Sunday, April 2, 2023
Google search engine
HomePeristiwa AkhirZamanKemajuan TeknologiBOCORAN DOKUMEN GEMPARKAN DUNIA, WIKILEAKS HINGGA PANDORA

BOCORAN DOKUMEN GEMPARKAN DUNIA, WIKILEAKS HINGGA PANDORA

[AkhirZaman.Org] Bocoran dokumen Pandora Papers soal rahasia tokoh dan pemimpin dunia bikin gempar. Sebelum Pandora Papers, ada pula sejumlah bocoran dokumen hasil investigasi yang pernah menggemparkan dunia.

Mulai dari kasus pemilik Wikileaks yang diburu karena membuka data rahasia Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), hingga Panama yang kerap membuka praktik para orang kaya di dunia untuk menghindari pajak.

Bocoran itu bikin gempar karena menguak rahasia sejumlah tokoh dan pemimpin dunia mulai soal aktivitas intelijen hingga yang berbau skandal seperti upaya penghindaran pajak oleh konglomerat dan orang berpengaruh di dunia.

Berikut bocoran dokumen yang menggemparkan dunia, dari Wikileaks hingga Pandora Papers:


1. Wikileaks

Wikileaks pernah membocorkan informasi kontroversial milik CIA. Mereka membocorkan alat peretas CIA yang dikenal dengan Vault 7.

Mengutip dari Wikileaks, Vault 7 merupakan nama seri pembocoran dokumen CIA yang dilakukan organisasi tersebut. Dokumen pertamanya dinamai “Year Zero.” Dokumen ini terdiri dari 8.761 file yang disimpan di Pusat Intelijen Siber CIA di Langley, Virgina.

Kabarnya, Vault 7 mengungkapkan alat peretasan rahasia yang digunakan CIA untuk membobol telepon, aplikasi komunikasi, dan perangkat elektronik lainnya, dilansir ABC News.

Publikasi dokumen Vault 7 sendiri disebut CIA sebagai kebocoran data terburuk dalam sejarah hingga memicu amarah Direktur CIA kala itu, Mike Pompeo, dan pejabat AS lainnya.

Bahkan, pendiri Wikileaks, Julian Assange, sempat dipertimbangkan untuk diculik dan dibunuh oleh CIA.

“Pompeo dan pemimpin CIA lainnya benar-benar sangat malu dengan kebocoran Vault 7,” kata laporan Yahoo News mengutip eks pejabat keamanan nasional era Trump.

CIA menolak berkomentar atas kabar ini. Sementara itu, pengacara Assange, Barry Pollack, menyayangkan laporan soal niat CIA itu.

“Sebagai warga negara Amerika, saya merasa sangat keterlaluan bahwa pemerintah kita akan mempertimbangkan penculikan atau pembunuhan seseorang tanpa proses peradilan hanya karena dia telah mempublikasikan informasi yang benar,” katanya.

2. Panama Papers

Mengutip dari The Guardian, Panama Papers adalah kumpulan data yang membocorkan 11,5 juta file dari database firma hukum Offshore terbesar keempat di dunia, Mossack Fonseca.

Catatan tersebut diperoleh dari sumber anonim oleh surat kabar Jerman Süddeutsche Zeitung, yang kemudian dibaginya bersama International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). ICIJ kemudian membagikannya dengan beberapa media internasional, termasuk Guardian dan BBC.

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan berbagai cara di mana orang kaya dapat mengeksploitasi rezim pajak luar negeri yang rahasia.

Dalam laporan ini, Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan memiliki rekam jejak keuangan sebesar US$2 miliar (setara Rp28 triliun rupiah). Pemain selo bernama Sergei Roldugin, salah satu sahabat Putin, menjadi pusat skema uang dari Bank Pemerintah Rusia disembunyikan di luar negara. Beberapa di antaranya berakhir di sebuah resort ski di mana putri Putin, Katerina, menikah pada 2013.

