talenta

Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. Matius  25:14-15

[AkhirZaman.org] Perumpamaan tentang Talenta . . . mengandung penggunaan secara dan perseorangan bagi setiap pria, wanita dan anak-anak yang memiliki kuasa akal. . . . Bilamana tuan rumah itu memanggil hamba la memberi kepada setiap orang tugasnya masing-masing. Segenap keluarga Allah termasuk di dalam tanggung jawab pemakaian harta Tuhan. Setiap orang, mulai dari yang terhina sekalipun dan hampir tidak dikenal hingga orang yang paling besar dan mulia, adalah seorang wakil yang dikaruniai kesanggupan untuk mempertanggungjawabkannya kepada Allah. . . . Kesanggupan rohani, pikirani, dan jasmani, pengaruh, kedudukan, pangkat, pengasihan, kasih sayang, belas-kasihan, semuanya adalah talenta yang amat berharga untuk dipakai di dalam pekerjaan Tuhan  dalam penyelamatan jiwa-jiwa, yang untuknya Kristus telah mati.

Betapa sedikit orang yang menghargai berkat-berkat ini! Betapa sedikit orang yang berusaha memanfaatkan talenta mereka dan mengembangkan kegunaan mereka di dalam dunia ini! Tuhan telah memberikan tugas kepada setiap orang. la telah memberi kepada setiap orang menurut kesanggupannya, dan kepercayaannya sepadan dengan kemampuannya. . . Biarlah pengusaha menjalankan usahanya pada jalan yang akan memuliakan Tuhannya oleh sebab kesetiaannya. Biarlah la membawa agamanya ke dalam segala sesuatu yang dikerjakannya dan menunjukkan kepada orang lain roh Kristus itu. Biarlah montir bertambah rajn dan menjadi wakilNya yang setiawan yang bekerja keras pada jalan hidup yang hina di kota-kota Yudea itu. . . .

Mereka yang tela diiberkati dengan talenta yang lebih agung janganlah merendahkan nilai pelayanan mereka yang telah dikaruniai dengan sedikit talenta. Percaya yang paling kecil sekalipun adalah satu percaya yang datangnya dari Allah. Dengan berkat Allah, satu talenta yang dimanfaatkan dengan rajin kelak akan dilipatgandakan, dan dua talenta yang digunakan di dalam pelayanan Kristus akan dipertambahkan menjadi empat; dan demikian perkakas yang paling hina sekalipun dapat bertumbuh dalam kuasa dan kegunaan. Maksud yang sungguh-sungguh, usaha penyangkalan diri semuanya tampak,dihargai dan diperkenankan Allah yang di sorga. . . . Pakailah pemberian yang ada padamu di dalam kelemahlembutan, dalam kerendahan hati, dalam iman yang berharap, dan nantikanlah hingga hari perhitungan kelak, dan tiada penyebab bagimu engkau dipermalukan atau berdukacita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here