30.3 C
Jakarta
Wednesday, 18 May 2022
No menu items!
spot_img

Olahraga Obat yang Efektif untuk Depresi





AkhirZaman.org: Olahraga Obat yang Efektif untuk Depresi. Olahraga yang teratur dapat melawan depresi dalam banyak cara! Sekitar 1/3 orang yang mengalami depresi yang serius ,merespon dengan baik terhadap obat antidepresi.
Olahraga berhasil mengurangi depresi yang bahkan tahan terhadap pengobatan.  Bahkan olahraga tunggal memiliki efek yang menguntungkan pada otak.  Blog ini menjelaskan bagaimana olahraga dapat melawan depresi.
Depresi yang Meluas
Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan lebih dari 264 juta orang dari segala usia menderita depresi. Di seluruh dunia, depresi adalah penyebab utama kelumpuhan. Sekitar 17% dari populasi di Amerika menderita depresi berat di beberapa titik dalam hidup mereka. Ini adalah penyebab utama kelumpuhan di Amerika Serikat.  
Otak yang Tertekan
Depresi berat yang berlangsung lama adalah penyakit bagi otak. Jalan otak tidak berfungsi dengan benar,sehingga otak bawah merebut otak depan. Akibatnya, Sebagian besar didominasi oleh ketakutan dan perenungan (pikiran negatif yang berfokus pada emosi negatif) . Jika depresi berlanjut, area utama di otak pada akhirnya akan menyusut (mengalami atrofi/kondisi ketika jaringan otot berkurang sehingga tampak lebih kecil dari biasanya.)
Olahraga Mengoptimalkan Otak Depan
Untuk mengalahkan depresi, seseorang perlu mengoptimalkan fungsi otak depan yang sehat. Mengapa? Otak depan (tepatnya, korteks prefrontal/bagian terdepan dari otak) terlibat dalam tugas eksekutif seperti memulai tugas, pengendalian diri, perencanaan, pengorganisasian, dan fleksibilitas mental untuk beralih dari satu tugas/ide ke tugas yang lain. Memori kerja, yang merupakan kapasitas untuk menyimpan informasi dalam pikiran untuk menyelesaikan tugas, adalah fungsi eksekutif lainnya. Pemantauan diri adalah kemampuan untuk mengukur kinerja seseorang terhadap beberapa standar dari apa yang dibutuhkan atau diharapkan. Ini adalah kemampuan untuk menerima dan mempertimbangkan umpan balik pada kinerja seseorang.
Olahraga Meremajakan Otak!
Latihan olahraga yang menghasilkan perubahan pada otot,dapat membersihkan darah dari zat yang bertumpuk selama stres dan berbahaya bagi otak.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peradangan otak merupakan penyebab utama dari banyaknya kasus depresi. Olahraga ringan membantu mengurangi peradangan pada depresi.  
Ingin Menjaga Perasaaan Anda? Bermain!
Beberapa penelitian menyarankan bahwa hidup dengan kurang gerak dikaitkan dengan risiko kecemasan yang lebih besar.  Perilaku kurang gerak juga dikaitkan dengan peningkatan risiko gejala depresi pada remaja.  Apa kabar baiknya? Setiap tingkat aktivitas fisik yang  teratur dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena depresi.
Jika dibandingkan dengan orang-orang yang melakukan olahraga sedang hingga berat, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga ringan hingga tidak berolahraga mengalami penurunan yang setara dengan 10 tahun lebih penuaan dalam keterampilan kognitif seperti berpikir dan daya ingat!  
Olahraga Adalah Pencegah Depresi Secara Alami!
Olahraga teratur yang tepat, cukup bermanfaat baik untuk mencegah maupun mengobati depresi. Memang, untuk depresi ringan hingga sedang, olahraga lebih baik dibandingkan dengan obat antidepresan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur setidaknya selama sembilan minggu diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Serangkaian penelitian yang dikendalikan secara acak menemukan bahwa meskipun antidepresan mengurangi gejala lebih cepat daripada hanya berolahraga, empat bulan olahraga secara efektif dapat mengobati depresi utama. Menariknya, penelitian-penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga secara signifikan mengurangi tingkat depresi yang berulang lebih baik, dalam waktu sepuluh bulan, daripada pengobatan. 
Kapan Berolahraga?
