Alkitab untuk diri kita

“Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku.” Yohanes 5 : 39


[AkhirZaman.org] 
Kita berterima kasih karena kita memiliki satu pekabaran nubuatan yang pasti, sehingga tidak seorang pun dari antara kita perlu tertipu.Kita tahu bahwa akan ada bidat-bidat dan pembohong-pembohong di dunia kita saat ini, dan kita ingin mengetahui apa itu kebenaran.

Kebenaran ini menjadi bagian kita untuk diselidiki dengan hati-hati bagi diri kita sendiri sehingga kita boleh memiliki pengetahuan tersebut. Kita tidak dapat lakukan hal ini dengan hanya sekedar membaca Alkitab, tapi kita harus membandingkan ayat demi ayat.

Kita harus selidiki alkitab untuk diri kita sendiri, supaya kita tidak tersesat; karena banyak yang sedang disesatkan oleh begitu banyak doktrin di dunia ini, tetapi hanya satu kebenaran.

Banyak orang akan datang dan mengatakan kepadamu bahwa mereka memiliki kebenaran. Tetapi adalah hakmu untuk menyelidiki Alkitab bagi dirimu sendiri. “Akan hukum dan kesaksian: barang siapa berkata-kata tidak sesuai dengan kebenaran, itu karena mereka tidak memiliki terang.” Kita harus rapat dengan Alkitab kita, supaya kita boleh mengerti alasan yang benar akan harapan yang ada bersama kita.

Rasul itu mengatakan bahwa kita akan memberi jawaban kepada setiap orang dengan lemah lembut dan gentar yang bertanya alasan harapan kita. “Jalan masuk ke firman-Mu memberi terang; memberi pengertian kepada orang yang sederhana.”


Tidaklah cukup hanya sekedar dibaca, tetapi firman Allah harus masuk kedalam hati dan pengertian kita, agar supaya kita boleh teguh di dalam kebenaran yang diberkati.

Jika kita lalai untuk menyelidiki Alkitab untuk diri kita, untuk mengetahui apa itu kebenaran, kita harus mempertanggungjawabkan.

Kita harus menyelidiki Alkitab dengan teliti, supaya kita mengetahui semua persyaratan yang Tuhan telah berikan kepada kita; dan jika kita memiliki pikiran yang terbatas, dengan menyelidiki firman Allah secara teliti kita boleh menjadi kuat dalam hal Alkitab, dan dapat menjelaskan kepada orang lain.

Setiap gereja harus dibangunkan, harus diajar untuk menghormati kebenaran ini. “Tuaian memang banyak, tetapi penuai sedikit.”

Guru-guru yang akan mengajarkan kebenaran ini tidak dapat berdiri disampingmu untuk melihat bahwa engkau tidak menerima kesalahan-kesalahan yang sedang membanjiri dunia ini, tetapi jika engkau dibangun di atas Alkitab, engkau akan merasa bertanggung jawab dan akan menyelidiki Alkitab untuk dirimu sendiri sehingga engkau boleh menjadi seorang penolong bagi yang lain. – {Review and Herald, 3 April 1888}

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here