1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pencipta Berkata Ingatlah: Sebuah Jawaban Atas Ketegangan Pikiran (2)

cropped-vision2 Copy[AkhirZaman.org] Hari Sabat adalah suatu ajakan untuk menggunakan waktu bersama-sama dengan keluarga kita. Karena begitu sibuk sepanjang minggu sehingga masing-masing anggota keluarga sukar sekali bertemu satu dengan yang lain. Pada beberapa keluarga, tidak ada perbincangan yang bermanfaat.

Sebuah studi menyatakan bahwa rata-rata para ayah di Amerika menggunakan waktu kurang dari sejam setiap minggu untuk mengadakan pembicaraan secara pribadi dengan anak-anaknya. Boleh jadi suami atau isteri begitu sibuk dengan pekerjaannya, atau dengan kegiatan sosial, dan dengan aktifitas lainnya yang menyita banyak waktu sehingga mereka hampir tidak mengetahui satu dengan yang lain.

Rencana Allah yang semula bagi keluarga bukanlah demikian. Hari Sabat adalah hari yang pertama-tama digunakan Adam dan Hawa yang baru menikah ini berkumpul bersama-sama. Tanpa diragukan, mereka menggunakan hari-hari Sabat dengan penuh kebahagiaan.

Rencana Allah yang semula adalah agar hari Sabat itu menjadi suatu hari yang istimewa untuk bersekutu, hari yang membuat kita bergaul akrab dengan anggota keluarga dan sahabat-sahabat, dan khususnya dengan Sang Pencipta. Hari itu menjadi satu hari untuk membagikan sukacita kita, pengharapan kita, dan cita-cita kita dan juga segala duka dan kekecewaan kita.

Hari Sabat juga menjadi waktu yang cukup baik untuk digunakan para anggota keluarga untuk berjalan-jalan bersama-sama di alam pada Sabat sore, di antara pohon yang rimbun sambil membagikan kesukaan hari istimewa yang Allah sudah ciptakan, di tengah-tengah karya-Nya yang begitu agung dan mulia.

Hari Sabat itu juga membawakan satu perasaan aman dalam hidup. Hari itu memberikan pertolongan dalam tekanan-tekanan kehidupan. Beberapa tahun lalu, ada satu artikel yang mencatat tentang satu kelompok peneliti medis yang sedang mempelajari akibat-akibat yang disebabkan oleh ketegangan otot pada pusat saraf. Mereka mengadakan penelitian terhadap sepasang anak domba yang kembar.

Pada bagian pertama penelitian ini, salah seekor anak domba ditempatkan di satu kandang sendirian. Sementara anak domba itu berjalan ke sana kemari di tempat persediaan makanan di dalam kandang itu, para peneliti menggantungkan arus listrik pada beberapa tempat di kandang itu.

Setiap kali aliran listrik itu dihidupkan, anak domba itu tersentak dan lari terbirit-birit ke pojok kandang. Anak domba itu tidak pernah mau kembali ke tempat yang sama di mana ia terkena arus listrik. Hal ini diulangi di beberapa tempat makanan sehingga akhirnya anak domba yang ketakutan itu hanya berdiri di tengah-tengah kandang dengan gemetar. Tak ada lagi tempat baginya untuk berlari karena di mana-mana terdapat arus listrik. Oleh karena tak dapat ke mana-mana lagi dan dipenuhi dengan cemas dan stress, maka anak domba itu pun mengalami gangguan urat saraf.

Pada bagian ke dua percobaan itu tibalah giliran kembarannya. Para peneliti mengambil dia dan menempatkannya di kandang yang sama, hanya pada saat ini induknya juga ditempatkan bersama-sama dengan dia. Arus listrik yang sama diberikan kepadanya. Sama seperti saudara kembarnya, ia pun tersentak dan berlari. Namun ia berlari kea rah induknya. Ia merapatkan dirinya erat-erat kepadanya sementara induknya mendengkurkan suaranya secara lembut di telinganya.

Induknya itu memberikan jaminan keamanan oleh karena terlihat anak domba yang kecil itu dengan segera kembali ke pojok di mana ia sudah terkena arus listrik pada pertama kali. Dan kembali induknya melakukan hal yang sama seperti sebelumnya dan ia kembali ke tempat yang sama. Hal ini terjadi berulang-ulang, namun selama masih ada tempat untuk mendapatkan perlindungan, ia dapat menguasai dirinya dari ketegangan. Ia sanggup menguasainya.

induk-domba-dan-anaknya CopyHari Sabat juga sama seperti satu tempat perlindungan. Seperti anak domba yang kecil itu berlari ke arah induknya, kita pun dapat memiliki perhentian dan keamanan di dalam Yesus. Hari Sabat bagaikan sebuah istana pada waktunya. Kalau kebanyakan istana sekarang ini didirikan secara mulia dan agung untuk kepentingan kerajaan, maka hari Sabat adalah sebuah istana yang diciptakan pada waktunya yang turun dari sorga ke bumi ini setiap hari ketujuh.

