gli

[AkhirZaman.org] Bila Anda berkunjung ke masjid Hagia Sophia di IStanbul, Turki, rasanya tak lengkap bila belum bertemu dengan Gli, seekor kucing yang tinggal di masjid tersebut. Gli sangat populer. Ia bahkan memiliki akun Instagram dengan pengikut lebih dari 100 ribu.

Malang, Gli dinyatakan mati pada Sabtu, 6 November 2020. Kepergiannya di usia 16 tahun membawa duka bagi warganet, terlebih mereka yang menyukai kucing.

“Kucing Haghia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta, Levent, sejak 24 September, telah mati karena usia tuanya,” cuit Ali Yerlikaya, Wali Kota Istanbul, lewat Twitter-nya, dikutip dari AA.com.tr, Senin (9/11/2020).

“Kami tidak akan pernah melupakanmu, Gli,” sambungnya dengan mengunggah potret Gli.

Berdasarkan unggahan di akun Instagram @haghiasophiacat, Gli diketahui sakit sejak pertengahan September 2020 lalu. Ia sempat dirawat seminggu sebelum kembali pulang ke Hagia Sophia.

Saat itu, ia diberi ruang khusus lantaran tak bisa dibiarkan stres dan berada di tengah keramaian. Tetapi sejak dua minggu lalu, Gli kembali dirawat di bawah pemantauan dokter selama 24 jam. Tubuh Gli terlihat lemah meski ia masih mau menyantap makanan yang disodorkan.

Hari-hari terakhirnya, kucing populer itu hanya menghabiskan waktu dengan berbaring. Ia masih bereaksi terhadap sentuhan lembut perawatnya meski hanya menggerakkan kepalanya sedikit atau menggoyangkan ujung ekornya.

Kepergian Gli membuat para penggemarnya yang berduka. Dalam kolom komentar akun Instagram berpengikut 119 ribu itu, terselip ungkapan duka cita dari aktris Ayushita.

“few months ago, I’m wishing that i can go there and meet the loveliest cat in the whole world.. Rest in love the dearest,” tulisnya.

Dikutip dari laman hagiasophiaturkey.com, Gli telah tinggal di bangunan yang kini berfungsi sebagai masjid sejak 2004. Ia lahir dari induk bernama Sofi dan memiliki saudara laki-laki bernama Pati, serta seekor saudari bernama Kizim.

Nama Gli disematkan oleh salah seorang restorator bernama Bilgen Deveci. Nama aslinya adalah Gri yang berarti abu-abu, sesuai dengan warna bulu si kucing. Tetapi, nama itu diplesetkan menjadi Gli karena dinilai lebih pas dengan kelucuan dan mata bercahaya si kucing.

Dikutip dari Daily Sabah, kucing Gli menjadi favorit banyak pengunjung masjid. Salah satunya adalah mantan Presiden AS Barack Obama yang sempat terekam mengelus Gli dalam kunjungan ke Turki pada 2009.

https://bit.ly/35hMv7U

Tidak aman untuk percaya kepada perasaan atau kesan-kesan; hal-hal ini adalah tuntunan yang tidak dapat diandalkan. Hukum Allah adalah satu-satunya ukuran kesucian. Tabiat dihakimi oleh hukum. Jika seseorang yang sedang mencari keselamatan, bertanya: “Apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” Pengajar teori penyucian modern akan menjawab, “Hanya percaya kepada Yesus bahwa Ia akan menyelamatkanmu.” Tetapi pada saat Kristus ditanya pertanyaan seperti ini, Ia menjawab: “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kau baca di sana?” Dan pada saat orang yang bertanya menjawab: “Kasihilah Tuhan Aliahmu dengan segenap hatimu,… dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri,” Yesus berkata: “Jawaban itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup” (Lukas 10:25-29).

“Apakah faedahnya yang diperoleh manusia dari segala usaha yang dilakukannya dengan jerih payah di bawah matahari dan dari keinginan hatinya?” (Pengkhotbah 2:22)

“Apakah gunanya manusia berusaha dengan jerih payah di bawah matahari?” (Pengkhotbah 1:3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here