menghakimi
Businesswoman on blurred background using law protection right

Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari. 1Korintus 6:3.

[AkhirZaman.org] Selama seribu tahun di antara kebangkitan pertama dan kedua penghakiman orang-orang jahat dilaksanakan. Rasul Paulus menyatakan penghakiman ini sebagai sebuah peristiwa yang mengikuti kedatangan kedua.

“Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati.” 1 Korintus 4:5.

Daniel menyatakan bahwa ketika Yang Lanjut Umur-Nya itu datang, “penghakiman diberikan kepada orang-orang kudus dari Yang Mahatinggi.” Daniel 7:22. Pada waktu ini orang-orang benar memimpin sebagai para raja dan imam untuk Allah. Yohanes dalam kitab Wahyu mengatakan: “Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi.”

“Mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.” Wahyu 20:4,6. Adalah pada masa ini bahwa, sebagaimana telah diramalkan oleh rasul Paulus, “orang-orang kudus akan menghakimi dunia.” 1 Korintus 6:2.

Dalam persatuan dengan Kristus mereka menghakimi orang-orang jahat, membandingkan tindakan-tindakan mereka dengan buku peraturan, Alkitab, dan memutuskan setiap kasus menurut perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan di dalam tubuh. Kemudian bagian yang harus diderita oleh orang-orang jahat itu diputuskan, sesuai dengan pekerjaan-pekerjaan mereka; dan hal itu dicatat menentang nama-nama mereka di dalam kitab kematian.

Juga Setan dan para malaikat jahat dihakimi oleh Kristus dan umatNya. Kata Paulus: Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat?” Ayat 3. Dan Yudas menyatakan bahwa “Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar.” Yudas 6.

Pada penutupan masa seribu tahun itu kebangkitan kedua akan terjadi. Kemudian orang-orang jahat akan dibangkitkan dari mati dan tampak di hadapan Allah untuk penjatuhan hukuman berdasarkan “penghakiman yang tertulis.” Demikianlah pewahyu itu, setelah menggambarkan kebangkitan orang-orang benar, mengatakan: “Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu.” Wahyu 20:5.

Dan Yesaya menyatakan, sehubungan dengan orang-orang jahat itu: “Mereka akan dikumpulkan bersama-sama, seperti tahanan dimasukkan dalam liang; mereka akan dimasukkan dalam penjara dan akan dihukum sesudah waktu yang lama.” Yesaya 24:22.

-Maranatha

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here