HUJAN AKHIR PALSU


blur_building1a 
Sekitar 4350 tahun yang lalu, orang-orang jahat berkelompok bersama untuk membangun menara Babel dan memaksakan pengu-asaan mereka atas dunia ini. Jikalau diizinkan untuk sepenuhnya me-laksanakan tujuan mereka, mereka tentulah sudah menghapuskan umat Tuhan dari atas bumi, dan kemenangan Setan akan menjadi lengkap.

Akan tetapi sekarang, segera di masa mendatang, tujuan yang sama akan ada di dalam pikiran. Atas nama Kekristenan, manusia akan bersatu untuk menuntut—pertama sebuah bangsa dan kemudi-an sebuah dunia—dan melanggar hukum keempat dari sepuluh hu-kum moral Tuhan.

Sementara mereka mendesak para pemimpin pemerintah AS untuk memberlakukan sebuah hukum hari Minggu nasional, kegembi-raan gereja-gereja yang telah jatuh akan meningkat menuju suatu hujan akhir palsu. Karena manusia mau menantang hukum-hukum Tuhan dengan semakin berani, Setan akan diizinkan untuk membu-at keajaiban-keajaiban. Suatu kebangunan rohani tandingan yang palsu akan mendahului kebangunan yang sejati. Kebangunan rohani tandingan ini membawa menuju hukum hari Minggu. Namun keba-ngunan rohani tandingan ini akan berlanjut terus. Agar menjadi lebih jelas, kita akan menyebut kelanjutannya yang melampaui hukum hari Minggu sebagai “hujan akhir palsu.” (anda akan menemukan bah-wa kedua nama ini disebutkan dalam Roh Nubuat, dan dalam Roh Nubuat, keduanya dianggap bersinonim, tidak berbeda dalam waktu-nya seperti yang kita lakukan di sini.)

Setelah hukum hari Minggu disahkan, hujan akhir dimulai, dan baik hujan akhir yang sejati maupun yang palsu akan berlanjut ber-samaan setelahnya.

Setan akan membuat keajaiban-keajaiban melalui agen-agen-nya, dan ia akan menyamar (tampak menyerupai) Kristus kepada ke-rumunan orang banyak, seolah-olah melakukan keajaiban-keajaib-an, memberlakukan hari Minggu, dan menuduh para pemelihara hari Sabat.

Manifestasi-manifestasi rohani oleh Setan dan alat-alatnya ini adalah amat sangat penting dalam penyelesaian secara cepat dari peristiwa-peristiwa terakhir dalam krisis hukum hari Minggu, sebelum penutupan pintu kasihan secara umum. Tanpanya, usaha-usaha yang ketat bagi pemberlakuan hukum hari Minggu nasional—dan yang kemudian menjadi universal—tidak akan pernah terjadi. Na-mun pemberlakuan hukum hari Minggu di AS-lah yang akan membe-rikan kekuasaan kepada Setan untuk mulai mendemonstrasikan ke-ajaiban-keajaiban tersebut. Peristiwa-peristiwa terakhir tersebut, sekali dimulai, akan diikuti oleh peristiwa-peristiwa lainnya de-ngan cepat.

Di bawah ini kita akan mendaftarkan suatu urutan dari peristi-wa-peristiwa awal dalam pemberlakuan hukum hari Minggu. Anda akan melihat, bersamaan dengan kebencian terhadap para pemeliha-ra hari Sabat, kegairahan kegembiraan keagamaan/hujan akhir palsu adalah mesin yang menyetir nafsu-nafsu kejam para pendukung hu-kum hari Minggu, baik sebelum maupun sesudah hukum hari Minggu diberlakukan. Marilah kita secara singkat meninjau beberapa dari pe-ristiwa-peristiwa awal dalam krisis hukum hari Minggu:

Suatu KEGEMBIRAAN KEAGAMAAN yang kuat, atau keba-ngunan rohani tandingan, yang dimulai di dalam gereja-gereja, yang memberi semangat kepada kaum Protestan, Katolik dan spi-ritisme untuk bekerja bersama, namun tanpa mengganggu penga-wasan kepemimpinan organisasi denominasi manapun, yang sudah ada.

SUATU PERSATUAN TIGA KUASA sementara dari kaum Protestan, Katolik dan Spiritisme yang berpengaruh mulai terbentuk. Kebencian kepada pemelihara hari Sabat mendorong gereja-gere-ja untuk mencari jalan untuk mendorong pemerintah AS untuk mem-berlakukan penegakan hukum hari Minggu secara menyeluruh.

Persatuan tiga kuasa segera terbentuk. Katolikisme mem-bawa masuk ke dalam kesatuan ini ajaran tentang kekudusan hari Minggu yang diberlakukan oleh kekuatan sipil, dan yang memberikan dukungan penuh. Protestantisme membawa ke dalam kesatuan ini kepemimpinan penyetir yang memaksa pemerintah untuk mengun-dangkan dan memberlakukannya. Sementara Spiritisme memberi kuasa hipnotis dan keajaiban yang diperlukan untuk membawa ke-berhasilan bagi gerakan tersebut.

HUKUM HARI MINGGU NASIONAL diberlakukan oleh peme-rintah AS. Pada mulanya hukum tersebut diberlakukan demi alasan-alasan politis, untuk memperoleh dukungan dari gereja-gereja. Pada titik ini, kuasa penuh dan sifat sesungguhnya dari gerakan hukum ha-ri Minggu ini masih belum tampak nyata.

HUJAN AKHIR PALSU dimulai. Dengan kemauan yang me-nantang surga untuk mencoba dan memberlakukan hukum dengan membuang hukum yang telah diberikan oleh Tuhan, Setan diizinkan oleh Surga untuk secara lebih langsung memberi kuasa kepada per-satuan tiga kuasa tersebut untuk memperoleh dukungan segala pihak untuk memberlakukan hukum hari Minggu.

ROH-ROH IBLIS membawa PERTOBATAN KEPADA GE-RAKAN TERSEBUT di seluruh dunia, sementara iblis bekerja bersa-ma manusia, mempromosikan pemecahan baru yang berani ke-pada masalah-masalah dunia. Pertama Amerika, kemudian Eropa, akan menjadi pemimpin, dan seluruh dunia akan mengikutinya. Kua-sa ajaib yang ada di balik gerakan inilah yang mengalihkan perhatian bangsa-bangsa lain, dan akhirnya mempertobatkan mereka kepada rangkaian gerbong hukum hari Minggu.

Pemberlakuan hukum hari Minggu nasional di Amerika te-lah membuka jalan bagi KEAJAIBAN-KEAJAIBAN SETAN, PE-NYEMBUHAN-PENYEMBUHAN, DAN PENAMPAKAN-PENAM-PAKAN dalam skala perbuatan keajaiban yang belum pernah di-saksikan oleh mata manusia. Kuasa hujan akhir palsu akan mem-bengkak luar biasa.

Keajaiban-keajaiban ini mengubah para politikus, gereja-wan, dan orang-orang awam MENJADI GIAT SECARA KEAGA-MAAN, dan mereka memutuskan untuk memberlakukan pemelihara-an hari Minggu apapun hukuman yang dituntutnya, bahkan jika harus memasukkan hukuman penjara dan kematian. Hampir semua orang disapu ke dalam golongan ini; meskipun sebelum seruan nyaring di-mulai, sebagian besar belum memahami permasalahan yang terli-bat di dalamnya.

Sebelum diundangkan, hanya ada sebuah kegembiraan ke-agamaan di dalam gereja yang menyetir mereka kepada suatu per-satuan tiga kuasa. Atas perintah mereka, hukum itu diberlakukan oleh para politisi semata-mata demi dukungan politik. Akan tetapi, setelah hukum itu diberlakukan, pekerjaan Setan yang ajaib dilepas-kan dalam tingkatan yang mengherankan. Pikiran-pikiran yang tertipu sekarang melihat hukum tersebut dalam terang yang baru; hukum itu telah menjadi dasar dari suatu tata dunia baru yang besar, yang membantu bagi masa seribu tahun yang penuh kedamaian dan kemakmuran. Penerapan kekudusan hukum hari Minggu yang ketat tentulah satu-satunya yang diperlukan untuk membawa kedamaian dan kemakmuran secara universal dan perkenan Tuhan. Tampaknya inilah satu-satunya pengorbanan sejati yang diminta oleh Tuhan; ke-rakusan, keduniawian dan keegoisan dapat berlanjut seperti sebe-lumnya. Para ahli teologia menyatakan bahwa Surga menerima umat sebagaimana adanya mereka, dan mereka tidak perlu meninggal-kan dosa-dosa mereka.

Pemberlakuan hukum tersebut meletakkan bangsa ini di tangan Setan, dan ia diizinkan untuk bekerja secara lebih terbuka. Keajaib-an-keajaiban yang mengikutinya menggembleng, pertama-tama Amerika, dan kemudian seluruh dunia. Krisis terakhir telah tiba.

Marilah kita sekarang meninjau akibat dari hujan akhir palsu ini pertama-tama di Amerika, dan kemudian di seluruh dunia:

1. KAPAN HUJAN AKHIR PALSU AKAN TERJADI

1 – Urutan: menurut Patriarch and Prophets (Kisah Para Nabi dan Bapa) 686, pekerjaan istimewa Setan ini akan terjadi sebelum Kedatangan Kedua:

“Paulus, dalam surat keduanya kepada orang-orang di Tesalo-nika, menunjuk kepada pekerjaan istimewa Setan dalam spiritualis-me sebagai sebuah peristiwa yahg akan terjadi segera sebelum ke-datangan Kristus yang kedua kali. Berbicara tentang kedatangan Kristus yang kedua kali, ia menyatakan bahwa ini akan terjadi setelah “pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu,” 2 Tesalonika 2:9.”-Patriarchs and Prophets, 686:1.

2 – Urutan: Menurut Early Writings (Tulisan-Tulisan Permula-an), 261, Setan akan memulainya dengan menimbulkan kegembira-an di dalam gereja-gereja yang telah jatuh sebelum seruan nya-ring dimulai. (Dalam pelajaran berikutnya, kita akan mempelajari bahwa seruan nyaring dimulai segera setelah hukum hari Ming-gu diterapkan.)

“Saya melihat bahwa Tuhan memiliki anak-anak yang jujur di antara orang-orang Advent nominal dan gereja-gereja yang telah ja-tuh, dan sebelum bala-bala dicurahkan, para pendeta dan anggota jemaat akan dipanggil keluar dari gereja-gereja ini dan akan dengan penuh sukacita menerima kebenaran. Setan mengetahui perkara ini; dan sebelum seruan nyaring dari malaikat ketiga dikumandangkan, ia membangkitkan kegembiraan di dalam badan-badan keaga-maan ini, sehingga orang-orang yang telah menolak kebenaran akan mengira bahwa Tuhan ada bersama mereka. Ia berharap untuk meni-pu orang-orang yang setia dan menggiring mereka untuk berpikir bahwa Tuhan masih bekerja bagi gereja-gereja.”­ Early Writings. 261:1.

Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, kegembiraan ini, atau kebangunan rohani tandingan ini, akan menggiring baik kepada persatuan tiga kuasa maupun pemaksaan kepada Kongres untuk memberlakukan hukum hari Minggu nasional. Kegembiraan yang aneh inilah yang akan menghasilkan persatuan tiga kuasa, dan mela-luinya dengan penuh kekuasaan memaksa Kongres untuk menge-sahkan hukum hari Minggu nasional.

Akan tetapi kegembiraan itu tidak akan berhenti dengan pem-berlakuan hukum tersebut—malah semakin meningkat! Ketentuan dalam hukum itu akan mengizinkan Setan untuk memamerkan keaja-iban-keajaiban iblis yang mengherankan.

Maka Setan akan bekerja baik sebelum maupun setelah pe-ngesahkan hukum tersebut, namun secara khusus setelah hukum itu disahkan. Kita harus memberikan nama  untuk itu: Pertama, kegiat-an-kegiatannya yang semakin meningkat, yang menggiring kepada persatuan tiga kuasa dan hukum hari Minggu nasional,–ini akan kita sebut “kegembiraan Iblis” atau “kebangunan rohani tandingan.” Kedua, kelanjutannya—dan kegembiraan yang semakin mendalam secara luar biasa menuju kepada pekerjaan keajaiban habis-habisan setelah pemberlakuan hukum tersebut—akan kita sebut dengan “keajaiban-keajaiban Iblis” atau “hujan akhir palsu” atau “hujan akhir tandingan.”

Pelajaran ini adalah tentang hujan akhir palsu, dan keajaiban-keajaiban Iblis yang akan semakin meningkat setelah pemberlakuan hukum hari Minggu nasional.

3 – Urutan: menurut 5 Testimonies, 451, pertama-tama akan terjadi persatuan tiga kuasa, kemudian pemberlakuan hukum hari Minggu, kemudian pekerjaan-pekerjaan Setan yang ajaib.

“Dengan perintah yang memaksakan pelembagaan kepausan yang melanggar hukum Tuhan, bangsa kita akan sepenuhnya memu-tuskan ikatan dirinya dengan kebenaran. Ketika Protestantisme akan menyodorkan tangannya ke seberang teluk untuk meraih ta-ngan kekuasaan Roma, ketika ia akan menjangkau ke dalam jurang kegelapan untuk bertepuk tangan dengan spiritualisme, ketika, di bawah pengaruh persatuan tiga kuasa ini, negara kita akan menia-dakan setiap prinsip dalam Undang-undang Dasarnya sebagai sebu-ah pemerintahan Protestan dan republik, dan akan melindungi per-kembangan kesalahan dan khayalan kepausan, maka kita akan me-ngetahui  bahwa saatnya telah tiba bagi pekerjaan-pekerjaan ke-ajaiban Setan dan bahwa saat akhir telah dekat.” -5 Testimo­nies, 451:1.

Dalam kutipan di atas kita diberikan suatu tanda yang dijanjikan (“saat akhir telah dekat’) yang memberi peringatan kepada kita untuk mulai pindah ke tempat-tempat yang lebih terpencil. cf. GC 30:2-31:0.

Menurut EW 261:1 Setan akan membangkitkan suatu kegembi-raan sebelum hukum hari Minggu nasional.

Menurut 5T 451:1, hukum hari Minggu nasional akan mem-buka pintu bagi pekerjaan-pekerjaan keajaiban Setan. Meskipun kegembiraan yang diilhami oleh Setan dalam gereja-gereja akan membawa kepada hukum hari Minggu, namun-sekali hukum itu di-berlakukan—suatu keajaiban fantastis—kuasa keajaiban oleh Se-tan akan dilepaskan. Kuasa pekerjaan keajaiban setelah hukum hari Minggu yang besar itu adalah topik dalam bagian ini.

4 – Urutan: Sebagaimana yang telah kita pelajari sebelumnya, menurut Great Controversy, 464, kebangunan rohani palsu dari Setan akan mendahului hujan akhir bagi umat Tuhan. Orang-orang setia yang memahami perkara ini, yang sebelumnya belum memahaminya, dan akan memisahkan dirinya dari gereja-gereja yang telah jatuh ketika hujan akhir yang sejati mulai turun.