Melansir laman resmi ICIJ, dokumen ini disebarkan pada 3 April 2016.


3. Pandora Papers

Secara umum, Pandora Papers merangkum 2,95 terabite data mengenai bisnis rahasia para elite dunia dari 200 negara di situs resmi ICIJ.

Di kawasan-kawasan surga pajak, para elite membentuk perusahaan atau jaringan bisnis lainnya untuk membeli properti di negara lain atau menyembunyikan asetnya. Praktik ini biasanya diterapkan untuk menghindari pajak.

Penyelidikan ini bersumber dari bocoran data rahasia 14 perusahaan layanan keuangan di surga pajak. Perusahaan itu menyediakan jasa bagi para orang kaya/korporasi yang ingin membangun perusahaan cangkang atau jaringan bisnis lain di surga pajak.

Selain masuk ke Panama Papers, Presiden Rusia Vladimir Putin juga terhubung dengan laporan Pandora Papers.

Walaupun secara tidak langsung, Putin dikaitkan dengan aset rahasia di Monako, khususnya rumah di tepi laut yang dimiliki oleh seorang wanita Rusia yang diduga adalah pasangan rahasia presiden itu.

Selain Putih, Pemimpin Yordania saat ini, Raja Abdullah II, juga turut terseret dokumen ini. Abdullah dikabarkan menciptakan jaringan perusahaan lepas pantai dan surga pajak untuk mengumpulkan properti senilai US$100 juta atau setara Rp1,4 triliun dari California hingga London.


https://bit.ly/3Aheq3R

Banyak orang yang begitu ketakutan untuk kehilangan hartanya, bahkan bisa jadi bukan sampai kehilangan harta tetapi berkurang saja sudah mulai ketakutan. Berbagai macam cara dilakukan untuk dapat menjaga harta bendanya tetap aman dan bahkan tidak berkurang sama sekali.

Ada seorang pemimpin bertanya kepada Yesus, mengenai perbuatan baik apa yang harus dilakukan supaya dapat surga? Dan Yesus memberikan jawaban mengenai penurutan kepada hukum Allah. Dan orang tersebut dengan percaya diri nyatakan bahwa dia sudah melakukan semuanya itu bahkan sejak masa mudanya.

Tetapi Ketika Kristus nyatakan tentang perintah-Nya untuk menjual segala hartanya dan membagikannya kepada orang-orang miskin, maka dia sedih dan pergi meninggalkan Kristus. Anda dapat baca selengkapnya dalam kitab [Lukas 18:18-27]

Dua kisah yang berbeda. Di satu sisi kelompok orang-orang kaya yang rela melakukan apa pun bahkan kebohongan dilakukan demi untuk menjaga hartanya tetap utuh.

Dalam kisah lain Alkitab mencatatkan ada seorang yang kaya dan berperilaku baik, bahkan menuruti hukum-hukum Allah sejak masa mudanya, tetapi Ketika Yesus sampaikan untuk menjual segala hartanya dan membagikannya kepada orang-orang miskin, maka dia pun menjadi sedih, kenapa? Sebab hartanya begitu banyak dan terlebih dari semua itu, karena hatinya ada di dalam hartanya.

“Karena di mana hartamu beradadi situ juga hatimu berada.” [Matius 6:21]

Bisa jadi saat ini Anda benar-benar menyembah Tuhan Allah yang adalah Pencipta Anda. Namun bisa jadi ada oknum lain pula yang Anda sembah secara tidak langsung. Anda mengasihi dan bahkan mencintainya lebih daripada Tuhan Allah. Bilamana saat ini ada Ilah-ilah lain, maka taruhlah ilah tersebut di kaki Tuhan dan mari Kembali kepada Tuhan dengan segenap hati di isi oleh kasihNya. Sebagaimana firman Tuhan nyatakan dalam hukum-Nya: “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.” [Keluaran 20:3]

“Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang adapadamu. Karena Allah telah berfirman: ”Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” [Ibrani 13:5]

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?