24.3 C
Jakarta
Friday, 06 August 2021
spot_img

TRENGGILING RAKSASA

[AkhirZaman.org] Trenggiling raksasa adalah salah satu hewan paling aneh yang pernah diciptakan Tuhan. Spesies trenggiling terbesar ini hidup di padang rumput dan hutan tropis terbuka di Amerika Tengah dan Selatan.

Ditutupi dengan rambut kaku seperti jerami yang tumbuh hingga 10 inci atau 25.4 sentimeter panjang di ekornya, serta hewan dewasa beratnya sekitar 90 pon atau 40.82 kilogram dan tumbuh menjadi sekitar 4 kaki panjang atau 1.21 meter (kira-kira seukuran anjing gembala Jerman), dan itu belum terhitung ekor gemuk yang menambahkan 3 kaki atau 0.91 meter tambahan.

Trenggiling raksasa memiliki cakar besar, tajam, seperti kait di setiap kaki depan. Mereka berjalan di belakang pergelangan tangan mereka untuk melindungi mereka. Cakar ini digunakan untuk menggali makanan dan untuk pertahanan diri terhadap jaguar dan puma, musuh alami mereka.


Trenggiling tentu saja adalah pemakan serangga, kebanyakan memakan semut dan rayap, tetapi juga akan memakan serangga lain selama mereka tidak menyengat. Di ujung hidung trenggiling yang sangat panjang terdapat mulut yang sangat kecil, hampir tidak cukup besar untuk dilewati pensil, tetapi mereka hebat dalam menangkap serangga menggunakan lidah lengket sepanjang 2 kaki, menjentikkannya ke dalam dan ke luar hingga masing-masing 160 kali per menit!

Lidah memiliki duri mengarah ke belakang yang menumbuk serangga yang ditangkap ke palet keras. Karena mereka tidak bergigi, sebagian besar pengunyahan terjadi di perut seperti ampela, dibantu oleh kerikil yang tertelan.


Meskipun mereka memiliki penglihatan yang buruk, trenggiling raksasa memiliki pendengaran yang sangat baik dan terbangun dengan suara sekecil apa pun. Mereka menandai wilayah mereka dengan kelenjar di ujung belakangnya.

Baunya begitu kuat sehingga beberapa orang menjulukinya “bau hutan”. Mereka memiliki indera penciuman yang tajam yang dapat mengidentifikasi spesies semut dan rayap yang ada di sarang sebelum mereka merobeknya. Meskipun indra penciuman mereka 40 kali lebih kuat daripada indra penciuman manusia, mereka tampaknya tidak terganggu oleh bau mereka sendiri!

Beberapa orang Kristen tampaknya merasa bahwa mereka memiliki indra yang tajam yang dapat mendeteksi dosa dalam kehidupan setiap orang di sekitar mereka. Yesus berbicara kepada orang-orang yang secara kritis menghakimi orang lain ketika Dia berkata, “Dan mengapakah kamu memandang selumbar di mata saudaramu, sedangkan papan di matamu sendiri tidak kamu perhatikan” (Matius 7:3). 

Paulus memperingatkan kita, “Janganlah dilakukan sesuatu karena ambisi atau keangkuhan, tetapi dalam kerendahan hati hendaklah masing-masing menganggap orang lain lebih baik dari pada dirinya sendiri” (Filipi 2:3).

Terkadang kita bisa begitu bangga sehingga kita tidak terganggu oleh bau kita sendiri!


AYAT INTI
“Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.” [Roma 12:3]

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
370PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru