fresh air Copy

Ditolong Oleh Udara Bersih
[AkhirZaman.org] Pengaruh udara segar yang bersih menyebabkan darah mengalir lancar di seluruh tubuh. Itu akan menyegarkan tubuh, dan cenderung menguatkan dan menyehatkan, dan pada saat yang sama pengaruhnya dirasakan pikiran dalam bentuk ketenangan dan kedamaian. Itu akan membangkitkan selera makan dan menolong pencernaan lebih lancar dan membuat orang dapat tertidur lelap.

Paru-paru harus diberi kebebasan yang sempurna. Kapasitasnya akan berkembang dengan gerakan bebas dan menciut kalau ditekan, makanya terjadilah rasa sakit bagi orang orang yang biasanya kerja kantor yang duduk membungkuk. Dalam posisi seperti ini dia tidak mungkin bernafas dalam dalam. Akhirnya dia membiasakan diri untuk bernafas pendek dan paru paru kehilangan kuasa untuk mengembang. Akibat yang sama terjadi kalau menggunakan ikat pinggang yang ketat atau baju yang ketat….

Dengan demikian persediaan zat pembakar tidak cukup banyak diterima. Darah mengalir dengan malasnya. Kotoran yang beracun yang seharusnya dibuang dari paru-paru pada saat mengeluarkan napas sekarang tertinggal, dan darah menjadi kotor. Bukan hanya paru-paru, perut, hati dan otak juga dipengaruhi. Warna kulit berubah menjadi kuning, pencernaan terganggu, jantung tertekan, otak buntu, pikiran kacau, semangat menciut dan seluruh organ tidak aktif sehingga semuanya mudah diserang penyakit.

Dihalangi Oleh Makanan Cair
Sekiranya kesehatan tubuhmu tidak rusak engkau pasti menjadi seorang wanita yang berguna dan terkenal. Engkau sudah lama menderita penyakit, dan ini mempengaruhi angan-angan hatimu sehingga engkau memusatkan perhatian pada dirimu sendiri dan angan-angan hatimu telah mempengaruhi tubuhmu. Kebiasan-kebiasaanmu tidak baik dalam banyak hal. Banyaknya dan kualitas makanan itu tidak dalam kadar yang benar. Engkau telah makan terlalu banyak tetapi makananmu berkualitas rendah yang tidak dapat diolah menjadi darah yang baik. Engkau telah mendidik perutmu menerima makanan yang seperti itu.

Menurut pertimbanganmu, makanan inilah yang terbaik, karena engkau merasa bahwa makanan itu hampir tidak pernah mengganggumu. Ini bukanlah pengalaman yang benar. Perutmu tidak menerima kekuatan yang seharusnya engkau dapat dari makanan itu. Karena makanan itu dalam bentuk cair maka itu tidak memberikan kekuatan dan tidak mengatur proses pencernaan. Tetapi kalau engkau mengubah kebiasaan ini dengan memakan lebih banyak yang padat dan lebih sedikit yang cair, perutmu akan terganggu namun demikian, engkau janganlah menyerah dalam hal ini. Engkau harus mendidik perutmu untuk menerima makanan yang lebih padat.

Bahwa persiapan makanan yang dilakukan dengan salah dan hidup dengan teh dan kopi dan makanan yang terlalu manis, bukanlah reformasi kesehatan. Makanan dalam bentuk cair yang begitu banyak yang dimasukkan ke dalam perut bukanlah menyehatkan, dan mereka yang bergantung pada jenis makanan seperti itu telah membebani ginjal karena banyaknya bahan air melemahkan pencernaan.

Banyak orang menderita kurang cerna karena memakan makanan seperti ini. Alat alat pencernaan dilemahkan dan darah menjadi rusak. Makan pagi mereka terdiri dari kopi dan makanan manis ditambah dengan saus, prem. Ini tidak menyehatkan. Setelah tidur dan istirahat, perut lebih bertenaga untuk menerima makanan banyak dibandingkan dengan setelah kita bekerja. Kemudian makan siang terdiri dari daging. Perut itu kecil tetapi selera tidak puas, namun menerima makanan yang kebanyakan cair; begitulah perut itu dibebani.

