aliran jet

[AkhirZaman.org] “Wobble” pada salah alat pengukur suhu vital,  dunia telah menyebabkan kekacauan dan kematian, dengan salju di tempat yang jarang terlihat dan suhu -12C di Texas.

Sebuah “suasana menggigil” dalam cuaca telah membalikkan sebagian besar iklim dunia, yang mengarah ke situasi yang aneh di mana suhu di Texas dua kali lebih dingin daripada di Alaska.

Udara dingin yang menjilat hingga ke Texas dan Meksiko utara pada hari Selasa. Gambar: Windy
Udara dingin yang menyebar hingga ke Texas dan Meksiko utara pada hari Selasa.

Sementara itu di Eropa, salju telah menutupi Parthenon yang terkenal di dunia Athena karena suhu turun hingga membeku pada hari Selasa. Ibukota Yunani biasanya dapat diandalkan untuk musim dingin yang ringan, namun di bagian utara negara itu, merkuri mencapai -20C di beberapa tempat.

Amerika Utara dicengkeram oleh krisis cuaca ketika udara kutub yang membeku turun ke selatan, bahkan membawa salju ke Meksiko utara.

Peta anomali suhu benua dari Institut Perubahan Iklim Universitas Maine telah dengan jelas mengungkapkan situasi yang aneh.

Suhu pada 15 Februari lebih dari 20C di bawah rata-rata di seluruh Texas, sementara Greenland dan Kutub Utara, sebagian, 10C di atas rata-rata.

Namun, jauh dari tanda bahwa perubahan iklim adalah banyak udara panas, pengamat cuaca mengatakan kondisi saat ini disebabkan oleh suhu hangat yang tidak normal di Arktik.

Lebih dari 20 orang kini tewas selama cuaca dingin, sebagian besar dalam kecelakaan mobil di negara bagian termasuk Texas, Kentucky dan Missouri, lapor kantor berita AFP.

Di Texas yang paling terpukul, di mana kondisi beku mendorong perusahaan energi untuk menerapkan pemadaman bergilir, seorang wanita dan gadis meninggal karena keracunan karbon monoksida setelah menggunakan mobil untuk menghasilkan panas, menurut NBC News.

Di Houston pada hari Senin, seorang pria tunawisma tewas “mungkin karena eksposur”, menurut polisi setempat. Seorang pria di Louisiana meninggal ketika kepalanya terbentur setelah tergelincir di atas es, dan seorang bocah lelaki Tennessee berusia 10 tahun meninggal setelah dia dan saudara perempuannya yang berusia enam tahun jatuh dari es ke dalam kolam pada hari Minggu.

Presiden Joe Biden pada hari Selasa berjanji untuk memberikan sumber daya darurat tambahan bagi mereka yang terkena dampak “badai bersejarah”. Dia juga berterima kasih kepada “pekerja jalan, petugas patroli jalan raya, dan responden pertama yang mengambil tindakan cepat dalam kondisi mengerikan untuk menyelamatkan nyawa,” menurut pernyataan Gedung Putih.

Pejalan kaki berjalan di jalan yang licin di East Austin, Texas setelah badai salju yang parah. Gambar: Montinique Monroe / Getty Images / AFP
Pejalan kaki berjalan di jalan yang licin di East Austin, Texas setelah badai salju yang parah.

POLAR VORTEX ‘WOBBLE’

Ibu kota Texas, Austin, mengalami penurunan suhu hingga -12C, di kota di mana suhu terendah bulan Februari biasanya mencapai 7C di atas titik beku. Anchorage, ibu kota Alaska, sejuk jika dibandingkan, hanya mencapai -6C.

Departemen Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) memperkirakan banyak dari kondisi yang menusuk tulang awal bulan ini.

Ini menempatkan cuaca dingin ekstrem menjadi tiga peristiwa. Ada penggerak iklim La Nina, yang juga menyebabkan musim dingin yang basah di pantai timur Australia. Ditambah dengan kondisi atmosfer yang sempurna untuk memungkinkan udara dingin merembes ke selatan dan yang ketiga adalah pusaran kutub yang melemah.

“Ketiga alasan ini tidak independen. Sebaliknya, saling berinteraksi dan saling mempengaruhi seperti tiga pewarna makanan berbeda warna yang berputar-putar di segelas air, ”kata NOAA.

Peta menunjukkan ketinggian geopotensial 500 milibar (ketinggian di mana tekanan udara 500 milibar) pada tanggal 5 Januari 2014 (kiri), dan pada pertengahan November 2013 (kanan). Udara dingin pusaran kutub berwarna ungu. Peta oleh NOAA Climate.gov, berdasarkan data Analisis Ulang NCEP dari Divisi Ilmu Fisika NOAA ESRL.

Ilmuwan di Pusat Penelitian Komunikasi Perubahan Iklim Monash Melbourne (MCCCRH) mengatakan pusaran kutub adalah penyebab paling mendasar.

“Pusaran kutub adalah area besar dengan tekanan rendah dan udara dingin di atas Kutub Utara,” kata MCCCRH dalam sebuah laporan untuk news.com.au mengenai kondisi AS.