“Sebelum penghukuman Tuhan yang terakhir tiba di atas bumi, akan ada, di antara umat Tuhan, suatu kebangungan rohani se-perti kesalehan mula-mula, yang belum pernah disaksikan sejak zaman para rasul. Roh dan kuasa Tuhan akan dicurahkan ke atas anak-anakNya. Pada saat itu banyak yang akan memisahkan diri mereka dari gereja-gereja yang di dalamnya kecintaan kepada dunia telah menggantikan kasih kepada Tuhan dan kepada Fir-manNya. Banyak, termasuk pendeta dan umat, dengan sukacita akan menerima kebenaran-kebenaran agung yang telah diperintah-kan oleh Tuhan untuk dikumandangkan pada masa kini, untuk mem-persiapkan suatu umat bagi kedatangan Tuhan kedua kali. Musuh jiwa-jiwa berhasrat untuk menghalangi pekerjaan ini; dan sebelum saatnya bagi gerakan seperti itu terjadi, ia akan berusaha untuk mencegahnya, dengan memperkenalkan sebuah gerakan tan-dingan. Di dalam gereja-gereja yang ia dapat kuasai di bawah kuasa penipuannya, ia akan menjadikannya tampak seolah berkat istimewa dari Tuhan sedang dicurahkan; akan tampak apa yang dianggap sebagai minat keagamaan yang besar. Banyak orang akan mengi-ra bahwa Tuhan sedang bekerja dengan penuh keajaiban bagi mere-ka, ketika pekerjaan itu sesungguhnya berasal dari roh yang lain. Di bawah penyamaran keagamaan, Setan akan berusaha untuk mem-perluas pengaruhnya kepada dunia Kristen.” -Great Contro­versy, 464:1.

2. BAGAIMANA SETAN DAN IBLIS-IBLISNYA AKAN BEKERJA UNTUK MENANGKAP DAN MEMBINASAKAN

SETAN INGIN MENGALAHKAN SETIAP ORANG

1Tujuan Setan adalah untuk memimpin dan menguasai setiap orang Kristen di dunia.—“Kita mendekati akhir dari sejarah bumi ini, dan Setan sedang bekerja seperti yang belum pernah ter-jadi sebelumnya. Ia berusaha keras untuk bertindak sebagai pe-mimpin dalam dunia Kristen. Dengan segala intensitas yang luar biasa ia bekerja dengan keajaiban-keajaiban palsunya. Setan dinya-takan sedang berjalan berkeliling sebagaimana seekor singa yang mengaum, mencari siapa saja yang dapat dimangsanya. Ia mengi-nginkan untuk menyambut seluruh dunia bersatu dengan dia. “-8 Man­uscript Releases, 346:1 (1901).

2 – Ia ingin menipu dan mengalahkan semua orang setia.—“Firman Tuhan menyatakan bahwa, jikalau sesuai dengan tujuan mu-suh, melalui alat-alatnya, ia akan menyatakan suatu kuasa yang se-demikian besar dengan Kekristenan pura-pura, “sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.” [Matius 24:24].”­Manuscript, 125, 1901.

Sementara roh-roh akan mengakui beriman kepada Alki-tab dan menyatakan hormat kepada lembaga-lembaga gereja, pekerjaan mereka akan diterima sebagai suatu manifestasi dari kekuatan ilahi. Great Controversy, 588:2.

3 – Akan ada kegembiraan emosional, percampuran antara kebenaran dengan kesalahan—yang akan memerangkap semua orang yang tidak memiliki dasar Alkitab.

“Dalam banyak kebangunan rohani-kebangunan rohani yang telah terjadi selama setengah abad yang lalu, pengaruh-pengaruh yang sama masih sedang bekerja, dalam tingkatan yang lebih besar atau kecil, yang akan dinyatakan dalam gerakan-gerakan yang lebih meluas di masa depan. Akan ada kegembiraan emosional, per-campuran antara kebenaran dengan kesalahan, yang digunakan sebaik-baiknya untuk menyesatkan. Namun tidak perlu ada orang yang tertipu. Dalam terang firman Tuhan tidaklah sulit untuk menen-tukan sifat dari gerakan-gerakan ini. Ketika manusia mengabaikan kesaksian Alkitab, berpaling dari kebenaran-kebenaran yang me-nguji jiwa yang jelas yang menuntut penyangkalan diri dan pe-ngasingan dari dunia, kita dapat menjadi yakin bahwa berkat Tuhan tidak turun. Dan melalui hukum yang telah diberikan oleh Kristus Sendiri, “Dari buahnyalah kamu akan mengetahuinya,” jelaslah bah-wa gerakan-gerakan ini bukanlah pekerjaan Roh Tuhan.” ­Great Controversy, 464:2-465:0.

4 – Berdoalah agar anda bisa membedakan kuasa pekerja-an keajaiban dari Setan dari Kuasa ilahi.—“Datanglah kepada Tuhan sendiri, berdoalah meminta pencerahan ilahi, sehingga eng-kau dapat mengetahui bahwa engkau benar-benar mengetahui apakah kebenaran itu, sehingga ketika kuasa pekerjaan keajaib-an yang luar biasa akan dipertunjukkan, dan musuh akan datang menyamar sebagai malaikat terang, engkau dapat membedakan an-tara pekerjaan Tuhan yang sejati dan pekerjaan tiruan dari kuasa-kuasa kegelapan.” -3 Selected Messages, 389:4.

AJARAN-AJARAN PALSU AKAN DIAJARKAN

1 – Roh-roh iblis akan menyatakan Sabat telah diubah.—“Orang-orang kudus harus memiliki pemahaman yang mendalam ten-tang kebenaran masa kini, yang harus mereka peroleh dari Alkitab. Mereka harus memahami keadaan orang mati, karena roh-roh iblis akan muncul ke hadapan mereka, mengaku sebagai sahabat dan saudara mereka yang kekasih, yang akan menyatakan kepada me-reka bahwa Sabat telah diubah, dan juga ajaran-ajaran  yang ti-dak Alkitabiah lainnya. “-Early Writings, 87.’2.

2 – Roh-roh penipu akan bertentangan dengan Alkitab.—“Roh-roh penipu yang menyamar sebagai para rasul, melawan apa yang ditulis oleh para rasul di bawah tuntunan Roh Kudus ketika me-reka berada di bumi. Para rasul palsu ini menolak bahwa Alkitab berasal dari Tuhan.”­ Great Controversy, 557:1.

3 – Setan akan menggunakan dua ajaran yang salah untuk menangkap orang-orang.—“Melalui dua kesalahan besar, kebaka-an jiwa dan kesucian hari Minggu, Setan akan menjerat manusia ke dalam penipuannya. Sementara ajaran tentang kebakaan jiwa menjadi dasar bagi spiritualisme, ajaran tentang kesucian hari Minggu menciptakan suatu ikatan simpati dengan Roma.”­ Great Controversy, 588:1.

 

ROH-ROH ITU AKAN MENUNTUT PEMELIHARAAN HARI MINGGU

1 – Roh-roh itu akan berbicara bagi kekudusan hari Minggu, melawan Sabat dan para pemelihara hari Sabat, dan menyatakan bahwa hukum-hukum negeri ini harus ditaati.

Kuasa yang mengerjakan mujizat yang dinyatakan melalui spiritisme akan menggunakan pengaruhnya untuk melawan mereka yang memilih untuk patuh kepada Tuhan lebih daripada manusia. Hasil-hasil komunikasi dengan roh-roh akan menyatakan bahwa Tuhan telah mengutus mereka untuk meyakinkan para penolak hari Minggu tentang kesalahan mereka, sambil menegaskan bahwa undang-undang negara harus ditaati sebagai hukum Tuhan. Mereka akan meratapi kejahatan besar di dunia ini, dan men-dukung kesaksian guru-guru agama, bahwa keadaan moral yang me-rosot ini disebabkan oleh karena penajisan terhadap hari Minggu. Be-sarlah kebencian yang dibangkitkan melawan orang-orang yang me-nolak untuk menerima kesaksian mereka. “-Great Controversy, 590: 2-591:0.

 

SETAN AKAN MENYEBUT UMAT TUHAN SEBAGAI PELANG-GAR-PELANGGAR HUKUM

1 – Umat Tuhan akan disebut pelanggar-pelanggar hukum. —“Sementara Setan berusaha untuk membinasakan orang-orang yang menghormati hukum Tuhan, ia akan menyebabkan mereka di-tuduh sebagai pelanggar-pelanggar hukum, sebagai orang-orang yang menghina Tuhan, dan yang menyebabkan turunnya pengha-kiman ke atas dunia.”-­ Great Controversy, 591:1.

2 – Mereka akan dituduh sebagai anarki (melawan pimpinan pemerintahan), pengkhianat dan melawan hukum dan moralitas. —“Orang-orang yang menghormati Sabat Alkitab akan dinyatakan sebagai musuh-musuh hukum dan ketertiban, menghancurkan ke-kangan-kekangan moral masyarakat, dan menyebarkan anarki dan kejahatan, serta menyebabkan turunnya penghukuman Tuhan atas bumi ini. Penurutan mereka yang ikhlas dinyatakan sebagai kede-gilan, keras kepala, dan penghinaan terhadap penguasa. Mereka akan dituduh tidak senang kepada pemerintah. Para pendeta yang menyangkal kewajiban kepada hukum ilahi akan menyampaikan dari mimbar tanggung jawab untuk mentaati kekuasaan-kekuasaan sipil, yang menurut mereka, ditetapkan oleh Tuhan. Di gedung-gedung pe-ngadilan, para pemelihara hukum akan disalahgambarkan dan di-hukum. Perkataan mereka akan diputarbalikkan; motif-motif mereka akan ditafsrkan sebagai sesuatu yang paling buruk.” -Great Contro-versy, 592:1. 

FANATISME AKAN TERJADI

1 – Akan ada teriakan, drum, musik dan tarian.—“Perkara-perkara yang telah anda gambarkan sedang terjadi di Indiana, Tuhan telah menunjukkan kepada saya akan terjadi sesaat sebelum pe-nutupan pintu kasihan. Setiap perkara yang kasar akan dinyatakan. Akan ada teriakan, dengan drum, musik dan tarian. Akal sehat makh-luk bernalar akan menjadi begitu kacau sehingga mereka tidak dapat lagi dipercaya untuk membuat keputusan-keputusan yang benar…

“Kegaduhan bunyi-bunyian mengejutkan akal sehat dan me-nyimpangkan sesuatu yang jika dilakukan dengan benar mungkin da-pat menjadi berkat. Kuasa alat-alat setan bercampur dengan kega-duhan bunyi-bunyian yang mengadakan suatu karnaval, dan ini dise-but dengan pekerjaan Roh Kudus… Perkara-perkara itu yang telah terjadi di masa lalu akan terjadi di masa mendatang. Setan akan menjadikan musik sebuah perangkap melalui cara bagaimana itu dilakukan.” -2 Selected Messages, 37:2-3, 38:1.

2 – Manusia akan terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang aneh, dan menyebutnya pekerjaan Tuhan.—“Janganlah kita mem-beri tempat kepada latihan-latihan yang aneh, yang benar-benar membawa pikiran menjauh dari dorongan Roh Kudus yang menda-lam. Pekerjaan Tuhan selalu ditandai dengan ketenangan dan martabat. “-2 Se­lected Messages, 1,.2:1,..

3 – Fanatisme, bahasa lidah, kebisingan akan disebut karu-nia istimewa dari Tuhan.—“Fanatisme, kegembiraan palsu, bahasa lidah yang palsu, dan latihan-latihan yang bising telah dianggap se-bagai karunia yang telah ditempatkan Tuhan di dalam gereja. Sebagi-an orang telah tertipu di sini. Buah dari semua ini tidak baik. “Dari bu-ahnyalah engkau akan mengetahuinya: Fanatisme dan kebisingan te-lah dianggap sebagai bukti iman yang istimewa. Sebagian orang ti-dak puas dengan suatu pertemuan kecuali jika mereka menik-mati saat bergembira dan penuh kuasa. Mereka mengusahakan ini dan membangun perasaan gembira. Namun pengaruh dari pertemu-an-pertemuan ini tidak menguntungkan. Ketika suatu perasaan gem-bira telah hilang mereka akan tenggelam lebih dalam dibandingkan sebelum pertemuan itu, karena kegembiraan mereka tidak berasal dari sumber yang benar.”-1 Testimonies, 1,.12:1. 

 

KEAJAIBAN-KEAJAIBAN AKAN NYATA

1 – Melalui penipuan, Setan akan menghasilkan keajaiban-keajaiban palsu. Ini adalah penampakan-penampakan yang sesung-guhnya tidak memiliki kenyataan.—“Melalui suatu jenis penipuan, Setan dapat melakukan keajaiban-keajaiban yang akan tampak se-perti keajaiban-keajaiban yang sejati. Inilah yang dahulu diharapkan-nya akan menjadi sebuah pertanyaan ujian bagi orang Israel pada masa pembebasan mereka dari Mesir.” -2 Selected Messages, 52:4.

2 – Setan akan menggunakan keajaiban-keajaiban untuk mendemonstrasikan kuasanya.—“Cara Kristus bekerja adalah menggambarkan Firman, dan melegakan penderitaan melalui pe-kerjaan penyembuhan yang ajaib. Akan tetapi saya diperintahkan bahwa kita sekarang ini tidak dapat bekerja melalui cara ini, kare-na Setan akan menyatakan kekuasaannya melalui pekerjaan keajaib-an-keajaiban. Hamba-hamba Tuhan saat ini tidak dapat bekerja melalui keajaiban-keajaiban, karena pekerjaan-pekerjaan penyem-buhan palsu, yang mengaku berasal dari Allah, akan diadakan.” -2 Selected Messages, 54:2.

3 – Setan akan mampu meniru keajaiban-keajaiban yang di-lakukan oleh umat Tuhan. Sebuah tiruan bukanlah kenyataan, na-mun tampaknya seolah seperti kenyataan.—“Umat Tuhan tidak akan menjadi aman dalam melakukan keajaiban-keajaiban, karena Setan akan meniru keajaiban-keajaiban yang akan dilakukan.” –9 Testimonies, 16:1.

