[AkhirZaman.org] Patung bocah pipis legendaris yang menjadi ikon wisata di Brussels, Belgia, dilaporkan bakal dibuat lebih ramah lingkungan. Pasalnya selama ratusan tahun, Patung Manneken Pis diketahui telah mengeluarkan ribuan liter air bersih secara sia-sia ke selokan. Diwartakan Daily Mail Rabu (27/3/2019), patung itu mengeluarkan setidaknya 1.000 hingga 2.500 liter air bersih setiap harinya dari patung bertinggi 60 cm itu. Jika kalkulasi yang dipaparkan benar, maka total patung bocah pipis itu telah mengeluarkan lebih dari 250 juta liter air bersih selama 400 tahun.

Sebagai tindak lanjut dari temuan tersebut, pakar pun memasang sistem baru yang bisa mendaur ulang air tatkala keluar dari patung. Kini, Manneken Pis tidak lagi mengeluarkan air bersih. Namun air yang sebelumnya dikeluarkan dialirkan kembali ke badan patung melalui sirkuit tertutup. Seperti diberitakan Brussels Times, sebuah kanal dibangun untuk mengumpulkan air yang sudah dikeluarkan dan dialirkan kembali, dengan sirkuit permanen bakal dipasang lain waktu. Kepada harian Perancis La Derniere Heure, Callens mengatakan awalnya mereka tidak tahu jika patung tersebut sudah mengeluarkan air bersih dalam jumlah besar. “Kami mengira patung itu sudah berada dalam posisi sirkuit tertutup karena setiap hari mengeluarkan 300-400 liter, dan tidak ada yang memperhatikannya,” paparnya. Pemasangan sirkuit itu terjadi di tengah kampanye yang digencarkan badan lingkungan Brussels untuk menandai pentingnya penggunaan air bersih.

Penasihat kota dikutip Brussels Times berkata dengan bangga, kini untuk pertama kalinya dalam 400 tahun, Manneken tak akan mengeluarkan air bersih. Kini, otoritas Brussels menyatakan mereka tengah menginspeksi ikon wisata air lain di kota yang kemungkinan juga mengeluarkan air bersih secara sia-sia. Patung Manneken Pis merupakan karya pematung baroque Jerome Duquesnoy dengan berbagai kisah rakyat dan legenda mengiringinya. Dikatakan patung itu merupakan perwujudan bangsawan cilik berusia dua tahun bernama Duke Godfey III of Leuven yang sengaja ditempatkan di atas pohon. Tujuannya supaya dia mengencingi pasukan musuh. Legenda lain mengatakan patung itu dibuat untuk mengenang warga lokal Julianske. Disebutkan dia menjadi pahlawan dengan menyelamatkan kota dengan memadamkan api menggunakan pipisnya ketika musuh hendak menghancurkan tembok.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/28/07344911/patung-bocah-pipis-di-belgia-kini-bakal-lebih-ramah-lingkungan.

Pasalnya selama ratusan tahun, Patung Manneken Pis diketahui telah mengeluarkan ribuan liter air bersih secara sia-sia ke selokan, karena penggunan air yang sembarangan sehinga pemerintah mengeluarkan aturan untuk tetap menjaga ketahanan air bersih.

Jika kita melihat di sisi lain air adalah penyelamat. Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari mahluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah air. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia ini karena semua mahluk memerlukan air untuk bertahan hidup.

Air memberikan ketahanan untuk hidup di dunia ini saja, tapi ada satu tawaran air yang bersifat kekal yang di tawarkan langsung oleh Yesus “tetapi barang siapa minum air yang akan Ku berikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Ku berikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” Yohanes 4:14.

Maukah saudara menerima tawaran yang Yesus tawarkan kepada anda?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here