datasgnung Copy

Upah Bagi Mereka yang Menghargai Hukum Alam
[AkhirZaman.org] Karena menghargai pemeliharaan perut yang sewajarnya, kita mendapat upah yaitu pikiran yang cerdas dan kuat. Janganlah alat alat pencernaanmu rusak sebelum waktunya sehingga engkau ternyata bersalah. Kita harus menghargai kecakapan yang Tuhan berikan dengan makan, belajar, dan bekerja secara bijaksana. Tugas yang harus kita lakukan yaitu untuk memelihara tubuh begitu rupa agar nafas kita bersih dan tidak berbau busuk. Kita perlu menghargai reformasi kesehatan, baik dengan perkataan atau perbuatan dan memantulkan cahaya terang kepada orang lain tentang pelajaran ini.

Akibat Kegelojohan Terhadap Fisik
Pengaruh apakah yang dibawa oleh makan terlalu banyak terhadap lambung? Lambung itu menjadi lemah, dan akhirnya jatuh sakit karena kesalahan yang dilakukan. Jikalau seseorang mendapat penyakit sebelumnya maka kesulitan semakin bertambah dan tiap hari tenaganya semakin berkurang. Mereka menggunakan kuasa kehidupan untuk perbuatan yang tidak perlu, dalam hal mencerna makanan yang tidak perlu.

Seringkali jikalau seorang tidak bertarak dia akan segera merasakan akibatnya seperti; sakit kepala, kurang cerna, dan sakit perut. Ke dalam lambung telah dimasukkan beban berat yang tidak dapat ditanggung maka terasalah satu siksaan. Pikiran akan kacau dan perut memberontak. Tetapi hal ini tidak selamanya karena makan terlalu banyak. Dalam beberapa hal lambung itu dilumpuhkan dan tidak terdapat rasa nyeri, tetapi alat pencernaan kehilangan tenaga. Mesin tubuh manusia itu lama kelamaan menjadi rusak, sehingga hidup tidak terasa nyaman.

Satu nasehat bagi engkau supaya menyederhanakan makananmu. Ingatlah selaku pengawal Kristen yang rasionil, engkau harus menjaga pintu perutmu jangan biarkan sesuatu melewati mulutmu yang menjadi musuh kesehatan dan kehidupanmu. Allah menganggap yang engkau bertanggung jawab untuk mengikuti terang yang diberikan kepadamu tentang reformasi kesehatan. Harus dijaga supaya kepala tidak dibanjiri oleh darah. Ada banyak pembuluh darah besar di lengan dan di kaki untuk maksud pembagian darah keseluruh bagian tubuh. Api yang engkau nyalakan di dalam perut akan membuat otakmu seperti sebuah dapur api yang panas. Makanlah lebih sedikit, makanlah makanan yang sederhana, yang tidak memerlukan bumbu masak yang banyak. Nafsu yang tak terkendalikam janganlah dibangkitkan. Aliran darah yang sangat banyak di dalam otak akan menguatkan naluri hewani dan melemahkan kuasa rohani….

Apa yang engkau perlukan ialah mengurangi makanan yang bersifat jasmani dan lebih banyak makanan rohani lebih banyak roti hidup. Lebih sederhana makananmu lebih baik pengaruhnya bagimu.

Kerusakan Pada Mesin
awasrks CopySaudaraku, engkau perlu belajar banyak. Engkau memanjakan seleramu dengan memakan makanan yang lebih banyak sehingga tubuhmu tidak dapat mengubahnya menjadi darah yang baik. Tidak bertarak dalam hal kuantitas makanan itu berarti dosa, meskipun kualitasnya sangat baik. Banyak orang merasa jikalau mereka tidak memakan daging dan bahan bahan makanan lainnya, mereka boleh memakan makanan sederhana sampai mereka tidak lagi merasa enak makan. Hal ini salah. Banyak di antara yang mengaku reformator kesehatan tidak kurang dari orang orang rakus. Mereka menjejali alat pencernaan dengan beban makanan sehingga tenaga yang vital itu habis hanya untuk mencernanya. Hal itu juga mempunyai satu pengaruh yang menurunkan daya pikir, karena kuasa saraf otak dimanfaatkan untuk menolong perut dalam tugas pencernaan. Terlalu banyak makan, biarpun makan yang sederhana, itu akan melumpuhkan saraf otak dan melemahkan vitalitasnya. Kalau terlalu banyak makan pengaruhnya lebih buruk terhadap pencernaan lebih daripada akibat bekerja terlalu keras; begitu juga tenaga tenaga jiwa lebih dilumpuhkan karena makan tidak bertarak lebih daripada bekerja tidak bertarak.

Alat pencernaan seharusnya tidak dibebani dengan makanan yang terlalu banyak walaupun makanan itu berkualitas karena sifat keterlaluan merusak perut. Segala sesuatu yang dimasukkan ke dalam perut dapat merusak mesin tubuh kalau beban itu melebihi kesanggupan untuk menghasilkan darah yang baik; karena bahan itu tidak dapat diolah menjadi darah atau daging, kehadirannya akan membebani hati sehingga dapat melemahkannya. Perut harus kerja lembur untuk membuangnya, maka timbullah perasaan malas yang dianggap sebagai rasa lapar, tanpa membiarkan alat pencernaan istirahat dari kerja keras, maka untuk menambah tenaganya, dimasukkanlah sejumlah makanan ke dalam perut sehingga mesin tubuh itu harus bergerak kembali. Alat itu mendapat gizi hanya sedikit dari makanan yang terlalu banyak, walaupun makanan itu berkualitas tinggi dibanding dengan makan sedikit tetapi dimakan secara teratur.

Pencernaan Dilancarkan Oleh Gerak Badan yang Sedang
Orang yang makan banyak seharusnya pekerja keras. (banyak memiliki kegiatan yang menggerakkan badan atau menggunakan otot).
 Gerak badan penting untuk pencernaan, begitu juga memelihara kondisi tubuh dan pikiran yang sehat. Engkau memerlukan olah raga fisik. Engkau bergerak dan berlaku seakan-akan engkau terbuat dari kayu seakan akan semuanya kaku. Apa yang engkau perlukan ialah Gerak badan yang aktif dan menyehatkan. Ini akan menyehatkan pikiran.

Namun janganlah belajar atau mengadakan gerak badan segera sesudah makan besar. Ini berarti pelanggaran hukum fisik. Segera, sesudah makan tenaga saraf dihabiskan. Tenaga otak dimanfaatkan untuk menolong perut. Jadi, ketika tubuh dan pikiran dibebani setelah makan proses pencernaan ditunda. Tenaga pencernaan, yang diperlukan untuk bekerja dalarn satu jurusan, sekarang digiatkan untuk bekerja dalam jurusan yang lain.

Olah raga menolong seorang yang sakit perut dengan memberikan kesempatan kepada alat pencernaan untuk pemulihan. Belajar keras atau olah raga keras yang dilakukan segera sesudah makan, itu akan menghalangi proses pencernaan. Tenaga pencernaan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaannya, sekarang diperlukan dibagian lain. Tetapi kalau seorang berjalan kaki setelah makan dengan posisi kepala yang tegak dari bahu ditarik ke belakang memberikan satu keuntungan besar. Pikiran itu dialihkan kepada keindahan alam. Lebih baik kalau lebih sedikit perhatian diberikan kepada perut. Kalau engkau selalu merasa takut jangan-jangan nanti makanan akan menganggumu pastilah demikian akan terjadi. Lupakan semua kesusahanmu, pikirkanlah sesuatu yang menggembirakan.

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here