4 – Kuasa melakukan keajaiban oleh para pelanggar hanya membuktikan hubungan mereka dengan Setan. Kita dapat me-ngetahui hal ini, karena pengikut-pengikut Tuhan yang sejati ada-lah taat kepada hukum-hukumNya.—“Jikalau orang-orang itu, yang melalui penyembuhan yang dilakukannya ditempatkan, sesuai de-ngan manifestasi-manifestasi ini, untuk membenarkan diri dalam me-ngabaikan hukum Tuhan dan terus tidak taat, meskipun mereka memiliki kuasa dalam segala hal, tidak berarti bahwa mereka memi-liki kuasa besar dari Tuhan. Sebaliknya, itu adalah kuasa pembuat keajaiban dari si penipu besar itu. “-2 Selected Messages, 50:4.-51:0,

5 – Kebenaran-kebenaran Alkitab adalah jauh lebih penting daripada keajaiban-keajaiban dalam pandangan anda. Jangan pernah lupa akan hal ini.—“Alkitab tidak pernah akan dilampaui oleh manifestasi-manifestasi ajaib. Kebenaran harus dipelajari; kebenaran harus dicari seperti harta karun yang terpendam. Pe-nampakan-penampakan yang ajaib tidak akan dinyatakan di luar Firman atau mengambil alih kedudukan Firman. Berpeganglah kepada Firman, terimalah Firman yang dituliskan yang akan menjadi-kan manusia bijaksana bagi keselamatan.”-2 Selected Mes­sages, 48:2.

6 – Hanya melalui Alkitab kita akan dapat secara tepat me-ngetahui kepalsuan itu ketika ia muncul.—“Penipuan besar ter-akhir akan segera terbuka di hadapan kita. Antikristus hendak meng-adakan pekerjaan-pekerjaan ajaib di hadapan kita. Begitu dekatnya kepalsuan itu menyerupai yang benar sehingga tidak mungkin kita dapat membedakannya kecuali melalui Firman yang Kudus. Melalui kesaksian dalam Alkitab, setiap pernyataan dan setiap keajaiban haruslah diuji.” -Great Con­troversy, 593:1.

7 – Umat Tuhan tidak akan tertipu ketika saatnya tiba bagi tipuan Setan yang ajaib itu dinyatakan.—“ Banyak orang akan bangkit mengaku sebagai Kristus Sendiri, dan menuntut kedudukan dan penyembahan yang menjadi milik Penebus dunia itu. Mereka akan melakukan pekerjaan-pekerjaan penyembuhan yang ajaib, dan akan mengaku memperoleh wahyu-wahyu dari surga yang berten-tangan dengan kesaksian Alkitab…

“Akan tetapi umat Tuhan tidak akan tertipu. Ajaran-ajaran kris-tus palsu ini tidak sesuai dengan Alkitab. Berkatnya disampaikan kepada para penyembah binatang dan patungnya, kelompok yang dinyatakan oleh Alkitab bahwa murka Tuhan yang tidak bercampur akan tercurah ke atas mereka.”-Great Controversy, 624:1, 625:1. 

 

IBLIS-IBLIS AKAN MUNCUL SEPERTI MANUSIA

1 – Keajaiban-keajaiban dan penyembuhan-penyembuhan akan terjadi, dan Setan akan tampil seperti malaikat. Roh-roh iblis akan menghormati lembaga-lembaga gereja.

Karena iblis-iblis tidak mengurusi kerusakan dalam kepemim-pinan organisasi, struktur, komite, dan kegiatan-kegiatan mereka, mereka akan disambut karena kuasa yang dibawanya, jikalau tidak demikian, tentulah mereka telah ditakuti dan dihindari oleh para pim-pinan gereja, bisnis dan politik.

 “Sementara Spiritisme semakin dekat meniru Kekristenan yang sekedar nama pada zaman ini, maka ia memiliki kuasa yang lebih be-sar untuk menipu dan menjerat. Setan sendiri berubah, menurut ca-ra-cara modern. Ia akan muncul dalam tabiat seorang malaikat te-rang. Melalui Spiritisme, mujizat-mujizat akan dilakukan, orang sa-kit akan disembuhkan, dan banyak mujizat-mujizat yang tidak dapat disangkal akan dilaksanakan. Dan sementara roh-roh itu akan meng-akui percaya kepada Alkitab, dan menyatakan penghargaan kepa-da lembaga-lembaga gereja, pekerjaan mereka akan diterima seba-gai manifestasi kuasa ilahi.” -Great Controversy, 588:2.

2 – Penyembuhan dan mujizat akan dilakukan di hadapan umat Tuhan untuk menandingi pekabaran mereka di hadapan orang banyak, dengan harapan untuk mengalahkan mereka.

Orang sakit akan disembuhkan di hadapan kita. Mujizat-mujizat akan dilakukan di depan mata kita. Apakah kita siap bagi pengadilan yang menunggu kita ketika mujizat-mujizat palsu oleh Setan akan dinyatakan secara lebih penuh?” -1 Testimonies, 302:2.

3 – Alat-alat Setan “melalui pengucapan mantra” akan membawa penyakit ke atas banyak orang, dan  kemudian mere-ka seolah melakukan mujizat dengan cara menghilangkannya.

Orang-orang di bawah pengaruh roh-roh jahat akan mela-kukan mujizat-mujizat. Mereka akan membuat orang menjadi sakit melalui pengucapan mantra mereka, dan kemudian menghilangkan mantra itu, sehingga orang mengatakan bahwa orang-orang yang se-belumnya sakit telah disembuhkan secara ajaib. Hal ini telah dilaku-kan Setan berulang-ulang kali.”-2 Se­lected Messages, 53:2.

“Pemandangan-pemandangan ajaib, yang sangat dekat hu-bungannya dengan Setan, akan segera terjadi. Firman Tuhan me-nyatakan bahwa Setan akan melakukan mujizat-mujizat. Ia akan membuat orang menjadi sakit, dan kemudian dengan tiba-tiba menghilangkannya melalui kuasa iblisnya. Perbuatan ini kemudi-an akan dianggap sebagai penyembuhan. Pekerjaan-pekerjaan yang seolah tampak sebagai penyembuhan ini akan menjadi ujian bagi umat MAHK.”-2 Selected Messages, 53:3.

4 – Iblis-iblis akan muncul dalam wujud manusia dan akan muncul seperti manusia yang hidup.—“Setan akan menggunakan setiap kesempatan untuk membujuk manusia menjauh dari perseku-tuan mereka dengan Tuhan. Ia dan para malaikatnya yang telah ja-tuh akan muncul di bumi sebagai manusia, yang berusaha menipu. Para malaikat Tuhan juga akan muncul seperti manusia, dan meng-gunakan setiap cara dalam kuasa mereka untuk mengalahkan tuju-an-tujuan musuh itu.” -8 Manuscript Releases, 399 (1903).

5 – Iblis-iblis ini akan berbicara dengan umat Tuhan, dan akan mencoba untuk meyakinkan orang lain bahwa umat Tuhan memiliki pekabaran yang salah dan iman yang salah.

Malaikat jahat dalam wujud manusia akan berbicara kepada orang-orang yang mengenal kebenaran. Mereka akan menyalah-arti-kan dan menyampaikan secara salah pernyataan-pernyataan para utusan Tuhan… Apakah umat MAHK telah melupakan peringatan yang diberikan dalam Efesus 6? Kita terlibat dalam peperangan melawan para penguasa kegelapan. Kecuali kita mengikuti Pemim-pin kita dari dekat, Setan akan memperoleh kemenangan atas kita.”-3 Selected Messages, 411:1-2.

6 – Iblis-iblis dalam wujud manusia bahkan akan menjadi para pekerja dalam denominasi kita, dan akan berbicara dalam pertemuan-pertemuan kita. Kita akan dapat mengetahui orang-orang yang mungkin adalah roh-roh tersebut, karena mereka akan mendorong umat kita untuk tidak mempercayai pekabaran kita yang mula-mula. (Pernyataan berikutnya menunjukkan bahwa ini adalah peristiwa saat ini, bukan masa depan!)

“Para malaikat iblis dalam wujud orang-orang percaya akan be-kerja di antara kita untuk membawa roh ketidakpercayaan yang kuat. Janganlah perkara ini dapat mengecewakan kamu, namun bawalah hati yang benar kepada Tuhan untuk melawan kuasa-kuasa alat-alat setan. Kuasa-kuasa iblis ini akan berkumpul dalam pertemuan-pertemuan kita, bukan untuk menerima berkat, melainkan untuk me-lawan pengaruh Roh Tuhan.”-2 Mind, Character, and Perso­nality, 504:3 -505:0.

7 – Setan akan menggunakan segala metode yang dapat di-pikirkannya untuk menghancurkan umat Tuhan—karena ia telah menguasai begitu banyak orang lain di dunia ini.

“Saat ini dibutuhkan pria dan wanita bekerja yang tulus, yang akan mengusahakan keselamatan jiwa-jiwa, karena Setan sebagai jenderal yang penuh kuasa akan mengambil alih medan peperangan, dan di zaman umat yang sisa ini, ia sedang bekerja melalui segala meto-de yang dapat dipikirkannya untuk menutup pintu terha-dap terang sehingga Tuhan bisa datang kepada umatNya. Ia se-dang menyapu seisi dunia masuk ke dalam golongannya, dan sedikit orang yang setia kepada perintah-perintah Tuhan itulah satu-satu-nya orang-orang yang selalu dapat mengalahkannya, dan bahkan terhadap orang-orang inipun Setan berusaha mengalahkannya.” -3 Selected Messages, 389:3. .

8 – Roh-roh iblis, dan alat-alat manusianya, akan bekerja untuk mempertobatkan para pimpinan dan umat di seluruh du-nia kepada gerakan besar yang baru. Mereka akan melakukan mu-jizat-mujizat penyembuhan dan berkata bahwa mereka memperoleh wahyu-wahyu ilahi.

“Pemandangan yang mengerikan dalam watak supranatural akan segera dinyatakan di langit, dalam bentuk dari kuasa iblis yang melakukan mujizat. Roh-roh iblis akan pergi kepada raja-raja di bumi dan ke seluruh dunia, untuk mengencangkan ikatan mereka da-lam penipuan, dan mendorong mereka untuk bersatu dengan Setan dalam pergumulan terakhir melawan pemerintahan surga. Melalui alat-alat ini, para pemimpin dan rakyatnya akan tertipu. Banyak orang akan bangkit berpura-pura menjadi Kristus Sendiri, dan mengakui ke-dudukan dan penyembahan yang menjadi milik Penebus dunia itu.

Mereka akan melakukan mujizat-mujizat penyembuhan yang ajaib, dan akan mengaku memperoleh wahyu-wahyu dari surga yang melawan kesaksian Alkitab.” – Great Controversy, 624:1.

9 – Roh-roh iblis akan mengajarkan kesesatan dan melaku-kan mujizat-mujizat.—“Banyak orang akan berhadapan dengan roh-roh iblis yang menyerupai saudara atau sahabat mereka yang keka-sih, dan menyatakan kesesatan yang paling berbahaya. Pengun-jung-pengunjung ini akan menyentuh perasaan simpati kita yang ter-halus, dan akan melakukan mujizat-mujizat untuk mempertahan-kan kepura-puraan mereka. Kita harus bersiap untuk melawan mere-ka dengan kebenaran Alkitab bahwa orang mati tidak mengetahui apa-apa, dan bahwa orang-orang yang muncul itu adalah roh-roh iblis.”-Great Controversy, 560:1.

10 – Dunia sedang menapaki tepian kesesatan dan ketidak-wajaran yang besar. Dengan menerima spiritisme dan ajaran-ajaran spiritisme, dunia akan mengalami kehancuran moralitas.—“Ketika ajaran-ajaran spiritisme diterima oleh gereja-gereja, penghalang-penghalang yang ditetapkan terhadap hati daging itu dihalau-kan, dan pengakuan agama akan menjadi jubah yang menutupi kesalahan yang paling dasar. Sebuah kepercayaan akan manifes-tasi-manifesasi spiritual membuka pintu bagi roh-roh pembujuk dan ajaran-ajaran iblis dan oleh karenanya pengaruh malaikat-malaikat jahat akan dirasakan di dalam gereja-gereja.” -Great Controversy, 603:2-604:0.

11 – Gereja-gereja tidak akan mampu menahan masuknya spiritisme. (Ini akan terjadi karena penerimaan mereka terhadap ke-bakaan jiwa bawaan tanpa syarat.)—“Pelayanan populer tidak ber-hasil untuk menahan spiritisme. Mereka tidak memiliki perlindung-an bagi umat mereka dari pengaruh yang menghancurkan ini. Ba-nyak akibat yang menyedihkan dari spiritisme akan terjadi pada para pendeta pada zaman ini; karena mereka telah menginjak-injak kebe-naran di bawah kaki mereka, dan sebagai gantinya mereka telah memilih dongeng-dongeng.”- 1 Testimonies, 344:1.

ORANG MATI SEOLAH-OLAH HIDUP KEMBALI

1 – Iblis akan menyerupai orang-orang kudus dan orang-orang berdosa yang telah mati, sehingga mereka seolah-olah telah kembali dari dunia orang mati.—“ Tidak sulit bagi para ma-laikat jahat untuk menyerupai baik orang kudus maupun orang berdosa yang telah mati, dan menjadikan penampakan-penampak-an ini nyata di mata manusia. Manifestasi-manifestasi ini akan menja-di lebih sering, dan perkembangan dengan ciri yang lebih mengejut-kan akan muncul ketika kita mendekati penutupan zaman.”­ Evangelism, 604:3.

“Ini adalah penipuan Setan yang paling mengagumkan dan ber-hasil—yang memperoleh simpati dari orang-orang yang telah mem-baringkan orang-orang terkasih mereka di dalam kubur. Para malai-kat iblis datang dalam wujud orang-orang terkasih itu dan menghu-bungkan kejadian-kejadian yang berhubungan dengan kehidupan mereka, dan melakukan tindakan-tindakan yang mereka lakukan ke-tika masih hidup. Dengan cara ini mereka menggiring orang-orang untuk percaya bahwa sahabat mereka yang telah mati adalah malai-kat-malaikat yang terbang di atas mereka dan berkomunikasi dengan mereka. Para malaikat jahat ini, yang dianggap sebagai sahabat-sa-habat mereka yang telah mati, dihormati dengan pemujaan tertentu, dan dengan banyak orang, perkataan mereka diberi bobot yang lebih besar daripada Firman Tuhan.” -Last Day Events, 161:3.

2 – Iblis akan datang dalam bentuk orang-orang terkasih yang telah matiuntuk menipu banyak orang. Setan memiliki kuasa untuk menghadirkan di hadapan manusia penampakan dari orang-orang terkasih mereka. Tiruan ini sempurna, wajah yang ak-rab, perkataan, nada bicara, dihasilkan kembali dengan ketepatan yang luar biasa.

“Banyak yang akan berhadapan dengan roh-roh iblis yang menyamar sebagai saudara atau sahabat terkasih dan menyata-kan kesesatan yang paling berbahaya. Para pengunjung ini akan menyentuh simpati kita yang terhalus dan akan melakukan keajaib-an-keajaiban untuk mempertahankan kepura-puraan mereka.”-Story of Redemption, 398:1.

