2013123014421078171 Copy

 

Pelajaran pelajaran yang Diperlukan di dalam Setiap Rumah Tangga.

[AkhirZaman.org] Di dalam setiap rumah tangga harus diajarkan pelajaran pelajaran tentang penyangkalan diri. Bapa dan ibu, ajarlah anak anakmu berhemat. Berikan dorongan kepada mereka menabung uang mereka untuk pekerjaan pengabaran injil. Kristus adalah teladan kita. Demi untuk kita Ia telah menjadi miskin, agar supaya kita melalui kemiskinan Nya itu bisa dijadikan kaya. Ia mengajarkan bahwa semua orang harus hidup bersama sama dalam persatuan dan kasih, untuk bekerja sebagaimana Ia telah bekerja, untuk berkorban sebagaimana Ia telah berkorban, untuk mengasihi sebagai anak anak Allah. Pelajarilah pelajaran tentang penyangkalan diri, dan ajarkan itu kepada anak anakmu. Segala sesuatu yang bisa ditabung melalui penyangkalan diri sekarang ini diperlukan di dalam pekerjaan yang harus dilaksanakan. Orang orang yang menderita harus ditolong, yang telanjang harus diberi pakaian, yang lapar diberi makan; kebenaran untuk masa kini harus disampaikan kepada mereka yang belum mengetahuinya.

Berkorban Harus Menjadi Kebiasaan.
Oleh pengajaran dan teladan, ajarkan sifat penyangkalan diri, berhemat, berbesar hati dan bergantung kepada di sendiri. Setiap orang yang mempunyai tabiat yang sejati akan disanggupkan untuk mengatasi segala kesulitan dan akan bertindak cepat dalam mengikuti “Demikianlah firman Tuhan.” Manusia belumlah siap untuk memahami tanggung jawab mereka kepada Allah sebelum mereka belajar di dalam sekolah Kristus untuk mengenakan kuk penurutan dan kuk yang mengekang. Pengorbanan adalah awal daripada pekerjaan kita dalam menyebarluaskan kebenaran dan dalam mendirikan lembaga lembaga. Hal ini merupakan suatu bagian yang penting dalam pendidikan. Berkorban harus menjadi satu kebiasaan di dalam pembangunan tabiat di dalam hidup ini, jikalau kita mau memiliki sebuah bangunan yang tidak dibuat oleh tangan, yang kekal di dalam sorga.

Sebuah Kotak Penyangkalan Diri.
Anak anak harus dididik untuk menyangkal diri mereka. Pada satu waktu, pada waktu saya sedang berkhotbah di Nashville, Tuhan telah memberikan satu terang yang berkaitan dengan ini. Dengan satu kekuatan yang besar terkilas di dalam ingatanku bahwa di dalam setiap rumah tangga harus ada sebuah kotak penyangkalan diri, dan ke dalamnya anak anak harus diajar untuk memasukkan uang mereka yang biasanya dipakai untuk membeli gula gula dan barang barang lainnya yang tidak perlu….

Engkau akan mendapati bahwa apabila anak anakmu memasukkan uang mereka ke dalam kotak ini, mereka akan memperoleh berkat yang limpah…. Setiap anggota keluarga, mulai dari yang paling tua sampai pada yang paling muda, harus menjalankan penyangkalan diri.

File-1393214279 CopyAnak anak Jangan Dijadikan Sebagai Pusat Perhatian.
Anak anak yang berusia dua sampai empat tahun jangan didorong untuk berpikir bahwa mereka harus memperoleh segala sesuatu yang mereka minta. Orang tua harus mengajarkan kepada mereka pelajaran pelajaran tentang penyangkalan diri dan jangan sekali kali memperlakukan mereka demikian rupa sehingga menjadikan mereka untuk berpikir bahwa mereka adalah pusat daripada perhatian, dan bahwa segala sesuatu beredar mengelilingi mereka.

Banyak anak anak mewarisi sifat mementingkan diri dari orang tua mereka, tetapi orang tua harus berusaha mencabut setiap jaringan kecenderungan yang jahat ini dari sifat mereka. Kristus memberikan banyak teguran kepada mereka yang tamak dan mementingkan diri. Orang tua harus berusaha, pada saat pertama dimana sifat mementingkan diri itu ditunjukkan, apakah itu di hadapan mereka, atau pada waktu sedang bergaul dengan anak anak lain, untuk mengekang dan mencabut sifat sifat ini dari tabiat anak anak mereka.

Beberapa orang tua menggunakan banyak waktu dan perhatian untuk menyenangkan anak anak mereka, tetapi anak anak harus dididik menyenangkan diri mereka sendiri untuk menggunakan kepintaran dan keahlian mereka. Dengan cara demikian mereka akan belajar untuk menjadi puas dengan kesenangan kesenangan yang sederhana. Mereka harus diajar menghadapi dengan berani segala kekecewaan dan ujian ujian. Gantinya meminta perhatian kepada setiap rasa sakit yang tidak berarti, alihkan pikiran mereka, ajar mereka untuk tidak terlalu menghiraukan gangguan atau kesulitan-kesulitan yang tidak berarti.

Sifat Melupakan Diri.
Salah satu sifat yang terutama sekali harus dipupuk dan dikembangkan di dalam diri setiap anak adalah sifat melupakan diri yang membedakan kepada hidup ini satu sifat yang tidak disadari. Dari segala keagungan tabiat hal ini merupakan salah satu yang paling indah, dan untuk setiap pekerjaan hidup yang benar ini merupakan sifat yang paling penting.

Pelajarilah bagaimana cara mengajar anak anak untuk mementingkan orang lain. Anak muda harus dibiasakan sejak kecilnya taat, menyangkal diri dan mementingkan kebahagiaan orang lain. Mereka harus diajar mengalahkan sifat pemarah, menahan kata kata yang penuh hawa nafsu, dan menunjukkan sifat manis budi, sopan santun, dan pengendalian diri yang tidak pernah berubah ubah.
Betapa saksamanya orang tua harus mengatur anak anak mereka agar bisa melawan setiap kecenderungan mementingkan diri! Mereka harus selalu menunjukkan jalan jalan oleh mana anak anak mereka bisa bersikap mementingkan orang lain dan belajar untuk melakukan pekerjaan pekerjaan bagi bapa dan ibu, yang sedang berbuat segala sesuatu bagi mereka.

–Mendidik & membimbing Anak, pasal 23–

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here