momo chalenge

[AkhirZaman.org] Tantangan di media sosial makin menggelisahkan orangtua dan pihak berwenang. Jagat dunia maya baru saja diramaikan dengan “Kiki Challenge” yang bisa membuat penantangnya terluka karena tak memperhatikan jalan. Kini giliran “Momo Challenge” yang beredar telah merenggut nyawa gadis usia 12 tahun di Argentina yang bunuh diri. Viral sepanjang beberapa pekan terakhir, tantangan ini bermunculan di seluruh dunia, terutama melalui WhatsApp.

Menurut Daily Mail, pengguna akan ditantang untuk mengubungi “Momo” dengan mengirim pesan ke nomor yang tidak dikenal. Kemudian, mereka akan diburu dengan gambar dan pesan yang menakutkan. Tantangan viral berhubungan dengan sosok perempuan aneh yang diambil dari karya seniman boneka Jepang, Midori Hayashi. Boneka itu memiliki wajah menyeramkan dengan mata yang melotot dan senyuman lebar berbentuk huruf V, rambutnya panjang berwarna hitam dan berantakan. Buenos Aires Times mewartakan, Momo diyakini memiliki keterkaitan dengan kasus bunuh diri seorang gadis 12 tahun di Argentina. Insiden ini membuka lembaran kelabu tentang viralnya tantangan Blue Whale yang menyebabkan banyak orang di Rusia bunuh diri.

Otoritas Argentina sedang menyelidiki kemungkinan tantangan yang juga kerap dijuluki Momo Game ini berperan dalam kematian gadis yang tinggal di Ingeneiero Maschwitz, Buenos Aires. Gadis itu merekam kegiatannya melalui ponselnya sebelum bunuh diri. Pihak berwenang mencurigai seseorang telah mendorongnya untuk merenggut nyawanya sendiri. Polisi sedang mencari keberadaan remaja berusia 18 tahun yang diyakini berhubungan dengan korban melalui media sosial. “Ponselnya telah diretas untuk menemukan rekaman dan pesan WhatsApp, dan sekarang orang yang bertukar pesan dengan korban sedang dicari,” demikian pernyataan dari kepolisian setempat.

Momo Game juga telah menimbulkan kekhawatiran di negara lainnya, termasuk Meksiko, dan beberapa negara di Eropa. Tak ada yang tahu pasti dari mana tantangan ini berasal, dan siapa yang memulainya.

Menurut laporan BBC, ada 7 nomor telepon dengan kode dari Jepang yang dicurigai mengawali tantangan berbahaya tersebut. “Semuanya berawal di grup Facebook, di mana para partisipan ditantang untuk mulai berkomunikasi dengan nomor tak dikenal,” demikian pernyataan dari Unit Investigasi Kejahatan Komputer Negara Bagian Tabasco, Meksiko. “Beberapa pengguna mengatakan, jika mereka mengirim pesan ke Momo melalui ponsel, balasannya berupa gambar kekerasan dan agresif, serta beberapa memiliki pesan bernada ancaman,” imbuhnya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/05/10243341/viral-momo-challenge-renggut-nyawa-gadis-12-tahun-karena-bunuh-diri

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. (Roma 12:2)

Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan. (Yakobus 5:10)

Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejakNya. (1Petrus 2:21) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here