3 – Melalui penampakan-penampakan ini, Setan akan me-mukau dan melumpuhkan pemikiran banyak pimpinan keagama-an, profesional dan politik. Ia kemudian akan menggunakan mere-ka untuk menipu orang-orang lain.—“Wujud-wujud orang yang te-lah mati akan muncul, melalui sarana licik Setan, dan banyak yang akan berhubungan dengan orang-orang yang mengasihi dan membo-honginya. Saya memperingatkan umat kita bahwa di antara kita akan ada sebagian orang yang berpaling dari iman dan mende-ngarkan roh-roh penipu dan ajaran-ajaran iblis dan oleh mereka kebenaran akan dikatakan jahat.

Suatu pekerjaan ajaib akan terjadi. Para pendeta, ahli hu-kum, dokter, yang telah mengizinkan kepalsuan-kepalsuan ini me-nguasai roh pengertian, akan menjadi para penipu, dan bersatu de-ngan orang-orang yang telah tertipu. Suatu kemabukan rohani akan menguasai mereka.” – Upward Look, 317:5. 

 

ORANG-ORANG SUCI “ASING” AKAN TAMPAK SEOLAH BER-INKARNASI

1 – Orang-orang suci “asing” yang dikenal akan tampak seolah kembali ke dunia kita. Mereka akan memamerkan kuasa yang besar. (Kita dapat yakin bahwa penampakan seperti itu akan digunakan untuk membantu pemeliharaan hari Minggu, dan dengan penuh kuasa akan membuka kepada bangsa-bangsa non-Kristen kepada hujan akhir tiruan yang menyebar ke seluruh dunia.)

“Sementara kita mendekati penutupan waktu, akan ada parade kuasa kafir yang semakin besar dan semakin besar; orang-orang suci kafir akan menyatakan tanda kuasa mereka, dan akan me-nyatakan diri mereka di hadapan kota-kota di dunia; dan pemisahan ini telah mulai digenapi. “-Testimonies to Ministers, 117:5-118:0. 

 

SETAN MENJANJIKAN SERIBU TAHUN  KEBAHAGIAAN

1 – Sementara kegembiraan meningkat hingga puncaknya, akan dinyatakan bahwa seluruh dunia akan dipertobatkan, dan masa seribu tahun kebahagiaan yang telah lama dijanjikan akan dimulai.—Kepausan, Protestan, dan dunia akan sekata dalam menerima bentuk ibadah tanpa kuasa itu, dan mereka akan meman-dang kesatuan ini sebagai suatu gerakan besar bagi pertobatan du-nia, dan membantu tercapainya masa seribu tahun yang telah lama diharapkan. “-Great Controversy 588:3-589:0. 

SETAN AKAN MEMBAWA BENCANA-BENCANA BESAR

1 – Melalui Spiritisme, Setan akan tampak sebagai penyem-buh dengan suatu sistem agama yang lebih baik; sementara pa-da saat yang sama ia menghancurkan jiwa-jiwa melalui ketidak-bertarakan dan peperangan; juga melalui bencana-bencana alam yang ia berkuasa untuk melakukannya.

“Melalui Spiritisme, Setan tampak sebagai penolong umat ma-nusia, menyembuhkan penyakit-penyakit orang banyak, dan me-ngaku memperkenalkan suatu sistem iman keagamaan yang baru dan lebih mulia; namun pada saat yang sama ia bekerja sebagai pembinasa. Pencobaan-pencobaannya menggiring banyak orang kepada kehancuran. Ketidakbertarakan menghempaskan penalar-an; pemanjaan indera, pertentangan, dan pertumpahan darah mengikutinya. Setan suka akan peperangan; karena itu merang-sang nafsu-nafsu terburuk jiwa, dan kemudian menyapu korbannya ke dalam kekekalan di dalam kejahatan dan darah. Adalah menjadi tujuannya untuk memicu bangsa-bangsa agar berperang mela-wan satu sama lain; karena dengan demikian ia dapat memaling-kan pikiran orang-orang dari pekerjaan persiapan untuk berdiri di hari Tuhan.

“Setan bekerja melalui unsur-unsur juga untuk mengumpulkan tuaiannya dari jiwa-jiwa yang tidak siap. Ia telah mempelajari raha-sia-rahasa dari laboratorium-laboratorium alam, dan ia menggunakan segala kekuasaannya untuk mengendalikan unsur-unsur sejauh yang diizinkan oleh Tuhan. Ketika diizinkan untuk menyiksa Ayub, betapa cepatnya hewan dan ternak, hamba sahaya, rumah-rumah, anak-anak, disapu bersih, satu musibah mengikuti musibah yang lain da-lam sekejap mata. Tuhanlah yang melindungi makhluk-makhluk cip-taanNya, dan menghalangi mereka dari kuasa si pembinasa. Namun dunia Kristen telah menunjukkan penghinaan terhadap hukum Yeho-vah; dan Tuhan akan melaksanakan tepat seperti apa yang telah di-katakanNya,–Ia akan menarik berkat-berkatNya dari bumi ini, dan mengangkat pemeliharaanNya dari orang-orang yang memberontak terhadap hukumNya dan ajaranNya serta memaksa orang lain untuk berbuat serupa. Setan akan mengendalikan semua orang yang tidak dilindungi oleh Tuhan secara khusus. Setan akan memihak serta memberikan kemakmuran kepada sebagian orang demi melan-jutkannya sendiri; dan ia akan membawa kesusahan ke atas orang lain, dan menuntun manusia untuk percaya bahwa Tuhan-lah yang sedang menyiksa mereka.“­ Great Controversy, 589:1-2.

2 – Pada saat yang sama ketika Setan muncul di antara orang banyak sebagai penyembuh besar, ia membawa bencana-bencana yang mengerikan—sedemikian besar sehingga kota-kota besar menjadi binasa.—“Sementara memperlihatkan diri kepa-da anak-anak manusia sebagai tabib besar yang dapat menyembuh-kan segala penyakit, dia akan membawakan penyakit dan  bencana, sehingga kota-kota yang padat menjadi hancur berantakan.” -Great Controversy, 589:3.

3 – Di dalam semua ini, tujuan Setan adalah untuk menimpa-kan kesalahan kepada umat pemelihara hukum Tuhan sebagai penyebab dari bencana-bencana tersebut.— “Dan kemudian si penipu ulung itu akan meyakinkan manusia bahwa orang-orang yang melayani Tuhanlah yang menjadi penyebab segala bencana ini. Go-longan yang telah membangkitkan murka Surga akan menuduhkan semua kesukaran mereka kepada orang-orang yang penurutan mereka kepada hukum-hukum Tuhan adalah teguran tiada akhir terhadap para pelanggar. Akan dinyatakan bahwa manusia sedang menimbulkan kemarahan Tuhan karena melanggar sabat hari Minggu; bahwa dosa ini telah membawa malapetaka yang tidak akan berhenti hingga pemeliharaan hari Minggu akan dipaksakan secara keras; dan bahwa orang-orang yang menyampaikan hukum keempat, yang berarti menghancurkan penghormatan terhadap hari Minggu, adalah perusuh, yang mencegah pemulihan restu ilahi dan kemakmuran duniawi saat ini.”-Great Controversy, 590:1.

3. SETAN AKAN MENYAMAR SEBAGAI KRISTUS

Ada dua kali disebutkan dalam Kemenangan Akhir tentang penyamaran Setan sebagai Kristus. Adalah penting untuk diketahui bahwa pada setiap kali penyebutan, penyamaran ini berbicara ten-tang seruan Setan kepada orang banyak untuk menguduskan hari Minggu. Seruan-seruan seperti ini akan semakin gencar diberikan sebelum penutupan pintu kasihan, sementara pria dan wanita masih membuat keputusan. Akan tetapi, dalam Kemenangan Akhir, tampak-nya bahwa penyamarannya disebutkan baik sebelum dan setelah penutupan pintu kasihan secara umum (GC 561-562 dan 624-625). Maka, pastilah bahwa sebagian dari penyamaran yang ham-pir mengelabui ini akan terjadi SEBELUM masa pencobaan berakhir —selama masa penandaan, pemeteraian, dan seruan nyaring. (Selanjutnya dalam pelajaran ini, kita akan menganalisis bacaan kedua [GC 624-625] secara lebih terinci.)

Kutipan-kutipan ini menyatakan bahwa penyamaran Setan ter-jadi setelah pemberlakuan hukum hari Minggu nasional di AS, dan sebelum seluruh dunia memberlakukannya. Tampaknya bah-wa penampakan Setan secara pribadi akan membantu meyakinkan bangsa-bangsa non-Kristen untuk bersatu dalam sukaria demam hu-kum hari Minggu yang pertama-tama menguasai Amerika, kemudian Eropa. Urutannya adalah sebagai berikut: (1) kesatuan tiga kuasa mulai dibentuk; (2) hukum hari Minggu nasional mulai diterap-kan; (3) pekerjaan Setan yang ajaib dimulai, berpuncak pada pe-nampakan Setan sebagai malaikat terang yang mengaku sebagai Kristus, (4) Terpesona oleh kejadian ini (termasuk penampakan dewa-dewa non-Kristen kafir), bangsa-bangsa lain memberlakukan hukum-hukum hari Minggu.

Penyamaran Setan sebagai Kristus, bersamaan dengan peker-jaan mujizat setan melalui alat-alatnya, akan membangkitkan antusi-asme tentang hukum hari Minggu menjadi sebuah kegilaan, dan membawa kepada puncak emosi yang tinggi pada bangsa-bangsa lain di bumi, menggiring mereka untuk memberlakukan hukum-hukum hari Minggu nasional mereka sendiri.

Kutipan-kutipan berikut ini, sebagai tambahan, menyatakan bahwa, ketika Setan menyamar, ia akan tampak sebagai malaikat terang yang mengaku sebagai Kristusbukan sebagai manusia yang mengaku sebagai Kristus.

1 – Urutan: Menurut 5 Testimonies, 451, pertama-tama akan terjadi persatuan tiga kuasa, kemudian hukum hari Minggu, dan kemudian pekerjaan mujizat oleh Setan.

“Melalui perintah yang memberlakukan lembaga kepausan da-lam pelanggaran terhadap hukum Tuhan, bangsa kita akan sepenuh-nya memutuskan hubungannya dengan kebenaran. Ketika Protes-tantisme akan menjulurkan tangannya menyeberang teluk untuk menjangkau tangan kekuasaan Roma, ketika ia akan menjangkau ke seberang jurang yang  terdalam untuk bertepuk tangan dengan spiritisme, ketika, di bawah pengaruh persatuan tiga kuasa ini, negara kita akan menghapuskan setiap prinsip dalam undang-un-dang dasarnya sebagai sebuah pemerintahan Protestan dan repu-blik, dan akan mendukung penyebaran kepalsuan dan khayalan kepausan, maka kita akan mengetahui bahwa saatnya telah tiba bagi pekerjaan keajaiban Setan dan bahwa saat akhir telah dekat.” -5 Tes­timonies,451:1.

2 – Urutan: Menurut Testimonies to Ministers, 62, pertama adalah penampakan Setan, dan kemudian hukum Tuhan akan dihapuskan di seluruh bangsa.

“Di zaman ini, antikristus akan muncul sebagai Kristus yang sejati, dan kemudian hukum Tuhan akan sepenuhnya dihapus-kan dari bangsa-bangsa di dunia kita. Pemberontakan terhadap hukum Tuhan yang kudus akan sepenuhnya masak. Namun pe-mimpin yang sejati dari pemberontakan ini adalan Setan yang me-nyamar sebagai malaikat terang. Manusia akan tertipu dan akan me-ninggikan dia menggantikan Tuhan, dan memujanya. Namun Tuhan Yang Maha Kuasa akan campur tangan, dan kepada gereja-gereja yang telah sesat yang bersatu dalam meninggikan Setan, hukuman akan diberikan, “Sebab itu segala malapetakanya akan datang dalam satu hari, yaitu sampar dan perkabungan dan kelaparan; dan ia akan dibakar dengan api, karena Tuhan Allah, yang menghakimi dia, ada-lah kuat.” (Wahyu 18:8).”-Testimonies to Ministers, 62:1.

3 – Setan akan muncul kepada dunia Kristen dan orang-orang yang belum membuat keputusan tentang pemeliharaan hari Minggu, dengan menyamar sebagai Kristus yang telah datang  kembali. Ia juga akan muncul kepada pemelihara hari Sabat dan berpura-pura sebagai Kristus yang telah datang kembali.

Kutipan berikut ini menyatakan bahwa Setan akan menyamar sebagai Kristus menjelang bagian akhir dari seruan nyaring sebagai “satu usaha putus asa terakhir” untuk menipu seluruh dunia. Dalam krisis ini satu-satunya keselamatan mereka adalah penurutan kepada Firman Tuhan karena pekabaran Setan akan selalu berupa pelang-garan kepada Firman Tuhan.

“Setan melihat bahwa ia akan segera kalah. Ia tidak dapat me-nyapu seluruh dunia. Ia membuat usaha terakhir yang penuh ke-putusasaan untuk mengalahkan orang-orang yang setia melalui penipuan. Ia melakukannya dengan cara menyamar sebagai Kristus. Ia mengenakan jubah kerajaan yang telah digambarkan secara akurat dalam khayal yang dilihat Yohanes. Ia memiliki kekua-saan untuk melakukan ini. Ia akan muncul kepada para pengikut-nya yang telah tertipu, yaitu dunia Kristen yang tidak menerima kasih akan kebenaran namun memiliki kesukaan kepada kesalahan (pelanggaran akan hukum Tuhan), sebagai Kristus yang datang untuk kedua kali.

Ia mengaku dirinya sebagai Krisus, dan ia dipercaya seba-gai Kristus, suatu makhluk mulia yang indah yang berpakaian kemu-liaan dan, dengan suara yang lembut dan perkataan yang menye-nangkan, dengan kemuliaan yang tidak tertandingi oleh apapun yang pernah dilihat oleh mata manusia. Kemudian para pengikutnya yang telah tertipu dan terbujuk memulai suatu teriakan keme-nangan, ‘Kristus telah datang untuk kedua kali! Kristus telah datang! Ia telah mengangkat tanganNya sama seperti ketika Ia melakukannya ketika Ia berada di bumi, dan memberkati kita.

Orang-orang kudus melihat dengan takjub. Akankah mere-ka juga tertipu? Akankah mereka juga menyembah Setan? Para ma-laikat Tuhan ada di sekeliling mereka. Sebuah suara yang merdu, jelas dan pasti terdengar, ‘Pandanglah ke atas.’

“Ada satu tujuan di hadapan orang-orang yang berdoa—kese-lamatan terakhir dan kekal bagi jiwa-jiwa mereka. Tujuan ini ada di hadapan mereka terus menerus bahwa kehidupan yang kekal di-janjikan bagi orang-orang yang bertahan hingga akhir. Oh, beta-pa itu telah menjadi keinginan mereka yang tulus dan terus menerus. Penghakiman dan kekekalan ada di dalam pandangan mereka. Mata mereka dengan iman dipusatkan kepada takhta yang bernyala-nyala, yang di hadapannya orang-orang yang berjubah putih berdiri. Ini mencegah mereka dari pemanjaan kepada dosa.

