25.8 C
Jakarta
Friday, 02 December 2022
No menu items!

Istirahat Harian

 

[AkhirZaman.org] Selama hari-hari penciptaan, pagi dan petang adalah batas setiap hari. Allah menciptakan irama alami yang membentuk siklus kegiatan kerja dan istirahat untuk memperbaiki dan memulihkan tubuh secara reguler.

Tubuh manusia memerlukan istirahat harian. Hasil berbagai penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur akan menimbulkan dampak negatif, termasuk meningkatnya risiko diabetes, kegemukan, kelesuan di sekolah, kecelakaan lalu lintas, cedera dan kematian, bahkan kelainan jiwa. Jam kerja pilot, petugas pengatur penerbangan dan dokter jaga diatur ketat, dengan membuat jadwal kerja dan istirahat yang terperinci. Dahulu kala, ketika belum ada lampu listrik, orang akan secara otomatis tidur jika hari telah gelap dan bangun ketika telah terang.

Dalam dunia modern ini kita cenderung tergoda untuk bekerja melebihi takaran sehat. Penemuan ilmiah yang menyatakan bahwa tubuh bekerja dengan siklus 24 jam per hari dengan melepaskan hormon tertentu pada waktu yang tertentu sepanjang hari, mendukung pernyataan Ellen White, “Tidur sebelum tengah malam lebih bermanfaat daripada setelahnya. Tidur nyenyak dua jam sebelum jam 12 tengah malam lebih berharga dari empat jam setelah jam 12 malam.”—Ellen White, Manuscript Releases, vol. 7, hlm. 224.

Penelitian yang dilakukan di laboratorium perihal tidur menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam kebutuhan akan tidur. Orang dewasa membutuhkan tidur selama 6-9 jam per malam. Tidur yang cukup ditandai oleh perasaan segar dan siaga sepanjang hari tanpa rasa mengantuk atau lesu. Mereka yang bertahan terjaga (tidak tidur) selama 17-19 jam akan memiliki tingkat performa yang sebanding dengan orang yang mabuk.

     Berikut ini adalah beberapa usulan untuk dapat tidur dengan lebih baik.

  1. Olahraga setiap hari.
  2. Suhu kamar yang nyaman.
  3. Hindari makan 2-3 jam sebelum tidur.
  4. Hindari hal-hal yang menegangkan atau gejolak emosi berlebihan sebelum tidur.
  5. Hindari alkohol, obat tidur, atau kafein.

Seberapa nyenyakkah tidur Anda? Kegiatan-kegiatan apakah yang dapat menghalangi Anda tidur nyenyak? Perubahan apakah dalam kegiatan rutin Anda yang dapat menolong Anda untuk memanfaatkan unsur penting kesehatan ini?

 

 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
373PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?