terbakar

[AkhirZaman.org] Sebuah gedung bertingkat 26 di kota Sao Paulo, Brasil terbakar pada Selasa (1/5/2018) dini hari hingga akhirnya runtuh.

Bangunan yang diketahui merupakan bekas kantor polisi tersebut dilaporkan mulai terbakar sekitar pukul 01.30 dini hari waktu setempat.

Dilansir dari BBC, sebanyak 150 petugas pemadam kebakaran didatangkan untuk menjinakkan api yang diyakini muncul pertama kali akibat ledakan gas di lantai lima gedung.

Api dengan cepat merambat hingga melahap hampir seluruh lantai gedung. Api bahkan sempat menyambar gedung lain di dekatnya.

Bangunan tersebut secara resmi tidak digunakan, namun dikabarkan menjadi tempat tinggal bagi para tunawisma.

Setidaknya satu orang meninggal dunia dan tiga orang dilaporkan hilang. Namun dikhawatirkan masih ada korban yang tertimbun reruntuhan gedung.

Sekitar 50 keluarga dikabarkan pindah ke gedung yang berada di daerah Largo do Paissandu, Sao Paulo itu setelah tak lagi digunakan sebagai kantor polisi beberapa tahun yang lalu.

Petugas sempat mengevakuasi para tunawisma dari dalam gedung tetapi ketika akan mengeluarkan penghuni terakhir, bangunan itu runtuh dan membunuhnya.

“Hanya selisih beberapa detik tetapi kami tidak bisa menyelamatkannya,” kata petugas pemadam kebakaran, Max Mena.

Tak Layak Huni

Gubernur Sao Paulo Marcio Franca mengatakan, gedung tersebut memang seharusnya sudah tidak ditempati karena rentan bahaya.

Namun orang-orang yang menempatinya secara liar tidak bersedia meninggalkan gedung.

“Bangunan tersebut sebenarnya sudah tidak layak untuk dijadikan tempat tinggal. Tinggal di sana sama saja dengan mencari masalah,” ujarnya.

Ditambahkan Kapten Marcos Palumbo dari Dinas Pemadam Kebakaran Sao Paulo, perombakan gedung yang dilakukan para penghuni turut menyebabkan api merambat dengan cepat.

“Lift sudah dilepas dan ruang bekas lift itu bertindak seperti cerobong. Juga ada banyak material mudah terbakar seperti kayu dan kertas,” kata Palumbo.

https://internasional.kompas.com/read/2018/05/01/21295091/terbakar-gedung-26-lantai-di-brasil-runtuh

Sangat disayangkan tindakan dari pihak pemerintah menanggapi insiden gedung yang terbakar yang tentu saja sudah menelan korban para tunawisma yang memiliki tempat tinggal yang layak yang seharusnya pemerintah memperhatikan kehidupan mereka yang mengalami sisi kurang normal ini.

Belum ada berita yang lengkap mengenai gedung yang terbakar ini, namun sepertinya ada sesuatu yang ganjil perihal gedung 26 lantai yang terbakar habis ini.

Harapan kita kiranya Tuhan akan menunjukkan Orang-orang yang baik untuk menolong mereka yang mengalami bencana, jikalaupun ada pihak yang sengaja membakar gedung ini, tentu akan ada balasannya akan mereka alami.
*

“Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka “pohon tarbantin kebenaran”, “tanaman TUHAN” untuk memperlihatkan keagungan-Nya.”

Yesaya 61:1-3.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here