Olahraga pagi sangat berguna dalam mengatasi depresi. Paparan sinar matahari pagi hari meningkatkan serotonin(hormon yang bertugas untuk membawa pesan antar sel dalam otak), neurotransmitter(pembawa sinyal) penting untuk suasana hati yang positif. Selain itu, aktivitas fisik yang cukup di pagi hari dapat meningkatkan pengambilan keputusan dan fungsi eksekutif lainnya pada orang dewasa yang lebih tua.  Selain itu, olahraga pagi meningkatkan kualitas tidur dan memperpanjang waktu tidur nyenyak dimalam hari.  
Tempat Berolahraga
Sebisa mungkin, lakukan olahraga di tempat yang hijau,di area rerumputan, pepohonan, atau tumbuh-tumbuhan lainnya. Bahkan olahraga singkat di lingkungan hijau meningkatkan kepercayaan diri dan suasana hati. Anak-anak yang tumbuh dengan lingkungan yang lebih hijau memiliki risiko hingga 55% lebih kecil terkena berbagai gangguan mental di kemudian hari.  
Penelitian lain menemukan bahwa orang yang berjalan 90 menit melalui lingkungan alami melaporkan tingkat perenungan yang lebih rendah (pemikiran yang berfokus pada emosi negatif) dan menunjukkan penurunan aktivitas saraf di area otak yang terkait dengan risiko penyakit mental dibandingkan dengan mereka yang berjalan melalui lingkungan perkotaan.  
Bantuan Berkebun
Ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa berkebun membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, stres, dan gangguan mood. Selain itu, berkebun meningkatkan kualitas hidup, rasa kebersamaan, tingkat aktivitas fisik, dan fungsi daya ingat.  
Penelitan awal menunjukkan bahwa bakteri yang ditemukan di tanah mengaktifkan sekelompok neuron yang menghasilkan serotonin otak yang mendorong pandangan positif.  Mulailah dari yang kecil dan jangan menangani lebih dari yang bisa Anda tangani. Anda bisa membuat jadwal agar teratur sebaik mungkin.
Altruistik, Olahraga Yang Bermanfaat
Pekerjaan yang bermanfaat memberikan rasa pencapaian. Melakukan perbuatan baik mendorong pancaran hangat dalam jiwa seseorang. Menggunakan waktu latihan Anda untuk membantu orang lain menghasilkan efek penyembuhan yang luar biasa pada pikiran. Mengapa? Tindakan altruisme (peduli terhadap orang lain), tanpa harapan untuk  keuntungan pribadi, mengaktifkan area penghargaan di otak. Mereka juga mengaktifkan korteks cingulate anterior subgenual (ACC) Area di otak depan yang berperan penting dalam mengatur keputusan, emosi, dan pengendalian diri. Degenerasi  dalam ACC ini berkaitan dengan suasana hati yang depresi.
Mengangkat kotak di bank makanan atau melakukan pekerjaan pekarangan untuk tetangga yang membutuhkan—tanpa upah—sering kali akan mengangkat suasana hati seseorang. Tentu saja, depresi membutuhkan waktu untuk membangun kesehatan seseorang. Oleh karena itu, kami tidak akan mendorong komitmen biasa di luar kekuatan, jadwal, atau sumber daya seseorang.
https://bit.ly/3DNLmnX
Dalam pencegahan dan pengobatan depresi, olahraga adalah prioritas yang utama! Hati-hati, Pemikiran yang cermat diperlukan untuk memotivasi orang-orang dengan gangguan depresi berat untuk memasukkan pelaksanaan olahraga ke dalam program mereka secara teratur.
Dalam perawatannya, kita perlu menangani semua kontributor secara memadai.
Yesaya 41:10-TB
"Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan."
Allah dapat menopang Anda dengan tangan kanan-Nya. Izinkan saya mengatakan satu hal, hanya- apa yang ada di pikiran mereka berbicara mengenai lengan kanan itu. Dalam Alkitab, lengan kanan Tuhan sering dikaitkan dengan Dia membela umat-Nya. Lengan kanan adalah lengan di mana pedang-Nya dibawa untuk seorang prajurit dalam perjanjian lama dan itu membawa pembebasan. Tuhan akan membebaskan kita dari musuh kita saat kita belajar untuk percaya kepada-Nya.
I Petrus 5:7
"Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya,sebab Ia yang memelihara kamu."
Jadi,tidak ada alasan lagi untuk berdiam dan bergumul dengan pikiranmu, ayo buat suatu perubahan dalam hidupmu,dan serahkanlah segala kehidupanmu kepada Tuhan.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
374PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?