Makanan Hangat Bukan Panas
minuman panas CopySebaiknya semua orang supaya memakan sesuatu yang hangat paling sedikit setiap pagi. Engkau. dapat lakukan hal ini tanpa merasa repot.

Minuman panas tidak diperlukan kecuali sebagai obat. Perut itu sangat mudah terluka karena banyaknya makanan dan minuman yang panas. Dengan demikian kerongkongan dan alat pencernaan dilemahkan dan melalui keduanya itu makanan masuk ke dalam tubuh.

Tenaga Inti Dikuras Oleh Makanan Dingin
Janganlah memakan makanan yang sangat panas, atau sangat dingin. Jikalau makanan itu dingin tenaga inti perut digunakan untuk memanaskannya sebelum pencernaan dimulai. Minuman dingin sangat berbahaya dengan alasan yang sama, sementara minuman panas melemahkan.

Banyak orang membuat kesalahan dengan meminum air dingin sewaktu makan. Janganlah makanan itu dikuras ke bawah dengan cairan. Dengan meminum air waktu makan hal itu mengurangi aliran air liur. Lebih dingin airnya, lebih besar bahayanya kepada perut. Air es atau air jeruk es kalau diminum waktu makan, akan menghalangi pencernaan sampai perut itu menghasilkan cukup kehangatan ke dalam perut supaya pencernaan dapat dimulai. Kunyahlah makanan itu pelan pelan, dan biarkan air liur bercampur dengan makanan. Lebih banyak cairan dimasukkan ke dalam perut waktu makan, lebih sulit makanan itu dicerna, karena cairan itu harus diserap lebih dahulu.

Amaran Bagi Orang yang Selalu Sibuk
Kita perlu melindungi diri dalam hal selera. Ada bahayanya kalau kita merasa masa bodoh dalam hal ini dengan membiarkan tanggung jawab kita dan tugas kita menyerap waktu sehingga kita tidak mempunyai waktu yang cukup untuk makan sebagaimana layaknya. Pekabaran bagi kita ialah ini: Sisihkan waktu untuk makan, jangan jejali perutmu dengan beragam makanan setiap makan. Memakan makanan yang beragam dengan terburu buru adalah satu kesalahan yang fatal.

Makanlah Perlahan dan Kunyahlah Dengan Seksama
Untuk memperoleh pencernaan yang lancar, makanan harus dimakan dengan pelan pelan. Mereka yang ingin menghindari penyakit kurang cerna akan mengingat nasehat ini baik-baik.
Mereka yang merasakan kewajiban untuk memelihara. Segenap kuasanya dalam satu kondisi yang memungkinkan mereka untuk memberikan pelayanan terbaik bagi Allah, seharusnya tidak melupakannya. Jikalau waktu makan sangat terbatas jangan telan makanan itu begitu saja, tetapi makanlah sedikit dan kunyahlah makanan itu pelan pelan.

Khasiat makanan tidak diperoleh dari kuantitasnya (jumlahnya) tetapi dari pencernaan makanan yang seksama; bukan pula pemuasan selera karena banyaknya makanan yang ditelan tetapi lamanya makanan itu di dalam mulut. Mereka yang terlalu gembira atau yang susah hati atau yang terburu buru lebih baik jangan makan sampai mereka tenang dan bebas karena tenaga ini tidak banyak mengeluarkan cairan pencerna oleh karena sudah menanggung beban yang banyak.

Makanan harus dimakan dengan pelan pelan dan harus dikunyah dengan seksama. Ini perlu, agar air liur dapat bercampur dengan makanan dan cairan pencerna dapat beraksi.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here