Dengan mengasingkan diri ke istana Raja itu, kita dapat menerima kekuatan menghadapi segala ketegangan hidup. Persekutuan dengan Dia pada hari Sabat memberikan dasar persiapan bagi persekutuan kita sehari-hari selama satu minggu itu.

Hari Sabat memberikan keyakinan kepada kita untuk mengatakan: “Saya percaya bahwa Allah menciptakan saya dan Ia mempunyai perhatian yang besar demi kebaikan dan kebahagiaan saya. Saya dapat memiliki perhentian di dalam kasih-Nya. Ia layak menjadi pusat kesetiaan saya, dan pusat peribadatan saya yang paling mulia. Melalui kuasa-Nya saya dapat menghadapi segala ketegangan hidup.”

Pencipta kita selalu mengasihi kita. Ia mau menenangkan saraf-saraf kita yang tegang. Ia mau melegakan pengharapan-pengharapan kita yang meresahkan. Ia sanggup melakukan segala sesuatu karena Dia-lah yang menciptakan kita. Kita adalah penting bagi-Nya. Kita adalah anak-anak-Nya.

Yesus pernah memberikan undangan yang indah: “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” Matius 11:28, 29.

Perhentian sejati hanya didapatkan di dalam satu persekutuan yang penuh kasih sayang dan penuh kepercayaan dengan Pencipta kita. Sepanjang zaman undangan-Nya yang lemah lembut itu tetap sama: “Marilah kepada-Ku,… dan jiwamu akan mendapat ketenangan.”

Sabat hari ketujuh melambangkan suatu kehidupan yang penuh kepercayaan dan perhentian di dalam Pencipta yang penuh kasih sayang. Setanlah yang ingin menghancurkan persekutuan ini sehingga ia menyerang hari Sabat dengan begitu hebatnya. Walalupun hari Allah itu sudah hampir dilupakan, namun putra dan putri Allah yang setia telah memeliharanya sepanjang zaman karena mereka menyadari bahwa Sang Pencipta pernah berkata INGATLAH akan hari Sabat-Nya dan kuduskanlah.

Abraham, Ishak, Yakub, Musa, dan Daniel adalah sederetan orang-orang yang memelihara hari Sabat. Petrus, Yakobus, Yohanes, dan Paulus; mereka juga adalah orang-orang yang setia. Mereka tidak melupakan hari Sabat Allah. Demikianlah pulalah Teladan Terbesar kita, Yesus juga tidak pernah melupakannya.
Maukah Anda menggabungkan diri dengan orang-orang itu?

 

 

 

Artikel Terkait:

1. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (4)

WARISAN

Memuji Allah Dengan Musik yang Semarak Dan Merdu[AkhirZaman.org] Akan ada musik di sana, dan juga nyanyian, musik dan nyanyian mana tidak ada telinga yang fana pernah mendengarnya atau pikiran fana pernah memahaminya, yang terdapat dalam penglihatan akan Allah.... ...
48 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (3)

WARISAN

Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman akan berlangsung, dan kitab-kitab dibukakan; bilamana ucapan ‘sabaslah‘ dari Hakim agung itu diumumkan, dan mahkota kemuliaan yang kekal diletakan pada dahi pemenang, banyak yang akan mengangkat mahkota mereka di depan mata perhimpunan alam semesta&n...
87 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (2)

WARISAN

Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang lain penuh dengan segala jenis bunga-bunga, dan pada waktu saya memetiknya saya berseru, kembang-kembang ini tidak akan pernah layu. Selanjutnya saya melihat padang rumput yang tinggi, sangat indah untuk dipandang; ...
90 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. WARISAN ORANG-ORANG KUDUS (1)

WARISAN

Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan kebenaran-Nya, yang akan menyediakan bagi kita sebuah paspor ke Surga.-Surat 6b, 1890. ...
96 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. KEMBALINYA KRISTUS (2)

KEMBALINYA

Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam persembunyian di gunung-gunung, di dalam gua-gua dan lubang-lubang tanah, Juru selamat menyatakan hadirat-Nya dan kemuliaan-Nya. ...
104 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. KEMBALINYA KRISTUS (1)

KEMBALINYA

Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa bumi dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu' (Wahyu 16:17, 18). Tampaknya langit sepeti terbuka dan tertutup. ...
110 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (3)

TUJUH

Umat Allah Tidak Menyukai Keinginan yang Keji[AkhirZaman.org] Sekarang ini, sementara Imam Besar mengadakan pendamaian demi kita, maka kita harus berusaha untuk menjadi sempurna di dalam Kristus. ...
118 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (2)

TUJUH

Hukuman Mati Serupa Dengan yang Dikeluarkan Oleh Ahasyweros[AkhirZaman.org] Perintah yang pada akhirnya dikeluarkan terhadap umat Allah yang sisa akan sangat serupa dengan perintah yang dikeluarkan oleh Ahasyweros terhadap orang Yahudi. ...
135 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. [RH] ANGKATLAH PIALA KEMENANGANMU

