikap tegas mereka tidak boleh membiarkan segala sesuatu yang di dalam rumah dipegang pegang dengan sesuka hatinya dan dihamburkan ke atas lantai atau di tempat yang kotor. Mereka yang membiarkan seorang anak mengikuti cara seperti itu sedang berbuat suatu kesalahan terhadapnya. Boleh jadi ia bukanlah seorang anak yang nakal, tetapi pendidikannya sedang menjadikan dia sebagai seorang yang suka mengganggu dan merusak.

Ajar Menghormati Milik Orang Lain.

Beberapa orang tua membiarkan anak anak mereka bersifat merusak, dengan menjadikan segala sesuatu yang tidak boleh mereka pegang sebagai barang mainan mereka. Anak anak harus diajar bahwa mereka tidak boleh memegang barang kepunyaan orang kesenangan dan kebahagiaan; keluarga, mereka harus belajar mentaati peraturan tentang kerapian. Anak anak tidak akan menjadi lebih berbahagia bilamana mereka dibiarkan untuk memegang segala sesuatu yang mereka lihat. Jikalau mereka tidak dididik untuk berhati hati, maka mereka akan bertumbuh dengan tabiat yang tidak baik dan suka merusak.

Barang barang Mainan yang Kuat dan Tahan Lama.

Jangan berikan kepada anak anak barang mainan yang cepat rusak. Berbuat hal ini berarti mengajarkan pelajaran tentang merusak. Biarlah mereka mempunyai sedikit saja mainan, dan biarlah mainan itu yang kuat dan tahan lama. Anjuran anjuran ini, sekalipun remeh nampaknya, banyak artinya dalam mendidik anak anak.

–Mendidik % membimbing Anak, pasal 15–

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here