Satu usaha lagi, dan kemudian sarana terakhir Setan diguna-kan. Ia mendengar seruan terus menerus agar Kristus datang, agar Kristus membebaskan mereka. Strategi terakhir ini adalah menyamar sebagai Kristus, dan membuat mereka mengira bah-wa doa-doa mereka telah dijawab. “-Last Day Events, 164:1-165:1. 

IA INGIN MENIPU DAN MENGENDALIKAN DUNIA

1 – Salah satu tujuan Setan dalam penampakannya adalah untuk menipu dunia Kristen.

“Kita mendekati akhir dari sejarah bumi ini, dan Setan bekerja lebih keras daripada sebelumnya. Ia bekerja keras untuk bertin-dak sebagai pengatur dunia Kristen. Dengan intensitas yang luar biasa ia bekerja dengan mujizat-mujizat palsunya. Setan tampak ber-jalan berkeliling seperti singa yang mengaum, mencari mangsa yang akan ditelannya. Ia ingin memeluk seluruh dunia dalam persatuan de-ngannya. Dengan menyembunyikan kecacatannya di balik jubah Ke-kristenan, ia mengenakan ciri-ciri seorang Kristen, dan mengaku se-bagai Kristus Sendiri, “-8 Manuscript Releases, 346:1 (1901).

2 – Manusia akan terpesona oleh penampakan Setan sebagai Kristus. Mereka akan mendewakannya. Tindakan puncak kesesatan ini akan menjadi langkah terakhir untuk sepenuhnya menghapuskan penurutan kepada hukum Tuhan oleh semua orang kecuali oleh orang-orang yang setia. Segera setelah ini, penutupan pintu kasihan secara umum ini terjadi, dan bala-bala mulai dicurahkan.

Di zaman ini antikristus akan menyamar sebagai Kristus yang sejati, dan kemudian hukum Tuhan akan dihapuskan sepe-nuhnya di seluruh bangsa-bangsa di dunia ini. Pemberontakan melawan hukum Tuhan yang kudus akan menjadi masak. Namun pe-mimpin yang sesungguhnya dari segala pemberontakan ini adalah Setan yang berpakaian sebagai malaikat terang. Manusia akan tertipu dan akan meninggikan dia menggantikan tempat Tuhan, dan mendewakannya. Namun Tuhan Yang Maha Kuasa akan cam-pur tangan, dan kepada gereja-gereja sesat yang bersatu dalam pe-mujaan kepada Setan, penghakiman akan dilaksanakan. “Sebab itu segala malapetakanya akan datang dalam satu hari, yaitu sampar dan perkabungan dan kelaparan; dan ia akan dibakar dengan api, karena Tuhan Allah, yang menghakimi dia, adalah kuat.”-Testimonies to Ministers, 62:1. 

SETAN DAN MALAIKAT-MALAIKATNYA AKAN MUNCUL

1 – Baik Setan maupun malaikat-malaikatnya akan muncul di atas bumi ini sebagai manusia, dan berusaha untuk menipu dunia. Dalam jam yang kritis itu, malaikat-malaikat kudus juga akan muncul dalam wujud manusia.

“Setan akan menggunakan setiap kesempatan untuk membu-juk manusia berpaling dari persekutuan mereka dengan Tuhan. Ia dan malaikat-malaikatnya yang telah jatuh bersamanya akan muncul di bumi ini sebagai manusia, dan berusaha untuk meni-pu. Malaikat-malaikat Tuhan juga akan muncul dalam wujud ma-nusia, dan menggunakan setiap sarana dalam kuasa mereka un-tuk mengalahkan tujuan-tujuan musuh itu,” -8 Manuscript Releas-es, 399:1 (1903).

2 – Setan akan muncul, dikelilingi oleh malaikat-malaikat-nya. Ia akan mengadakan mujizat-mujizat dalam segala jenisnya —dengan harapan untuk menipu, bukan hanya dunia, melainkan juga umat Tuhan.

“Tidak mungkin memberikan gambaran tentang pengalaman umat Tuhan yang akan hidup di bumi ini ketika kemuliaan surgawi dan pengulangan aniaya-aniaya di masa lalu akan bercampur aduk. Mereka akan berjalan di dalam terang yang bersinar dari takhta Tuhan. Melalui para malaikat, akan ada komunikasi terus menerus antara surga dan bumi, dan Setan, dengan dikelilingi oleh malai-kat-malaikat jahatnya, dan mengaku sebagai Tuhan, akan mela-kukan mujizat-mujizat dalam segala jenisnya, untuk menipu, seki-ranya memungkinkan, bahkan orang terpilih sekalipun. Umat Tuhan tidak akan memperoleh keamanan dalam pekerjaan mujizat, karena Setan akan meniru mujizat-mujizat yang akan dilakukan. Umat Tuhan yang telah teruji dan tertempa akan menemukan kuasa mereka da-lam tanda yang disebutkan dalam Keluaran 31:12-18. mereka harus berdiri di atas firman yang hidup: ‘Ada tertulis.’ Inilah satu-satunya landasan yang di atasnya mereka dapat berdiri dengan aman.”-9 Testimonies, 16:1.

4 – Mahakarya penipuan istimewa ini akan menguasai selu-ruh dunia, dan akan memukau hampir semua orang.—Musuh itu sedang bersiap untuk menipu seluruh dunia dengan kuasa meng-adakan mujizat-mujizat. Ia akan menyamar sebagai malaikat terang, bahkan menyamar sebagai Yesus Kristus. ” -2 Selected Messages, 96:1.

“Setan telah lama mempersiapkan usaha-usaha terakhirnya untuk menipu dunia. Landasan pekerjaannya adalah jaminan yang diberikan kepada Hawa di Eden.”sekali-kali kamu tidak akan mati. tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya, matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.” Sedikit demi sedikit ia telah mempersiapkan jalan bagi karya besar penipuannya dalam perkem-bangan Spiritisme. Ia belum mencapai kegenapan sepenuhnya dari rancangannya; namun itu akan tercapai di zaman umat yang sisa. Kata nabi itu: “Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang me-nyerupai katak. Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di selu-ruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa.” Kecuali jikalau orang-orang yang dipelihara oleh kuasa Tuhan, melalui iman kepada firmanNya, seluruh dunia akan disapu ke dalam penipuan ini. Orang-orang sedang terlena dalam rasa aman yang mematikan, dan terbangun hanya karena tercurahnya murka Allah– Great Controversy, 561:2-562:0.

5 – Dunia yang telah menolak kebenaran akan menerima dia.—“Sementara kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus semakin mendekat, alat-alat setan digerakkan dari bawah. Setan bukan hanya muncul sebagai makhluk manusia, ia akan menyamar sebagai Yesus Kristus, dan dunia yang telah menolak kebenaran akan menerima dia sebagai Raja segala raja dan Tuhan segala tuhan.” -5 Bible Commentary, 1105/2:4-1106/1:0. 

 

IA AKAN MELAWAN HUKUM TUHAN

1 – Dengan menyamar sebagai Kristus, Setan akan berbica-ra dan berbuat baik, namun ia akan menyatakan wataknya yang sejati dengan cara memalingkan orang dari ketaatan kepada hu-kum Tuhan.

“Dengan menyamar sebagai malaikat terang, ia akan berjalan di atas bumi sebagai pembuat keajaiban. Dalam  bahasa yang indah ia akan menyajikan perasaan-perasaan yang mulia. Perkataan yang baik akan diucapkan olehnya, dan perbuatan-perbuatan baik akan di-lakukan. Kristus akan ditirunya, namun ada satu perbedaan yang nyata. Setan akan memalingkan orang dari hukum Tuhan.”­ Fundamentals of Christian Education, 471:3­-472:0.

2 – Ia akan mengumumkan kepada manusia bahwa Sabat telah diganti dengan hari Minggu.—“Ia akan mengumumkan bah-wa Sabat telah diubah dari hari ketujuh kepada hari pertama; dan se-bagai tuhan atas hari pertama ia akan menyatakan sabat palsu ini sebagai ujian kesetiaan kepadanya.” -Maranatha, 205:3.

Catatan: Dua fakta yang akan menyatakan bahwa ia adalah antikristus: (1) Kebenciannya kepada hukum Tuhan, yang nyata dalam dorongannya kepada manusia untuk menguduskan hari Minggu; (2) kebenciannya kepada orang-orang yang menuruti hukum Tuhan, yang nyata dalam tuduhan-tuduhannya terhadap mereka dan seruannya kepada dunia untuk menghukum mereka; dan (3) ketidakmampuannya untuk datang seperti cara Kristus akan datang untuk kedua kali.

 

IA TIDAK BOLEH MENIRU KEDATANGAN KRISTUS KEDUA KALI

 

1 – Setan tidak akan diizinkan untuk meniru cara Kristus datang kembali dalam kuasa yang besar dengan serombongan besar malaikat. (Sebaliknya, yang dapat dilakukannya adalah de-ngan tiba-tiba muncul di bumi, berjalan berkeliling, menghilang dan muncul kembali di tempat lain di bumi.)—“Setan tidak diizinkan untuk meniru cara kedatangan Kristus yang kedua kali.” -Great Controver-sy, 625:2.

“Setan akan datang menyamar sebagai Yesus Kristus, melaku-kan mujizat-mujizat besar; dan manusia akan tunduk dan menyem-bah dia sebagai Yesus Kristus. Kita akan diperintahkan untuk me-nyembah makhluk ini, yang dimuliakan oleh dunia sebagai Kristus. Apakah yang harus kita lakukan? Katakanlah kepada mereka bahwa Kristus telah memperingatkan kita terhadap musuh se-perti ini, yang sesungguhnya adalah musuh manusia yang terburuk, namun ia mengaku sebagai Tuhan, dan bahwa ketika Kristus akan nampak, Ia akan disertai oleh kuasa dan kemuliaan besar, di-iringi oleh sepuluh ribu kali sepuluh ribu malaikat dan beribu-ribu malaikat, dan bahwa ketika Ia akan datang, kita akan mengenali suaraNya.” -6 Bible Commentary, 1106/1 :0. 

IA AKAN MELAKUKAN MUJIZAT-MUJIZAT SECARA PRIBADI

1 – Sampai pada tingkat yang diizinkan, ia akan melakukan baik mujizat palsu maupun mujizat yang nyata untuk meyakin-kan manusia bahwa ia adalah Kristus.

“Sepanjang dalam kekuasaannya, ia [Setan] akan melakukan mujizat-mujizat yang nyata. Kata Alkitab: “Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepada-nya“ [Wahyu 13:14], bukan semata-mata mujizat-mujizat yang pura-pura dilakukannya. Sesuatu yang lebih besar daripada sekedar penyamaran dinyatakan dalam ayat ini. Akan tetapi ada batasan yang tidak boleh dilintasi oleh Setan, dan di sini ia menggunakan pe-nipuan untuk membantunya dan meniru pekerjaan yang sesungguh-nya ia tidak memiliki kuasa untuk melakukannya. Pada hari-hari tera-khir ia akan muncul sedemikian sehingga membuat manusia percaya bahwa ia adalah Kristus yang datang kedua kali ke dalam dunia. Ia sesungguhnya akan mengubah dirinya menjadi malaikat terang. Namun sementara ia tampak seperti Kristus dalam segala detailnya, dalam penampakan itu, ia tak akan menipu siapapun, kecuali orang-orang yang seperti Firaun, yang berusaha melawan kebenaran.” -5 Testimonies, 698:1.

2 – Dengan menyamar sebagai Kristus, ia akan melakukan mujizat-mujizat dan akan disembah. Namun orang-orang setia akan menyatakan dia sebagai Setan.—Ia akan datang menya-mar sebagai Yesus Kristus, melakukan mujizat-mujizat yang dahsyat; dan manusia akan jatuh dan menyembah dia sebagai Yesus Kristus.

“Kita akan diperintahkan untuk menyembah makhluk ini, yang telah dimuliakan oleh dunia sebagai Kristus. Apakah yang harus kita lakukan? Katakanlah kepada mereka bahwa Kristus telah memperingatkan kita terhadap musuh seperti ini, yaitu musuh ma-nusia yang terburuk, namun ia mengaku sebagai Tuhan; dan bahwa ketika Kristus akan menyatakan DiriNya, Ia akan disertai dengan kua-sa dan kemuliaan besar, diiringi oleh sepuluh ribu kali sepuluh ribu malaikat dan beribu-ribu malaikat; dan bahwa ketika Ia akan datang, kita akan mengetahui suaraNya.” -Maranatha, 206:5-6.

“Jikalau manusia begitu mudah diperdaya saat ini, bagaimana-kah mereka akan dapat berdiri ketika Setan akan menyamar seba-gai Kristus, dan melakukan mujizat-mujizat?  Siapakah yang tidak akan goyah dengan penyamarannya pada waktu itu—yang mengaku sebagai Kristus sementara ia hanyalah Setan yang mengaku pribadi Kristus, dan tampaknya melakukan pekerjaan-pekerjaan Kristus?” -2 Selected Messages, 394:4.

3 – Dengan mengaku sebagai Kristus, ia akan melakukan mujizat-mujizat di hadapan orang-orang setia. Hanya orang-orang yang berpegang kepada Kitab Suci yang tidak akan terti-pu.

“Saatnya akan tiba ketika Setan akan mengadakan mujizat-mujizat langsung di hadapanmu, mengaku bahwa ia adalah Kris-tus; dan jikalau kakimu tidak berpijak kukuh pada kebenaran Tuhan, maka engkau akan diseret menjauh dari landasanmu.” -7 Bible Commentary, 911/1:3.

IA AKAN MENURUNKAN API

1 – Dengan mengaku sebagai Kristus, Setan akan menga-dakan penyembuhan dan menurunkan api.—“Engkau tahu bahwa Setan akan datang untuk menipu sekiranya mungkin orang terpilih sekalipun. Ia mengaku sebagai Kristus, dan ia masuk, berpura-pura sebagai misionaris kesehatan yang besar. Ia akan menye-babkan api turun dari langit di hadapan manusia, untuk membukti-kan bahwa ia adalah Tuhan. Kita harus berdiri dengan dibentengi oleh kebenaran-kebenaran Alkitab. Payung kebenaran adalah satu-satunya payung yang di bawahnya kita dapat berdiri dengan aman.”­ Medical Ministry, 87:5 – 88:0.

2 – Setan akan menurunkan api dari langit.—“Kita tidak boleh mempercayai pengakuan-pengakuan manusia. Mereka mungkin sa-ja, seperti dikatakan oleh Kristus, mengaku melakukan mujizat-muji-zat penyembuhan orang sakit. Apakah ini luar biasa, ketika di bela-kang mereka berdiri si penipu besar itu, si pembuat mujizat yang akan menurunkan api dari langit di hadapan manusia?” -2 Select-ed Mes­sages, 49:3.

“Keajaiban-keajaiban palsu iblis itulah yang akan memukau du-nia, dan ia akan menyebabkan api turun dari langit di hadapan manusia. Ia akan melakukan mujizat-mujizat, dan kuasa pembuat mujizat yang luar biasa ini akan menyapu seluruh dunia,”­-2 Selected Messages, 51:2.

