biji nangka

[AkhirZaman.org] Buah nangka merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi dalam berbagai cara di Indonesia. Ketika masih mentah, nangka bisa menjadi masakan yang lezat dan ketika sudah matang, buah ini biasanya dikonsumsi secara langsung atau menjadi kolak.

Pada buah nangka, yang bisa dinikmati tidak hanya daging buahnya saja. Biji nangka atau disebut juga beton juga bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat kesehatan.

Biji nangka memiliki kandungan thiamin dan riboflavin yang kaya di dalamnya. Terdapat juga beragam mineral seperti zinc, zat besi, kalsium, tembaga, potassium, dan magnesium.

Biji nangka ini sebelumnya direbus dulu hingga cukup empuk sebelum bisa dikonsumsi. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari biji nangka.

Anti Kerut
Biji nangka bisa membantu dalam menghilangkan kerut di dalam wajah. Kamu bisa memperoleh manfaat ini dengan menumbuk halus biji nangka dan mencampurkannya dengan susu dingin. Oleskan campuran ini di wajah secara rutin untuk menghilangkan garis halus.

Membantu Membentuk Otot
Biji nangka memiliki kualitas protein yang tinggi dan membantu membangun otot. Protein yang ada di dalam biji nangka juga bebas dari kolesterol sehingga bisa berdampak positif pada kesehatan.

Menurunkan Risiko Anemia
Konsumsi biji nangka bisa memberimu dorongan zat besi harian. Hal ini bisa menurunkan risiko anemia dan masalah kesehatan yang berhubungan dengan darah lainnya.

Mencegah Masalah Pencernaan
Ketika kamu mengalami masalah pencernaan, biji nangka bisa membantu mengatasinya. Kamu bisa menjadikan biji nangka menjadi bubuk dan kemudia konsumsi sebagai sumber serat yang sehat.

Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Mata
Biji nangka mengandung vitamin A yang bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan dan pandangan mata. Selain untuk kesehatan mata, kandungan vitamin A ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan rambut.

Mengatasi Stres
Nangka memiliki kandungan protein dan nutrisi mikronutrien yang kaya di dalamnya. Kandungan ini membantu untuk menyehatkan mental dan menurunkan tingkat stres.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Biji nangka mengandung seng yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba di dalamnya juga mencegah kontaminasi bakteri.

Mencegah Kanker
Kandungan zat antioksidan di dalam biji nangka berguna untuk memerangi efek buruk dari radikal bebas. Kedua hal tersebut merupakan penyebab kanker.

Menguatkan Tulang
Kandungan kalsium dan potassium yang tinggi bisa didapatkan dari biji nangka. Kedua mineral tersebut sangat bermanfaat dalam menguatkan tulang.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Kandungan rendah kolesterol dari biji nangka bisa bermanfaat pada tubuh. Mengonsumsi makanan ini bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Sejumlah manfaat kesehatan tersebut bisa kamu peroleh dengan konsumsi biji nangka. Mengingat manfaatnya, selanjutnya sebaiknya jangan membuang biji nangka usai kamu mengonsumsi dagingnya.

Merdeka.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here