“Ini terkait dengan aliran jet, yang merupakan aliran angin kuat yang mengangkut kelembapan dan memindahkan massa udara dingin dan hangat serta sistem badai di sepanjang jalurnya.

“Ketika aliran jet melemah, itu menjadi ‘bergelombang’ dan memungkinkan udara yang sangat dingin menonjol ke selatan di beberapa tempat sementara udara yang lebih hangat mendorong ke utara di tempat lain.”

“Wobble” dalam aliran jet ini disebabkan oleh perubahan suhu di Kutub Utara, kata laporan itu.

Biasanya, suhu di Kutub Utara jauh, jauh lebih dingin daripada di Texas. Ini tidak mengherankan.

perbedaan inilah yang membuat aliran jet mengalir cukup lancar di sekitar Amerika Utara, Eropa Utara, dan Asia. Tetapi ketika kontras suhu antara kutub dan garis lintang tengah berkurang, seperti yang terjadi, aliran jet melemah dan mulai lepas kendali.

“Wilayah Arktik memanas lebih cepat daripada bagian dunia lainnya, dan penelitian menunjukkan bahwa pemanasan ini melemahkan aliran jet, menyebabkannya berkelok-kelok lebih jauh ke utara dan selatan dan melepaskan udara dingin jauh dari kutub.

“‘Wobble’ di pusaran kutub dapat membawa lebih dingin dari udara normal ke Eropa, Asia, dan AS,” kata MCCCRH.

Gelombang pemanasan mendadak menghantam stratosfer kutub (zona 10 sampai 50 km di atas permukaan planet) dan ini mungkin pemicu pusaran kutub dan aliran jet melemah.

“Sementara kita melihat tren pemanasan yang jelas di seluruh dunia, sistem cuaca lokal bervariasi di tempat yang berbeda dan pada waktu yang berbeda dalam setahun,” kata Dr James Goldie dari Monash.

Namun, sementara semua pembicaraan mungkin tentang suhu beku di Texas, itu bisa jauh lebih dingin.

Climate Central adalah layanan informasi ilmu iklim yang berbasis di AS. Itu melihat suhu terendah tahunan di 244 tempat di AS – termasuk Texas – dan menemukan bahwa 98 persen telah mencatat kenaikan suhu terdingin tahunan mereka.

Misalnya, suhu rata-rata terendah Minneapolis pada awal tahun 1970-an adalah sekitar -32C. Tetapi pada akhir 2010-an, -26C adalah suhu terdingin yang jauh lebih biasa.

Di Austin, Texas, merkuri setengah abad lalu biasanya tenggelam 13 derajat lebih rendah pada waktu terdingin pada hari terdingin dalam setahun daripada sekarang.

“Ya, wabah kutub ini ekstrem, sangat dingin, dan memecahkan rekor,” kata kepala ahli meteorologi Climate Central Bernadette Woods Placky kepada news.com.au.

“Tapi yang kami temukan adalah, meski banyak dari suhu ini masih dingin, dinginnya tidak sedingin dulu – baik dalam intensitas maupun frekuensi.

Selain itu, rekor suhu tertinggi yang terjadi di AS masih jauh melebihi rekor suhu dingin. ”

https://bit.ly/3droDD4

Efek dari badai musim dingin yang luar bisa, bahkan nyawa pun sampai melayang. Satu kondisi yang tidak stabil dinyatakan oleh dunia ini melalui alam sekitar kita. Sehingga tak jarang banyak orang menyebutnya sebagai efek dari perubahan iklim.

Suatu saat akan datang badai yang luar biasa lebih dahsyat dari Badai-badai yang pernah ada di dunia ini dan bahkan lebih dingin dari yang pernah ada, apakah itu?

Itu bukanlah berhubungan dengan cuaca tetapi ini lebih kepada karakter manusia. “Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.” Matius 24:12.

Lebih lanjut di ayat 10 nyatakan “dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.” Betapa mengerikan bilamana badai itu menerpa dunia ini, lebih mengerikan dari yang pernah terjadi di dunia ini sebelumnya.

Sama seperti jaman Nuh, manusia hanya memikirkan dirinya sendiri dan terus melakukan dosa, sebagaimana tertulis dalam Firman-Nya. “Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata.” Kejadian 6:5. Maka Tuhan Allah menurunkan air bah. Tuhan memberikan hukuman atas dunia ini oleh karena kejahatannya yang sangat luar biasa.

Belajar dari peristiwa yang terjadi di atas maka kiranya Anda dan orang-orang yang Anda kasihi mempersiapkan diri dengan baik dan hidup benar sesuai dengan ketetapan yang Tuhan telah tunjukkan, baik Ketika Dia hidup di dunia ini atau pun nasehat Firman-Nya yang tertulis dalam Alkitab.

Biarlah masing-masing kita menyelidiki diri, memohon ampun dan penjadi pelaku firman yang senantiasa terhubung dengan-Nya setiap saat, setiap waktu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here