memberi tahu

[AkhirZaman.org] Rincian yang berbeda-beda dalam kisah kebangkitan saling melengkapi, tidak bertentangan. Setiap penulis sebenarnya berfokus pada aspek acara yang berbeda. Misalnya, Yohanes menulis mengenai pengalamannya dengan Petrus. Markus melihat Maria, dan Matius sepertinya lebih fokus pada wanita yang datang ke kuburan. Tentu saja, semua orang ini datang ke kuburan tetapi pada waktu yang berbeda.

Dalam ruang kerja saya, saya percaya bahwa yang pertama ke makam itu adalah Maria Magdalena. Setelah dia menemukan Yesus tidak ada di sana, dia berlari untuk memberi tahu wanita lain. Kemudian bersama-sama mereka kembali ke kuburan, pada saat itu seorang malaikat menampakkan diri kepada mereka.

Mereka kemudian pergi untuk memberi tahu orang lain. Maria pergi untuk memberi tahu Petrus dan Yohanes, yang segera datang ke kuburan. Ini adalah saat Yohanes “melampaui” Petrus dan Maria. Petrus masuk lebih dulu, lalu Yohanes masuk. Mereka melihat pakaian itu, lalu pergi untuk memberitahu sesama murid. Maria akhirnya menyusul mereka, setelah kedua pria itu pergi, dia tetap tinggal. Ini adalah saat Kristus menampakkan diri padanya.

Bagaimana dengan jumlah malaikat? Bergantung pada sudut pandang mereka, pengunjung pertama mungkin hanya melihat satu malaikat. Namun saat mereka memasuki kuburan, ternyata malaikat lain berbicara kepada mereka. Meskipun kami tidak memiliki semua detail yang diuraikan, masuk akal untuk percaya bahwa ada dua malaikat yang berbeda.

Pada akhirnya, perbedaan yang tampak ini menegaskan kebenaran peristiwa tersebut, bukan membantahnya. Jika keempat Injil memberikan cerita dan detail yang persis sama, kami akan curiga bahwa semuanya disalin dan dibuat-buat. Perspektif yang berbeda memberi tahu kita bahwa ini adalah pengamatan tulus dari mereka yang mengalami hari yang luar biasa itu. Pembacaan yang cermat dari semua catatan mengungkapkan aliran peristiwa yang menegaskan bahwa Kristus benar-benar bangkit dari antara orang mati!

AYAT INTI
“Hari pertama minggu itu datanglah Maria Magdalena pagi-pagi, ketika hari masih gelap, ke kubur, dan melihat batu yang diambil dari kubur.” (Yohanes 20:1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here