32.1 C
Jakarta
Friday, 02 December 2022
No menu items!

Cara Bertahan dari Udara Panas

    [AkhirZaman.org] Saat musim panas dengan suhu udara yang tinggi, biasanya daya tahan tubuh akan mudah drop. Kelembaban yang tinggi akibat cuaca panas berakibat pada kesulitan tubuh mendinginkan badan. Suhu badan yang panas membuat tubuh bisa mengalami reaksi kelelahan yang ditandai dengan gejala pusing, sakit kepala, bahkan mengalami pingsan.

    Untuk itu, sangat penting untuk melindungi tubuh dari panas yang ekstrem karena panas ekstrem bisa membahayakan tubuh hinga menyebabkan kematian. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat udara terlalu panas:

  1. Minum lebih banyak cairan meskipun tubuh tidak merasa haus. Tapi jika ada masalah kesehatan seperti penyakit tertentu sehingga dokter membatasi asupan cairan Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter berapa banyak cairan yang aman dikonsumsi.
  2. Hindari minuman yang sangat dingin saat udara terlalu panas karena dapat menyebabkan kram perut jika suhu tubuh sedang tinggi.
  3. Jangan minum minuman yang beralkohol atau mengandung banyak gula karena minuman alkohol dan manis bisa membuat Anda kehilangan cairan tubuh lebih banyak.
  4. Batasi kegiatan di luar, dan pilih melakukan aktivitas di luar ruangan pada pagi atau sore hari. Banyaklah berlindung di tempat teduh.
  5. Jika harus pergi ke luar ruangan kenakanlah tabir surya, topi yang lebar, payung, dan kacamata untuk meredam siraman matahari yang panas.
  6. Jangan meninggalkan bayi, anak-anak, atau binatang peliharaan di dalam mobil walaupun untuk waktu yang singkat karena panas dapat membunuh dengan cepat.
  7. Usahakan untuk menggunakan baju yang tipis dengan warna cerah sehingga tidak membuat tubuh makin panas.
  8. Penggunaan AC saat udara terlalu panas juga sangat membantu mendinginkan suhu tubuh.

    Orang yang paling rentan mengalami kematian akibat peningkatan suhu panas terlalu ekstream adalah orang yang berusia lanjut, tidak memiliki akses ke pendingin udara, orang yang obesitas, dan orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

    Reaksi awal dari tubuh terhadap panas yang berlebihan adalah mengalami ruam panas dan juga kram otot. Jika tidak segera ditangani maka akan timbul gejala yang lebih berat akibat otot tidak mendapatkan cairan elektrolit yang cukup. Salah satunya adalah kulit berubah menjadi merah dan kering. Bagian tubuh yang akan terkena dampak peningkatan suhu ekstrem ini adalah sistem saraf pusat dan juga sistem peredaran darah.

Sumber: Majalah Rumah Tangga dan Kesehatan

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

MEDIA SOSIAL

7,720FansSuka
373PengikutMengikuti
15,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?