cip otak

[AkhirZaman.org] Pendiri SpaceX dan Tesla, Elon Musk telah mendemonstrasikan cip brain-computer interface buatan perusahaan lain yang didirikannya, Neuralink.

Cip ini diharapkan dapat menciptakan simbiosis antara manusia dengan kecerdasan buatan (AI). Selama siaran langsung yang diadakan oleh startup neuroteknologi Neuralink, Musk memamerkan cip yang telah ditanamkan langsung ke otak babi.

Tujuan awal cip Neuralink adalah dalam mengobati gangguan dan penyakit otak pada manusia. Setelah itu, cip itu diharapkan dapat berkembang lebih jauh, misalnya mengendalikan ponsel hingga memanggil mobil Tesla lewat telepati.

Cip Neuralink hanya seukuran koin logam. Memiliki baterai yang bisa bertahan sepanjang hari, cip Neuralink dapat terhubung langsung ke smartphone pemakainya.

Tidak seperti versi prototipe yang ditampilkan dalam acara Neuralink 2019, prototipe terbaru sepenuhnya nirkabel dan mengisi daya menggunakan induksi.

Dalam uji coba terbaru, cip itu mampu membaca aktivitas otak babi. Namun, tidak menyebabkan kerusakan permanen pada otak babi. Tidak disebutkan kapan perangkat tersebut akan tersedia secara komersial. Namun, harganya mungkin mirip smartphone kelas atas, seperti dilaporkan The Independent.

Melansir Wired, perangkat Neuralink adalah sebuah cip komputer kecil bertabur elektroda yang sangat halus, yang dimaksudkan untuk dijahit oleh robot seperti mesin jahit  ke otak. Perangkat itu bertujuan untuk menangkap sinyal di otak dan kemudian menerjemahkannya ke dalam kontrol motorik.

Cip Neuralink masih jauh dari tujuan utamanya untuk membuat operasi otak semudah dan seaman operasi Lasik. Tapi, Musk mengatakan perangkat itu sudah jauh berkembang karena mampu secara real time menunjukkan kerja neuror pada otak babi.

Melansir CNN, Musk meluncurkan tiga babi dalam demonstrasi. Musk menjelaskan bahwa salah satu babi bernama Gertrude telah memiliki cip Neuralink di kepalanya sejak dua bulan sebelumnya.

Implan itu, kata Musk terhubung ke neuron di moncongnya. Ketika babi itu menyentuh sesuatu dengan moncongnya, cip akan mengirimkan lonjakan saraf yang terdeteksi oleh lebih dari 1.000 elektroda di implan.

Prototipe yang disebut Link itu, kata Musk akan menyertakan banyak sensor yang terdapat pada ponsel cerdas, seperti unit pengukuran interial enam sumbu, sensor suhu, dan tekanan. Perangkat menggunakan Bluetooth Hemat Energi untuk berkomunikasi dengan komputer.

Sumber: https://bit.ly/2EwQbIl

Banyak peningkatan yang terjadi di dunia ini sehubungan dengan ilmu pengetahuan. Dari ilmu pengetahuan yang sederhana dapat terus meningkat kepada ilmu pengetahuan yang lebih tinggi lagi, dan ini terus membawa ilmu pengetahuan kepada logika yang mampu memecahkan setiap pertanyaan.

Dalam kitab Daniel dinyatakan bahwa pengetahuan akan terus bertambah-tambah, tetapi di saat yang sama ini menjadikan manusia cenderung mengukur segala sesuatu dengan logika, bahkan dalam hal keTuhanan juga. Tahukah Anda bahwa dalam keTuhanan itu susah untuk dipahami dengan mengandalkan logika.

Dapatkah Anda memahami ketika Yesus terlahir dari rahim seorang perawan? Dapatkah Anda memahami keselamatan melalui kematian Yesus yang disebut sebagai Juruselamat umat manusia? Dapatkah Anda memahami tentang KeIlahian atau Trinitas? Dapatkah Anda memahami bahwa keselamatan adalah hasil dari kasih karuniaNya? Dapatkah Anda memahami bahwa penutupan sejarah dunia ini akan segera terjadi? Dapatkah Anda memahami tentang surga dan neraka? Tentang bagaimana dosa itu masuk dan menjadi pemisah antara Tuhan Allah dengan manusia yang waktu itu digambarkan dalam kehidupan Adam dan Hawa yang tidak dapat lagi hidup di taman Eden.

Semua pertanyaan-pertanyaan di atas bisa jadi di antaranya bisa diselesaikan dengan logika atau bisa jadi tidak. Tetapi Alkitab dapat membantu Anda untuk menemukan semua pertanyaan di atas. “Dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” Yohanes 17:25. “Dan keselamatan tidak ada di dalam siap pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” Kisah Para Rasul 4:12. “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” Yohanes 14:6.

Ada banyak hal yang Alkitab nyatakan sehubungan dengan kebenaran tentang Yesus, keselamatan, iman, trinitas, akhir penutupan sejarah dunia yang ditulis sebagai nubuatan, hukumNya, tuntunan hidup bagi umat Tuhan supaya tidak jatuh ke dalam jurang dosa dan masih banyak lagi yang lainnya. Pertanyaannya adalah, apakah Anda mempercayai bahwa Alkitab adalah tulisan Allah? Bilamana ada keraguan disana, maka biarlah Anda mendoakan dan bergumul dengan Tuhan.

“Sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah,” 2 Petrus 1:21. “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar.” 2 Timotius 3:16. Ini membuktikan bahwa Alkitab dapat ditulis oleh berbagai kalangan manusia tetapi sumber dari setiap tulisan itu hanya akan di dapat melalui dorongan Roh Kudus saja. Bacalah Alkitab, pelajarilah Alkitab dengan meminta tuntunan Roh Kudus. Dengarlah suara Tuhan memalui setiap bacaan yang tertulis di Alkitab. Dan lakukan setiap kebenaran yang Tuhan tunjukkan kepada Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here