“Dikatakan di dalam Firman Tuhan bahwa musuh akan bekerja melalui alat-alatnya yang telah menjauh dari iman, dan mereka tam-paknya melakukan mujizat-mujizat, bahkan menurunkan api dari langit di hadapan manusia.” -2 Selected Messages, 54:0.

“Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang. Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya “ (Wahyu 13:13-14). Bukan sekedar peniruan yang dinubuatkan di sini. Manusia dise-satkan oleh mujizat-mujizat yang dilakukan oleh para agen Setan yang memiliki kuasa untuk melakukannya, bukan yang pura-pura mereka lakukan.”­ Great Controversy, 553:2.

Catatan: Kita juga diberitahukan dalam tulisan lain, bahwa mu-jizat-mujizat kesembuhan oleh Setan adalah ilusi, yang disebabkan oleh pengucapan mantra-mantra dan kemudian dicabutnya kembali, dan mujizat-mujizatnya yang lain adalah juga menyesatkan, dan bu-kan asli. Dalam 2 Selected Messages, 54, yang dikutip di atas, ia “tampaknya” akan melakukan mujizat-mujizat, seperti menurunkan api dari langit. Ini bukanlah api yang nyata. Dalam pemandangan saksi yang konsisten ini, barangkali dalam Kemenangan Akhir, para-graf 553 (dikutip langsung di atas) berarti demikian: Setan dan alat-alatnya akan memiliki kuasa yang hampir dapat menguasai se-penuhnya untuk benar-benar menyesatkan, melalui apa yang tampak seperti mujizat-mujizat yang nyata, daripada permainan ketrampilan tangan atau kecerdikan semata.

5 Testimonies 698:1 menjelaskan pernyataan di atas dalam Great Controversy (Kemenangan Akhir) 553:2:

“Sesuatu yang lebih dari sekedar tipuan dinyatakan di dalam Kitab Suci ini. Namun ada batasan yang tidak boleh dilintasi oleh Setan, dan di sini ia menggunakan penipuan sebagai bantuan dan tiruan dari pekerjaan yang sesungguhnya ia tidak berkuasa un-tuk melakukannya.” -5 Testimonies, 698:1.

Dan berikut ini pernyataan yang lain:

“Orang-orang yang mencari mujizat-mujizat sebagai tanda dari tuntunan ilahi berada dalam bahaya penyesatan. Dikatakan di dalam Firman Tuhan bahwa musuh akan bekerja melalui alat-alatnya yang telah menjauh dari iman, dan mereka tampaknya melakukan muji-zat-mujizat, bahkan menurunkan api dari langit di depan mata banyak orang. Melalui sarana “keajaiban-keajaiban palsu” Setan akan menyesatkan, jikalau memungkinkan, orang terpilih sekalipun.” -3 Selected Messages, 408:4-409:0. 

IA AKAN MENYESATKAN SEMUA ORANG KECUALI ORANG YANG SETIA

1 – Ia akan menyatakan secara salah, menyimpangkan dan menerapkan secara salah.—“Setan akan mengambil medan perang dan menyamar sebagai Kristus. Ia akan menyatakan dan menerap-kan secara salah, dan menyimpangkan segala sesuatu yang da-pat dilakukannya.“-Testimonies to Ministers, 411 :2,

2 – Kristus palsu ini akan menyesatkan semua orang kecu-ali orang-orang yang secara teguh berlandaskan pada Alkitab.—“Suatu kuasa dari bawah sedang bekerja untuk mengadakan peristi-wa-peristiwa besar terakhir dalam drama ini—Setan muncul seba-gai Kristus, dan bekerja dalam segala penyesatan kejahatannya di dalam orang-orang yang mengikatkan diri mereka bersama-sama dalam perkumpulan-perkumpulan rahasia,” -8 Testimonies, 28:0.

“Setan telah memutuskan untuk meneruskan peperangan hing-ga akhir. Dengan muncul sebagai seorang malaikat terang, yang mengaku sebagai Kristus, ia akan menyesatkan dunia. Namun kemenangan ini akan singkat saja. Tidak ada badai atau topan yang dapat menggoyahkan orang-orang yang kakinya tertanam pada prin-sip-prinsip kebenaran kekal. Mereka akan mampu bertahan da-lam masa ini dari kesesatan yang hampir menyeluruh,”-6 Bible Com-mentary, 1106/2:1,

3 – Penyembuhan-penyembuhan, mujizat-mujizat dan ke-ajaiban-keajaiban palsu dari Setan akan menyesatkan semua orang kecuali orang-orang yang menurut kepada Firman Tuhan.

“Sebagian orang akan tergoda untuk percaya bahwa keajaiban-keajaiban ini berasal dari Tuhan. Orang sakit akan disembuhkan di depan mata kita. Mujizat-mujizat akan dipertunjukkan di depan mata kita. Apakah kita telah siap bagi pencobaan yang menunggu kita ketika keajaiban-keajaiban palsu dari Setan akan dipertunjuk-kan secara lebih penuh? Apakah banyak jiwa akan terperangkap dan dikuasai? Dengan menjauh dari petunjuk dan hukum-hukum Tuhan yang nyata, dan mendengarkan dongeng-dongeng, pikiran banyak orang akan bersedia untuk menerima keajaiban-keajaiban palsu ini. Kita semua sekarang harus berusaha mempersenjatai diri kita sendiri bagi pertarungan yang akan segera melibatkan kita di dalamnya.  Iman di dalam Firman Tuhan, dan dengan penuh doa mempela-jari dan menerapkannya secara praktis, akan menjadi perisai kita dari kuasa Setan dan akan membuat kita menjadi pemenang-peme-nang melalui darah Kristus.” -Maranatha, 208:6.

4 – Keajaiban-keajaiban palsunya, api dari langit, dan muji-zat-mujizat akan memukau hampir seluruh dunia.—Keajaiban-keajaiban palsu iblislah yang akan memukau dunia, dan ia akan menurunkan api dari langit di depan mata banyak orang. Ia hendak mengadakan mujizat-mujizat; dan kuasa pembuat mujizat yang in-dah ini akan menyapu seluruh dunia. ” -2 Selected Messages, 51:2.

Apakah anda akan siap untuk berdiri dan menyatakan bahwa makhluk yang indah ini dengan suara yang menyenangkan dan terang malaikat ini—tidak lain adalah Setan?

4.  BUKU GREAT CONTROVERSY (KEMENANGAN AKHIR), HALAMAN 624-625

Dalam Bab selanjutnya, di bagian yang berjudul “Masa Kesu-karan Besar” penyebutan kedua tentang Setan yang menyamar se-bagai Kristus akan dibahas. Dalam analisis tersebut, kita akan meng-ulangi analisis berikut yang menyatakan bahwa SELURUH bagian KEMENANGAN AKHIR menyebutkan bahwa penyamaran-penya-maran Setan sebagai Kristus dimulai selama krisis hukum hari Minggu, sebelum penutupan pintu kasihan secara umum. Kita se-karang akan memperhatikan bacaan Great Controversy (Kemenang-an Akhir) 624-625, karena kita ingin mengetahui ketika penyamaran Setan yang dinyatakan di dalamnya:

Jelaslah bahwa penyebutan pertama dari penyamaran Setan sebagai Kristus muncul sebelum penutupan pintu kasihan (dalam GC 588-589). Sehubungan dengan penyebutan kedua dari penya-maran tersebut (dalam GC 624-625), konteksnya menyatakan bahwa itu JUGA terjadi sebelum penutupan pintu kasihan  (atau setidaknya, dimulai sebelum penutupan pintu kasihan; apakah itu berlangsung sampai pelayanan Bait Suci selesai, kita tidak mengetahuinya). Untuk dapat memahaminya sendiri, bacalah secara seksama GC 621:2-625:1.

Pengaturan dari seluruh bagian itu adalah sebagai berikut: [1] masa kepicikan Yakub (GC 615:2-620:1). [2] Kilas balik sebelum penutupan pintu kasihan time (GC 620:2-626:0). [3] Lebih lanjut tentang masa kepicikan Yakub (GC 626:1-627:1).

Marilah kita sekarang melihat secara lebih dekat:

– Sebelum kilas balik

Pembahasan tentang Masa Kepicikan Yakub (GC 615:2-620:1)

-Kilas balik dimulai

“Persiapan yang harus kita lakukan sekarang (GC 620:2-623: 3). Setan akan segera mulai menyatakan pemandangan-pe-mandangan supernatural yang mengerikan kepada kita, dan akan melakukan mujizat-mujizat (GC 624:1). Setan akan me-nyamar sebagai Kristus (GC 624:2-625:2). Kita sekarang ha-rus bersiap menghadapi apa yang akan segera terjadi—ke-tika Setan akan muncul sebagai Kristus dan mengatakan ke-pada orang banyak bahwa mereka harus memelihara hari Minggu, gantinya hari Sabat (GC 625:3-626:0).

Kilas balik berakhir

Lebih banyak pembahasan tentang krisis masa kepicikan Ya-kub, yang terjadi karena adanya perintah hukuman mati (GC 626:1-­627:1). Bala-bala dicurahkan (GC 627:2­ dan seterus-nya).

Anda akan melihat bahwa dalam bagian kilas balik dibahas pe-ristiwa-peristiwa sebelum penutupan pintu kasihan.

1 – Pernyataan kedua dalam Great Controversy:

Pemandangan-pemandangan supernatural (adikodrati) yang menakutkan akan segera dinyatakan di langit, sebagai bukti dari kekuasaan iblis yang mengadakan mujizat. Roh-roh jahat akan mendatangi raja-raja di bumi dan seluruh dunia, guna mengikat me-reka dalam penipuan, dan mengajak mereka bersatu dengan Setan dalam perang yang paling akhir melawan pemerintahan surga. Mela-lui alat-alat ini, para penguasa dan rakyatnya akan sama-sama terti-pu.  Ada orang-orang yang akan bangkit dan berpura-pura me-njadi Kristus sendiri, dan menggunakan nama serta menuntut penyembahan yang hanya merupakan hak dari Penebus dunia. Mereka akan mengadakan mujizat-mujizat penyembuhan dan meng-aku menerima wahyu dari surga yang bertentangan dengan kesak-sian Kitab Suci.

Sebagai tindakan puncak dalam drama penipuan yang be-sar itu, Setan sendiri akan menyaru seperti Kristus. Gereja telah lama menunggu kedatangan Juruselamat sebagai kegenapan dari harapan-harapannya. Sekarang penipu ulung itu akan membuat se-akan-akan Kristus telah datang. Di pelbagai bagian dunia, Setan akan menyatakan dirinya di antara manusia sebagai makhluk agung dengan cahaya menyilaukan, menyerupai gambaran Anak Allah yang diberikan oleh Yohanes dalam Wahyu (Wahyu 1:13-15). Kemuliaan yang mengelilinginya tidak dapat ditandingi oleh apapun yang pernah dilihat mata fana. Sorak kemenangan berkumandang di angkasa: Kristus telah datang! Kristus telah datang!” Orang banyak jatuh tersungkur dalam pemujaan di hadapannya, sementara itu ia mengangkat tangannya dan mengucapkan satu berkat ke atas me-reka, seperti Kristus telah memberkati murid-muridNya pada waktu Ia berada di dunia ini. Suaranya yang lembut dan kecil, namun sangat merdu. Dalam nada-nada yang lembut dan berbelas kasihan ia me-nyampaikan beberapa dari kebenaran surgawi yang penuh rah-mat sebagaimana yang diucapkan oleh Juruselamat; ia menyem-buhkan berbagai penyakit, dan kemudian, dalam tabiat Kristus yang dikenakannya, ia menyatakan bahwa Sabat telah diubah menjadi hari Minggu, dan memerintahkan semua orang untuk me-nyucikan hari yang telah diberkatinya. Ia menyatakan bahwa mereka yang bersikeras menyucikan hari yang ketujuh sedang meng-hujat namanya dengan menolak untuk mendengarkan malaikat-ma-laikatnya yang diutus kepada mereka dengan terang dan kebenaran. Inilah penipuan yang begitu hebat dan hampir tak terkalahkan. Se-perti orang-orang Samaria yang ditipu oleh Simon Magus, orang ba-nyak, dari kecil hingga besar, memberikan perhatian kepada para ahli sihir ini, dengan berkata: Inilah “kuasa Allah yang terkenal sebagai Kuasa Besar”. Kisah 8:10.

Tetapi umat Tuhan tidak akan tersesat. Ajaran-ajaran Kris-tus palsu ini tidak sesuai dengan Kitab Suci. Berkatnya diumumkan kepada para penyembah binatang dan patungnya, satu golongan ke atas siapa Alkitab menyatakan bahwa murka Allah yang tidak ber-campur akan dicurahkan.

“Dan lebih jauh lagi, Setan tidak akan diizinkan memalsukan cara kedatangan Kristus. Juruselamat telah  mengamarkan umat-Nya terhadap penipuan dalam hal ini, dan dengan jelas telah mera-malkan cara kedatanganNya kedua kali. “Sebab mesias-mesias dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mung-kin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga… Juga, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak ke-datangan Anak Manusia.” Matius 2424-27, 31; 25:31; Wahyu 1:7; 1 Tesalonika 4:16-17. Kedatangan ini tidak mungkin dipalsukan. Ini akan diketahui secara  menyeluruh—disaksikan oleh seluruh dunia.

 “Hanya mereka yang menjadi pelajar Kitab Suci yang tekun dan yang telah menerima kasih akan kebenaran akan dilindungi dari penipuan hebat yang menawan dunia ini, oleh kesaksian Alkitab orang-orang ini akan dapat mengenal sang penipu dalam penyama-rannya. Kepada semua, masa ujian akan datang. Melalui serangan pencobaan orang-orang Kristen sejati akan jadi nyata. Apakah umat Allah sat ini telah berdiri teguh di atas FirmanNya sehingga mereka tidak akan menyerah kepada bukti berdasarkan panca indera mere-ka? Apakah dalam krisis seperti itu mereka akan berpegang te-guh kepada Alkitab dan Alkitab saja? Jika mungkin, Setan akan mencegah mereka mengadakan persiapan untuk berdiri pada hari itu. Dia akan mengatur sedemikian rupa untuk mengendali-kan jalan mereka, menjerat mereka dengan harta dunia, membu-at mereka memikul suatu beban yang berat dan meletihkan, agar  hati mereka dipenuhi oleh segala urusan duniawi dan masa ke-sukaran datang kepada mereka sebagai pencuri.-Great Contro-versy, 624:2-626:0. (Kemenangan Akhir 589-691).

 

5.  KEBANGUNAN ROHANI PALSU AKAN BERLANJUT SETE-LAH PENUTUPAN PINTU KASIHAN

Adalah menarik bahwa kebangunan rohani palsu, yang dimulai pada pembentukan patung binatang itu, melalui pemberlakuan hu-kum hari Minggu Nasional, akan berlanjut hingga setelah penutupan pintu kasihan secara umum. (Kita akan belajar selanjutnya bahwa ke-bangunan rohani setan akan berakhir tiba-tiba ketika terdengar Suara Tuhan.)

