akhir zaman

[AkhirZaman.org] PERKAWINAN yang berbahagia merupakan idaman setiap orang. Tidak ada orang yang mau kehidupan keluarganya berantakan. Namun permasalahannya adalah, bagaimana cara memupuk rumah tangga yang bahagia? Karna tidak sedikit jumlahnya yang menghadapi badai kemelut dalam rumah tangga, padahal mereka dulu merupakan pasangan yang saling mencintai.

Banyak hal yang menyebabkan suatu pernikahan menjadi porak-poranda. Misalnya karna soal ekonomi, prihal anak dan lain sebagainya. Namun yang paling parah, bila salah satu dari mereka menyeleweng. Apapun alasannya, ini jelas sangat menyakitkan pihak lain. Dr. Frank Furstenber adalah seorang ahli psikolog dari universitas pensylvania USA mengadakan suatu riset. Ini sangat penting diketahui para istri untuk mendekteksi tanda-tanda suami mulai mempunyai other women “wanita lain” untuk segera diluruskan, serta untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis:

IA TAK BANYAK BICARA PADA ANDA

Pikirkanlah kembali saat-saat pertama anda berjumpa. Selain daya tarik fisik, apalagi yang menyebabkan anda tertarik kepadanya? Bagaimana dengan kencan-kencan yang lalu, anda dapat bercerita kepadanya tentang dia membagi suka dan dukanya kepada anda? Bagi dua orang yang intim, bentuk komunikasi yang terbuka merupakan hal yang sangat penting artinya. Jika kini anda bertanya lagi” Pak, enaknya makan apa malam ini?” di jawab “Seperti biasa” berarti lampu kuning: sudah saatnya anda mulai waspada. Bagaimana cara pemecahannya? Tunjukkanlah padanya bahwa anda seorang istri yang menarik. Tanyakanlah dengan halus, mengapa demikian. Bila ia tengah berbicara, jadilah pendengar  yang baik. Seorang suami yang tiba-tiba membisu terhadap istrinya, kemungkinan terbesar telah menemukan seorang pendengar yang lebih simpatik.

TAK BERUSAHA DEKAT

Apakah suami anda telah melupakan cara-cara merayu atau berhenti memuji anda, kalau anda merupakan istri yang seksi? Jikalau minatnya ditempat tidur berkurang, anda berada pada persoalan yang cukup serius. Memang kadang-kadang para suami kehilangan nafsu seks-nya, disebabkan berbagai ketegangan dalam pekerjaan atau karena sakit. Namun bila suami anda bosan, kemungkinan dia menyeleweng dengan wanita lain akan terbuka.  Untuk itu cobalah menyuguhkan “menu-menu yang baru”. Rayulah suami anda, bahkan kalau perlu mandikan dia. Sebaliknya kali ini anda yang mengambil inisiatif, sebab dengan demikian, ia akan menyadari bahwa anda masih memperhatikan dirinya. Ia akan kian tertarik dengan anda.

Setiap pasangan dengan tampak seperti pengantin baru. Mereka berciuman sebagai tanda selamat pagi, bermesraan dengan nonton TV ataupun bergandeng tangan ditempat-tempat terbuka. Namun jika tradisi ini berubah, pasti ada sesuatu yang tak beres. Kini cobalah ingat kembali sentuhan-sentuhan kasih sayang yang dirindukannya, sebagaimana anda menyukai pelukannya. Usapan kasih sayang ini sama pentingnya dengan hubungan seks suami istri. Kendati tampaknya sepele, tapi kalau anda tak melakukannya, ia bisa lari mencari kehangatan dalam pelukan wanita lain.

HILANGNYA HARI INDAH

Apakah pernikahan anda berjalan rutin dan kurang romantis? Kendati sarat dengan berbagai kesibukan, alangkah baiknya kalau disediakan waktu khusus untuk anda berdua. Sekurangnya sehari atau semalam dalam seminggu harus digunakan untuk bersenang-senang berduaan. Tidak mahal, anda bisa saja pergi berkunjung ke sahabat, jalan-jalan atau duduk-duduk disebuah taman. Pokoknya keluar dari rumah dan menghirup udarah segar. Perkawinan anda tak ada seninya, bila hanya dihabiskan waktu dirumah.

TAK ADA SENDA GURAU

 

Humor merupakan salah satu sarana, terbaik bagi manusia untuk meredam berbagai kesulitan hidup di dunia ini. Humorpun dapat membuat anda riang  dan tak terlalu serius memikirkan keruwetan. Dan sesuatu yang aneh, jika anda dan suami anda tak pernah bersenda gurau lagi. Untuk menjaga suami anda tak tertarik kepada wanita lain, jadikanlah kamar tidur anda sesuatu tempat yang membahagiakan. Suami yang tak dapat tertawa ditempat tidur, merupakan suami yang tak bahagia.

MENYEMBUNYIKAN SESUATU

Kendati ia telah berhasil mencegah anda menemukan lipstik di bajunya, masih ada jalan lain bagi anda untuk mendeteksinya, jika ia mulai “main-main” dengan wanita lain. Apakah ia masih sering kerja lembur di malam hari dan kemudian memberikan alasan-alasan yang bukan-bukan? Apakah dia tak berani menatap mata anda di saat berdialog? Apakah ia menjadi sangat pelit? Memang gejalah-gejalah ini tak lalu berarti bahwa ia mempunyai other woman “wanita lain”, namun boleh juga demikian.

Tanpa melakukan tuduhan-tuduhan, tanyakan secara baik-baik segala sesuatu yang tampak lain. Desaklah dia untuk berlaku jujur pada anda. Jika anda tidak peduli, mungkin anda akan kehilangan dirinya, milik anda yang paling berharga.

Refleksi

Keluarga adalah salah satu lembaga yang Allah ciptakan di Eden, ke intiman suami dan istri dalan rumah tangga melambangkan keintiman kita dengan Tuhan. Saat keluarga berantakan akan membuat keintiman segitiga ini pudar, jadi pada saat anda mengatakan anda mengasihi Yesus anda juga harus mengasihi pasangan anda. Terimalah dia apa adanya dan jangan biarkan rumah tangga anda berantakan karna sifat dan karakter anda yang mementingkan diri sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here