[RH]

Aku akan mengangkat piala keselamatan dan akan menyerukan nama Tuhan. Mazmur 116: 13 [AkhirZaman.org] Apakah engkau salah seorang yang berbuat salah? Pergilah kepada Yesus dan mintalah Dia mengampunimu, kemudian percayalah bahwa la melakukannya. "Jika kita mengaku dosa kita, maka la adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa k...
137 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR DAN ORANG BENAR (1)

TUJUH

(Masa Kesusahan Besar, Bagian II)Masa Kesusahan Besar Dimulai Sesudah Penutupan Pintu Kasihan[AkhirZaman.org] Bilamana Kristus berhenti dari pekerjaan-Nya sebagai pengantara demi umat manusia barulah masa kesusahan itu dimulai. kemudian kasus setiap jiwa sudah akan diputuskan, dan tidak ada lagi darah penebusan untuk membersihkan dosa. ...
138 hari yang lalu | Selengkapnya »

Artikel Lainnya

IMAGE
[RH] HINDARKAN PERDEBATAN...
Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh,...
Read More...
IMAGE
[RH] DIRI HARUS MATI
Dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa...
Read More...
IMAGE
[RH] PANDANG TERUS KE ATA...
Karena kita mempunyai banyak saksi bagaikan awan yang mengelilingi kita,...
Read More...
IMAGE
[RH] KEHIDUPAN YANG SENAN...
Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki...
Read More...
IMAGE
BERANI DI DALAM TUHAN
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang...
Read More...
IMAGE
SEJARAH NATAL
[AkhirZaman.org] Perintah untuk mengadakan perayaan Natal tidak terdapat di...
Read More...
IMAGE
Asal Usul Paskah
[AkhirZaman.org] Musim semi merupakan musim yang terbaik sepanjang tahun...
Read More...
IMAGE
Dibalik Cerita Dongeng
[AkhirZaman.org] Warisan kerohanian Maewyn Succat cukup ironis tetapi juga...
Read More...
IMAGE
Fakta Mengejutkan Tentang...
[AkhirZaman.org] Setiap tahun pada tanggal 14 Februari, tak terhitung jutaan...
Read More...
IMAGE
Semua Orang Sedang Diuji
[AkhirZaman.org] Allah menuntut umat Nya supaya membersihkan diri mereka dari...
Read More...
IMAGE
Apakah Makan Nasi Itu Seh...
[AkhirZaman.org] Mungkin ada dari anda yang bertanya tanya; “Bila saya...
Read More...
IMAGE
10 LANGKAH KESEHATAN (Bag...
1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih (air mineral). [AkhirZaman.org] Mengkonsumsi...
Read More...
IMAGE
Perhatikan Kode Stiker di...
[AkhirZaman.org] Pernahkah anda berpikir jika stiker yang ada di buah-buahan...
Read More...
IMAGE
Osteoporosis (Pengeroposa...
[AkhirZaman.org] Osteoporosis adalah kondisi menurunnya kepadatan tulang...
Read More...
IMAGE
Jenis-jenis Penyakit dan ...
Adenoids (Membesarnya hulu kerongkongan ) [AkhirZaman.org] Adenoids terdiri...
Read More...
IMAGE
HRW (Human Rights Watch) ...
[AkhirZaman.org] Catatan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, tentang...
Read More...
IMAGE
Badai Terjang Belanda, Pe...
[AkhirZaman.org] Tiga orang tewas di Belanda, kemarin, akibat badai yang juga...
Read More...
IMAGE
Bill Gates Lunasi Utang N...
[AkhirZaman.org] Miliarder Amerika Serikat (AS) Bill Gates kembali menunjukkan...
Read More...
IMAGE
Tidak Menggunakan Nama Re...
[AkhirZaman.org] Korea Utara (Korut) menyebut tingkah laku Amerika Serikat (AS)...
Read More...
IMAGE
Trump Tuding Rusia Bantu ...
[AkhirZaman.org] Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuding Rusia...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Penghormatan Kepada lbu-Ibu yang Setia[AkhirZaman.org] Pada waktu penghakiman...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Bunga-Bunga, Buah-Buahan, dan Satwa[AkhirZaman.org] Saya melihat padang yang...
Read More...
IMAGE
WARISAN ORANG-ORANG KUDUS...
Hadiah dari Tuhan [AkhirZaman.org] Kristus, hanya Kristus dan...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (2)
Dari Gua-Gua dan Lubang-Lubang dan Penjara-Penjara[AkhirZaman.org] Di dalam...
Read More...
IMAGE
KEMBALINYA KRISTUS (1)
Tujuh Malapetaka dan Kebangkitan lstimewa[AkhirZaman.org] Terjadi suatu gempa...
Read More...

Data Kunjungan

017240218
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
3415
19688
87703
81804
233526
16583202
17240218

IP Anda: 54.227.6.156
Tanggal: 2018-01-20 04:08:40

Online Saat Ini

We have 302 guests and no members online