Setelah penutupan pintu kasihan, akan berlanjut suatu sema-ngat setan dalam berbagai bentuk agama.— [Setelah penutupan pin-tu kasihan:] “Bentuk-bentuk agama akan berlanjut oleh orang-orang yang daripada mereka Roh Tuhan pada akhirnya telah ditarik; dan semangat setan yang diinspirasikan pangeran kejahatan kepa-da mereka demi pemenuhan rancangan fitnahnya, akan memiliki ke-serupaan dengan semangat bagi Tuhan.” -Great Controversy, 615:1.

Peperangan oleh Setan dan para agennya melawan Tuhan dan umatNya akan berlanjut hingga akhir.—“Alat-alat Setan dalam ben-tuk manusia akan mengambil bagian dalam pertentangan besar ter-akhir untuk melawan pembangunan kerajaan Allah. Dan para malai-kat surgawi dalam penyamaran dalam wujud manusia akan bera-da di medan peperangan untuk bertindak. Kedua kelompok yang saling bermusuhan ini terus ada hingga penutupan  babak besar dalam sejarah dunia ini.” -Maranatha, 167:5. 

 

LAMPIRAN DARI BUKU THE LAST DAYS

Bahan-bahan berikut ini diambil dari buku kami dari manuskrip tidak diterbitkan berjudul The Last Days, dan adalah sebagian dari bahan-bahan terbaik dari buku itu tentang topik dalam bagian ini.

 

ORANG-ORANG SUCI KAFIR

 

Tabiat jahat dan pengaruh-pengaruh bujuk rayu dari para penganiaya umat Tuhan dinyatakan kepada Yohanes.—“Semen-tara kita mendekati penutupan waktu akan ada parade yang lebih be-sar dan semakin besar dari kuasa kekafiran. Orang-orang suci kafir akan menyatakan kuasa yang menjadi tanda mereka, dan akan me-nyatakan diri mereka di depan kota-kota dunia; dan pemisahan ini te-lah mulai digenapi. Melalui berbagai citraan, Tuhan Yesus menyata-kan kepada Yohanes tabiat jahat dan pengaruh bujuk rayu dari orang -orang yang menganiaya umat Tuhan. Semua orang membutuhkan hikmat untuk dapat meneliti secara seksama misteri kejahatan yang berjumlah begitu besar dalam penutupan sejarah bumi ini…

“Salah satu ciri yang menonjol dari kuasa-kuasa agama palsu ini adalah bahwa sementara mereka mengaku memiliki tabiat dan ciri-ciri anak domba, sementara mereka mengaku bersekutu dengan surga, mereka menyatakan melalui tindakan mereka bahwa mereka memiliki hati ular naga, bahwa mereka didorong oleh dan bersatu dengan kuasa setan, kuasa yang sama yang menciptakan perang di surga ketika Setan berusaha menguasai dan dikeluarkan dari surga…

Alat-alat yang melaluinya Setan sedang bekerja di kota-kota yang padat.—“Setan sedang sibuk bekerja di kota-kota yang padat. Pekerjaannya tampak nyata dalam kekacauan, pertikaian, dan ketidakselarasan antara pekerja dan pemilik modal, dan kemunafikan yang telah masuk ke dalam gereja-gereja… nafsu daging, keangkuhan mata, pameran keegoisan, persatuan-per-satuan dan serikat-serikat, kekejaman, dan kekuasaan yang di-gunakan untuk memaksa manusia bersekutu dengan persatuan-persatuan dan serikat-serikat,–mengikatkan diri mereka ke dalam ikatan-ikatan yang siap dibakar dengan api besar di hari terakhir,–ke-semuanya ini adalah pekerjaan alat-alat setan…

Dunia tampaknya bergerak ke arah kebinasaan dalam sua-tu tarian yang mengerikan.—Dunia ini, yang berbuat seolah tidak ada Tuhan, terserap ke dalam tujuan-tujuan yang egois, akan segera mengalami kebinasaan yang mendadak, dan tidak dapat menyela-matkan diri. Banyak yang terus memuaskan diri dengan sembro-no, sehingga mereka menjadi begitu jijik dengan kehidupan dan lalu mereka bunuh diri Menari dan bermabuk-mabukan, minum-minum dan merokok, memanjakan nafsu binatang mereka. Mere-ka pergi bagaikan rusa jantan yang siap disembelih. Setan sedang bekerja dengan segala cara dan pesonanya untuk menjaga agar ma-nusia tetap berjalan maju berbaris dalam kebutaan, hingga Tuhan bangkit dari tempatNya untuk menghukum penghuni bumi karena ke-jahatan-kejahatan mereka, ketika bumi akan tertutup darah, dan tidak dapat lagi menutupi mayat-mayatnya. Seluruh dunia akan tampak se-perti dalam barisan kematian.” ­Manuscript 139, 1903, hlm. 5-6. (The Message in Re­velation, 23 Oktober 1903). [Lihat juga:: 7BC 410,421­-2; Ev 26; UL 310.]

 

ILMU PENGETAHUAN

 

Ilmu pengetahuan yang berasal dari Setan akan menjadi semakin kuat sejak sekarang hingga penutupan pintu kasihan. “Di seluruh dunia, ilmu pengetahuan yang berasal dari setan akan menjadi semakin kuat dan berkembang lebih penuh, sejak saat ini dan seterusnya hingga Kristus bangkit dari takhtaNya dan mengena-kan jubah pembalasan.” -Letter 136, 1906, hlm. 6-7. (Kepada G. I. Butler, A. G. Daniells, and G. A. Irwin, 27 April 1906).

 

SPIRITISME

 

Hanya sedikit orang memahami tentang kuasa manusia su-per yang akan bekerja melalui spiritisme untuk menguasai du-nia.—“Spiritisme hendak menguasai dunia. Ada banyak orang yang mengira bahwa spiritisme dilakukan melalui tipu daya dan penyesat-an, namun ini jauh daripada kebenaran. Kuasa manusia super se-dang bekerja dalam berbagai cara, dan hanya sedikit orang yang me-mahami apa yang menjadi manifestasi-manifestasi spiritisme di masa depan.

Ajaran salah tentang kebakaan alami telah menjadi dasar bagi keberhasilan Spiritisme.-“Landasan bagi keberhasilan spiritis-me terletak pada pernyataan-pernyataan yang telah dibuat dari mim-bar-mimbar di negeri kita. Para pendeta telah menyatakan sebagai ajaran Alkitab tentang kesalahan-kesalahan yang bermula dari si pe-nipu ulung itu. Ajaran tentang kesadaran setelah kematian, ten-tang roh-roh orang mati yang bersekutu dengan orang-orang yang masih hidup, tidak memiliki dasar Alkitabiah, namun demiki-an teori-teori ini diterima sebagai kebenaran.  Melalui ajaran yang sa-lah ini, jalan terbuka bagi roh-roh iblis untuk menyesatkan orang-orang dengan menyatakan diri mereka sebagai orang yang telah ma-ti. Alat-alat Setan menyamar sebagai orang yang telah mati dan me-nyebabkan jiwa-jiwa terperangkap. Setan memiliki agama. Ia memiliki sinagog dari para pengikut yang setia. Untuk membengkakkan jum-lah pengikut setianya, ia menggunakan segala cara penyesatan.

Sementara manusia menolak kebenaran dan Roh Tuhan di-tarik, Setan akan bekerja secara lebih terbuka.-“Tanda-tanda dan keajaiban-keajaiban Spiritisme akan menjadi semakin nyata ketika dunia yang mengaku Kristen menolak kebenaran yang dibukakan de-ngan nyata dari Firman Tuhan, dan menolak untuk dituntun secara jelas oleh “demikianlah firman Tuhan,’ sebaliknya menerima ajaran-ajaran dan hukum-hukum manusia. Dengan menolak terang dan ke-benaran, banyak orang menyerahkan nasib mereka kepada kematian kekal, dan ketika manusia menolak kebenaran, Roh Tuhan secara perlahan-lahan akan ditarik dari bumi, dan pangeran dunia ini akan memiliki kekuasaan yang lebih besar terhadap sasarannya. Ia akan menunjukkan tanda-tanda dan keajaiban-keajaiban besar seba-gai bukti dari pengakuan keilahiannya, dan melalui spiritisme akan bekerja melawan Kristus dan pada alat-alatNya.”- Undated Manu-script (Manuskrip tanpa tahun), 66, hlm. 1­6. (“Signs and Wonders of Spiritualism—Tanda-tanda dan Keajaiban-keajaiban Spiritualisme). [Lihat juga:: Ev 602-3.]

KEAJAIBAN-KEAJAIBAN DAN MUJIZAT-MUJIZAT PALSU

 

Keajaiban-keajaiban palsu Setan dan keselarasan yang ko-rup di antara para pengikutnya.-“Kita harus menunggu dan berjaga dan bekerja dengan tekun sehingga Setan tidak akan menguasai me-dan dan mengemukakan perkara ini sebelum pekerjaan kita selesai. Setan memiliki pekerjaan yang seluruhnya dipersiapkan sehingga melalui keajaiban-keajaiban palsunya ia dapat menyesatkan seluruh dunia. Ia akan mengikat orang-orang dalam ikatan-ikatan dan meng-aku bahwa dunia ada di pihaknya. Suatu persatuan yang korup akan muncul di antara orang-orang jahat di bumi, dan manusia akan diikat bersama untuk menginjak-injak standar kebenaran, demi menye-nangkan Setan dan para malaikat jahatnya, dan memuaskan suatu dunia yang bermusuhan dengan Tuhan dan hukumNya.”-Letter 1, 1875, hlm. 3-4,9-14,16. (Kepada  “Dear Brother,” 12 Oktober  1875.)

Setan menyesatkan dengan seolah-olah menyembuhan orang-orang yang sebelumnya telah disiksanya.-“Firman Tuhan menyatakan bahwa ketika sesuai dengan tujuan musuh itu, maka ia, melalui alat-alatnya, akan menyatakan suatu kuasa yang begitu be-sar dengan Kekristenan pura-pura, ‘sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.’ (Matius 24:24). Mu-suh itu menyatakan diri dalam pribadi-pribadi yang telah diberinya kuasa untuk melakukan mujizat-mujizat. Ia menciptakan kesedihan dan penderitaan dan penyakit. Seolah tampak mengubah sifatnya, ia tampaknya menyembuhkan orang-orang yang telah disiksanya sendi-ri.” -Manuscript 125, 1901, hlm. 6-9, 12-14,21. (“The Unchangeable Law of God (Hukum Tuhan yang tak dapat berubah), ” 9 De­sember  1901).

Dunia tampaknya bergerak ke arah kebinasaan dalam sua-tu tarian yang mengerikan.—Dunia ini, yang berbuat seolah-olah tidak ada Tuhan, terserap ke dalam tujuan-tujuan yang egois, akan segera mengalami kebinasaan yang mendadak, dan tidak dapat me-nyelamatkan diri. Banyak yang terus memuaskan diri dengan sem-brono, sehinga mereka menjadi begitu jijik dengan kehidupan dan la-lu mereka bunuh diri. Menari dan bermabuk-mabukan, minum-minum dan merokok, memanjakan nafsu binatang mereka, mereka pergi ba-gaikan rusa jantan menuju tempat penyembelihan. Setan sedang be-kerja dengan segala cara dan pesonanya untuk menjaga agar manu-sia tetap berjalan maju berbaris dalam kebutaan, hingga Tuhan bang-kit dari tempatNya untuk menghukum penghuni bumi karena kejahat-an-kejahatan mereka, ketika bumi akan tertutup darah, dan tidak da-pat lagi menutupi mayat-mayatnya. Seluruh dunia akan tampak se-perti dalam barisan kematian.” ­Manuscript 139, 1903, hlm. 5-6. (The Message in Re­velation, 23 Oktober 1903). [Lihat juga:: 7BC 410,421­-2; Ev 26; UL 310.]

Peristiwa-peristiwa ajaib yang berkaitan erat dengan Setan akan segera terjadi.-“Saatnya akan tiba, Kristus mengatakannya ke-pada kita, ketika banyak pendusta akan berjalan menyatakan dirinya sebagai Kristus. Juruselamat kita berkata, “Janganlah kamu mengi-kuti mereka’ (Lukas 21:8). Kita tidak perlu tertipu. Peristiwa-peristiwa ajaib, yang berkaitan erat dengan Setan, akan segera terjadi. Firman Tuhan menyatakan bahwa Setan akan mengadakan mujizat-mujizat. Ia akan menjadikan orang-orang sakit, dan kemudian tiba-tiba menghilangkan penyakit mereka dengan kuasa setannya.”-Letter 57, 1904, hlm. 2. (“To Our Leading Medical Workers, ” 12 November 1903).

Bagaimana manusia di bawah pengaruh roh jahat akan me-ngadakan mujizat-mujizat.-“Manusia di bawah pengaruh roh-roh ja-hat akan mengadakan mujizat-mujizat. Mereka akan menyebabkan orang menjadi sakit dengan mengucapkan mantra ke atas mereka, lalu kemudian mengangkat mantra itu, yang membuat orang lain me-ngatakan bahwa orang-orang yang sebelumnya sakit telah disem-buhkan secara ajaib. Ini telah dilakukan oleh Setan berulang-ulang kali.’ “-Letter 259,1903, hlm. 5-6. (Kepada  “Dear Sis­ter Hall, ” 23 November 1903). [Lihat juga: 7BC 35, 383; 2SM 53; TDG 336; UL 341.]

Jikalau kita berjaga dan taat.-“Pencobaan-pencobaan akan datang, namun jikalau kita berjaga terhadap musuh, dan menjaga ke-seimbangan penguasaan diri dan kesucian, roh-roh penyesat tidak akan dapat memberi setitik pun pengaruhnya kepada kita. Di masa depan kamu akan memahami alasan-alasan yang baik atas peringat-an-peringatan yang diberikan tentang roh-roh penyesat.”- Letter 211, 1905, hlm. 3. (Kepada J. E. White, 22 Juli 1905).

Orang-orang sesat akan berpaling sangat jauh dari Tuhan.-“Tuhan kita adalah setia kepada kita. Dalam FirmanNya Ia telah me-nyatakan bahwa banyak orang akan berpaling dari iman, mendengar-kan roh-roh penyesat dan ajaran-ajaran iblis. Mereka akan berpaling sangat jauh dari Tuhan… Setan sedang berjaga lebar, dan ia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengikat pria dan wanita ke dalam rencananya, dan mengikatkan mereka dengan cara sedemiki-an sehingga sebelum mereka menyadarinya, mereka telah menda-pati kuk perbudakan di atas mereka.”­ Manuscript 122, 1905, hlm. 2, 3, 5. 6. (“A Solemn Appeal,” Agustus 1905). [Lihat juga: PM 174-5.]

