di sebelah

Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Matius 25:34.

[AkhirZaman.org] Sang Juruselamat mempresentasikan di hadapan kita pemandangan penghakiman akhir itu bilamana ganjaran diberikan kepada mereka yang berada di sebelah kanan-Nya, dan vonis penjatuhan hukuman kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya. Orang-orang benar diperlihatkan bertanya-tanya atas apa yang telah mereka perbuat sehingga mereka diberikan ganjaran dengan bebas.

Mereka telah mengalami hadirat Kristus di dalam hati mereka; mereka telah diilhami dengan Roh-Nya, dan tanpa upaya sadar pada pihak mereka; mereka telah melayani Kristus dalam dalam pribadi orang-orang kudus-Nya, dan oleh karena itu memperoleh ganjaran yang pasti. Tetapi mereka tidak mempunyai di dalam pandangan mereka akan ganjaran yang harus mereka terima, dan pengharapan akan hal itu bukanlah menjadi bagian daripada motif yang menggerakkan pelayanan mereka.

Apa yang telah mereka lakukan adalah dilakukan dari cintakasih kepada Kristus dan kepada rekan-rekan sesama mereka, dan Kristus memperkenalkan diri-Nya sendiri dengan kemanusiaan yang menderita, dan memperhitungkan bahwa segala perbuatan yang dilakukan dalam simpati dan penderitaan serta cinta kepada manusia, adalah dilakukan kepada-Nya.

Dalam alam bawah sadar kita semua hendaknya menaruh hormat pada balas jasa dari ganjaran ini. Namun sementara kita menghargai janji berkat ini, kita hendaknya memiliki kepercayaan yang sempurna di dalam Yesus Kristus, dengan mempercayai bahwa Dia akan melakukan yang benar, dan memberi kita ganjaran seturut pekerjaan-pekerjaan yang kita lakukan.

Hadiah dari Allah adalah kehidupan abadi, tetapi Yesus mengarahkan kita untuk tidak begitu cemas terkait dengan ganjaran-ganjaran itu, sebab bahwa kita boleh melakukan kehendak Allah karena benar untuk melakukannya, tanpa tergantung akan semua keuntungan.

Mereka yang akan menerima ganjaran yang sangat berlimpah adalah orang-orang yang telah mencampurkan dengan pekerjaan dan semangat mereka, belaskasih yang ramah bagi orang-orang miskin, yatim piatu, yang tertindas, dan yang menderita.

Ada di sekitar kita orang-orang yang memiliki sebuah roh yang lemah lembut dan rendah hati, roh Kristus, yang melakukan banyak perkara kecil untuk menolong orang-orang di sekitar mereka, dan yang tidak memikirkan apa-apa akan hal itu; mereka akan takjub pada akhirnya untuk memahami bahwa Kristus telah memperhatikan perkataan ramah yang diucapkan kepada orang-orang yang kecewa, dan memperhitungkan akan hadiah yang sangat kecil yang diberikan untuk keringanan orang-orang miskin, yang membuat si pemberi melakukan suatu penyangkalan diri. Tuhan mengukur roh, dan ganjaran-ganjaran secara setimpal, dan roh cintakasih yang murni, rendah hati dan seperti kanak-kanak membuat kurban menjadi bernilai dalam pemandangan-Nya.

-Maranatha

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here