gempa susulan

[AkhirZaman.org] Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Assam, India, pada Rabu (28/4) pagi hingga menyebabkan sejumlah bangunan rusak dan jalanan retak.

Pusat Seismologi Nasional India melaporkan bahwa gempa terjadi pukul 07.51. Gempa itu berpusat di 43 km sebelah barat Tezpur di Assam.

Sebagaimana dilansir India Today, getaran gempa itu terasa di Assam, Benggala Utara, dan bagian lain di Timur Laut.

Jalan di Sonitpur yang menjadi episentrum gempa mengalami keretakan, sementara beberapa bangunan dan tembok di kawasan tersebut juga kerusakan.

“Gempa bumi ini adalah yang terbesar yang saya ingat. Pertama ada guncangan besar dan kemudian yang lebih kecil,” kata seorang pejabat polisi di Assam.

“Kami tidak menerima panggilan darurat apa pun, tetapi orang-orang sudah keluar dari rumah mereka.”

Saat gempa, warga memang berbondong-bondong ke jalan karena takut akan ada gempa susulan. Beberapa di antara mereka mengatakan gempa tersebut menyebabkan retakan di rumah.

“Seluruh apartemen bertingkat kami mengalami kerusakan besar dengan atap dan dinding runtuh,” kata seorang pengusaha yang tinggal di sebuah apartemen kelas atas di Guwahati, Subham Hazarika.

Meski demikian, Hazarika bersyukur karena tidak ada penghuni yang terluka.

Setelah guncangan itu, gempa susulan dilaporkan terjadi berulang kali di daerah timur laut lainnya dan wilayah pegunungan negara tetangga, Bhutan.

Setidaknya ada enam gempa susulan, di antaranya pada pukul 07.58 dan 08.01 pagi. Enam gempa susulan berkekuatan 3,2 hingga 4,7 tercatat selama 2 jam 30 menit berikutnya di sekitar Sonitpur di Assam.

“Tak ada laporan korban, tetapi kami melihat gambar dan visual dari kerusakan yang parah,” kata Menteri Kesehatan India, Himanta Biswa Sarma, kepada Reuters.

Menurut salah satu sumber, pejabat manajemen bencana India saat ini sedang memeriksa laporan kerusakan dan kemungkinan korban.

https://bit.ly/3xFo7Jt

Belum selesai dengan gelombang covid yang mengerikan di India, saat ini terjadi sebuah gempa. Satu situasi yang pasti membuat kecemasan makin meningkat.

Firman Tuhan nyatakan: “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” Filipi 4:6. Dengan jelas Tuhan nyatakan kepada setiap umatNya supaya jangan takut atau khawatir, karena Dia sendiri yang akan membantu Anda dan saya.

Yang menjadi tugas kita saat ini supaya janji Tuhan itu nyata adalah dengan tak jemu-jemunya terus berkomunikasi dengan Dia dan terus mencari Dia dalam setiap kehidupan kita. Maka kekhawatiran dan ketakutan, sudah pasti akan lenyap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here