Takhta Setan ada di dalam dunia ini.-“Kedudukan atau takhta Setan ada di dalam dunia ini, dan para pelajar nubuatan harus ter-jaga penuh terhadap kuasa-kuasa yang akan mereka hadapi…

Kuasa Setan akan dinyatakan sebagai suatu berkat yang indah kepada umat manusia.-“Ada orang-orang yang sangat meng-inginkan kekuasaan, dan yang akan menggunakan segala cara-cara yang ditempatkan oleh Setan di tangan mereka untuk memperoleh kekuasaan. Orang-orang jahat telah memperoleh kuasa yang ajaib, dan kuasa ini akan dinyatakan sebagai suatu berkat yang terindah kepada umat manusia.” ­Manuscript 78, 1905, hlm. 6. (“A Message to Beli­evers,” n.d. 1905).

Dengan melaksanakan Iman dan Doa kita akan memanggil para malaikat surga ke sisi kita.-“Kita diperingatkan bahwa di hari-hari terakhir ini pengaruh-pengaruh Setan akan bekerja dengan keku-atan sedemikian sehingga, sekiranya memungkinkan, mereka akan menyesatkan orang terpilih. Namun hidup di tengah-tengah kekuat-an-kekuatan yang saling bertentangan, kita, dengan melaksanakan iman dan doa, dapat memanggil ke sisi kita serombongan malaikat surga, yang akan menjaga kita dari setiap pengaruh yang meru-sak. Para pekerja yang menjadikan Firman Tuhan sebagai penuntun mereka, akan berjalan dalam terang Tuhan dan selamat.”­ Letter 248, 1907, hlm. 2-4. (Kepada  J. E. White dan istri, 6 Agustus 1907).

Tuhan akan membedakan dengan Tanda PerkenanNya orang-orang yang menyerahkan diri untuk dibentuk oleh Roh-Nya.-“Di zaman ini, suatu zaman penuh dengan keajaiban-keajaiban setan, segala sesuatu yang dapat dibayangkan akan dikatakan dan dilakukan untuk menyesatkan, sekiranya memungkinkan, bahkan orang-orang pilihan sekalipun. Janganlah orang-orang beriman ber-kata apapun untuk mendukung kuasa Setan. Tuhan akan membeda-kan umat pemelihara hukumNya dengan tanda perkenanNya, jikalau mereka mau dibentuk dan diolah oeh RohNya, dan dibangun dalam iman yang terkudus, yang mendengarkan dengan seksama suara da-ri FirmanNya.”- Letter 195, 1903, hlm. 6-7. (Kepada W. C. White, 6 September 1903). [Lihat juga: TDG 258; UL 263.]

Tuhan menjanjikan kelepasan dari jam pencobaan.-“Ada pencobaan-pencobaan yang keras di hadapan setiap orang, namun kita tidak perlu gagal. Dalam jam pencobaan, Kristus tidak akan me-ninggalkan anak-anakNya, melainkan akan mengirimkan malaikat-malaikatNya untuk melayani mereka. Ia akan menjawab doa-doa mereka yang memohon kelepasan.

Jikalau kita mau memegang kuasa yang ditawarkan oleh Kristus.-“Setan mengetahui bahwa waktunya adalah singkat, dan ia akan melakukan setiap usaha di dalam kuasanya untuk menghancur-kan iman kita di dalam Tuhan dan di dalam FirmanNya… namun jika-lau kita mau memegang kuasa yang ditawarkan oleh Kristus, mencari Tuhan dengan setia, dan berjaga di dalam doa, kita akan memiliki se-gala kuasa dan hikmat untuk menghadapi serangan-serngan dari musuh.”

Saatnya telah tiba untuk menyatakan pendirian kita untuk berada di pihak Kristus.- “Banyak dari umat kita tampaknya tidak menyadari bahwa saatnya telah tiba bagi setiap orang untuk menya-takan pendiriannya untuk berada di pihak Yesus Kristus dan para malaikat surgawi. Melalui ketidakperdulian mereka, melalui kecero-bohan dalam perkataan dan perbuatan, mereka membiarkan diri me-reka terbuka bagi pengaruh musuh. Mereka tampaknya tertidur da-lam hal perkara-perkara yang sekarang ada di hadapan dunia.”­ Ma-nuscript 35, 1908, hlm. 2, 3, 6-8, 11, 12. (“Conflict and Victory (Kon-flik dan Kemenangan), ” khotbah yang disampaikan di Oakland, Cali-fornia, 7 Maret  1908).

Setan, dengan menyaru sebagai terpelajar, memasukkan dirinya ke dalam lingkaran golongan terpelajar melalui spiritis-me.-“Setan menyamar menjadi ular naga di Eden, dengan mengang-gap makhluk ini adalah yang terbaik sesuai dengan rencana penco-baannya. Setan telah bertambah dalam metode-metode trampilnya dengan terus menerus melatihkannya kepada manusia. Satu-satunya tujuannya adalah menyelesaikan pekerjaan yang dimulainya di Eden, dan mengusahakan untuk membinasakan umat manusia. Melalui pe-kerjaan-pekerjaannya yang penuh rahasia, ia dapat memasukkan di-rinya ke dalam lingkaran orang-orang yang paling terpelajar dan ter-hormat, karena ia dahulu adalah makhluk yang dihormati, dalam ke-dudukan bertanggung jawab tinggi dari antara penghuni surga. Ada-lah sebuah kesalahan jikalau menggambarkan dia sebagai makhluk bertanduk dan membawa tongkat bersabit, karena ia masih seorang malaikat yang telah jatuh.  Ia mampu mencampurkan kebesaran inte-lektual tertinggi dengan kekejaman yang paling hina dan kerusakan yang paling menjijikkan. Jikalau ia tidak memiliki kuasa ini, banyak orang yang sekarang terpesona dengan penggambarannya yang me-narik dan terperangkap oleh penipuannya, mungkin sudah melarikan diri dari perangkapnya.

Mengapa tidak mengherankan jika ditemukan satu golong-an yang tinggi di kalangan orang-orang yang diilhami oleh para malaikat yang telah jatuh.-“Di dalam sinagognya, Setan membawa di bawah tongkat pemerintahannya dan ke dalam dewan-dewannya  para agen yang dapat digunakannya untuk menganjurkan penyem-bahan kepadanya. Bukanlah suatu perkara yang aneh jikalau mene-mukan segolongan yang tinggi, dan suatu manifestasi dari kebesaran intelektual di dalam kehidupan dan tabiat dari orang-orang yang diil-hami oleh para malaikat yang telah jatuh. Setan dapat memberikan pengetahuan ilmiah dan memberikan kepada manusia bab-bab fil-safat. Ia sangat mengenal sejarah dan fasih dalam hikmat duniawi.

Manusia duniawi mengaku memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan lebih mulia daripada Kristus.-“Hampir setiap tingkatan talenta dibawa ke dalam perangkap pangeran kuasa kegelapan itu. Manusia yang berpikiran duniawi, karena mereka ingin meninggi-kan dirinya, telah berpisah dari Tuhan, tidak suka mempertahankan Tuhan di dalam pengetahuan mereka, karena mereka mengaku me-miliki kecerdasan yang lebih tinggi dan lebih mulia daripada Yesus Kristus. Setan iri kepada Kristus, dan lalu membuat pengakuan bah-wa dialah yang berhak atas kedudukan yang lebih tinggi daripada Komandan Surga itu. Peninggian dirinya menggiringnya kepada pe-nolakan kepada hukum Tuhan, dan menyebabkan ia dikeluarkan dari surga.

Setan telah  menyatakan tabiatnya melalui Kepausan.-“Me-lalui kepausan, ia telah menyatakan tabiatnya dan menjalankan prin-sip-prinsip pemerintahannya.

“Setan akan menggunakan alat-alatnya untuk menjalankan sa-rana-sarana pemicu, untuk mengalahkan orang-orang kudus Tuhan sebagaimana di masa lalu ia menggunakan kekuasaan Roma untuk mengutuk Protestantisme. Namun umat Tuhan dapat tiba  pada ke-simpulan kemenangan bahwa, karena Kristus hidup, kita juga akan hidup. Umat Tuhan harus maju dalam roh yang sama seperti ketika Yesus menghadapi tuduhan-tuduhan pangeran kegelapan di masa lalu. Persekutuan jahat dapat maju hanya di jalan yang telah ditandai oleh Yesus di depan mereka. Setiap langkah dalam kemajuan mere-ka membawa orang-orang kudus Tuhan semakin dekat dengan takh-ta putih yang besar, semakin dekat dengan akhir yang penuh keme-nangan dalam peperangan mereka.”- Undated Manuscript 66 (Manu-skrip tanpa tahun), hlm. 1-6. (“Signs and Wonders of Spiritualism” (Tanda-tanda dan Keajaiban-keajaiban Spiritualisme) {Lihat juga: Ev 602-9.}

PENAMPAKAN-PENAMPAKAN SETAN

Ia muncul sebagai malaikat yang indah.-“Setan turun seba-gai seorang malaikat yang indah, dan menyampaikan gambaran yang indah di depan mata orang-orang yang jalannya telah begitu menyimpang dari Tuhan, sehingga mereka tidak dapat melihat siapa diri mereka, ataupun mengetahui apa yang mereka butuhkan. Musuh itu telah turun dengan kuasa yang lebih besar, untuk bekerja dengan segala penyesatan kesalahan kejahatan di dalam orang-orang yang binasa,”-Letter 259, 1909, hlm. 5-6. (Kepada “Dear Sister Hall,” 29 November 1909). {Lihat juga: TBG 95, 989; 28M 59; TDG 396; UL 941.]

Dalam konflik terakhir Setan muncul, bukan saja sebagai singa yang mengaum, melainkan juga sebagai seorang penye-sat.-“Kita perlu memahami apa yang akan kita hadapi dan bagaima-na cara menghadapinya. Kita harus mengetahui apa usaha-usaha yang harus kita lakukan, sehingga di masa-masa yang mengerikan ini kita tidak akan dikuasai oleh sarana-sarana musuh. Kita mengeta-hui bahwa pertentangan besar terakhir adalah usaha Setan yang pa-ling keras untuk mencapai tujuannya. Ia akan muncul, bukan saja se-bagai seekor singa yang mengaum, melainkan sebagai seorang pe-nyesat, yang mengenakan jubah terang yang indah yang menutupi dosa, sehingga ia dapat membawa manusia ke dalam perangkap-nya.” -Manuscript 46, 1904, hlm. 1-9, 6-8. (“The Foundation of Our Faith” (Landasan Iman Kita), pidato yang disampaikan di Berrien Springs, Michigan, 18 Mei 1904).

Para malaikat jahat dalam wujud manusia akan menghadir-kan wujud-wujud yang berkilau.-“Setan memiliki sekutu dalam ma-nusia, dan para malaikat jahat dalam wujud manusia akan tampak kepada manusia, dan menghadirkan di hadapan mereka suatu wu-jud-wujud yang berkilau, yang menyatakan apa yang dapat manusia lakukan, jikalau saja mereka sering menukarkan penyesalan mereka atas dosa-dosa dengan perlawanan,”-Manuscript 122, 1905, hlm. 2-9, 5-6. (“A solemn Appeal,” Agustus 1905). {Lihat juga: PM 174-5.]

  

PENGARUH SETAN

 

Para malaikat memelihara dunia dari kebinasaan karena ada sebagian orang yang belum pernah mendengar pekabaran ini.-“Para malaikat  masih memelihara dunia ini dari kebinasaan ka-rena ada beberapa orang yang belum pernah mendengarkan peka-baran tentang kebenaran ini…

Orang-orang yang mengambil bagian dalam penyesatan spiritisme akan menjadi seperti orang gila ketika penyesatan mereka terbuka.-“Perkembangan hari-hari terakhir ini akan segera ditentukan. Ketika penyesatan-penyesatan spiritisme ini dinyatakan apa adanya,–pekerjaan rahasia roh-roh jahat,–orang-orang yang mengambil bagian di dalamnya akan menjadi seperti orang-orang yang kehilangan akalnya.

“Dunia akan dibanjiri oleh kesalahan-kesalahan yang semu. Satu pikiran manusia, yang menerima kesalahan-kesalahan ini, akan bekerja pada pikiran manusia lainnya yang telah membalikkan bukti kebenaran Tuhan yang mulia menjadi sebuah kebohongan. Orang-orang ini akan tersesat oleh para malaikat yang telah jatuh, ketika mereka seharusnya berdiri sebagai para penjaga yang setia, yang menjaga jiwa-jiwa yang harus mereka pertanggung jawabkan. Mere-ka telah meletakkan senjata perang mereka, dan telah mendengar-kan roh-roh penyesat itu. Mereka tidak memperhatikan nasihat Tuhan, dan mengabaikan peringatan-peringatan dan teguran-tegur-anNya, dan secara pasti berada di pihak Setan, mendengarkan roh-roh penyesat dan ajaran-ajaran iblis…

Melalui sarana Setan yang licik wujud-wujud orang mati akan muncul.-“Sejarah akan berulang. Wujud-wujud orang mati akan muncul melalui sarana licik Setan, dan banyak orang akan me-ngenalinya sebagai orang-orang terkasih mereka, dan membuat ke-bohongan… Dari antara kita, ada orang-orang yang akan berpaling daripada kebenaran dan mendengarkan roh-roh penyesat dan ajar-an-ajaran iblis, dan melalui mereka kebenaran akan dikatakan jahat.

Sebagian orang yang telah tersesat akan bertobat dan ber-balik.-“Sebagian orang yang telah tersesat oleh orang-orang yang memiliki kedudukan yang bertanggung jawab akan bertobat dan ber-balik. Dan ketika kita menangani mereka, kita harus ingat bahwa ti-dak seorangpun dari mereka, yang sebelumnya telah berada dalam kedalaman perangkap Setan, mengetahui bahwa mereka telah bera-da di sana.”-Letter 311, 1905, hlm. 2-9, 5-7(Kepada A. G. Daniells and W. W. Prescott, dan rekan-rekan mereka, 30 Oktober 1905). [Lihat juga: Ev 122,180; TDG 312; UL 317.}

Malaikat-malaikat Setan berbaur dengan manusia. “Setan menggunakan ilmunya dalam bermain-main dengan kehidupan jiwa manusia. Malaikat-malaikatnya berbaur dengan manusia, dan meme-rintahkan mereka dalam misteri-misteri iblis. Malaikat-malaikat yang telah jatuh ini akan menarik para murid untuk mengikuti mereka, akan berbicara dengan mereka, dan akan menentukan prinsip-prinsip yang salah sebanyak mungkin, yang menggiring jiwa-jiwa menuju jalan ke-sesatan. Malaikat-malaikat ini ada di seluruh dunia, menyatakan per-kara-perkara ajaib yang akan segera tampak dalam terang yang lebih pasti.” -Manuscript 145, 1905, p. 4 (“Diary,” October 31, 1905).

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here